Goa Sunyaragi, Situs Sejarah Unik di Tengah Kota Cirebon

Goa Sunyaragi Cirebon

Lokasi: Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.
MapCek Lokasi

Bila Anda mengunjungi Kota Cirebon, Anda dapat menemukan berbagai tempat wisata yang dapat Anda kunjungi ketika musim liburan atau di kala waktu luang. Terdapat berbagai macam tempat wisata, dari wisata alam sampai dengan wisata yang sarat akan sejarah. Salah satu wisata sejarah yang berada di Cirebon yaitu Goa Sunyaragi.

Goa Sunyaragi merupakan tempat wisata yang dahulunya merupakan bekas peninggalan kerajaan. Hal tersebut menjadikan kawasan ini sarat akan sejarah serta budaya yang terkandung di dalamnya. Bagi Anda yang ingin berwisata dengan konsep wisata edukasi, Anda juga dapat mengunjungi Goa Sunyaragi.

Selain itu, Goa Sunyaragi juga dikenal akan mitos-mitos yang terkandung di dalamnya. Hal itulah yang menjadikan banyak wisatawan yang penasaran akan pesona dari Goa Sunyaragi ini. Bagi Anda yang juga penasaran mengenai Goa Sunyaragi, Anda dapat menyimak penjelasan berikut untuk menambah informasi Anda:

Mengenal Cagar Budaya Goa Sunyaragi

Mengenal Cagar Budaya Goa Sunyaragi

Image Credit: Pinterest.com @Shintarinasty

Goa Sunyaragi merupakan kawasan cagar budaya yang didirikan pada sekitar abad ke-17. Merupakan tempat yang dahulunya dipakai untuk olah kanuragan dan bersemedi oleh para prajurit dan sultan dari Kerajaan Cirebon. Kawasan ini memiliki luas sekitar 15 hektar dan apabila Anda memasuki kawasan ini Anda akan merasakan aura mistis yang menyelimuti.

Goa Sunyaragi sendiri memiliki arti dalam namanya. Sunyaragi berasal dari bahasa sansekerta yaitu “Sunya” dan “Ragi”, sunya memiliki arti sunyi sedangkan ragi memiliki arti raga. Maka dari namanya tersebut Anda tentunya sudah dapat membayangkan kawasan ini tentunya sarat akan suasanya yang sunyi, inilah mengapa Goa Sunyaragi dikenal memiliki aura yang mistis.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Indramayu Paling Populer

Dahulu Goa Sunyaragi ini juga dipergunakan sebagai tempat untuk mengatur strategi perang melawan BelAnda pada jaman kemerdekaan. Oleh karena itulah Goa Sunyaragi ini memiliki suasana bangunan atau arsitektur yang tentunya sarat akan sejarah. Cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga ataupun kerabat untuk mempelajari sejarah dan budaya.

Sejarah Mengenai Goa Sunyaragi

Sejarah Mengenai Goa Sunyaragi

Image Credit: Cirebonarzatour.com

Goa Sunyaragi dapat dikatakan berbeda dari goa lainnya karena goa ini tidaklah terbentuk karena fenomena alam, melainkan dibuat oleh manusia. Goa Sunyaragi ini terdiri dari susunan batu yang memiliki gaya khasnya tersendiri. Susunan arsitektur pada bangunan ini merupakan percampuran dari gaya Timur Tengah, Indonesia klasik, renaissance Eropa, dan Tiongkok Kuna.

Goa Sunyaragi ini dibuat atas perintah dari Panembahan Ratu Pertama atau Pangeran Emas Zaenul Arifin. Kawasan ini dibangun selama tiga periode di sekitar awal abad ke-18.  Goa Sunyaragi ini dahulunya memang digunakan untuk tempat peristirahatan keluarga kesultanan Cirebon. Konon dahulu juga dikatakan tempat ini digunakan sebagai pelatihan tentara kesultanan Cirebon.

Kawasan ini dahulunya sempat hancur karena perang yang terjadi sekitar tahun 1787. Karena dahulu Goa Sunyaragi dipergunakan sebagai benteng pertahanan dari para penjajah. Kemudian sempat diperbaiki kembali pada tahun 1852. Kemudian pemerintah Republik Indonesia juga melakukan pemugaran pada tahun 1976 sampai 1984.

Cara Menuju Goa Sunyaragi Cirebon

Cara Menuju Goa

Image Credit: Guasunyargi.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Goa Sunyaragi, jangan khawatir akan akses yang ditempuh untuk menuju lokasi. Karena kawasan ini memiliki akses perjalanan yang sudah dirancang untuk memudahkan siapapun untuk berkunjung. Maka jangan ragu lagi untuk mengunjungi kawasan wisata Goa Sunyaragi ini.

Untuk menempuh perjalanan menuju Goa Sunyaragi Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti taksi. Lokasi Goa Sunyaragi juga dapat mudah ditemukan karena lokasinya berada di tengah Kota Cirebon. Sehingga Anda tak perlu khawatir tersesat saat menggunakan peta.

BACA:  Villa Khayangan Bogor, Penginapan yang Menawarkan Wisata Lengkap

Selain itu, bagi Anda yang berada di Terminal Harjamukti Cirebon, Anda cukup menempuh perjalanan sekitar 1,5 kilometer. Sedangkan bagi pengunjung yang berada di stasiun kereta api Cirebon, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer. Anda juga dapat menanyakan lokasi pada warga setempat karena kawasan Goa Sunyaragi sudah cukup terkenal di Kota Cirebon.

Fasilitas yang Tersedia di Goa Sunyaragi

Fasilitas yang Tersedia di Goa Sunyaragi

Image Credit: Wego.co.id

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Goa Sunyaragi, Anda tak perlu khawatir akan fasilitas. Karena di kawasan wisata Goa Sunyaragi ini sudah dikelola dengan baik oleh pihak yang berwenang. Letaknya yang di tengah kota juga tentunya menjadikan kawasan Goa Sunyaragi dekat dengan berbagai fasilitas yang ada di tengah Kota Cirebon.

Anda tak perlu bingung memarkir kendaraan Anda ketika berada di kawasan Goa Sunyaragi, karena disini sudah terdapat fasilitas tempat parkir yang cukup untuk menampung kendaraan dari pengunjung yang berdatangan.  Selain itu di sekitar kawasan juga telah disediakan musholla sehingga memudahkan Anda untuk menunaikan ibadah.

Selain itu juga terdapat berbagai tempat makan yang menyediakan kuliner sedap, tentunya patut dicoba saat Anda mengunjungi Goa Sunyaragi. Anda dapat menikmati beberapa makanan khas dari Kota Cirebon yang tentunya juga dapat menjadikan pengalaman berlibur Anda semakin menyenangkan.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan membutuhkan tempat penginapan untuk beristirahat, Anda juga dapat menyewa penginapan yang ada di sekitar Goa Sunyaragi ini. Berbagai fasilitas tentunya telah tersedia agar menjadikan pengalaman berlibur Anda nyaman dan aman.

Wahana Menarik yang Ada di Goa Sunyaragi

Wahana Menarik yang Ada di Goa Sunyaragi

Image Credit: Aboutcirebon.id

Di Goa Sunyaragi ini Anda tidak hanya dapat menyaksikan keindahan arsitektur saja, melainkan Anda juga dapat mencoba berbagai wahana yang disediakan oleh pengelola seperti sepeda terbang. Anda dapat mengabadikan pengalaman menaiki sepeda terbang dengan berfoto ria sambil mengayuh sepeda.

BACA:  13 Tempat Makan Enak di Bogor Favorit Wisatawan

Selain itu, bagi Anda yang ingin mencoba hal baru seperti memanah, Anda juga dapat melakukannya di Goa Sunyaragi ini. Terdapat pula permainan ayunan terbang dan balon terbang yang tentunya dapat Anda coba sembari menyaksikan kemegahan kawasan Goa Sunyaragi.

Disini Anda juga dapat memuaskan hobi fotografi Anda. Dengan memanfaatkan arsitektur batu yang khas, Anda juga dapat memilih kawasan ini sebagai tempat pengambilan foto seperti pre-wedding. Maka dari itu jangan bingung ketika Anda sampai di Goa Sunyaragi, Anda tentunya dapat mencoba wahana-wahana yang mengasyikkan tersebut.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Goa Sunyaragi

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Goa Sunyaragi

Image Credit: Ksmtour.com

Kawasan wisata Goa Sunyaragi ini memiliki jam operasional dari pukul 08.00 pagi sampai 17.30. Bagi Anda yang ingin melakukan kunjungan dengan nyaman, Anda direkomendasikan untuk datang pada sore hari. Hal tersebut dikarenakan matahari tidak terlalu terik sehingga Anda dapat berjalan-jalan mengintari kawasan dengan suasana teduh di sore hari.

Harga tiket masuk cukup terjangkau, yaitu 10.000 rupiah. Untuk parkir motor dikenakan biaya parkir 2.000 rupiah dan mobil 5.000 rupiah. Selain itu bagi Anda yang ingin menyewa tour guide juga dikenakan biaya tambahan sekitar 50.000 rupiah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Goa Sunyaragi. Bagi Anda yang sedang berada di Cirebon atau ingin mengunjungi Cirebon, Anda dapat mencoba menyempatkan diri untuk berkunjung ke Goa Sunyaragi ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!