Karaha Bodas Tasikmalaya, Kawah Putih Unik yang Memukau

Karaha Bodas Tasikmalaya

Lokasi: Desa Kadipaten, Kec. Kadipaten, Kab. Tasikmalaya.
MapCek Lokasi

Destinasi wisata Karaha Bodas merupakan salah satu tempat wisata kawah putih yang berada di Tasikmalaya. Obyek wisata ini merupakan sebuah lembah pegunungan yang memiliki kawah belerang dan juga air panas.

Tempat wisata ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, jadi jangan bandingkan dengan wisata kawah putih di daerah lain. Karaha Bodas adalah sebuah kawah yang berasal dari gunung api muda, dimana gunung tersebut menghasilkan fenomena fumarol dan solfator. Fenomena ini berpotensi menghasilkan panas bumi. Jadi ketika disini Anda akan mencium bau belerang.

Meskipun begitu, destinasi wisata ini memiliki pemandangan yang indah dan eksotis. Di sekitar kawah ini ditumbuhi pohon pinus yang rimbun dan meneduhkan. Pemandangan di kawah putih ini menyajikan keeksotisannya sebagai destinasi wisata yang menarik. Banyak pengunjung yang memanfaatkan pemandangan kawah putih sebagai spot foto yang menarik.

Keindahan Kawah Putih Karaha Bodas

Keindahan Kawah Putih Karaha Bodas

Image Credit: Blogrifqi.blogspot.com

Perlu kalian ketahui bahwa kawasan wisata Karaha Bodas juga dikelola oleh Pertamina Geohermal. Sebab, kawasan wisata ini berpotensi untuk dijadikan sumber tenaga panas bumi. Sebenarnya di kawasan wisata ini terdapat dua destinasi wisata yang patut kalian kunjungi, yaitu Danau Tagala Bodas dan Karaha Bodas atau wisata kawah putih.

Di Kawah Karaha Bodas juga terdapat sumber air panas yang dapat digunakan untuk cuci muka dan juga untuk merendam kaki. Jadi, buat kalian yang ingin merasakan sensasi cuci muka atau berendam dengan air panas, bisa berkunjung kesini. Dijamin tidak akan menyesal, karena tempat wisata ini menyajikan pemandangan yang indah dan eksotis.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Karaha Bodas merupakan kawasan wisata yang didominasi oleh batuan gunung api muda yang berasal dari Gunung Talaga Bodasdan. Di kawasan Karaha Bodas ini terdapat banyak aktivitas solfator dan fumarol, dimana aktivitas ini adalah indikasi dari adanya potensi geotermal.

Keindahan Kawah Putih Karaha

Image Credit: Ngabolangngabolang.blogspot.com

Saat ini potensi tersebut sedang dalam proses observasi dan eksplorasi oleh pertamina geotermal. Adapun upaya pengembangan lapangan uap dan  pembangunan PLTP Karaha Bodas yang memiliki kapasitas sudah terpasang sebesar 30 MW. Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan sumber panas bumi secara maksimal sebagai sumber energi pembangkit tenaga listrik.

BACA:  Goa Sunyaragi, Situs Sejarah Unik di Tengah Kota Cirebon

Dengan menggunakan sumber tenaga panas bumi sebagai tenaga listrik secara maksimal, maka hal ini sangat berguna dalam menambah ketersediaan tenaga listrik di Jawa, Madura, dan Bali. Selain sebagai tempat wisata yang memiliki pemandangan eksotis, ternyata kawasan ini juga berpotensi sebagai sumber tenaga listrik yang bisa diandalkan.

Kawasan wisata ini terletak di konsensi hutan yang dikelola oleh Perhutani Jawa Barat di unit III. Basis dari konsep Karaha Bodas ada pada keberadaan destinasi wisata hutan dan potensi wisata geotermal. Selain itu, konsep intri dari kawasan wisata Karaha Bodas adalah berupa wana wisata dan geowisata.

Wana wisata adalah salah satu bentuk wisata alam yang terbentuk oleh keindahan alam hutan sekitar Kawah Karaha Bodas. Potensi yang bisa dikembangkan dari konsep wana wisata ini adalah jogging track, camping ground, outbound, agrowisata, wisata kuliner, serta pembuatan tempat meeting room.

Sedangkan potensi wisata dari konsep geowisata di Karaha Bodas dapat dikembangkan berdasarkan pada ketersediaan hidrotermal yang muncul dalam bentuk sumber air panas. Hal tersebut dapat dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai tempat pemandian air panas, wisata geothermal, landscape bentang alam geologi, dan juga area eksursi geologi.

Harga Tiket & Rute Menuju Karaha Bodas

Harga Tiket & Rute Menuju Karaha Bodas

Image Credit: Ngabolangngabolang.blogspot.com

Untuk tiket masuk ke kawasan wisata Karaha Bodas, Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja sebesar Rp 5000 per motor. Tempat parkirnya memang relatif sederhana. Namun, Anda tidak perlu membeli atau membayar tiket masuk.

Akan tetapi jika Anda ingin melanjutkan wisata ke Talaga Bodas yang tak jauh dari Karaha Bodas, Anda harus membayar tiket parkir yang biayanya relatif mahal, yaitu Rp. 26.000 (weekend/libur) untuk satu motor dengan dua penumpang.

BACA:  Pantai Tirtamaya, Destinasi Wisata Bahari Unggulan Indramayu

Untuk mencapai lokasi wisata Karaha Bodas, Anda cukup lewat Tasikmalaya dan menuju arah Nagreg. Setelah Anda mulai memasuki Kecamatan Kadipaten, tengok kiri jalan dan perhatikan papan tulisan yang bertuliskan Pertamina Geothermal. Setelah menemukannya, rute yang perlu Anda tempuh hanya lima kilometer lagi menuju wisata Karaha Bodas.

Ketika sudah sampai di lokasi, parkir kendaraan Anda dan lanjut berjalan kaki menuju area kawah. Jarak dari parkiran ke area kawah adalah 700 meter. Perlu Anda ketahui bahwa di kawasan tersebut terdapat dua wisata seperti yang sudah dijelaskan diatas, yaitu Karaha Bodas dan Talaga Bodas.

Sebenarnya, lokasi wisata Karaha Bodas dan Talaga Bodas saling berdekatan. Jika Anda ingin melanjutkan wisata ke Talaga Bodas, sebaiknya Anda lewat Malngbong, Garut. Rute ini memang lebih jauh, namun jalan ini lebih mudah diakses dibandingkan dengan rute yang melewati jalan Pertamina Geothermal yang terjal dan berbatu.

Pemandangan kedua tempat wisata ini memang indah dan luar biasa. Adanya hamparan luas bernuansa putih pada kedua tempat ini memberikan sensasi sejuk dan nyaman serta bisa menenangkan pikiran. Jika Anda berswafoto di tempat wisata tersebut, sudah pasti hasilnya tidak akan mengecewakan.

Jika kalian ingin berkunjung ke tempat wisata Karaha Bodas, sangat dianjurkan untuk berangkat pada pagi hari, sebab cuaca pagi hari sangatlah bagus untuk berfoto ria. Jangan lupa juga untuk membawa suncreen guna melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, usahakan untuk membawa bekal sendiri, karena akan terasa lebih nikmat.

Fasilitas yang Ada di Karaha Bodas

Fasilitas yang Ada di Karaha Bodas

Image Credit: Ngabolangngabolang.blogspot.com

Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini belum terlalu memadai. Bahkan toilet umum pun belum ada. Jadi, pengunjung yang ingin baung air kecil terpaksa harus mencari tempat yang aman dan jauh dari pandangan pengunjung lain. Pengelolaan kawasan ini memang belum terlalu maksimal. Oleh karena itu, masih sedikit orang yang berkunjung kesini.

BACA:  Batu Apung Alam Hijau, Destinasi Wisata Edukasi di Purwakarta

Sementara itu, Kepala Desa setempat mengungkapkan bahwa tempat wisata Karaha Bodas sudah direncanakan oleh Perhutani, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, dan juga Pertamina. Ia mengatakan bahwa tempat wisata tersebut akan dibenahi supaya terlihat lebih menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

Rencananya, di kawasan wisata Karaha Bodas akan dibangun kereta gantung, pemandian air panas, dan fasilitas lain yang akan menunjang kenyamanan para wisatawan. Meski fasilitas di tempat ini masih belum memadai. Namun, jika Anda berkunjung kesini, Anda akan menemukan tempat wisata kawah putih dengan pemandangan yang indah dan eksotis. Anda bisa berswafoto dengan background yang keren.

Itulah beberapa ulasan terkait kawasan wisata Karaha Bodas yang ada di Tasikmalaya. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan tempat wisata bernuansa alam. Semoga informasinya bermanfaat.