Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Tembong, Kec. Garawangi, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Mengunjungi wilayah Kuningan yang ada di Jawa Barat kurang lengkap rasanya jika Anda tidak singgah di Bukit Panembongan. Bukit tersebut merupakan area wisata yang sangat disarankan untuk dikunjungi, terlebih bagi Anda yang memang pecinta panorama alam. Tidak hanya keindahan alamnya saja yang begitu memukau, tempat ini memiliki lokasi strategis.

Terdapat banyak sekali spot foto yang instagenik sangat recommended untuk Anda abadikan dalam jepretan foto. Terlebih ketika hari libur tiba, maka tak perlu lagu untuk segera menjejakkan kaki di tempat tersebut. Tempat ini memang tengah populer dan hits di wilayah Kuningan.

Kuningan sendiri merupakan kota yang terdapat di Jawa Barat serta dan salah satu destinasi yang mampu menyajikan wisata lengkap. Karena itu, saat pengunjung kebetulan berada di tempat ini, jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur dan singgah sejenak di bukit cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Panembongan

Daya Tarik Bukit Panembongan
Image Credit: Google Maps Novanda ST

1. Spot Foto Indah

Salah satu keindahan yang ditawarkan oleh tempat ini yaitu spot foto di sana begitu indah dan memukau. Anda bisa mengunjungi Bukit Panembongan ketika holiday.

Wisata yang tergolong murah meriah dan berada di daerah Kuningan tersebut sangat disarankan dengan beragam spot foto instagenik menanti Anda dan keluarga di sana.

2. Tempat Romantis

Bagi pengunjung yang sudah memiliki pasangan, maka tak ada salahnya menghabiskan waktu-waktu romantis di tempat ini. Panembongan merupakan area yang begitu romantis. Jangan heran jika saat berlibur di sana Anda menemukan beberapa pasangan yang tengah memadu kasih.

Rasa bosan dan penat sehari-hari akan hilang seketika saat Anda sudah mulai memasuki area wisata perbukitan. Beragam keindahan alam akan membuat Anda takjub seketika. Semua masalah seolah-olah hilang, diganti hati yang riang menatap pemandangan alam.

3. Alam yang Masih Perawan

Seperti halnya pada tempat wisata lain, daya tarik utama yang dimiliki oleh Bukit Panembongan yaitu panorama alamnya yang hijau, elok dan juga menyejukkan. Hamparan alam yang masih perawan dan hijau tersebut tersaji di depan mata Anda. Hal itu tentu akan membuat suasana sekitar jadi terasa nyaman dan menyegarkan.

Ketika Anda bersama dengan rombongan menjejakkan kaki di bukit tersebut maka semua keindahan alam akan memanjakan Anda. Selain itu pepohonan hijau telah berjajar begitu rapi. Udara yang begitu dingin oleh karena letaknya di berada di ketinggian seakan merasuk dan membawa ketenangan bagi siapa saja.

Tidak hanya itu saja, suara kicauan burung akan terdengar membuat Anda seakan merasa begitu tentram dan tenang. Selain keindahan, pengunjung pun akan melihat pemandangan rumah-rumah yang berderet di bagian bawah bukit.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Panembongan
Image Credit: Google Maps w n

Bagi yang berencana untuk datang mengunjungi tempat wisata Bukit Panembongan yang berada di wilayah Kuningan tersebut, maka Anda bisa langsung meluncur ke Provinsi Jawa Barat. Lokasi tepatnya yaitu berada di Tembong, Garawangi.

Jarak lokasi bukit dari pusat Kota Kuningan sendiri kurang lebih sejauh 7 km. Nantinya Anda dapat datang ke tempat wisata tersebut dengan memakai kendaraan pribadi, baik itu roda empat ataupun roda dua. Jarak tempuh kendaraannya sendiri yaitu sejauh 20 menit perjalanan.

Ketika di sini Anda ingin mengunjungi perbukitan ini maka jangan bingung mengenai rute yang harus digunakan. Karena Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps dan carilah rute terbaik.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Panembongan
Image Credit: Google Maps w n

Menikmati berbagai macam panorama yang tersaji di bukit tersebut tak akan membuat Anda mengeluarkan banyak sekali biaya. Liburan di daerah Kuningan terasa sangatlah menyenangkan dengan destinasi wisata yang murah tapi juga menyajikan beragam keindahan yang patut untuk Anda kunjungi.

Bukit Panembongan ini hanya mematok harga tiket sebesar Rp 5.000 saja untuk tiap orangnya. Untuk pengunjung yang masih anak-anak, tidak akan dikenakan biaya tiket alias gratis. Bagi wisatawan yang kebetulan membawa roda dua atau roda 4 hanya perlu membayar uang parkir.

Besar biaya parkir untuk mobil yaitu Rp 5.000, sedangkan untuk motor hanya Rp 3.000 saja. Tempat wisata yang satu ini dibuka pada pukul 06.00 dan akan ditutup pada pukul 18.00. Sebaiknya Anda datang ketika pagi hari dan pulang saat sore hari, sehingga liburan tertentunya akan terasa memuaskan dengan berada di tempat tersebut lebih lama.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Panembongan

Aktivitas Menarik di Bukit Panembongan
Image Credit: Gogle Maps Benny Novianugroho

1. Refresh Pikiran

Rekreasi di Bukit Panembongan terasa begitu menyenangkan dengan beragam spot-spot wisata yang tersaji di sana. Alam bukit yang masih begitu asri akan membuat pikiran Anda jadi fresh dan jiwa jadi lebih damai. Rasa bosan, letih dan lelah bekerja akan hilang seketika.

Hiruk pikuk daerah perkotaan serta aktivitas yang tentunya penat akan membuat Anda lupa seketika. Menyegarkan pikiran merupakan salah satu aktivitas yang perlu dan wajib dilakukan supaya di sini Anda tidak tertekan.

2. Berburu Foto di Banyak Spot

Bukit Panembongan memang mempunyai pesona yang begitu memukau. Dapat dikatakan tempat tersebut adalah salah satu spot yang sangatlah recommended dan asik, terutama untuk Ada yang ingin mengabadikan momen.

Nantinya Anda bisa mengambil foto bersama dengan teman ataupun kerabat sepuasnya. Hasil foto yang Anda ambil tersebut jangan lupa untuk dibagikan di sosial media, baik itu Instagram maupun Facebook.

Salah satu spot foto yang populer dan patut untuk dijadikan referensi yaitu foto di gardu pandang. Gardu pandang ini dibuat menggunakan bahan berupa bambu dan berada di tempat yang cukup tinggi. Jadi ketika Anda mengambil foto di lokasi tersebut, nantinya Anda akan memperoleh background berupa pepohonan hijau, langit dan awan putih.

Agar bisa tiba di gardu pandang tersebut, maka Anda diharuskan untuk melalui area jembatan yang dibuat dari bahan bambu lebih dahulu. Jembatan ini disebut dengan jembatan cinta. Referensi lain yaitu Anda bisa berfoto bersama delman. Transportasi tradisional tersebut memang masih tersedia di wilayah Wisata Panembongan.

3. Menyaksikan Lansekap Indah

Jika di sini Anda telah memasuki area Bukit Panembongan, maka panorama hijau dari pepohonan akan menyambut kedatangan Anda. Udara yang sejuk dan dingin seolah merasuk membawa kesejukan dan ketenangan bagi sanubari.

Terlebih lagi suara burung yang berkicau akan membuat Anda merasa begitu tentram dan tenang. Saat Anda berjalan, nantinya keindahan alam hijau akan membuat Anda merasa melayang. Tidak hanya itu saja, Anda akan menyaksikan panorama indah rumah yang ada di bawahnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Bukit Panembongan
Image Credit: Google Maps Isep Apar

Bukit Panembongan adalah salah satu destinasi yang tergolong baru di wilayah Kuningan. Sekalipun tempat tersebut masih tergolong baru, tapi di sana sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung. Fasilitas tersebut seperti tempat parkir kendaraan, baik itu bagi roda dua ataupun roda empat.

Tersedia pula toilet umum yang bisa digunakan semua pengunjung secara gratis. Untuk yang ingin sekedar duduk bersantai, maka bisa menggunakan Gazebo yang sudah dibangun di sana. Merasa lapar dan haus, tidak perlu khawatir, Anda cukup meluncur ke warung wisata. Berbagai macam menu lezat dan nikmat bisa Anda coba dengan harga yang terjangkau.

Pihak pengelola wisata juga menyediakan area camping bagi siapapun yang ingin bermalam dan mendirikan tenda di sana. Tersedia wahana berupa permainan yang memacu adrenalin, sehingga membuat para pecinta tantangan akan merasa bersemangat selama berada di destinasi alam tersebut.

Itulah tadi uraian lengkap mengenai Bukit Panembongan yang perlu Anda ketahui. Bagi siapapun yang kebetulan mengunjungi daerah Kuningan, Jawa Barat, jangan ragu untuk singgah sejenak di tempat wisata satu ini. Pastikan Anda tidak lupa membawa kamera, supaya keseruan selama berada di sana bisa diabadikan dan dikenang.