Keindahan Danau Linow di Tomohon, danau tiga warna yang menjadi destinasi kebanggaan orang Minahasa mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Menikmati pesona alam Danau Linow pilihan tepat untuk mengisi waktu libur.

Lokasi: Lahendong, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon.
Map: Cek Lokasi

Danau Linow merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah tidak asing bagi masyarakat Tomohon dan sekitarnya. Kawasan wisata ini berada di daerah sejuk dengan diapit oleh Gunung Mahawu dan Lokon. Lokasinya tersebut membuat tempat wisata ini dikenal dengan udaranya yang segar dan dikelilingi banyak pemandangan hijau.

Objek wisata ini menyimpan banyak pesona alam yang menarik. Keunikan danau yang bisa memperlihatkan air dengan tiga warna menjadi identitas dari objek wisata Danau Linow. Wisatawan pun banyak yang penasaran dan berdatangan untuk melihat langsung danau yang juga mengandung belerang tersebut.

Salah satu tempat wisata alam di Tomohon ini banyak menawarkan hal menarik, selain dari pemandangannya yang indah. Wisatawan pun tidak hanya menikmati pemandangan alamnya, tetapi banyak hal seru dan menarik yang bisa dilakukan. Ditambah dengan fasilitas yang lengkap, liburan di danau ini akan begitu menyenangkan.

Pengelolaan kawasan wisata Danau cantik ini cukup baik dengan beragam fasilitas pendukung. Danau ini bisa menjadi alternatif liburan di akhir pekan yang murah meriah. Berikut adalah beberapa informasi menarik yang perlu diketahui sebelum Anda berangkat ke Danau Linow, Tomohon.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Linow

Daya Tarik Danau Linow
Image Credit: Instagram.com @micklepickle1406

Setiap objek wisata alam nyatanya memiliki pesona dan daya tariknya tersendiri. Danau Linow pun menawarkan banyak daya tarik untuk para pengunjung atau wisatawan datang berlibur di danau ini. Beberapa daya tarik dari Danau Tiga Warna Tomohon antara lain adalah sebagai berikut.

1. Suasana Asri

Kawasan danau ini dikelilingi pepohonan yang cukup rindang. Suasana di kawasan wisata ini masih sangat asri. Cocok untuk Anda yang ingin mencari ketenangan sejenak di alam bebas. Tempat wisata ini dikelola dengan baik sehingga keasrian alamnya pun terjaga.

2. Udara Sejuk

Berkunjung ke Danau Linow dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan. Kondisi lingkungan di sekitar danau masih cukup alami dengan udara yang begitu bersih. Apalagi jika Anda datang ke kawasan danau ini saat pagi hari, udaranya sangat segar dengan kicauan burung-burung yang tinggal di pepohonan sekitar.

3. Pemandangan Danau Tiga Warna

Danau tiga warna menjadi julukan yang melekat bagi Danau Linow di Tomohon. Danau yang terbentuk secara alami ratusan tahun lalu ini mengandung sulfur atau belerang. Kandungan mineral tersebut menyebabkan perubahan warna air saat ada sinar matahari yang mengenai permukaan air danau..

Saat terkena sinar matahari, air danau yang mengandung belerang pun terlihat berwarna. Wisatawan bisa melihat tiga warna di air danau ini, yaitu kuning kecokelatan, warna hijau, dan biru.

4. Ekosistem Yang Menarik

Kawasan Danau Linow memiliki ekosistem yang menarik dengan keberadaan beberapa hewan endemik. Salah satunya adalah burung belibis yang bisa dilihat di sekitar tempat wisata ini. Satwa endemik lainnya adalah sayak yang biasa hidup di sekitar danau.

5. Padang Rumput Yang Hijau

Terdapat sebuah padang rumput di tepi danau yang memberikan pemandangan hijau dan menyegarkan. Pepohonan di sekeliling pada rumput juga menambah suasana semakin sejuk. Pengunjung bisa berteduh dan bersantai di bawah pohon untuk sebatas menenangkan pikiran.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Danau Tiga Warna

Kegiatan di Danau Tiga Warna
Image Credit: Instagram.com @tomohonfoto

Pemandangan indah yang tersaji di Danau Linow pastinya membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Selain itu ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sekitar danau seperti beberapa kegiatan berikut.

1. Berfoto

Pengunjung bisa berfoto di banyak spot menarik yang ada di Danau Linow. Salah satunya adalah di sebuah jembatan kayu. Pemandangan indah dari danau ini juga bisa menjadi latar foto yang bagus, termasuk untuk Anda yang ingin membuat beberapa foto prewedding.

2. Piknik Dengan Keluarga

Danau Linow menjadi salah satu rekomendasi liburan keluarga yang cukup menarik. Salah satu cara untuk menikmati liburan tersebut adalah dengan mengadakan piknik bersama di sekitar danau. Cukup menggelar karpet dan menyantap bekal yang sudah dibawa dari rumah.

3. Menikmati Makanan dan Minuman di Tepi Danau

Jika Anda tidak membawa makanan sendiri, bisa membelinya di warung, restoran, atau café yang ada di sekitar kawasan ini. Makanan dan minuman yang sudah dibeli bisa Anda nikmati di sekitar danau atau area padang rumput.

4. Berkeliling Danau Dengan Perahu

Tersedia wahana perahu kayuh yang bisa digunakan untuk berkeliling danau. Namun ada beberapa sisi danau yang mengalir mata air panas. Bagian tersebut biasanya tidak didekati karena cukup berbahaya.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Linow

Fasilitas Danau Linow
Image Credit: Google Maps (Dipo Andimuharrom)

Danau ini terlihat dikelola dengan sangat baik termasuk dalam penyediaan fasilitas-fasilitas pendukung. Pengunjung dapat menikmati liburan di danau ini dengan lebih nyaman. Beberapa fasilitas yang disediakan di objek wisata Danau Linow antara lain adalah sebagai berikut.

1. Tempat Parkir

Tersedia fasilitas tempat parkir yang cukup luas untuk pengunjung. Area parkir dapat menampung kendaraan, baik roda maupun roda empat. Tempat parkir diberi jarak dengan area danau sehingga kualitas udara di objek wisata ini dapat terjaga dengan baik.

2. Toilet

Fasilitas ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan toilet bagi wisatawan yang mengunjungi Danau Linow. Pengunjung pun akan lebih nyaman selama berwisata di tempat ini, terutama jika ingin buang air.

3. Warung Makan

Wisata alam Danau ini tergolong murah, namun fasilitasnya sudah cukup lengkap. Tersedia warung makan yang menjual berbagai makanan dan minuman dingin untuk pengunjung. Fasilitas ini tentu akan sangat membantu terutama untuk wisatawan yang tidak membawa bekal makanan sendiri.

4. Penginapan

Wisatawan yang berlibur ke Danau Linow dapat menggunakan fasilitas penginapan hingga resor di sekitar kawasan wisata ini. Penginapan yang cocok untuk wisatawan yang ingin merasakan suasana malam di kawasan danau ini. Penginapan yang nyaman dengan dikelilingi pemandangan yang hijau.

5. Tempat Ibadah

Fasilitas lain yang disediakan oleh pengelola tempat wisata ini adalah sebuah tempat ibadah. Mushola kecil di sekitar area danau dibangun agar pengunjung tetap bisa beribadah selama menghabiskan waktu di sekitar danau. Walaupun hanya bangunan kecil, fasilitas tempat ibadah ini cukup nyaman dan juga bersih.

6. Penyewaan Perahu Kayuh

Pengelola kawasan wisata Danau Linow menyediakan fasilitas penyewaan perahu kayuh. Tarif sewa per jamnya adalah Rp 50.000,- untuk Anda yang tertarik mengelilingi area danau dengan perahu.

7. Penyewaan Kano

Di sekitar area danau dibangun jalan yang difungsikan seperti dermaga. Fasilitas penyewaan kano tersedia di tempat tersebut. Wisatawan yang tertarik untuk mencoba kano bisa menyewa dengan tarif sekitar Rp 60.000,- untuk satu jam.

Harga Tiket Masuk Kawasan Danau Linow

Harga Tiket Danau Linow
Image Credit: Kompasiana.com

Objek wisata ini termasuk salah satu destinasi liburan yang cukup terjangkau. Cocok untuk Anda yang ingin mengisi liburan tanpa harus merogoh kantong terlalu dalam. Tiket masuk ke objek wisata ini cukup murah sebesar Rp 25.000,- per orang.

Setelah membayar tiket masuk, Anda akan memperoleh minuman seperti kopi. Cukup dengan menukar karcis masuk di café yang ada di sekitar area danau.

Objek wisata Danau Linow Tomohon buka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini sesuai jam operasional yaitu mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan danau tiga warna ini adalah saat pagi dan sore hari.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Danau Linow

Alamat Danau Linow
Image Credit: Indowisata.com

Objek wisata alam yang penuh pesona ini memiliki akses yang cukup mudah. Terlebih lagi untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Lokasinya berjarak sekitar 37 km dari pusat Kota Tomohon.

Namun untuk Anda yang tidak membawa kendaraan sendiri, lokasi Danau Linow bisa diakses dengan transportasi umum seperti bis. Keberadaan objek wisata ini cukup terkenal sehingga mudah untuk wisatawan mencapai lokasi danau ini.

Bagi Anda yang sudah berada di Kota Tomohon, bisa mengambil rute jalan yang mengarah ke Tondano. Anda akan menemukan papan penunjuk lokasi Danau Linow di jalanan ini. Ikuti petunjuk arah tersebut untuk sampai ke kawasan wisata danau cantik ini.

Kendaraan bisa parkir di lapangan parkir yang sudah disediakan. Perjalanan selanjutnya Anda harus jalan kaki untuk sampai ke lokasi danau. Jaraknya sekitar 1 km dengan pemandangan perbukitan hijau yang akan menemani perjalanan Anda hingga sampai ke Danau Linow.

Tips Berwisata ke Danau Tiga Warna Tomohon

Tips ke Danau Tiga Warna
Image Credit: Instagram.com @intan_pesona_pariwisata

Penataan tempat wisata ini sudah sangat baik agar wisatawan dapat menikmati waktu liburan di Danau Linow dengan nyaman. Jika Anda berencana mengunjungi tempat ini, berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  • Bawa bekal makanan agar lebih hemat.
  • Menggunakan masker di sekitar danau karena aroma belerang cukup tajam.
  • Datang saat cuaca cerah.
  • Bawa perlengkapan seperti kamera.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai objek wisata Danau Linow di Tomohon. Pemandangan indah dengan fasilitas tempat wisata yang lengkap menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi kawasan ini.