Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Mistis dan indah, itulah perpaduan sempurna yang ada di Pantai Batu Nona. Termasuk objek wisata unggulan bagi warga sekitar, pantai cantik ini memiliki berbagai daya tarik dan sekaligus kisah mistis yang sampai saat ini masih dipercaya. Keindahannya hampir sempurna, seperti halnya beberapa pantai di Kupang pada umumnya.

Pasirnya berwarna putih dengan tekstur yang halus menjadi hal penting sebagai pelengkap kombinasi keindahannya. Air lautnya memang tidak biru, lebih berwarna kecokelatan karena di dasarnya banyak terdapat lumpur, bukan karang seperti pantai di tempat lain. Batu karang hanya berada di beberapa titik di sepanjang garis pantai yang ukurannya bervariasi.

Di salah satu sisi pantai terdapat pohon lontar atau pohon aren yang berjejer rapi dan tumbuh subur. Pohon ini memiliki buah yang dikenal dengan siwalan atau lontar, biasanya dibuat sebagai minuman yang menyegarkan. Legen, itulah nama minuman yang dimaksud dan sangat menyegarkan ketika diminum dingin.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Batu Nona

Daya Tarik Pantai Batu Nona
Image Credit: Google Maps Pekra M. Pongrekun

Nama Pantai Batu Nona memang unik, ini tidak lepas dari sejarah yang sampai saat ini masih dipercaya warga sekitar. Sejarah tersebut juga termasuk salah satu daya tarik yang melengkapi daya tarik lain yang dimilikinya.

1. Sejarah Nama Pantai Batu Nona

Nama pantai yang terkesan unik dan tidak umum ini diambil karena dulu pernah ada seorang wanita muda yang menjalin hubungan dengan kekasihnya. Suatu saat hubungan tersebut kandas di tengah perjalanan dan membuat wanita tersebut patah hati. Tanpa pikir panjang, sang wanita akhirnya memutuskan untuk terjun ke laut setelah menaiki batu karang yang ada di tepi pantai.

Setelah terjun, ternyata dia berubah menjadi batu karang yang tidak jauh dari lokasi dia terjun. Dulunya batu tersebut masih jelas terlihat, namun saat ini sudah hilang karena terkikis oleh ombak pantai. Untuk memberikan ikon supaya mudah dikenali, pengelola membangun patung wanita yang terletak tepat dimana lokasinya terjun ke laut.

Oleh sebab di kawasan Kupang menyebut wanita muda dengan sebutan nona, maka pantai ini pun diberi nama Pantai Batu Nona. Percaya atau tidak, kisah tersebut masih diyakini hingga kini dan justru menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi jika benar atau tidaknya sama sekali tidak mempengaruhi keindahan secara keseluruhan pantai eksotis ini.

2. Pantai Penuh dengan Hal Mistis

Daya tarik berikutnya masih berhubungan dengan sejarah yang disebutkan diatas. Inilah mengapa banyak yang percaya kebenaran kisah tersebut, karena di sekitar lokasi sering ditemukan kejanggalan. Banyak warga sekitar yang mengaku mendengar suara wanita yang sedang menangis, namun tidak diketahui wujudnya.

Ada juga yang melihat bayangan sekilat seseorang yang duduk di atas batu tempat dimana wanita muda tersebut melompat. Bukannya takut, tetapi banyak wisatawan yang penasaran dan justru ingin mengunjungi Pantai Batu Nona. Tentu saja tidak diperkenankan berkunjung di malam hari karena ditakutkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Batu Nona
Image Credit: Google Maps andra gunara

3. Suasana Asri Pantai

Terlepas dari sejarah dan kisah mistis nya, objek wisata pantai di Kupang ini memiliki pesona yang luar biasa. Hamparan pasir putih bersih dan halus menemani setiap pandangan. Gradasi warna antara pasir putih kecokelatan dengan air laut yang cokelat begitu indah. Ombak Pantai Batu Nona cukup tenang, mungkin termasuk tipe pantai yang berada di kawasan teluk.

Suasana asri didapatkan dari deretan pohon lontar yang berdiri gagah menghadap lautan lepas. Warna hijaunya memberikan kesejukan bagi siapa saja yang memandangnya. Tidak seperti pantai di tempat lain yang memiliki udara panas, di sini lebih terasa sejuk. Deretan pohon yang dijadikan sebagai bahan pembuatan gula aren ini sering digunakan sebagai tempat berteduh.

4. Wahana Kolam Renang di Pinggir Pantai

Daya tarik Pantai Batu Nona berikutnya bisa dilihat dari keberadaan kolam renang yang tidak jauh dari bibir pantai. Cukup sulit menemukan wahana air yang berada di pinggir pantai, terutama untuk gugusan pantai di Kupang. Di sini, ada tiga kolam renang yang dibedakan sesuai dengan kedalamannya.

Pengunjung dewasa diharapkan menggunakan kolam renang yang memiliki kedalaman 2 meter. Sementara bagi mereka yang belum ahli berenang atau ingin belajar, tersedia kolam yang memiliki kedalaman sekitar 1 meter. Bukan hanya itu, bagi yang membawa anak-anak juga disediakan kolam yang sangat dangkal.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Batu Nona
Image Credit: Google Maps Beni Patrison Limbong

Sama halnya dengan lokasi pantai ada umumnya, Pantai Batu Nona juga mudah dijangkau. Alamatnya berada di daerah Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jarak dari Kota Kupang hanya sekitar 10 kilometer, anda bisa menempuhnya selama 20 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Akses jalannya sangat bagus, hampir tidak ditemukan titik kemacetan menuju lokasi. Dari pusat kota, rute terbaik yang dapat ditempuh adalah menuju ke Jalan Timor Raya. Ikuti jalan utama sampai anda menemukan Gereja Pentakosta, kemudian belok kiri menuju ke Jalan Pelita. Dari titik ini, silahkan menuju ke Jalan Lasiana dan ikuti papan petunjuk hingga menemukan lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Batu Nona
Image Credit: Google Maps Z69 Ngaprak

Hampir semua pantai di Kupang tidak membebankan biaya tiket masuk, termasuk Pantai Batu Nona. Hanya saja bagi yang membawa kendaran bermotor maka wajib membayar retribusi parkir sesuai dengan harga yang berlaku. Pastinya tidak mahal, untuk motor hanya 2.000 rupiah, sedangkan mobil 5.000 rupiah.

Biaya lain yang perlu dikeluarkan dan hampir wajib karena memberikan sensasi liburan yang berbeda adalah dengan memasuki kawasan kolam renang. Untuk pengunjung dewasa dikenakan tarif 15.000 rupiah, anak-anak cukup membayar 10.000 rupiah. Oleh sebab kisah mistis yang harus dijaga hingga saat ini, pantai cantik ini dibuka mulai pukul 06.00 dan ditutup pukul 18.00 waktu setempat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Batu Nona

Aktivitas Menarik Pantai Batu Nona
Image Credit: Google Maps Wishnu E. W.

Inti dari berlibur bukan hanya mengunjungi suatu tempat, namun juga melihat aktivitas apa saja yang bisa dilakukan. Kali ini anda mengunjungi Pantai Batu Nona, maka banyak sekali kegiatan yang dipastikan seru, baik untuk dewasa maupun anak-anak.

1. Bermain Air dan Pasir

Oleh karena pantai ini tidak cocok dijadikan tempat berenang, anda dan keluarga cukup bermain air saja. Masih cukup seru tentunya, karena terkadang ombak menghampiri dan memeriahkan suasana liburan. Jika masih kurang, sambil bermain pasir putih nan lembut juga menjadi pilihan menarik.

2. Bersantai dan Berteduh di Bawah Pohon

Suasananya yang asri karena pohon lontar membuat pantai eksotis ini cocok dijadikan tempat bersantai. Anda pun bisa berteduh di bawah pohon lontar sambil menghirup udara segar. Keindahan pantai dari pasir putih dan ombak bergulung lumayan indah sambil menemani waktu santai. Semilir angin yang datang menjadikan pikiran semakin rileks dan sesaat dapat melepas beban yang pikiran.

3. Wisata Kuliner

Adanya warung di sekitar Pantai Batu Nona bukan hanya dijadikan hiasan tentunya. Anda pun bisa berwisata kuliner untuk menikmati makanan khas Kupang yang terkenal, apalagi kalau bukan Pisang Epe. Jenis makan ini cukup unik dan rasanya lezat karena proses pembuatannya.

Makanan lain yang mungkin mampu menggugah selera anda adalah seafood yang didapatkan dari nelayan setempat. Ikan bakar juga ditemukan di sini, kepulan asapnya semakin membuat perut keroncongan. Selain itu, ada juga minuman khas dari buah pohon lontar yang menyegarkan dan dapat mengusir rasa dahaga.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Batu Nona
Image Credit: Google Maps berbagifun Family

4. Berenang di Kolam Renang

Kolam renang di Pantai Batu Nona memang cukup unik keberadaannya. Ini mungkin dibuat sebagai alternatif karena pantai cantik ini tidak cocok dijadikan tempat berenang. Seperti yang dikatakan tadi, ada tiga jenis kolam yang dapat disesuaikan penggunanya. Dengan harga tiket masuk yang murah, sensasi liburan di pantai yang lebih seru pun didapatkan.

5. Hunting Foto

Aktivitas selanjutnya adalah hunting atau berburu spot foto. Tidak ada spot khusus di sini, namun secara keseluruhan setiap titik menyajikan pemandangan alam yang indah. Anda bebas memilih lokasi untuk mengabadikan momen, salah satunya adalah di patung Pantai Batu Nona. Sayangnya, anda tidak boleh mendekatinya karena ada pagar pembatas sebagai pelindung.

6. Menanti Indahnya Sunset

Hampir setiap pantai memiliki pesona indahnya matahari tenggelam yang jelas terlihat. Panorama ini dapat anda saksikan di sini bersama dengan pemandangan alam lainnya. Matahari yang sebelumnya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, kini bisa anda saksikan warna orange indahnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Batu Nona
Image Credit: Google Maps Karunia Eky Dakka Pabuaran

Fasilitas yang ada di Pantai Batu Nona Kupang tergolong lengkap. Wajar saja karena objek wisata bahari ini dikelola baik oleh pemerintah dan dibantu warga setempat. Beberapa fasilitas yang ditemukan diantaranya adalah area parkir, toilet, dan warung makan. Selain itu, ada juga beberapa gazebo meskipun tidak terlalu banyak.

Liburan dengan mengunjungi objek wisata alam memang sangat penting. Namun anda harus menyiapkan segalanya supaya berjalan lancar. Terlebih untuk kali ini, karena Pantai Batu Nona tidak dibuka selama 24 jam, pastikan anda menentukan waktu terbaik dan lumayan panjang jika ingin puas beraktivitas di dalamnya.