Berbagai air terjun yang ada di Kota Medan menjadi objek wisata yang cocok sekali untuk Anda pecinta liburan sekaligus jelajah alam. Sudah tidak diragukan lagi apabila ibukota Sumatera Utara memang terkenal dengan pesona alamnya yang memikat, terutama air terjun. Bahkan, di sana terdapat salah satu daerah yang mempunyai destinasi wisata air terjun paling tinggi di Indonesia.

Tentu saja hal tersebut merupakan prestasi serta keunikan yang patut sekali untuk dibanggakan. Oleh karena itu, sangat wajar apabila destinasi yang satu ini menjadi andalan dari kota tersebut. dijamin liburan yang Anda habiskan di beberapa objek wisata alam di sana tidak akan mengecewakan. Melainkan akan terasa seru, apalagi dengan ditemani oleh sahabat maupun sanak saudara.

Sehingga, sudah tidak heran lagi jika banyak sekali wisatawan yang terlihat datang dan menikmati waktu liburan ke beberapa wisata air terjun yang hits di sekitar Kota Medan. Jika Anda masih bingung dengan beberapa air terjun yang menjadi surganya, maka jangan lupa mencoba untuk mengunjunginya sesegera mungkin.

1. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun
Image Credit: Instagram BATAK_COM

Destinasi wisata yang satu ini lokasinya berada di Danau Toba serta mengaliri langsung ke perairan dari danau tersebut. Untuk ketinggian yang dimilikinya yaitu hingga 70 m dengan memiliki sampai 7 tingkatan yang cukup unik. Wisata tersebut juga telah populer hingga ke wisatawan dari berbagai negara asing.

Apabila Anda ingin berkunjung ke sini, maka bisa merasakan sensasi segarnya berenang di sini. Akan tetapi, seluruh pengunjung juga harus selalu berhati-hati karena arus air yang ada di sana terbilang lumayan kuat.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jonggi Nihuta, Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

2. Air Terjun Mursala

Air Terjun Mursala
Image Credit: Instagram TRAVEL MEDAN OFFICIAL

Pulau Mursala adalah lokasi dari tempat wisata terkenal yang tidak boleh terlewatkan tersebut. Pasalnya, Air Terjun Mursala bersentuhan langsung dengan air biru yang ada di lautan Samudera Hindia. Panorama alam yang ada di sana sudah tidak dapat diragukan lagi keindahannya. Tebing granit yang terletak di sekitaran juga melengkapi kesan eksotis.

Ketinggian yang ditawarkan sendiri yakni mencapai hingga 35 meter. Objek wisata ini pun sudah terkenal sampai ke belahan dunia. Bahkan di tahun 2005 silam, tempat ini pernah terekspos pada sebuah film Barat yang berjudul “King Kong”.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Mursala, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

3. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso
Image Credit: Facebook Traveloka

Banyak orang yang penasaran dan ingin mengunjungi destinasi wisata ini dikarenakan namanya yang tergolong cukup unik. Air Terjun Sipiso-piso mempunyai tinggi kurang lebih 120 m di atas permukaan air laut. Sehingga, penyebutan nama Sipiso-piso ini akibat air yang jatuhnya secara bersamaan dan menyebabkan muncul bunyi hantaman menyerupai bunyi pisau.

Saat berkunjung ke sini, maka Anda akan Nampak pemandangan Danau Toba yang memukau dari kejauhan karena lokasinya yang juga dekat dengan danau itu. Untuk bisa tiba di tempat wisata tersebut, maka pengunjung wajib menuruni anak tangga yang jumlahnya banyak, yang konon katanya jumlahnya ada seribu tangga.

Bagi pengunjung yang sudah tidak tahan lagi untuk menuju ke dasar sana, maka tidak perlu khawatir. Pasalnya, meskipun dari atas tetap saja pengunjung masih dapat melihat serta menikmati pemandangan objek wisata yang satu ini.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pengambaten, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

4. Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot
Image Credit: Instagram Anak Travelling Asahan ID

Air terjun dengan ketinggian kisaran 820 kaki atau 250 meter ini menjadi penggerak turbin untuk PLTA Inalum. Untuk letaknya sendiri ada di Kabupaten Asahan, Medan,Provinsi Sumatera Utara. Anda juga dapat menikmati kegiatan rafting di sana. Menariknya, kegiatan tersebut menjadi favorit banyak wisatawan luar negeri yang datang ke sana.

Hal unik yang dimiliki yaitu air yang jatuh tidak serta merta jatuh dengan bebas dan lurus, melainkan airnya akan jatuh dengan mengikuti pola berupa zigzag hingga dua tingkat. Untuk tiket masuk yang harus pengunjung keluarkan yaitu 10 ribu rupian dan telah termasuk untuk biaya parkir kendaraan yang dibawa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tangga, Sampuran Siarimo, Halado, Kec. Pintu Pohan Merant, Kab. Asahan, Sumatera Utara.

5. Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura
Image Credit: Facebook Jelajahi Indonesia

Salah satu air terjun tertinggi di Indonesia ini seolah-olah telah menjadi sebuah benda yang sangat berharga untuk penduduk yang ada di Sumatera Utara. Tidak heran karena ketinggiannya sendiri bisa mencapai 250 m serta lokasinya tidak jauh dari area Danau Toba yang sudah sangat populer. Salah satu kelebihan yang dimiliki yaitu airnya yang terbilang deras dan mampu menawan siapa pun yang melihat.

Oleh sebab itu, wajar sekali jika salah satu PLTA yang ada di sekitaran sana memanfaatkan perairan tersebut. berbagai macam aktivitas yang menarik juga bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan supaya semakin seru. Misalnya saja seperti rafting, camping, panjat tebing, dan masih banyak yang lain.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Halado, Kec. Pintu Pohan Merant, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

6. Air Terjun Lobu Rappa

Air Terjun Lobu Rappa
Image Credit: Facebook Promosi Usaha Kecil Menengah

Alamat dari destinasi wisata Air Terjun Lobu Rapa ini berada di Kabupaten Asahan, yang lebih tepat lagi ada di Desa Loburrapa. Lokasi desa dari wisata inilah yang menjadi alasan dibalik nama yang pilih untuk wisata ini. Di sekitaran tempat wisata tersebut juga ada goa yang berukuran kecil serta dihiasi oleh rumput liar dan bebatuan yang semakin memperlihatkan kesan eksotis.

Ketinggian yang disuguhkan sendiri mencapai 15 m. Di sisi lain, juga memiliki cekungan dan kolam yang berdiameter kurang lebih 10 m. Apabila Anda datang ke sana, maka harus melalui hutan yang mempunyai panjang hingga 200 m terlebih dahulu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dolok Maraja, Lobu Rappa, Kec. Aek Songsongan. Kab. Asahan, Sumatera Utara.

7. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Instagram Share Keindahan Alam Semesta

Air Terjun Dua Warna tersebut berada di Kec Sibolangit, Provinsi Sumatera Utara yang sumber airnya sendiri berasal dari sebuah mata air dari Gunung Sinabung. Hal yang sangat unik di sana yaitu airnya memiliki warna yang tampak berbeda-beda.

Misalnya saja seperti warna abu-abu pada aliran air yang jatuhnya dari atas, kemudian warna kebiruan pada air yang terdapat di kolamnya. Untuk dapat tiba di sana, maka setiap pengunjung perlu berjalan terlebih dahulu dengan melalui hutan yang akan memakan waktu sekitar satu jam dengan cara jalan kaki.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

8. Air Terjun Sampuran Harimau

Air Terjun Sampuran Harimau
Image Credit: Google Maps Dedi Malfiand

Air Terjun Sampuran Harimau yang unik dan indah ini berada di Kabupaten Asahan. Alasan bahwa tempat tersebut dikatakan cukup unik sebab terdapat suara dari debit air terjun yang bebas jatuh dan kerap terdengar seperti suara dari auman harimau.

Di sekitaran sana juga ada beberapa tebing batu yang memiliki ketinggian kurang lebih 215 m. Selain itu, aliran air yang disuguhkan di sini telah diubah menjadi Bendungan Tangga. Hal yang satu ini tentu saja cukup berbeda dengan kebanyakan wisata air terjun yang ada di kebanyakan daerah di Indonesia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tangga, Sampuran Siarimo, Halado, Kec. Pintu Pohan Merant, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

9. Air Terjun Tongkat

Air Terjun Tongkat
Image Credit: Instagram LANDSCAPER & VIDEOGRAPHER

Destinasi wisata yang berada di Medan dan lebih tepatnya di Sumatera Utara ini menarik sekali apabila Anda datangi. Banyak sekali wisatawan yang datang secara rombongan hanya untuk menikmati suasana alam yang disajikan. Selain itu, namanya pun juga sangat unik sehingga membuat banyak orang penasaran dan bertanya-tanya tentang maksud dari sebutan “Tongkat” tersebut.

Lokasinya terletak di tengah hutan yang semakin membuat wisata ini terlihat lebih eksotis dan sangatlah asri. Ketika berwisata ke sana, Anda juga akan melihat pohon dengan ukuran besar yang tersandar di air terjun serta memiliki bentuk seperti tongkat. Menariknya, di sana pun akan terdapat sebuah kolam yang sudah cukup terkenal dengan sebutan “Kolam Abadi”.

Akan tetapi, jangan lupa menyiapkan sejumlah dana sebelum melakukan perjalanan untuk berwisata ke tempat ini. Pasalnya, untuk bisa memasuki kawasan tersebut, maka setiap pengunjung akan diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar 40 ribu rupiah.

Tenang saja karena nantinya ada seorang pemandu wisata yang akan menemani pengunjung. Namun, sebelum itu Anda harus melewati jalan setapak untuk bisa tiba di sana serta akan memerlukan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sungai Wampu, Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

10. Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman
Image Credit: Instagram Sant MC

Air Terjun Siluman yang satu ini cukup terkenal dengan kesan atau aura mistis yang dipercayai oleh masyarakat yang tinggal di sekitar sana. Hal ini juga sudah langsung bisa terlihat pada nama yang sematkan. Untuk alirannya sendiri juga kerap berubah-ubah dengan sendirinya, kadang bisa deras sekali dan kadang juga bisa menjadi kering.

Akan tetapi, walaupun erat dengan nuansa mistisnya namun tempat wisata tersebut juga dipadukan dengan batuan yang cantik sekali. Sehingga, kesan eksotis tetap tampak saat wisatawan datang untuk menghabiskan waktu libur. Airnya sendiri juga mempunyai warna yang tergolong jernih dan bersih. Wajar jika air terjun ini selalu diburu oleh banyak orang pecinta alam.

Meskipun perjalanan yang akan dilalui untuk tiba di sana tidak terbilang mudah, akan tetapi bisa terbayar langsung dengan panorama indah yang disuguhkan seketika sampai di sana. sehingga, perjalanan yang dilalui tidak akan terasa sia-sia.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Nah, itulah beberapa air terjun yang ada di sekitaran Medan yang menarik dan menawarkan panorama yang luar biasa. Jangan lupa untuk membawa kamera karena banyak spot foto bagus yang sayang apabila tidak diabadikan.