Pantai Berawa salah satu pantai cantik yang menjadi destinasi favorit peselancar di Badung, Bali. Pantai berpasir hitam, ombak yang tinggi dan pemandangan sunset menjadi lokasi yang menarik dikunjungi saat berada di Pulau Dewata.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali sudah banyak dikenal dengan potensi keindahan pantai yang dimilikinya. Namun dibalik banyaknya nama pantai yang sudah terkenal di turis domestik maupun internasional, terdapat beberapa pantai yang memiliki keindahan namun jarang diketahui.

Salah satunya adalah Pantai Berawa, mungkin bagi Anda nama pantai ini masih asing namun untuk sebagian turis internasional nama tempat ini sudah sering dikenal. Pantai ini banyak dikunjungi oleh turis internasional karena memiliki keindahan panorama pantai yang cantik.

Pantai ini memiliki daya tarik yang banyak disukai oleh turis internasional seperti halnya ombak yang cocok untuk surfing, terdapat bar di sekitar pantai dan banyak lagi. Anehnya lebih banyak turis internasional yang mengetahui tentang pantai yang menyimpan banyak keindahan ini daripada turis domestik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Berawa

Daya Tarik Pantai Berawa
Image Credit: Twitter.com @suteki7toshisan

Pantai ini juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai lainnya di Bali. Para pengunjung biasanya datang ingin menikmati bersantai sembari menunggu matahari terbenam. Namun masih banyak lagi daya tarik dari pantai ini, berikut adalah beberapa daya tarik biasa memikat pengunjung untuk datang.

1. Cocok untuk Berselancar

Pantai Berawa memiliki ombak yang cocok untuk melakukan aktivitas selancar, seperti halnya beberapa pantai yang berada di Bali. Destinasi wisata pantai ini juga menjadi objek incaran para turis yang ingin merasakan pengalaman baru dengan berselancar disini. Masukkan pantai ini kedalam wishlist Anda untuk berselancar disini.

2. Lokasi Pantai yang Strategis

Destinasi ini berada di lokasi yang strategis sehingga mudah diakses oleh pengunjung yang baru pertama kali berkunjung kesini dan pertama kali datang ke Bali. Karena letaknya yang strategis ini dan diminati banyak turis internasional membuat banyak peluang untuk membuka banyak usaha oleh warga sekitar.

Selain itu, keberadaan usaha-usaha ini juga menjadi fasilitas yang tersedia untuk turis dan menjadikannya nilai lebih dari pantai. Anda tidak perlu bingung saat mencari fasilitas seperti penginapan, restoran, café dan lainnya karena di sekitar pantai sudah banyak terdapat fasilitas ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Berawa
Image Credit: Facebook.com @ponks.thea

3. Pantai yang Indah

Kecantikan dari pantai yang ada di Bali sudah tak bisa diragukan lagi, karena sudah terkenal dengan surga dari wisata pantai. Begitu pula dengan Pantai Berawa yang memiliki keindahan pesona pantainya. Pantai yang memiliki pasir hitam lembut ditambah dengan ombak yang tak terlalu besar cocok untuk mengajak anak berlibur kesini.

4. Garis Pantai yang Panjang

Jika Anda memiliki banyak waktu saat berkunjung kesini, Anda dapat berjalan menyusuri garis pantai yang panjang sembari menikmati dinginnya air laut yang menyapu di tepi pantai. Tak banyak pantai yang memiliki garis pantai panjang. Anda dapat bermain bersama teman atau anak-anak di sepanjang garis pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Berawa

Alamat Pantai Berawa
Image Credit: Google Maps (Alexander Sony)

Tempat wisata ini berada di Jalan Pantai Berawa, tepatnya ada di desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung. Pantai ini berada dekat dengan desa Canggu yang membuat beberapa orang salah paham dan menganggap jika pantai ini berada di desa Canggu. Karena inilah tempat ini juga biasa disebut dengan Pantai Canggu.

Jika Anda pengunjung dari luar daerah Bali dan datang dari Bandara I Gusti Ngurah Rai maka untuk menuju destinasi ini memerlukan waktu sekitar 40 menit. Jika dari kota Denpasar, pantai ini berjarak 10km untuk menuju tempat ini Anda akan memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Untuk mendatangi destinasi pantai ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya atau gratis, hanya jika Anda datang dengan kendaraan pribadi maka akan dikenakan biaya parkir. Untuk Anda yang membawa motor akan dikenakan tarif Rp 2.000 dan untuk Anda yang membawa mobil akan dikenakan tarif Rp 3.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Berawa

KegiatanMenarik di Pantai Berawa
Image Credit: Facebook.com @ponks.thea

1. Surfing

Untuk para pengunjung yang memiliki hobi berselancar Anda dapat melakukanya di pantai ini. Banyak turis internasional yang datang sengaja untuk mencoba sensasi berselancar di pantai ini. Pantai ini memiliki ombak besar yang menjadi incaran para peselancar, selain itu di pantai ini juga tidak terdapat batuan karang sehingga aman untuk berselancar.

Banyaknya turis internasional yang berada di Pantai Berawa untuk melakukan aktivitas surfing membuatnya terlihat spesial. Namun, pantai ini seperti tidak memiliki turis domestik yang datang untuk melakukan surfing atau kegiatan lainnya. Mungkin karena masih jarangnya minat turis domestik terhadap olahraga surfing.

2. Menikmati Sunset

Seperti halnya saat berwisata ke pantai lain, di pantai ini menikmati sunset tak bisa dilewatkan ketika sore tiba. Namun, di pantai ini Anda akan merasakan ketenangan sambil menikmati momen sunset karena pantai ini masih jarang didatangi oleh pengunjung. Jadi Anda akan merasakan keintiman menikmati momen sunset dengan diri Anda sendiri.

Banyak dari pengunjung yang suka dengan suasana sunset di tempat ini karena memiliki suasana tenang. Banyak dari mereka yang akhirnya kembali dan bahkan menjadikan berkunjung ke destinasi wisata ini sebagai agenda tahunan yang wajib dilakukan untuk menikmati momen sunset.

3. Bersantai

Suasana yang cocok untuk Anda yang mencari tempat tenang sekedar untuk bersantai dan melepas penat serta menenangkan beban pikiran. Bersantai sembari menunggu momen matahari terbenam juga dapat Anda lakukan sekaligus merefreshkan pikiran. Jadi untuk Anda yang mencari pantai dengan suasana tenang dan dapat bersantai pantai ini merupakan salah satu destinasi yang paling tepat.

Salah satu alasan mengapa pantai ini cocok untuk bersantai karena letaknya yang jauh dari hiruk pikuk daerah perkotaan. Beberapa bar atau café di sekitar pantai juga dapat menjadi tempat Anda menghabiskan waktu untuk bersantai. Atau Anda juga dapat bersantai di sekitaran tepi pantai sembari mendengarkan musik yang diputar oleh café-café disana.

Kegiatan di Pantai Berawa
Image Credit: Google Maps (Arie Joko)

4. Mengunjungi Destinasi Sekitar Pantai

Pantai Berawa berada di lokasi yang sangat tepat atau strategis, karena berada dekat dengan berbagai macam destinasi lainnya seperti Finns Reaction Club Canggu, Allaps Park, Love Anchor dan lainnya. Untuk itu ketika Anda sudah berwisata disini maka sempatkan datang ke destinasi sekitar, karena disana juga menawarkan pengalaman baru bagi Anda.

5. Mengunjungi Berawa Beach Arts Festival (BBAF)

Berawa Beach Arts Festival (BBAF) adalah pentas karya seni yang mempertampilkan sebuah karya yang berbahan dari barang-barang yang biasa Anda temui. Acara ini mengusung tema ramah lingkungan untuk mengajak para pengunjung instalasi karya seni ini menjaga keadaan lingkungan. Ada salah satu karya seni yang menarik perhatian banyak pengunjung dan seperti menjadi ikon dari acara ini.

Karya seni berupa Gurita dengan tinggi sekitar 20 meter dan panjang 300 meter yang dibentuk menggunakan anyaman bambu. Karya seni ini mengambil tema hewan dari kedalaman laut, selain pertunjukan karya seni berupa patung disini juga menyajikan karya seni tari. Ini merupakan salah satu usaha dari pemerintah daerah untuk menarik lebih banyak pengunjung yang datang.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Berawa

Penginapan Pantai Berawa
Image Credit: Tiket.com

1. Koa D Surfer Hotel

Tempat penginapan ini berjarak sekitar 0,5 km dari Pantai Berawa, tempat penginapan ini menawarkan banyak fasilitas yang tentunya akan memudahkan Anda. Hotel ini juga menawarkan harga yang murah untuk menginap disini namun dengan kualitas dan fasilitas yang terbaik. Para traveler backpacker cocok untuk menginap disini karena memasang harga yang tidak terlalu mahal.

2. Lv8 Resort Hotel Bali

Penginapan yang satu ini menyediakan berbagai jenis kamar. Setidaknya terdapat 16 jenis dari tipe kamar yang mereka tawarkan. Berjarak kurang lebih 1,3 km dari lokasi pantai, penginapan ini dapat menjadi pilihan Anda untuk mengistirahatkan tubuh.

Hotel ini juga tidak mematok harga yang terlalu mahal untuk pengunjung malah bisa dikatakan jika mereka menawarkan banyak fasilitas namun dengan harga yang terjangkau.

3. Frii Bali Echo Beach

Untuk penginapan ini terdapat fasilitas sauna yang tak dapat Anda temui di setiap hotel, selain itu penginapan ini memiliki akses yang dekat ke kawasan wisata pantai. Berjarak sekitar 0,3 km saja untuk ke pantai membuat Anda lebih mudah untuk datang kesana. Untuk harga penginapan ini juga termasuk yang terjangkau dan sesuai dengan fasilitas yang didapat.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Berawa Bali

Fasilitas di Pantai Berawa Bali
Image Credit: Google Maps (Billhar ’83)

Fasilitas di destinasi ini sudah banyak dan mudah ditemui, mudah untuk menemukan restoran, café, penginapan, toko swalayan dan fasilitas publik lainnya. Tidak heran karena lokasi pantai ini memang cukup strategis dan sudah dikenal banyak turis asing.

Hanya saja untuk restoran disini lebih mahal karena sasaran pembeli mereka adalah turis internasional yang datang. Hanya saja beberapa pengunjung menyayangkan kurangnya perawatan untuk beberapa pintu masuk ke pantai ini.

Itulah ulasan tentang Pantai Berawa, pantai dengan keindahan lautnya yang memukau banyak pengunjung. Sebagai salah satu destinasi di pulau Dewata, pantai ini memang menawarkan keindahan dan suasana khas yang tidak akan bisa ditemui di daerah-daerah lain di Nusantara.