Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WITA, Alamat: Bedulu, Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar, Bali; Map: Cek Lokasi

Goa Gajah adalah sebuah wisata yang di desain dengan khas ukiran gambar gajah pada mulut goa. Lokasi wisata ini terletak di Ubud, Gianyar, Bali. Dibangun pada masa abad 11 tepatnya di tahun 1365 M. Selain sebagai tujuan wisata, goa ini juga digunakan untuk tempat beribadah umat Budha, pemujaan para bhiksu.

Istilah nama goa ini diambil dari kata Lwa Gajah. Kata Lwa memiliki arti sungai. Oleh sebab itu, Lwa Gajah disimpulkan sebagai arti tempat pertapaan yang lokasinya ada di tepi sungai. Ketika musim liburan atau hari-hari besar keagamaan Budha, lokasi ini sangatlah ramai.

Banyak wisatawan dari berbagai penjuru yang datang untuk menyaksikan keunikan Goa Gajah. Tidak hanya turis lokal Indonesia, tetapi juga banyak ditemukan turis dari berbagai mancanegara. Letaknya yang berada di tepi jurang dan sungai membuat suasananya terasa lebih asri. Sehingga memikat wisatawan untuk berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Gajah

Daya Tarik Goa Gajah
Image Credit: Google Maps abhimanyu katyayan

1. Suasana yang Asri

Lokasi Goa Gajah ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang tumbuh sudah ratusan tahun. Sehingga membuatnya menjadi lebih asri dan sejuk untuk dilihat. Selain itu, suasana yang alami juga semakin terasa karena terletak tak jauh dari sungai. Justru tempatnya berada di titik aliran sungai.

Adapun untuk menuju komplek goa ini, wisatawan terlebih dahulu harus menuruni anak tangga. Dan jika dilihat dari tangga-tangga tersebut maka lokasi komplek goa akan terlihat sangat jelas.

Ketika wisatawan sudah menuruni anak tangga, maka akan terdengar gemericik air yang berasal dari aliran pancuran arca. Di sekitar pancuran tersebut juga ditemukan beberapa bebatuan akibat runtuhnya bangunan karena terjadinya gempa.

2. Keunikan Goa Gajah

Banyak keunikan yang terdapat di goa ini. Diantaranya yaitu, mulut goa hanya muat dilalui satu orang. Posisinya yang sempit membuat wisatawan yang ingin memasukinya harus antre bergantian.

Sesampainya di dalam goa, ukuran ruangan yang berbentuk huruf T hanya memiliki lebar 2 meter dan tinggi kurang lebih 2 meter. Di bagian ujung lorong sebelah barat terdapat sebuah arca Ganesha. Sedangkan di ujung lorong bagian timur terdapat patung 3 lingga.

Begitu juga di sisi kiri dan kanan lorong ditemukan bekas pertapaan seperti terdapat ceruk. Posisinya saat ini bisa digunakan untuk santai oleh wisatawan yang berkunjung. Sedangkan di bagian luar arah pintu masuk terdapat dua buah patung penjagaan.

3. Adat Berpakaian untuk Memasuki Area Wisata

Pengunjung yang hendak memasuki komplek Goa Gajah diwajibkan untuk berpakaian sopan. Jika menggunakan celana/rok pendek maka harus dibalut dengan mengenakan sarung. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesopanan. Mengingat lokasi goa yang sering digunakan sebagai tempat beribadah pemujaan agama Budha.

Wisatawan dapat menyewa sarung ataupun selendang dengan harga Rp 15.000 per kain. Tidak ada batas waktu untuk sewa kain. Selama pengunjung masih di area goa berarti tidak ada perubahan harga sewa seperti berlaku kelipatan atau yang lainnya.

Daya Tarik Dimiliki Goa Gajah
Image Credit: Google Maps Padua Wolfango

4. Dijadikan Sebagai Tempat Penelitian

Sebelum resmi dibuka sebagai tempat wisata, keberadaan Goa Gajah terlebih dahulu dilakukan penelitian oleh beberapa ahli. Misalnya pada tahun 1923 ditemukan tiga buah patung. Diantarana patung Hariti, Patung Trilingga, dan Arca Ganesha. Hasil penelitian ini dilakukan oleh pejabat Hindia Belanda bernama L.C Heyting.

Selanjutnya, di tahun 1925 kembali dilakukan penelitian oleh Dr. W.F Stutterhiem. Hingga tahun 1950 masih terus dilakukan penelitian oleh J.L Krigman. Sampai pada akhirnya mulai dilakukan penggalian situs pada tahun 19654 hingga tahun 1979.

Dari penggalian situs tersebut ditemukan kolam pemandian suci dengan patung berbentuk perempuan yang jumlahnya ada enam. Kolam atau petirtaan ini usianya sangatlah kuno.

5. Sering Digunakan untuk Ritual

Dengan ditemukannya beberapa penggalian situs yang usianya kuno maka sering digunakan masyarakat setempat untuk melakukan ritual. Adapun tujuan dari ritual tersebut dilakukan berdasarkan kepercayaan masing-masing pelakunya. Sehingga sesuai dengan keyakinan yang beraneka ragam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Goa Gajah
Image Credit: Google Maps Tobias Bader

Wisata Goa Gajah ini berada di Bali. Tepatnya terletak di Kabupaten Gianyar, Kecamatan Blahbatuh, Desa Bedulu. Lokasi wisata ini lebih detailnya berada di tepi Sungai Petanu, jalur utama Kota Denpasar-Tampaksiring. Dari Kota Denpasar memerlukan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan atau jaraknya kurang lebih 26 kilometer.

Adapun jika Anda berada di lokasi Kuta, Bali maka jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 40 kilometer. Nah, jika dari Ubud maka lokasinya cenderung lebih dekat. Hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 5 kilometer saja.

Untuk menuju lokasi, wisatawan bisa menggunakan google maps. Cukup mengetik alamat tujuan maka Anda akan diarahkan ke lokasi sesuai dengan petunjuk arah yang akurat.

Apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Denpasar, maka dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan melalui Jl. WR Supratman. Sedangkan dari Ubud, Bali hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan untuk menuju lokasi Goa.

Jalan yang ditempuh antara lain, melewati Jl. Raya Ubud dilanjutkan menuju Jl. Cok Gede Rai atau bisa juga melalui Jl. Raya Goa Gajah ke Bedudu. Agar perjalanan lebih lancar maka disarankan untuk menggunakan transportasi pribadi. Baik kendaraan bermotor maupun mobil.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Goa Gajah
Image Credit: Google Maps Putu Krisna

Setiap pengunjung yang ingin menikmati suasana keindahan Goa Gajah maka diwajibkan untuk membayar tiket masuk. Adapaun perbedaan harga yang ditetapkan untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing.

Jika wisatawan lokal maka cukup membayar tiket masuk seharga Rp 30.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif Rp 50.000 per orang. Harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan roda empat atau mobil, perlu menyediakan uang tambahan parkir yakni Rp 5.000 per unit. Sedangkan untuk kendaraan bermotor, pemiliknya wajib membayar parkir seharga Rp 2.000 per motor.

Ketentuan harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu. Khususnya di hari-hari libur nasional. Oleh karenanya, jangan jadikan patokan khusus. Terlebih jika Anda ingin membawa rombongan dalam jumlah yang banyak. Seperti study tour atau famili gathering. Sebaiknya pastikan harga tiket dengan menghubungi pihak pengelola.

Adapun waktu berkunjung untuk wisata goa ini yaitu dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WITA. Peraturan ini berlaku setiap hari mulai Senin sampai dengan Minggu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Goa Gajah

Aktivitas Menarik Goa Gajah
Image Credit: Google Maps ricardo gonzalez

1. Berwisata ke Komplek Goa Gajah

Wisatawan yang berkunjung ke goa dapat menikmati suasana yang masih asri dan juga sakral. Mengingat lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat ritual atau pemujaan para bhiksu.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat area komplek Goa yang sangat unik. Terdapat beberapa patung, arca, dan lain sebagainya. Untuk menjaga kelestarian benda-benda bersejarah tersebut, pengunjung dihimbau untuk tidak melakukan perbuatan yang merusak.

Entah itu coret-corek di dinding goa, bebatuan, ataupun mengotorinya dengan cara yang lain. Terutama tidak membuang sampah sembarangan di area goa.

2. Mengitari Sekitar Goa

Setelah Anda puas memasuki area komplek goa dengan menuruni anak tangga, ada aktivitas lain yang bisa dilakukan. Diantaranya yaitu berjalan mengitari lokasi goa. Selain mendapatkan suasana yang asri dan sejuk, Anda juga dapat menyaksikan bangunan kuno ini berserta beberapa peninggalan bersejarahnya.

3. Foto di Titik yang Menarik

Lokasi wisata Goa Gajah memiliki sejumlah titik yang menarik untuk diabadikan. Oleh sebab itu, sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa adanya momen berfoto-foto. Wisatawan dapat memilih beberapa spot yang unik.

Oleh karenanya, sebelum berkunjung perlu menyiapkan kamera dengan memori yang masih terjangkau. Karena sesampainya di lokasi, pasti Anda ingin selalu mengabadikan momen-momen yang mengesankan.

Salah satu spot yang sering diminati wisatawan untuk berfoto adalah bergaya di anak tangga. Di spot inilah semua area komplek bisa terlihat. Sehingga backgroundnya sangat cantik dan instagramable.

Aktivitas Menarik di Goa Gajah
Image Credit: Google Maps Padua Wolfango

4. Mengenal Budaya Adat Setempat

Pulua Bali memang terkenal dengan adat budaya yang menarik. Bahkan sangat dijaga kelestariannya. Termasuk di lokasi wisata Goa Gajah ini. Wisatawan bisa mengenal adat budaya setempat.

Salah satunya etika berpakaian ketika berkunjung ke lokasi goa. Wisatawan tidak diperkenankan untuk memakai baju yang kurang sopan. Seperti menggunakan rok atau celana pendek.

Oleh sebab itu, di lokasi ini tersedia fasilitas sewa kain baik sarung maupun selendang. Wisatawan bisa menyewanya dengan harga terjangkau selama memasuki area goa. Selain untuk menjaga budaya adat setempat, kesopanan untuk lokasi yang sering digunakan sebagai tempat ritual juga perlu dilakukan.

5. Berbelanja Oleh-Oleh

Setiap berwisata ke suatu tempat, pasti selalu ingin berburu oleh-oleh dan cinderamata khas daerah tersebut. Nah, di Goa Gajah ini juga terdapat toko oleh-oleh yang menyediakan aneka pernak-pernik souvenir serta aneka jajanan khas Bali.

Anda bisa membelinya dengan harga yang terjangkau. Mulai dari gantungan kunci, sendal, tas, baju, makanan khas seperti pie susu, kacang disco, dan masih banyak lainnya.

Jika Anda membelinya dalam jumlah banyak, maka jangan sungkan untuk menawar. Para pedagang tidak akan marah. Justru mereka akan merasa senang karena dagangannya sudah diborong.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Goa Gajah
Image Credit: Google Maps Anja Segmiller

1. Toko Souvenir

Wisatawan dapat membeli oleh-oleh berupa aneka jajanan maupun pernak pernik souvenir yang tersedia di toko-toko. Lokasinya tak jauh dari komplek Goa Gajah. Untuk harga bisa ditawar apalagi jika membeli dalam jumlah banyak.

2. Area Parkir

Area parkir yang tersedia cukup untuk menampung beberapa kendaraan. Uniknya, sistem pembayaran parkir di lokasi ini sudah semakin modern. Wisatawan cukup membayar karcis parkir menggunakan sistem eParkir. Sehingga tidak lagi membutuhkan uang tunai.

3. Penginapan

Jika wisatawan ingin melanjutkan wisata di beberapa lokasi terdekat, maka bisa beristirahat di penginapan yang lokasinya tak jauh dari Goa. Jenis penginapan yang tersedia sangat beragam sesuai dengan fasilitas yang tersedia.

4. Spot Foto

Beberapa spot foto yang menarik dan unik bisa dijadikan tempat untuk bergaya. Diantaranya ada kolam pemandian sakral, pancuran air, dan spot-spot lainnya yang ada di komplek goa.

Itulah sekilas informasi keberadaan Goa Gajah yang menawan di Gianyar, Bali. Jika selama ini Anda disuguhkan oleh keindahan alam berupa pantai, pulau, gunung maka cobalah untuk menjelajah Bali dengan berkunjung ke goa ini. Selain mendapatkan suasana yang berbeda, Anda juga bisa mempelajari sejarah serta benda-benda peninggalannya.