Museum Angkut menyuguhkan hiburan berbeda dari wisata lainnya di Kota Batu Malang. Museum transportasi dengan berbagai koleksi jenis kendaran dari seluruh dunia dari masa ke masa.

Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu.
Map: Cek Lokasi

Ketika memutuskan liburan ke Malang, maka akan kurang lengkap jika tidak datang ke Kota Batu. Yang mana Kota Batu ini sangat terkenal dengan kawasan wisata yang murah dan tidak ada tandingannya. Salah satu wisata yang cukup terkenal adalah museum angkut, yang mana Anda akan menemukan berbagai macam hal menarik jika masuk ke destinasi wisata tersebut.

Museum angkut sendiri menjadi salah satu museum transportasi modern pertama yang ada di Indonesia. Museum ini sendiri memiliki unsur seni dan budaya serta sekaligus mengusung konsep edukasi serta hiburan bagi para pengunjung. Pertama kali dibuka pada tahun 2014, rupanya museum ini telah menyedot banyak sekali perhatian dari wisatawan setiap tahunnya.

Bagaimana tidak? Destinasi wisata ini ini mengusung konsep yang cukup brilian sebab wisata ini juga tercatat menjadi museum transportasi pertama yang ada di Asia. Anda dan juga keluarga akan menemukan banyak sekali transportasi transportasi dari dalam negeri dan juga dari luar negeri yang tidak akan Anda jumpai di manapun.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Museum Angkut

Daya Tarik Museum Angkut
Image Credit: Google Maps (Haris)

Adanya daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh destinasi wisata museum ini yang pada akhirnya menjadikan para wisatawan dari luar kota berbondong-bondong untuk masuk ke wisata tersebut. Sebab, daya tarik yang dimiliki oleh destinasi wisata ini tidak bisa ditemukan pada wisata lainnya. Untuk itulah, berikut ini ulasan mengenai daya tarik yang dimiliki oleh wisata museum angkut:

1. Terdapat Banyak Sekali Moda Angkutan

Sesuai dengan namanya, maka musim ini memiliki banyak sekali moda angkutan yang koleksinya mencapai lebih dari 300. Untuk moda angkutan yang sendiri juga cukup unik sebab ada yang tradisional dan juga ada yang modern, yang semuanya dipadupadankan dengan menggunakan berbagai macam model ataupun landscape dari bangunan eksotis dunia seperti benua Eropa dan juga benua Amerika.

2. Adanya Zona Sunda Kelapa dan Juga Batavia

Museum transportasi ini memang memiliki zona-zona yang cukup unik dan salah satunya adalah zona Sunda kelapa dan juga Batavia. Zona ini sendiri sengaja didesain semenarik mungkin dengan masa Sunda kelapa dan juga Batavia, sehingga para pengunjung pun bisa merasakan sensasinya.

Dan yang pasti para pengunjung ketika datang ke sana ini akan mengenal pengetahuan. Mengenai bagaimana proses perkembangan dari Sunda kelapa dan Batavia dari masa ke masa.

3. Terdapat Zona Uni Eropa

Daya tarik yang berikutnya terdapat di zona uni Eropa yang didesain dari 4 negara besar yaitu negara Jerman, negara Italia, negara Perancis, dan juga negara Inggris. Terdapat hal unik yang ada pada zona ini karena banyaknya koleksi mobil-mobil antik yang merupakan produksi dari negara Inggris.

Tentu para pengunjung bisa melihat mobil antik dengan nilai historis yang menurutnya juga pernah dipakai oleh Ratu Elizabeth II. Kemudian juga terdapat mobil yang yang berjenis land Rover yang merupakan mobil parade dari Ratu Elizabeth II ketika di Australia.

Daya Tarik dari Museum Angkut
Image Credit: Facebook.com @mdkcom

4. Terdapat Zona Gangster And Broadway

Untuk yang berikut ini merupakan zona yang didesain sesuai dengan suasana kota Chicago pada tahun 1920, yang mana pada saat itu terdapat seorang gangster yang sangat terkenal dengan nama Al Capone. Para pengunjung akan menyusuri jejak yang dimiliki oleh gangster tersebut, bahkan para pengunjung pun bisa merasakan sensasi berada di Kota Chicago yang asli.

5. Terdapat Zona Hollywood

Bagi beberapa orang yang bayi film hollywood maka tidak perlu jauh-jauh lagi ke Amerika. Sebab, di museum angkut ini anda bisa merasakan sensasi datang langsung ke negara tersebut.

Di dalam zona inilah Anda bisa memperoleh banyaknya replika kendaraan yang kerap kali dipakai pada box office Hollywood. Contohnya saja seperti mobil yang digunakan oleh Batman atau mobil yang pernah digunakan pada film Scooby doo.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Museum Angkut

Harga Tiket Museum Angkut
Image Credit: Kompasiana.com

Destinasi museum ini memiliki alamat yang bertempat di Jalan Sultan agung nomor 2, Ngaglik. Yang mana Masih ih termasuk kedalam Wisata Jatim Park Group. Untuk bisa datang ke destinasi wisata tersebut rute yang ditempuh cukup mudah, sebab kendaraan roda dua ataupun roda empat bisa memasuki kawasan wisata tersebut.

Jika Anda datang dari arah Surabaya, untuk bisa datang ke museum angkut ini harus menempuh kurang lebih 1 jam 30 menit. Namun bisa jadi waktu tersebut akan menjadi lebih lama ketika terjadi kemacetan. Untuk itu, Anda harus bisa memilih hari untuk bisa datang berkunjung ke objek wisata museum di Kota Batu.

Untuk Anda yang menggunakan transportasi umum dari Malang maka bisa menaiki rute stasiun Malang, selanjutnya Anda harus menaiki angkutan umum dan turun di terminal landungsari. Kemudian Anda harus naik bus yang jurusan Jombang baru setelah itu Anda bisa turun ke Museum Angkut.

Untuk harga tiket masuk ke destinasi wisata satu ini sendiri akan berbeda pada hari biasa dan juga weekend. Untuk hari Senin-Kamis maka tarif tiket yang dikenakan sekitar Rp 70.000, sedangkan untuk hari Jumat-Sabtu dikenai tarif Rp 100.000.

Namun, dikarenakan daya tarik dari museum ini adalah koleksinya. maka para pengunjung yang membawa kamera handycam, membawa DSLR, polaroid, kamera digital dan lain sebagainya akan dikenai biaya tambahan. Yaitu sebesar Rp 30.000 per kamera.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Museum Angkut

Kegiatan di Museum Angkut
Image Credit: Facebook.com @waktuindonesiaberlibur

1. Memasuki Kabin VIP Pesawat Kepresidenan

Museum Angkut memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk melihat bagaimana penampakan dari kabin VIP yang sering digunakan oleh presiden. Meskipun pesawat tersebut adalah replika akan tetapi kabin dari VIP runway 27 dibuat menyerupai dengan aslinya.

Tidak hanya duduk santai di kursi kabin, namun Anda dapat masuk kedalam bagian cockpit yang merupakan ruang kemudi. Disana Anda bisa melihat bagaimana sensasi menjadi seorang pilot.

2. Berkendara dengan Superhero

Bagaimana ya rasanya jika berada di balik kemudi Batmobile yang seringkali digunakan kebut-kebutan? Museum ini sendiri menyediakan teknologi VR sehingga para pengunjung bisa merasakan bagaimana mengemudi mobil yang digunakan oleh Batman saat mengejar musuhnya.

Anda nantinya harus memakai kacamata khusus terlebih dahulu sebelum merasakan keseruan mengemudi Batmobile. Yang mana pada setiap kali menabrak sesuatu maka anda akan merasakan guncangan di dalam mobil tersebut.

3. Menyusuri Jalanan Chinatown dan Juga Batavia

Kebudayaan dari negara China memang sudah melekat di nusantara sejak lama, maka tak heran dalam Museum Angkut ini juga terdapat zona khusus untuk Chinatown. Para pengunjung nantinya bisa menyusuri jalanan kecil yang telah dihiasi dengan lampion merah khas dari Cina. Sehingga akan memberikan nuansa klasik Bagi siapapun yang datang ke sana.

Dari zona Chinatown, Anda bisa langsung berpetualang ke Batavia yang merupakan Jakarta di tempo dulu. Stasiun kota yang menjadi sambutan pertama kali memasuki zona Batavia. Dan disana Anda bisa melihat replika dari kereta uap yang berwarna hitam di masa lampau.

4. Bernyanyi dan Juga Menari Bersama dengan Superhero

Di dalam museum modern ini, superhero bukan hanya bisa melawan para penjahat dan juga menyelamatkan manusia seperti di filmnya. Namun, mereka memiliki kemampuan lain yakni menari dan juga bernyanyi bersama dengan para pengunjung Museum Angkut.

Jika Anda datang ke zona Broadway pada pukul 16.30, maka di situlah Anda akan menemukan bermacam-macam superhero dimulai dari Superman Spider-man, Batman dan juga pahlawan super lainnya menari dengan mengikuti irama musik. Tentu Anda akan menemukan kesurupan menarik jika datang ke sana ini.

5. Melihat Pertunjukan 3D Mapping

Kegiatan seru yang bisa anda nikmati ialah dengan melihat pertunjukan 3D mapping. Jika ingin menyaksikan pertunjukan ini maka anda harus berada di Museum Angkut sampai malam hari. Sebab pertunjukan ini akan berlangsung pada pukul 19.45.

Di mana bangunan yang ada di dalam museum nantinya akan menampilkan gambar-gambar 3 dimensi yang sesuai dengan tema yang akan ditunjukkan. Tentu saja dengan menikmati malam di musim foto ini tentu akan memberikan pengalaman yang berkesan ketika Anda berlibur.

6. Dapat Mengenal Budaya Nusantara Melalui Koleksi Topeng

Apabila Anda sudah puas melihat beragam jenis dari kendaraan khas negara Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Maka saat ini waktunya Anda mengenali bagaimana budaya Nusantara melalui koleksi ratusan topeng yang ada di Sabang sampai Merauke.

Jika Anda penasaran dengan koleksi topengnya maka bisa masuk ke dalam indonesian heritage museum. Yang mana anda pastinya akan terkagum-kagum dengan keunikan dari topeng yang dipahat dengan sempurna. Lokasi ini sangat cocok untuk Anda yang sangat menyukai seni dan juga budaya.

Namun, di lokasi ini bukan hanya topeng saja yang bisa dilihat namun terdapat beberapa koleksi lain yang dikumpulkan dari berbagai macam daerah di negara Indonesia. Dan jangan sampai lupa untuk membaca deskripsi sehingga mengetahui asal-usul daerahnya dan sejarahnya.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Angkut Batu Malang

Fasilitas Museum Angkut Batu
Image Credit: Google Maps (Henry Utama)

Museum Angkut tentu mempunyai fasilitas yang sangat lengkap dikarenakan menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Dimana hal tersebut juga akan menunjang kenyamanan bagi para wisatawan yang datang.

Terdapat area parkir yang sangat luas di dekat area pintu masuk. Sehingga para pengunjung bisa dengan leluasa untuk mencari tempat parkir bagi kendaraan pribadi. Kemudian terdapat juga tempat makan di area zona pasar apung atau foodcourt. Yang mana Anda bisa menikmati santapan lezat yang pastinya akan menggugah selera.

Selain itu, terdapat fasilitas umum seperti toilet, ATM center dan juga lift sehingga para pengunjung akan semakin mudah ketika berekreasi di Museum Satwa ini. Bahkan terhadap juga Shuttle Car yang bisa ada sewa jika lelah berjalan kaki saat mengelilingi museum satwa.

Kemudian di dalam museum satwa ini juga terdapat mushola yang sangat bersih. Jadi para pengunjung yang beragama Islam masih bisa beribadah dengan nyaman dan aman ketika berekreasi.

Nah, itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai Museum Angkut yang merupakan wisata modern di Kota Batu. Pastikan Anda memasukkan destinasi wisata ini ke dalam itinerary, dan rasakan keseruannya.