Lokasi: Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.
MapCek Lokasi

Pangandaran adalah salah satu Kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Selain dikenal dengan budaya Ronggeng Gunungnya, ternyata pangandaran juga menyimpan banyak potensi wisata yang tentu saja sayang untuk dilewatkan. Pantai dan sungai adalah wisata Andalan di kabupaten Pangandaran.

Di kabupaten Pangandaran, Anda bisa menikmati banyaknya objek wisata yang ditawarkan. Keadaan alamnya yang begitu indah adalah daya tarik utama agar wisatawan mau berkunjung. Tidak salah jika Pangandaran memiliki misi untuk menjadi Kabupaten pariwisata yang mendunia pada tahun 2025.

Jika Anda tinggal di kabupaten Pangandaran, ada sebuah pantai yang wajib menjadi salah satu list destinasi liburan Anda yaitu pantai Karapyak. Pantai yang berlokasi di desa Bagolo ini, sangat unik dengan fenomenanya alam yang tidak akan bisa Anda temui di pantai-pantai lain. Dengan kondisi alam yang masih asri dan sejuk, sangat pas bagi Anda yang ingin berlibur dan keluar dari hingar bingar kota.

Mengintip Keindahan Pantai Karapyak

Mengintip Keindahan Pantai Karapyak
Image Credit: Idntimes.com

Pantai Karapyak merupakan pantai pasir putih yang dihiasi karang cantik di dalamnya. Pantai ini terletak di salah satu desa di Kabupaten Pangandaran yaitu desa Bagolo. Keunikan dari pantai ini adalah fenomena alam yang menakjubkan yaitu laut 2 warna. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan langsung fenomena alam ini di pantai Karapyak.

Pada dasarnya, fenomena ini terjadi ketika adanya pertemuan antara air sungai Citanduy dengan air laut lepas. Fenomena ini alam ini hanya akan ada pada saat jumlah aliran sungai Citanduy menguat sehingga akan terlihat perbedaan warna kontras antara air sungai Citanduy dan air laut.

Jarang orang yang mengetahui tentang pantai Karapyak sehingga jumlah pengunjung di wisata ini masih tergolong sepi. Ini adalah kesempatan bagi Anda yang ingin berlibur di tempat yang santai dan tenang bersama pasangan maupun teman Anda.

Meskipun di Pantai Karapyak Anda tidak diperbolehkan untuk berenang, Namun Anda masih bisa menikmati keindahan alam pasir putih yang luas sepanjang 5 kilometer serta biota alamnya seperti ikan kecil dan kepiting yang kadang tertinggal di sela-sela karang.

Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Karapyak

Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Karapyak
Image Credit: Fokusjabar.co.id

Hal pertama yang bisa Anda lakukan di pantai Karapyak adalah berjalan-jalan di pasir putih sambil menikmati keindahan alamnya. Selain panorama pantai yang indah, Anda dapat juga melihat tumbuhan khas pantai seperti pohon kelapa dan dan tanaman bakau.

Jika Anda datang ke pantai Karapyak pada sore hari, jangan buru-buru untuk pulang. Karena Anda bisa menyesal jika melewatkan sunset yang begitu indah. Momen tenggelamnya sang surya ini dapat Anda abadikan melalui foto atau video dan kemudian Anda bisa bagikan ke media sosial.

Untuk Anda yang mempunya hobi memancing, Pantai Karapyak adalah tempat yang cocok untuk Anda. Disana Anda dapat memancing bersama warga sekitar dan wisatawan lain pada saat air surut. Jika beruntung Anda dapat menemukan ikan kerapu yang begitu lezat untuk dimasak.

Berkemah adalah kegiatan yang asyik dilakukan tidak hanya di gunung namun juga bisa tepi pantai. Dengan hamparan pasir putih yang luas Anda dapat berkemah di pantai Karapyak. Pastikan Anda mengajak teman atau keluarga agar kegiatan berkemah ini semakin seru dan menyenangkan.

Setelah memancing dan mendirikan tenda di pantai, Anda dapat mulai menyiapkan perapian untuk membakar ikan hasil pancingan tadi. Anda juga dapat membeli ikan mentah untuk dibakar sendiri jika dirasa hasil tangkapan tadi kurang. Jangan lupa juga untuk menyiapkan bumbu-bumbu agar ikan bakar Anda semakin nikmat untuk disantap.

Tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa berfoto-foto. Di pantai Karapyak ini banyak sekali spot foto yang sangat bagus dan bisa Anda jelajahi untuk mengabadikan momen. Bagi yang mempunyai hobi fotografi, tempat ini sangat cocok untuk menambah koleksi karya Anda.

Pantai Karapyak sangat dekat dengan pulau Nusakambangan yang dikenal dengan pulau penjara untuk orang-orang dengan tingkat kejahatan tinggi. Anda bisa kesana dengan menaiki perahu yang disewakan untuk sekedar mengobati rasa penasaran Anda.

Sejarah Pantai Karapyak di Pangandaran

Sejarah Pantai Karapyak di Pangandaran
Image Credit: Bodyrafting-guhabau.com

Pantai Karapyak dulu sangat dekat dengan pelabuhan Majingklak yang mana pelabuhan ini adalah tempat kapal-kapal kerajaan Mataram untuk singgah. Tidak heran jika banyak ditemukan prasasti dan makam orang kerajaan mataram pada abad ke 16 di bukit sekitar pantai.

Ada salah satu makam yang sering dijadikan tempat ziarah dan di anggap keramat oleh warga sekitar. Warga sekitar biasa menyebutnya dengan makam kyai Panjing. Itu adalah nama julukan dari warga setempat dan bukan nama asli. Menurut sejarah, Kyai panjing adalah salah satu ulama penyebar agama islam dari kerajaan Mataram.

Tidak jauh dari dari makam Kyai Panjing Anda akan menemukan sebuah batu yang berbentuk persegi panjang. Dari informasi yang didapatkan, Batu tersebut adalah tempat favorit sang kyai untuk bermeditasi dan beristirahat. Banyak warga percaya bahwa hasil tangkapan ikan akan lebih melimpah ketika berdoa lewat perantara batu tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karapyak

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karapyak
Image Credit: Kawalitv.com

Demi Kenyamanan bersama dan untuk menunjang kegiatan selama berwisata di pantai Karapyak, pengelola wisata menyediakan berbagai fasilitas yang diperlukan untuk pengunjung. Jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas yang ada.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan adalah area parkir yang luas, mushola, toilet, pondok wisata, warung makan, tempat pelelangan ikan, dan lain-lain. Menurut pengunjung yang datang ke pantai Karapyak, harga makanan di kedai yang berlokasi di wisata tersebut relatif murah.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Karapyak

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Karapyak
Image Credit: Idntimes.com

Sayangnya belum ada angkutan umum yang bisa mengantar Anda ke lokasi pantai Karapyak karena tempat wisata ini tergolong baru dan masih belum banyak pengunjung. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperto mobil atau motor.

Akses jalan menuju pantai Karapyak sudah beraspal dengan jalan yang berkelok kelok khas pantai. Anda tidak perlu takut kesasar karena banyak sekali plang yang mengarahkan ke pantai ini. Sepanjang jalan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hutan yang lebat.

Untuk yang berangkat dari Bandung dan Cilacap, Anda bisa memakai jalur nasional jawa selatan menuju kota Banjar. Sesampainya di kota Banjar Anda memerlukan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke wisata pantai Karapyak.

Harga tiket Masuk di pantai Karapyak tergantung jenis kendaraan Anda. Jika menggunakan motor roda dua dikenakan tarif 20 ribu sedangkan untuk kendaraan beroda empat sebesar 51 ribu. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada pihak pengelola.

Jadi itulah tadi untuk Anda yang membutuhkan informasi tentang wisata pantai Karapyak. Pantai yang masih asri dan belum banyak diketahui orang. Untuk Anda yang bertempat tinggal di Jawa Barat tidak ada salahnya untuk mengunjungi pantai yang eksotis ini.