Harga Tiket: Rp 12.500, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Wan Abdurrahman, Batu Putuk, Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung; Map: Cek Lokasi

Bandar Lampung memiliki banyak objek wisata yang menarik, salah satunya yaitu Wira Garden. Taman ini merupakan destinasi wisata yang masih dalam keadaan untuk di kembangkan. Dalam rangka untuk menarik minat para pengunjung, wisata ini mengembangkan banyak sekali fasilitas wisata buatan seperti permainan, spot foto yang estetik dan masih banyak lagi.

Pengembangan wisata ini dikhususkan untuk aktivitas outdoor seperti wisata air, dan area taman terbuka yang bisa digunakan untuk camping ground. Sehingga lingkungan yang sejuk dan asri menjadi kebutuhan utama.

Di Wira Garden, para wisatawan akan ditawarkan dengan pemandangan yang indah serta fasilitas yang tersedia seperti taman bermain untuk anak agar mengasah keberanian mereka. Dan bisa juga bermain di sungai, serta beristirahat atau hanya duduk santai saja di saung-saung. Selain itu kamu juga bisa menikmati spot-spot lainnya yang ingin kamu kunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Wira Garden

Dayak Tari Wira Garden
Image Credit: Google Maps (Nove Herlina)

Objek wisata ini memiliki pemandangan alam yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Karena memiliki fasilitas lengkap seperti pemandangan di sungai yang jernih, tempat bermain maupun tempat istirahat yang bisa memanjakan mata pengunjung. Selain itu, hawanya yang sejuk tidak bisa kamu temukan di area perkotaan.

1. Memiliki Sumber Mata Air Awet Muda

Dipercaya masyarakat sekitar bahwa sumber mata air di Wira Garden mampu membuat orang yang berendam ataupun mencuci wajah mereka dengan air tersebut maka bagian tubuh tersebut akan tampak lebih awet muda.

Hal tersebut merupakan fakta benar adanya ataupun hanya mitos belaka yang sering dihubung-hubungkan dengan beberapa hal mistis. Akan tetapi justru para wisatawan tertarik dan penasaran tentang sumber air awet muda tersebut. Sehingga banyak pengunjung yang datang untung membasuh wajah disana atau bahkan mengambil untuk dibawa pulang.

2. Pemandangan yang Menarik

Dengan memiliki pemandangan yang indah dan juga menawan. kamu pasti tertarik untuk berfoto ria di semua area spot foto ini kan, tanpa mengeluarkan kocek rupiah lagi alias gratis. Hal tersebut juga bisa menambah minat pengunjung untuk datang.

3. Memiliki Hawa yang Sejuk

Dengan banyaknya pohon yang rindang dan hijau akan membuat suasana yang sejuk dan adem di Kawasan Wira Garden. Serta terdapat aliran sungai yang jernih tentu bisa menghilangkan rasa penatmu. Selain itu untuk merelaksasikan diri sebentar setelah lelah bekerja. Dan hawa tersebut tidak bisa kamu temukan di perkotaan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi
Image Credit: Google Maps (Rini Yusnita)

Untuk alamat Wira Garden ini sendiri terletak di bandar Lampung tepatnya di teluk betung dan masuk kedalam wilayah batu putu. Dan jaraknya tidak begitu jauh dari wisata alam bumi kedaton, jika kamu sering kesini pasti akan familiar. Akan tetapi jika kamu dari luar kota maupun pulau bahkan dari mancanegara dan ingin berkunjung maka bisa menggunakan google maps.

Apabila kamu lewat dari arah kemiling untuk menuju ke obyek wisata, maka harus melalui jalan Abdur Rahman lalu lurus mengikuti jalan untuk sampai di tempat tujuan. Setelah bertemu gapura Wira Garden terdapat di kanan jalan maka artinya telah sampai. Waktu tempuh dari kemiling menuju lokasi tujuan yaitu sekitar 10 menit.

Jika kamu berasal dari kota maka perjalanannya cukup membutuhkan waktu yang cukup lama. Yaitu dimulai dengan menuju ke arah jalan P M Nor, setelah itu kamu bisa sampai di jalan raden imba kesuma lalu masuk ke teluk betung.

Setelah itu, bisa berjalan ke sumur putri dan sesudah melalui tanjakan akan ada perempatan jalan kemudian pilih kanan. Serta di perempatan jalan tersebut terdapat papan penunjuk arah menuju ke tempat wisata ini. Jaraknya perempatan tadi dengan lokasi sekitar 3 km.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Objek Wisata
Image Credit: Google Maps (Atho Sofyan Al-Bongasi)

Kamu tidak perlu memikirkan biaya masuk ke lokasi wisata Wira Garden ini. Karena biayanya terjangkau dan relatif murah. Untuk tarif masuknya kamu akan dikenai biaya sekitar 12.500. dan harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir loh, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk parkir di area tersebut.

Dengan harga tersebut kamu juga sudah bisa merasakan sebagian besar fasilitas yang ada di wisata tersebut. Selain itu kamu juga bisa duduk santai di saung-saung yang ada dengan gratis. Dan lebih menariknya lagi kamu tidak perlu membayar apabila membawa makanan dari luar. sehingga kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk berpiknik bersama keluarga.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wira Garden

Kegiatandi Wira Garden
Image Credit: Google Maps (Bomber Said Bomber)

1. Melakukan Outbond

Taman wisata ini cocok dibuat untuk kegiatan outbond karena lingkungannya yang kental sekali dengan suasana alam terbuka. Di dalam Wira Garden ini menyediakan juga paket outbond. Diantaranya ada tiga macam jenis outbond yaitu outbond remaja, outbond dewasa maupun outbond untuk anak-anak.

Dari beberapa jenis outbond tersebut kamu juga bisa memberikan masukkan ataupun ide untuk kegiatan yang ingin dilakukan dengan bermusyawarah bersama pihak yang mengelola wisata itu.

2. Camping di Wira Garden

Kita bisa juga melakukan camping di obyek wisata ini, karena pihak pengelola objek wisata sendiri juga memfasilitasinya dengan membagi kedalam 5 lokasi arena camping. Yang memiliki nama yaitu ground pesagi, graund ini mampu mewadahi 400 peserta. Ground pugung dan panjang mampu menerima sekitar 100 orang. Ada juga ground seminung dan krakatau dapat menerima 400 orang.

3. Area Bermain untuk Anak Kecil

Apabila kamu berkunjung ke Lampung dan ingin memanjakan si kecil untuk bermain. Maka pilihannya terbaik menuju taman ini, karena tempatnya adem dan banyak permainan anak kecil seperti ayunan, perosotan ada juga jungkat – jungkit. Kamu dapat menikmati wahana ini dan tidak perlu membayar mahal untuk tiket masuknya.

4. Selfie Sepuasnya

Di tempat wisata Wira Garden kamu bisa mengambil foto sepuasnya dengan berbagai tempat yang menarik dan kekinian. Salah satunya bisa berfoto di goa topi raja, batu gajah, dan juga saung-saung, sungai, taman bermain serta masih banyak lagi yang lainnya.

5. Berkuda

Wisata ini juga menyediakan tempat berkuda bagi siapapun yang ingin menaikinya. baik orang dewasa, remaja maupun anak-anak. Untuk anak kecil perlu adanya pengawasan dan dampingan dari orang tua maupun petugasnya.

Kegiatan Dilakukan di Wira Garden
Image Credit: Google Maps (Halengkara Family)

6. Mengunjungi Sumber Mata Air Awet Muda

Para pengunjung juga bisa mencuci wajahnya di sumber mata air ini. karena mitosnya bisa membuat orang tampak lebih awet muda. Sumber ini juga pernah berkabut sampai pengunjung tidak bisa melihat apa yang ada didepannya. Sehingga wisatawan hanya bisa menghirup udaranya saja. Tetapi sumber ini juga pernah mengering pada saat musim kemarau.

7. Berendam di Sungai

Setelah lelah bermain di wahana bermain anak maupun yang lainnya. Kamu bisa berendam di sungai ini untuk berelaksasi. Bawalah perlengkapan mandi dan juga baju ganti, karena di tempat ini disediakan toilet umum. Sehingga setelah selesai bermain air kamu bisa membersihkan diri.

8. Melihat Pemandangan Laut

Wisata Wira Garden ini memiliki tempat yang tinggi juga, sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk melihat laut teluk dari ketinggian tersebut serta pemandangan sekitar.

9. Memetik Buah

Obyek wisata ini memiliki luas sebesar 12 hektar. Selain sebagai taman bermain maupun menikmati wahana, banyak juga spot foto yang instagramable. Ternyata wahana ini juga terdapat taman buah loh seperti jambu air, jambu biji maupun rambutan. Dan kamu bisa memetik secara gratis setelah meminta izin kepada petugas

Fasilitas yang Tersedia di Wira Garden Bandar Lampung

Fasilitas di Wira Garden Bandar
Image Credit: Google Maps (Atho Sofyan Al-Bongasi)

Wisata Wira Garden ini memiliki banyak sekali fasilitas pendukung diantaranya yaitu aula pertemuan, aula ini biasanya digunakan untuk pertemuan. Dan mampu menampung kuota sebanyak 50 orang dengan uang sewa sekitar 1 juta rupiah. Selain itu sudah mencakup keamanan serta pengaturan kursi maupun meja.

Serta terdapat banyak toilet umum yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan diri setelah bermain air maupun berendam di sungai dan yang lainnya. Ada juga mushola buat pengunjung yang akan menunaikan ibadah.

tersedia juga cottage untuk pengunjung yang berminat untuk bermalam di area terbuka tersebut. Cottage ini sendiri juga memiliki beberapa tipe diantaranya ada yang 1 kamar, 2 maupun tiga kamar. Fasilitas yang terdapat didalamnya ada TV, AC serta diberikan sarapan pagi 2 bungkus untuk setiap kamar.

Selanjutnya ada taman bermain untuk anak-anak. Fasilitasnya seperti ayunan, jungkat-jungkit serta perosotan. Anak-anak bisa main sepuasnya di area tersebut sehingga dapat mengembangkan pola pikirnya selain itu perlu adanya pengawasan serta didampingi orang tua.

Terdapat juga saung-saung di pinggir sungai. Yang bisa digunakan untuk beristirahat dan berteduh dengan duduk santai di dalamnya sambil makan ataupun minum.

Itulah beberapa fasilitas yang disediakan Wira Garden yang hits di Bandar Lampung. Serta cara menuju wisata, harga tiket maupun kegiatan yang bisa dilakukan. Sebaiknya jika kamu ingin berkunjung kesini bawalah keluarga ataupun anak kecil maupun remaja. karena wisata ini memiliki banyak tempat menarik dengan berbagai fasilitas untuk semua kalangan usia.