Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 08.00–16.00 WIB, Alamat: Jl. Sapto Sari, Giring, Kec. Paliyan, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Gua Maria Tritis menjadi wisata religi yang menawarkan tempat ibadah nyaman untuk umat katholik. Semua orang yang berkunjung boleh berdoa sambil berziarah karena tempat ini masih sakral. Namun bagi wisatawan yang tidak beribadah, juga boleh datang kesana untuk melihat semua pemandangan Gua.

Berada di dalam destinasi tersebut akan membuat siapapun terpanah. Apalagi langit Gua sangat cantik dengan beberapa susunan batu. Traveller yang duduk di kursi ibadah dapat mengamati bangunan Gua Maria.

Panorama yang indah tidak hanya di dalam kawasan Gua saja, tetapi juga ada di bagian luar. Bukit, gunung, dan pohon hijau yang tumbuh subur dapat menyejukkan mata. Hal itulah yang membuat suasana cocok untuk bersantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Gua Maria Tritis

Daya Tarik Gua Maria Tritis
Image Credit: Twitter Alvin hartojo

1. Tempat Ibadah yang Unik

Gua Maria Tritis memang menjadi tujuan umat katholik yang ingin beribadah secara khusyuk pada hari tertentu. Meskipun tempat ibadah ada di dalam Gua, tetapi terlihat sangat unik dan estetik. Apalagi sejumlah patung ibadah sudah tersedia sebagai penunjang umat yang berdoa dan berziarah disana.

Jika pengunjung akan beribadah di Gua maka perlu melewati rute jalan salib yang menjadi tradisi. Tempat ini juga sudah dibersihkan meskipun tergolong sebagai wisata terbuka. Apalagi bangunan Gua yang menarik pasti akan membuat traveller ingin ibadah lebih lama karena dijamin betah.

2. Kecantikan Gua

Liburan sekaligus ibadah di Gua Maria memang menarik karena ada banyak kecantikan yang tersimpan. Wisata hits ini dilengkapi sejumlah batu unik berupa stalaktit dan stalakmit yang berada di atap Gua. Bahkan terdapat tanaman liar yang tidak jauh dari pintu masuk wisata. Traveller yang datang dapat melihat sekaligus mengambil foto disana.

Pada spot lain terdapat beberapa tulisan sekaligus patung yang sangat terawat. Patung ini memang digunakan sebagai persembahan untuk siapapun yang beribadah. Selain itu ada banyak kursi dari kayu yang berjejer rapi di sekitar tempat bersih ini. Jadi Anda yang berdoa dapat memilih tempat sesuai keinginan sekaligus menikmati kecantikan batu di dalam Gua.

3. Spot Foto

Mengambil obyek foto dengan beragam tumbuhan dan bangunan Gua menjadi daya tarik yang membuat wisatawan tidak pernah bosan. Gua Maria Tritis memang masih mempunyai nuansa alami karena banyak pohon dan bukit. Biasanya sebelum pulang para tamu memilih untuk singgah sejenak sambil mengabadikan momen bersama keluarga.

Selama mengambil background foto, Anda harus berkeliling untuk memotret setiap sudut. Tempat yang sudah dihias dengan menggunakan tanaman alami itu memang bagus saat dipotret. Jadi wisatawan wajib mengambil obyek foto sekaligus menyiapkan kamera sebelum datang ke destinasi religi ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gua Maria
Image Credit: Google Maps Caecilia Maryani

Gua Maria Tritis berlokasi di Jalan Sapto Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Wisata yang sering digunakan untuk berziarah ini memiliki rute yang tidak terlalu sulit. Namun pengunjung yang membawa sepeda motor atau mobil perlu ditaruh di lahan khusus sebelum ke Gua. Lalu Anda dapat naik ke Gua dengan jalan kaki serta melewati lintasan yang tidak terlalu curam.

Jika traveller memilih datang dari Jalan Siluk Panggang harus lurus sampai Jalan Raya Panggang Wonosari. Lanjutkan ke Jalan Pantai Sei Jawa yang cukup dekat dengan Gua. Kemudian pada rute selanjutnya Anda akan bertemu Jalan Sapto Sari. Jika sudah disana para tamu perlu melakukan trek dengan berjalan santai untuk sampai ke puncak Gua itu.

Meskipun masih berada dekat dengan hutan, destinasi ini masih memiliki papan petunjuk arah. Bahkan setiap orang yang datang akan disambut oleh sejumlah warga sekitar. Pelancong yang takut tersasar karena tidak pernah datang kesana boleh melihat google maps. Nuansa alami yang dilengkapi pohon akan membuat perjalanan ke Gua semakin seru.

Harga Tiket Masuk Wisata Religi

Harga Tiket Gua Maria
Image Credit: Google Maps Anton Iwan

Gua Maria Tritis bisa dikunjungi semua orang karena tidak ada tiket khusus untuk masuk ke dalam wisata. Pengelola telah menetapkan bahwa siapa saja yang datang tidak perlu membeli tiket masuk. Bahkan Anda yang ingin berziarah atau berdoa secara khusyuk bisa datang mulai pagi. Destinasi cantik ini juga selalu buka mulai hari Senin sampai akhir pekan.

Traveller hanya perlu membayar karcis parkir saja sebesar Rp 3.000 bagi yang membawa sepeda motor. Kemudian khusus yang mengendarai mobil atau kendaraan roda empat lain dapat membayar karcis Rp 5.000 selama parkir. Lahan penitipan kendaraan itu tidak terlalu jauh dari Gua. Jadi Anda masih bisa memastikan kendaraan aman saat diparkir di kawasan.

Wisatawan yang membawa budget lebih dapat melipir ke kios atau toko oleh-oleh. Disana menawarkan aneka kuliner hingga produk khas yang dibuat langsung oleh penduduk. Anda bisa membeli penawaran itu ketika usai berlibur untuk dijadikan buah tangan. Maka dari itu ajak teman hingga keluarga jika ingin liburan ke Gua tanpa membutuhkan biaya yang besar.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gua Maria

Aktivitas di Gua Maria
Image Credit: Google Maps Nur Rianto

1. Ibadah

Gua Maria Tritis memang sering dikunjungi umat katholik untuk melakukan ibadah. Wisata religi ini cocok sebagai tempat bermeditasi karena belum terlalu ramai. Apalagi disana sudah ada kursi, lilin, dan patung yang menjadi penunjang selama ibadah. Selain itu ketika masuk ke dalam area, para tamu perlu melewati beberapa jalan salib yang telah ditentukan.

2. Menikmati Pemandangan

Sejumlah pemandangan yang muncul di depan Gua menarik dilihat secara kasat mata. Traveller dijamin akan terkesima karena wisata religi ini penuh dengan pesona alam. Banyak sekali pohon dan tumbuhan liar yang menambah keasrian. Bahkan disana juga dekat dengan Gunung Kidul yang tampak menjulang tinggi serta sering menjadi tujuan tamu ketika pulang.

3. Berfoto

Wisatawan yang berkunjung ke Gua Maria dapat berburu tempat untuk dijadikan obyek foto. Setiap spot yang indah akan mencuri pandangan Anda karena menarik saat dijepret. Bahkan pengunjung bisa membawa aksesoris untuk menambah keunikan selama berfoto. Anda dapat memilih tempat foto di dalam Gua atau bagian luar dengan latar yang beragam.

4. Belajar Sejarah

Gua Maria Tritis memiliki sejarah yang tidak boleh dilewatkan oleh siapapun. Bangunan Gua diketahui sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit dan sering dipakai sebagai tempat mediasi. Patung Bunda Maria yang ada di dalam Gua sudah ada sejak tahun 1977. Anda dapat beribadah sekaligus menambah wawasan dengan mempelajari sejarah wisata.

Aktivitas Menarik di Gua Maria
Image Credit: Twitter Alvin hartojo

5. Duduk Santai

Bersantai di dekat destinasi religi ini banyak dilakukan pelancong dari berbagai daerah. Destinasi yang cukup jauh dari keramaian dan belum banyak dijamah membuat kegiatan tersebut semakin menyenangkan. Apalagi sekitar Gua masih dikelilingi pohon dan udara sejuk. Para tamu bisa memilih kursi yang nyaman untuk tempat bersantai jika sudah selesai beribadah.

6. Melihat Gua

Traveller yang masuk ke dalam Gua akan melihat kecantikan berupa batu stalakmit dan stalaktit. Bahkan Anda dapat menikmati pemandangan berupa kebun jati dan bukit karang yang indah. Tak hanya itu, pada kawasan dalam Gua terdapat sejumlah patung yang dimanfaatkan untuk ibadah. Sehingga Gua Maria terlihat berbeda dengan wisata religi lain.

7. Berjelajah

Jalan yang masih berupa batu dan tanah di sekitar Gua membuat pelancong ingin berjelajah. Beragam jenis tanaman yang tumbuh di kawasan Gua akan menjadi panorama utama selama berjelajah. Anda bisa berkeliling ke dekat hutan atau Gunung Kidul yang tidak jauh dari Gua. Nikmati kegiatan seru yang membuat Anda betah selama datang kesana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Gua Maria
Image Credit: Google Maps Caecilia Maryani

Gua Maria Tritis termasuk memiliki fasilitas memadai yang tidak kalah dengan wisata lain. Meskipun tidak terlalu banyak yang liburan ke Gua ini, namun pengelola berusaha menyediakan fasilitas di sepanjang destinasi. Kursi untuk berdoa dapat ditemui di sekitar Gua. Bagi siapapun yang ingin berziarah disana dapat berdoa dengan duduk di kursi ini.

Kedai yang menawarkan makanan dan minuman sudah ada untuk memanjakan perut. Traveller bisa mencoba semua camilan yang dijual dengan bersantai menikmati udara sejuk. Kendaraan yang dibawa oleh semua tamu dapat ditaruh di tempat parkir. Lahan ini tidak terlalu jauh dengan kamar mandi umum yang telah tersedia untuk menunjang kenyamanan.

Gua Maria Tritis juga memiliki toko oleh-oleh yang ada di dekat pintu keluar. Biasanya pelancong membeli aneka produk dan makanan khas sebagai buah tangan yang wajib dibawa pulang. Tempat ibadah terlihat di dalam Gua karena ada beberapa patung Maria. Wisatawan yang suka berfoto bisa hunting karena banyak spot menarik di gua ini.

Itulah ulasan Gua Maria Tritis yang dikenal sebagai tempat berdoa dan berziarah. Para tamu disarankan datang kesana jika ingin liburan sambil mengamati panorama alam. Apalagi disana juga cocok untuk tempat mengirimkan doa bagi umat katholik karena wisata tidak terlalu ramai. Jadi selama datang ke destinasi religi ini sebaiknya mengajak keluarga.