10 Mall Keren di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi

Mall Makassar

Hiruk-pikuk kota memang membuat kepenatan semakin membuncah, utamanya jika Anda tinggal di kota besar. Solusinya, kunjungi rekomendasi mall terbaik di Makassar.

Jika di bagian Barat Indonesia terdapat Jakarta, Bandung, dan Surabaya sebagai kota besar, di bagian Timur Indonesia ada Makassar. Dulu dikenal dengan nama Ujung Pandang, kota ini adalah ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini juga memiliki sejumlah fasilitas perbelanjaan besar yang tidak kalah dari kota-kota lain di pulau Jawa.

Mall memang sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kota. Modernisasi pasar tradisional yang juga sebenarnya dampak dari globalisasi ini tak jarang dijadikan sebagai tempat nongkrong, makan, atau bahkan kencan para muda-mudi. Dengan berbagai upaya, para pengembang berusaha untuk menjadikan mall mereka sebagai destinasi belanja yang top di kotanya.

Seperti yang sudah disebutkan, Makassar sebagai ibukota provinsi dan salah satu kota besar di Indonesia pasti memiliki banyak mal untuk dikunjungi. Penasaran? Berikut daftar 10 mall terbaik di Makassar yang bisa dikunjungi bersama keluarga, teman, maupun bersama si dia yang spesial.

1. Phinisi Point Makassar

Phinisi Point Makassar

Image Credit: Phinisihospitality.com

Dengan tema Five Cities in the World, Phinisi Point Makassar menjadi tempat yang hits di tengah masyarakat Makassar. Banyak spot foto keren yang disediakan pengembang mall dan memang hal ini juga yang menjadikan Phinisi Point Makassar sebagai mall terkemuka di kota ini.

Pengunjung yang doyan untuk berwisata kuliner, jangan ragu untuk segera datang ke mall yang lebih akrab disapa PIPO ini. Banyak tempat makan ternama di mall ini. Sebut saja KFC dan Starbucks sebagai contoh tenantnya. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi BBQ, salah satu restoran di Phinisi Point Makassar ini juga bisa dikunjungi.

Mall dengan lima lantai ini bahkan terintegrasi dengan hotel bintang lima The Rinra. Lokasinya ada di lantai empat. Sedangkan untuk tenanttenant lain seperti Matahari Dept. Store, Starbucks, KFC, dan berbagai tenant lain, bisa ditemui di Ground Floor, Upper Ground, dan lantai 2.

Lokasi: Jl. Metro Tanjung Bunga No.2, Panambungan, Kec. Mariso, Kota Makassar.

2. Makassar Town Square

Makassar Town Square

Image Credit: Idntimes.com

Siapa yang tidak suka berbelanja di Hypermart dan Ramayana? Bagi Anda yang suka berburu kebutuhan sehari-hari di Hypermart atau mencari pakaian dengan harga murah, tapi tidak murahan di Ramayana, Makassar Town Square bisa jadi pilihan mall untuk dikunjungi saat akhir pekan.

BACA:  Pulau Samalona, Wisata Bahari Nan Eksotis di Makassar

Lokasinya yang terletak di pusat kota membuat mall ini sering dikunjungi pelanggan tenant tersebut saat weekend atau liburan.

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan No.26, Tamalanrea Jaya, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar.

3. MTC Karebosi

MTC Karebosi

Image Credit: Ritelaku.com

Walaupun banyak tenant di MTC Karebosi ini adalah tenant yang menjual barang-barang teknologi seperti laptop dan ponsel, MTC Karebosi juga bisa menjadi lokasi ideal untuk shopping kebutuhan sehari-hari.

Selain tenant produsen smartphone seperti iPhone dan Vivo, MTC Karebosi juga ‘dihuni’ oleh tenant besar lain seperti Carrefour. Bagi pengunjung yang ingin jajan, lokasi ini juga menyediakan tenant yang menjual makanan.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.49, Pattunuang, Kec. Wajo, Kota Makassar.

4. Mall GTC Makassar

Mall GTC Makassar

Image Credit: Lippomalls.com

Terletak di satu kawasan dengan Trans Studio Mall, Mall GTC Makassar tidak kalah dari mall besutan Trans Property itu. Konsep yang diambil mall ini adalah family mall. Konsep itu diwujudkan dengan menjadikan Mall GTC Makassar sebagai salah satu lokasi one-stop shopping yang patut dikunjungi di Makassar.

Bagi pengunjung yang ingin singgah di mall setelah berkunjung ke pantai Akarenna, mall ini terletak tidak jauh dari lokasi pantai tersebut. Cocok jika pengunjung ingin menghabiskan waktu sembari window shopping atau berburu jajanan.

Lokasi: Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar.

5. Nipah Mall

Nipah Mall

Image Credit: Wikipedia.org

Walaupun baru dibuka dan diresmikan pada tahun 2018, hal ini tidak menjadikan Nipah Mall sepi pengunjung. Nipah Mall bisa dikatakan sebagai mall terbesar yang ada di Makassar, dengan 5 lantai yang disewakan untuk para tenant. Sedangkan, bangunan kantor yang berdiri di atas bangunan mall terdiri atas 10 lantai. Jumlah itu belum termasuk 1 basement sebagai tambahan.

Para tenant di Nipah Mall ini kebanyakan sudah terkenal baik di skala nasional maupun internasional. Sebut saja Cinema XXI di bidang hiburan (bioskop), Uniqlo (fashion retail), dan Fun World. Tidak lupa, terdapat juga Watsons, Ace, Gosh, Chatime, dan Ichiban Sushi.

Konsep family mall yang dipadukan dengan konsep alam terbuka dan kebun indoor menjadikan mall ini sebagai salah satu mall cantik yang wajib dikunjungi bagi keluarga saat liburan.

BACA:  16 Tempat Wisata di Gowa Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo KM 5 Makassar Nipah Mall Unit LG 019-020, Panaikang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar.

6. Trans Studio Mall Makassar

Trans Studio Mall Makassar

Image Credit: Medium.com

Trans Studio Mall memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Trans Studio Mall Makassar ini menyediakan pusat perbelanjaan yang dilengkapi arena bermain untuk anak dan keluarga. Namun, sejak dibuka pada tahun 2010, banyak sekali tenanttenant besar yang menyewa slot di Trans Studio Mall Makassar untuk menjalankan usahanya.

Sebut saja Gramedia, Breadtalk, Miniso, Adidas, Planet Surf, dan The Body Shop. Selain itu, ada Excelso, My Kopi O!, Sushi Tei, dan Baskin Robbins sebagai tenant di bidang kuliner. Bahkan sejumlah brand internasional seperti Samsonite, Giordano, dan Samsung Mobile juga turut meramaikan bangunan mall ini.

Dengan banyaknya pilihan tenant di Trans Studio Mall Makassar ini, tentu minat pengunjung untuk datang juga akan semakin besar.

Lokasi: Maccini Sombala, Kec. Tamalate, Kota Makassar.

7. Mall Panakkukang

Mall Panakkukang

Image Credit: Kaskus.co.id

Sempat ditutup karena pandemi COVID-19, Mall Panakkukang kini sudah kembali beroperasi. Mall ini termasuk salah satu mall terbesar di Makassar. Mall ini juga menjadi rujukan masyarakat Makassar yang ingin nongkrong, makan-makan, atau berbelanja kebutuhan.

Beberapa contoh tenant di Mall Panakkukang antara lain Yoshinoya, Hush Puppies, KFC, dan Solaria. Terdiri atas 5 lantai dan satu basement, Mall Panakkukang ini sudah beroperasi selama kurang lebih 14 tahun.

Mall ini juga memiliki bioskop di dalamnya. Jadi, bagi pengunjung yang senang menonton film, Mall Panakkukang bisa menjadi tujuan bioskop. Selain itu, terdapat dua lantai yang disewa sebagai lokasi hotel MYKO. Bahkan mall ini juga menyediakan ballroom dan convention centre.

Lokasi: Jl. Boulevard, Masale, Kec. Panakkukang, Kota Makassar.

8. Mall Ratu Indah

Mall Ratu Indah

Image Credit: Terkini.id

Mulai beroperasi sejak tahun 1999, Mall Ratu Indah bisa dikatakan sebagai mall yang tertua dan terbesar di ibukota Sulawesi Selatan ini. Dengan konsep yang banyak dianut oleh mall-mall lain – family mall, Mall Ratu Indah menyediakan empat lantai yang disewa oleh banyak tenant dari brand nasional maupun internasional.

Sebut saja Matahari Dept. Store, J.Co. Pizza Hut, dan Ace Hardware. Selain itu, di lantai teratas mall ini juga tersedia Studio XXI bagi pengunjung dan para pencinta film. Food court atau pujasera pun letaknya terdapat di lantai teratas dari mall ini.

BACA:  17 Oleh-Oleh Khas Makassar Paling Populer

Uniknya, di Mall Ratu Indah ini terdapat tenant radio, yaitu Prambors Radio. Pengunjung juga bisa beramai-ramai karaoke di Happy Puppy yang berada di lantai yang sama dengan bioskop, Prambors Radio, dan food court.

Bagi pencinta fast food, mall ini menyediakan ragam brand internasional fast food seperti Mc. Donald’s, Wendy’s, dan Burger King. Timezone sebagai sarana bermain juga tersedia di lantai 3 bangunan yang sudah beroperasi selama kurang lebih 21 tahun ini.

Lokasi: Jl. DR. Ratulangi No.35, Mamajang Luar, Kec. Mamajang, Kota Makassar.

9. Panakkukang Square

Panakkukang Square

Image Credit: Facebook.com @Mall Panakkukang Square

Berada satu lokasi dengan Mall Panakkukang bukan berarti membuat Panakkukang Square jadi sepi pengunjung. Memang Mall Panakkukang dan Panakkukang Square ini pemiliknya sama, namun manajemennya ditangani tim yang berbeda. Panakkukang Square menjadi rujukan masyarakat Makassar yang ingin mencoba berbagai ragam kuliner.

Banyak tenanttenant terkenal yang menyewa ‘lahan’ untuk membuka gerai di mall ini. CGV, sebagai salah satu bioskop yang sering ‘nempel’ di mall-mall di tanah air pun juga menempati mall ini. Tenanttenant kuliner juga berjamuran sehingga masyarakat bisa mencoba berbagai macam makanan di Panakkukang Square.

Lokasi: Jl. Adiyaksa No.1, Pandang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar.

10. New Makassar Mall

New Makassar Mall

Image Credit: Sulselsatu.com

Menempati tempat terakhir tidak menjadikan mall ini buruk. Malahan, mall yang dulunya merupakan pasar sentral di Makassar ini menjadi satu-satunya tempat one-stop shopping yang melayani pembelian grosir maupun satuan. Tentunya, hal ini berbeda dibandingkan dengan mall-mall lain yang rata-rata hanya melayani pembelian satuan (retail).

Dengan 1.200 kios, mall ini menyediakan beragam produk, dari aksesoris hingga fashion anak dan dewasa. Selain itu, bagi ibu-ibu – jika ingin berbelanja peralatan rumah tangga, bisa juga mengunjungi mall ini. Food court, cafeteria, tempat ibadah, dan lahan parkir yang luas juga melengkapi New Makassar Mall ini.

Lokasi: Jl. Kyai H. Agus Salim, Ende, Kec. Wajo, Kota Makassar.

Itulah daftar 10 mall terbaik di Makassar yang cocok dikunjungi saat otak suntuk dan butuh refreshing. Bagi Anda yang gemar jalan-jalan ke mall, entah untuk berbelanja, makan-makan, atau sekadar cuci mata, tidak ada salahnya untuk berkeliling kota sembari memasuki mall-mall yang sudah disebutkan di atas.