Danau Kaco salah satu destinasi alam yang menakjubkan di Kerinci, Jambi. Oase di tengah hutan rimba dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat menyuguhkan peanorama alam yang indah, air yang jernih dan dibaluti legenda puteri cantik.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dusun Baru Lempur, Kec. Gunung Raya, Kab. Kerinci, Jambi; Map: Cek Lokasi

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan suatu kawasan yang terletak pada empat provinsi yakni Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Salah satu destinasi wisata unggulannya yaitu Danau Kaco yang secara geografis terletak di wilayah Jambi. Ukuran danau ini sendiri terbilang tidak terlalu luas yakni sekitar tiga puluh kali tiga puluh meter persegi.

Penamaan Danau Kaco sendiri tidak lepas dari legenda rakyat sekitar. Alkisah hiduplah seorang raja yang bernama raja gagak. Sang raja memiliki seorang puteri dengan paras rupawan. Banyak pemuda datang untuk meminang sang puteri. Raja pun mulai tamak dan meminta mahar berupa batu-batuan permata kepada para pemuda. Permata dan sang puteri akhirnya ditenggelamkan ke dalam danau.

Warna pantulan air dari dalam danau berwarna biru cyan atau hijau kebiruan menyerupai permata. Masyarakat sekitar mempercayai warna air danau berasal dari permata sang puteri, namun pendapat ilmiah juga dikemukakan bahwa terdapat endapan mineral dalam sedimen danau. Para ahli menduga bahwa kandungan berupa kalsium karbonat dan kaolin yang membuat warna air menjadi biru kehijauan.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Kaco

Daya Tarik Dimiliki Danau Kaco
Image Credit: Google Maps (Resandi Bastian Paat)

Danau ini terbilang memiliki keunikan tersendiri. Karena selain warna air yang biru kehijauan, letak dari Danau Kaco cukup sulit ditemukan atau “hidden gem”. Untuk menuju lokasi ini, kita perlu melakukan tracking jauh menyusuri hutan. Melewati sungai dan belantara yang aksesnya tidak dapat ditempuh oleh berbagai kalangan.

1. Suasana Danau yang Masih Asri

Dikarenakan letaknya yang cukup tersembunyi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, keasrian dari danau ini tidak perlu diragukan lagi. Danau ini berpotensi sebagai indikator alam yang masih terawat karena memiliki warna air yang biru. Selain itu, aktivitas manusia tidak terlalu banyak dilakukan di lokasi ini sehingga kualitas lingkungan di sekitar danau masih alami.

Flora dan fauna sekitar danau juga masih sangat terjaga, sehingga siapa saja yang ingin singgah di danau ini akan merasa tenang menikmati kesegaran air danau sambil menikmati suasana hutan. Ikan-ikan kecill juga terlihat berenang kesana-kemari di dalam dasar danau.

Anda bisa memancing ikan yang ada di danau ini. Bagi pecinta camping, lokasi danau ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk menikmati keindahan alam yang ada di Jambi ini.

2. Lokasi Tracking yang Menantang

Terletak pada ketinggian 1289 mdpl di kawasan rimba TNKS menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang memiliki jiwa petualang. Satu-satunya akses menuju lokasi Danau Kaco adalah dengan berjalan kaki menyusuri hutan. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan berbagai macam pemandangan pepohonan, dengan jalan yang sedikit berlumpur.

Kawasan ini tergolong kedalam kategori kawasan dengan curah hujan tinggi sekitar 80-90%, oleh karena itu keselamatan selama menyusuri jalan perlu diperhatikan. Tak jarang jalanan yang ditempuh akan sangat terjal dan licin. Rute perjalanan akan melewati sungai dengan jembatan penyebrangan berupa sebatang pohon.

Jadi diperlukan fisik serta mental yang bagus jika berencana mengunjungi lokasi wisata ini. Pastikan membawa persediaan logistik yang cukup selama berjalan agar fisik tetap terjaga. Dan hal yang perlu diperhatikan, jika ingin tracking pastikan sudah mengetahui jalur menuju lokasi. Solusinya, Anda bisa menyewa tour guide atau teman yang sudah memiliki pengalaman tracking ke danau ini.

Daya Tarik Danau Kaco
Image Credit: Twitter.com @wotonnie

3. Pantulan Air yang Menyerupai Kaca

Lelah akibat berjalan menyusur hutan akan terbayar saat menyaksikan keindahan Danau Kaco secara langsung. Cahaya matahari yang menembus air danau akan dipantulkan seolah-olah menyerupai kaca. Saat malam tiba, cahaya bulan akan sangat jelas memantul di permukaan air danau. Sehingga pengunjung yang sedang berkemah tidak perlu memasang penerangan tambahan.

Saking jernihnya air dalam danau, kita dapat melihat langsung biota air seperti ikan semah atau yang dikenal dengan nama ilmiah Tor douronensis. Namun, tak banyak tumbuhan air yang terlihat. Hanya nampak batuan danau dan batang pohon yang tumbang.

Warna biru kehijauan dari danau juga dapat berasal dari fitoplankton dan algae dari golongan Chlorophyceae dan Cyanophyceace. Kilauan keemasan dimalam hari dapat berasal dari taksa lain seperti Diatome. Namun, kebenaran lebih lanjut mengenai alasan dibalik warna cyan dan kilauan danau di malam hari masih perlu dikaji lebih lanjut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Danau Kaco

Alamat Danau Kaco
Image Credit: Google Maps (Adel Charlie)

Danau ini merupakan danau yang diakui oleh Unesco sebagai warisan dunia. Letaknya tidaklah mudah untuk ditemukan, berada pada ketinggian tertentu diatas permukaan laut dan tersembunyi dibalik hutan lebat membuat rute menuju lokasi ini semakin menantang. Lokasi tepatnya danau ini yakni berada di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya. Jika Anda ke provinsi Jambi, maka tinggal menuju ke kabupaten Kerinci saja.

Perjalanan untuk bisa mencapai lpkasi danau dapat ditempuh dari pusat kota Jambi, kemudian diteruskan ke arah Sungai Penuh. Memerlukan waktu kira-kira 8 sampai 10 jam dari kota Jambi hingga sampai di Sungai Penuh. Kota menuju Desa Lempur dengan estimasi waktu empat puluh lima menit menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua.

Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Kelurahan Lempur, kira-kira 90 menit dari pusat kota kali penuh. Ada alternatif lain apabila ingin melanjutkan perjalanan ke Desa Lempur, yakni menggunakan transportasi umum seperti mini bus yang beroperasi sekitar pukul 15.00 WIB. Namun alangkah baiknya menggunakan kendaraan pribadi agar dapat bebas mengelola dan mengestimasikan waktu.

Di sana ada travel yang menyediakan paket wisata ke Danau Kaco, dibantu dengan komunitas jelajah Kerinci untuk membantu mengorganisir keperluan transportasi juga menyediakan jasa pemandu wisata. Jalur menuju ke dua pos istirahat, melalui sungai dengan ketinggian sekitar 50 cm. Di akhir perjalanan menuju danau, rintangan seperti jurang yang mempunyai ketinggian 3 meter juga harus dilewati.

Harga Tiket Masuk Danau Kaco Jambi

Harga Tiket Danau Kaco Jambi
Image Credit: Google Maps (Sugianto Sentosa)

Karena Danau ini berada di kawasan TNKS, maka pengunjung hanya perlu membayar untuk biaya parkir kendaraan sebelum tracking kawasan. Harga untuk weekdays (senin-jumat) dan weekend sejauh ini tidak ada perbedaan yakni Rp 5.000 (lima ribu rupiah) saja.

Untuk waktu operasional yakni buka setiap hari selama 24 jam nonstop. Yang tak kalah penting, meski wisata ini buka selama 24 jam, Anda harus memastikan perjalanan Anda di saat siang hari. Pasalnya, kawasan ini tidak sepenuhnya memiliki penerangan. Jikalau pun menggunakan senter atau alat lainnya, Anda juga tetap harus berhati-hati karena trek menuju lokasi cukup menantang.

Kegiatan yang Menarik dilakukan di Danau Kaco

Kegiatan di Danau Kaco
Image Credit: Twitter.com @enciktravel

1. Berenang

Saat berkunjung ke sumber mata air tak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi kesegarannya. Berenang merupakan aktivitas andalan saat berada disana. Air danau yang bening dengan dasar danau yang terlihat jelas sungguh menarik minat pengunjung untuk bersantai menikmatinya.

Sejauh ini, kedalaman Danau Kaco yang diukur oleh pemandu lokal berkisar antara dua puluh meter. Namun, perlu diperhatikan saat berenang dianjurkan untuk tidak berenang terlalu dalam, cukup bermain air di tepian saja karena belum ada pengukuran pasti tentang kedalaman danau.

2. Eksplorasi Hutan

Selama perjalanan menuju danau kita dapat sekalian untuk mengeksplorasi kekayaan flora dan fauna asli Taman Nasional Kerinci Seblat. Mengingat kawasan ini masih merupakan kawasan konservasi. Beberapa spesies ditemukan saat mengeksplorasi jalan menuju danau diantaranya Ficus melinocarpa, Impatiens pseudoperezi, Datura metel dan jenis paku dari keluarga Selaginella sp.

Apabila pengunjung beruntung, saat berjalan menyusuri lokasi akan menemukan buah-buahan endemik khas hutan yang berwarna merah dan menyerupai buah naga. Berbagai jenis insekta seperti kupu-kupu dan serangga lain juga tersebar di kawasan hutan.

Kegiatan Menarik di Danau Kaco
Image Credit: Twitter.com @AdventureIdeass

3. Swafoto dan Membuat Video

Tak lengkap rasanya apabila mengunjungi suatu area tanpa melakukan swa foto. Untuk memenuhi feed instagram, lokasi ini dapat menjadi rekomendasi tempat wisata alam yang aesthetic dan anti mainstream. Perjuangan menuju lokasi akan terbayarkan apabila saat pulang kita dapat membawa oleh-oleh hasil foto yang bagus.

Tempat ini juga sering digunakan untuk lokasi syuting film maupun dokumenter perjalanan. Bagi Anda yang memiliki chanel youtube bertemakan travelling, lokasi ini cocok untuk dijadikan list penambah konten youtube Anda. Untuk pasangan yang ingin memiliki pengalaman foto yang lebih menantang, danau ini tidak kalah menarik untuk jadi spot foto pre-wedding.

4. Camping

Bagi pecinta camping, mendirikan tenda untuk bermalam di sekitar danau merupakan sebuah kesenangan tersendiri. Lokasi yang cukup ideal yakni di sekitar danau dimana pemandangan yang dimiliki cukup memukau.

Anda dapat melakukan kegiatan camping di sekitar lokasi Danau Kaco bersama teman-teman Anda. Menikmati keheningan hutan sambil ditemani cahaya rembulan yang memantul di permukaan danau akan memberikan kesan yang unik. Suara serangga hutan juga makin terasa saat malam mulai menjelang.

Mengingat akses menuju lokasi tidak mudah dijangkau, kegiatan camping mungkin dapat dilakukan oleh beberapa orang. Biasanya para pendaki yang ingin hiking Gunung Kerinci akan sekalian singgah di danau untuk menikmati keindahannya.

Pastikan stamina dan logistik cukup apabila ingin bermalam, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian lokasi sekitar. Dan tak lupa, selalu membawa pulang setiap sampah yang Anda bawa ke lokasi agar kebersihan lokasi danau tetap terjaga.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Kaco Jambi

Fasilitas di Danau Kaco Jambi
Image Credit: Google Maps (Mira)

Sejauh ini, fasilitas umum yang terdapat di lokasi Danau Kaco hanyalah lokasi parkir sebelum memasuki kawasan tracking hutan. Selain itu, disini juga terdapat jasa pemandu wisata apabila Anda ingin menggunakan jasa tour guide. Karena lokasi ini merupakan lokasi alam yang terbuka, jadi tidak heran jika fasilitas umum belum sepenuhnya dilengkapi.

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang dan gemar beradventure, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya menguras fisik dan kesabaran, namun adrenalin akan terpacu saat menempuh perjalanan menyusuri hutan. Yang terpenting, selalu hati-hati dan pastikan semua perlengkapan sudah dipersiapkan dengan baik.

Alam menyimpan banyak misteri untuk dijelajahi, keberadaan danau Kaco di tengah hutan ini bak oase yang memberikan kesegaran bagi para pengunjung yang lelah melakukan perjalanan selama tracking kawasan hutan. Alangkah baiknya warisan dunia ini tetap kita jaga dan lestarikan. Tetap patuhi aturan yang diberikan oleh pengelola kawasan.