Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.00-17.00, Alamat: Kec. Lhoknga Kab. Aceh Besar, Aceh; Map: Cek Lokasi

Saat ini pantai Tengah menjadi destinasi favorit bagi setiap wisatawan. Pantai dengan segala bentuk keindahan memberikan nuansa alam yang benar-benar natural. Salah satu pantai yang dielu-elukan keindahannya yaitu Pantai Lhoknga yang ada di Aceh. Hal tersebut membawa bukti bahwa Indonesia memiliki destinasi pariwisata dengan keindahan eksotis yang terletak Dari Sabang Sampai Merauke.

Pantai Lhoknga sendiri memiliki keindahan yang tidak kalah menarik dari pantai-pantai yang ada di Bali. Jika selama ini banyak wisatawan yang menganggap bahwa Bali adalah surga dunia. Nyatanya hal tersebut berlaku untuk Aceh karena banyak pantai yang memiliki keindahan yang luar biasa. Melihat peluang tersebut, Pemerintah berupaya untuk menarik perhatian pengunjung.

Pantai yang terkenal dengan keadaan ombaknya ini, sukses membuat wisatawan asing pergi mengunjunginya. Sehingga jika hari libur, pantai ini akan dipadati oleh wisatawan. Baik wisatawan yang hanya ingin Menikmati keindahan pantai sambil menenangkan diri, ataupun wisatawan yang ingin menguji adrenalin mereka untuk melakukan surfing ditemani dengan ombak yang kuat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lhoknga

Daya Tarik Pantai Lhoknga
Image Credit: Google Maps (Bio GLOBAL)

Pantai ini memiliki daya tarik yang luar biasa tidak heran jika pantai ini kerap menjadi ikon pariwisata di Provinsi Aceh. Setiap wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini tidak akan menemukan kecacatan yang bisa mengurangi kepuasan. Hal tersebut dikarenakan keindahan dari pantai yang luar biasa.

1. Hamparan Pepohonan yang Teramat Luas

Jika biasanya pantai identik dengan lautan yang luas dan dan permukaan pantai yang lebar. Berbeda dengan pantai yang satu ini karena memiliki banyak pepohonan yang menghampar di belakang pantai. Tersebut amatlah banyak dan rindang. Sehingga banyak wisatawan yang menggunakannya sebagai tempat bersantai ataupun bernaung ketika siang hari.

Karena memahami hal tersebut, pihak pemerintah juga menambahkan beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk bersantai wisatawan. Sehingga wisatawan bisa Menikmati keindahan lautan lepas dengan pasir putih di bawah pepohonan rindang. Banyaknya pohon tersebut, membuat keadaan pantai tidak panas dan udara yang berhembus terasa amat sejuk.

2. Ombak Besar

Beberapa pantai di Indonesia memiliki ciri khas dengan keadaan ombaknya yang tenang. Akan tetapi berbeda dengan Pantai Lhoknga di Aceh Besar yang memiliki ombak besar dan menggulung-gulung. Bukannya merasa takut dan was-was, wisatawan malah menggunakan keadaan tersebut untuk melatih adrenalin mereka. Yaitu dengan cara melakukan surfing dan berbagai permainan air lainnya.

Meskipun demikian pihak pengelola akan tetap menerapkan protokol keamanan yang ketat. Sehingga wisatawan agar selalu waspada ketika bermain di area air yang memiliki ombak besar. Terlebih lagi pada pengunjung yang masih berusia anak-anak karena jika bermain terlalu Tengah dikhawatirkan terbawa ombak. Hal tersebut sudah diperingatkan oleh pihak pengelola kepada setiap wisatawan.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Lhoknga
Image Credit: Twitter.com @AcehtourismID

3. Lautan Lepas di Bingkai Pasir Putih yang Luas

Salah satu tujuan wisatawan mengunjungi Pantai Lhoknga untuk berwisata adalah agar bisa menikmati keadaan alam yang masih asli. Pantai ini memberikan nuansa yang eksotis pada ada keindahan lautan lepasnya. Lautan lepas yang dibingkai dengan pantai berpasir Putih merupakan kombinasi yang sangat menarik dan menjadi pemandangan yang unik.

Terlebih lagi jika berkunjung ke pantai ini pada saat pagi siang sore atau pada saat hari cerah. Langit yang cerah turut memberikan efek yang sangat besar pada keindahan pantai. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat wisatawan gemar berlama-lama berada di pantai ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Lhoknga

Alamat Pantai Lhoknga
Image Credit: Twitter.com @wongbanglean

Pantai yang sudah terkenal di wilayah Aceh ini Tentunya selalu dikunjungi wisatawan. Khususnya mereka yang berasal dari Aceh. Nama pantai ini diambil dari nama sebuah kecamatan yaitu Kecamatan Lhoknga yang berada di daerah Kabupaten Aceh Besar.

Apabila menempuh perjalanan dari pusat Kota, maka wisatawan memerlukan waktu berkisar 20 menit untuk sampai ke pantai ini. Karena jarak antara pantai dengan pusat kota sejauh 20 KM.

Apabila masih baru pertama kali menuju Pantai Lhoknga, tidak perlu bingung karena terdapat banyak sekali petunjuk arah. Hal tersebut dikarenakan pantai ini sudah sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat Aceh sendiri.

Biasanya pengunjung yang berwisata ke lokasi pantai lebih banyak yang menggunakan kendaraan pribadi daripada angkutan umum. Karena biasanya angkutan umum memerlukan waktu berkali lipat lebih panjang daripada kendaraan pribadi.

Pantai ini dikenal memiliki keindahan lautannya yang eksotis. Pengunjung yang berwisata ke pantai ini biasanya dikenakan tarif Rp 15.000 untuk setiap orang.

Tarif tersebut Tentu saja sangat terjangkau jika dibandingkan dengan keindahan yang bisa dinikmati. Hanya dengan membayar tarif tersebut pengunjung bisa Menikmati keindahan pantai ini dengan waktu yang tidak ditentukan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Lhoknga

Kegiatan Dilakukan di Pantai Lhoknga
Image Credit: Google Maps (T Fauzan)

Umumnya wisatawan yang berkunjung ke lokasi pantai ini memilih membawa peralatan sendiri. Seperti peralatan surfing, dan peralatan lainnya. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena pihak pengelola juga menyediakan outlet yang bisa digunakan untuk menyewa sarana prasarana permainan air. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ketika berada di Pantai Lhoknga.

1. Menikmati Keindahan Sunset saat Senja

Sunset atau matahari tenggelam selalu disebut sebagai momen romantis yang sayang untuk dilewatkan. Biasanya pengunjung memilih mengunjungi pantai saat sore hari dikarenakan bisa menatap Sunset yang begitu indah. Di pantai ini terdapat lokasi yang disediakan oleh pihak pengelola khusus untuk wisatawan yang ingin menyaksikan Sunset tanpa terhalang.

Sunset di pantai ini memang sangat indah karena dipadukan dengan keeksotisan yang dimiliki pasir putih dan warna laut yang membiru. Banyak wisatawan yang memilih menginap untuk menikmati sunrise pada keesokan harinya.

2. Memancing

Bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, tentunya pantai ini bisa dijadikan pilihan terbaik untuk mengisi liburan. Pihak pengelola juga menyediakan banyak peralatan memancing untuk setiap wisatawan. Setiap wisatawan hanya perlu melakukan penyewaan saja. Tentu saja tempat pemancingan disuguhkan di lokasi yang berbeda karena dipilihkan tempat yang strategis.

Pemilihan tempat tersebut bertujuan agar nantinya pengunjung bisa mendapatkan ikan dalam waktu yang singkat. Adanya fasilitas tersebut banyak pengunjung yang merasa terhibur sehingga kerap menghabiskan waktu seharian untuk memancing di pantai ini.

Kegiatan di Pantai Lhoknga
Image Credit: Twitter.com @RadioPLS_mks

3. Berenang

Meskipun di Pantai Lhoknga memiliki ombak yang relatif besar, akan tetapi pihak pengelola membolehkan setiap wisatawan untuk berenang. Lokasi berenang juga ditentukan sehingga dilarang untuk berenang terlalu ke tengah atau pada lokasi-lokasi yang biasanya memiliki ombak besar.

Jika ingin berenang, pengunjung bisa melakukan penyewaan peralatan berenang. Tetapi biasanya pengunjung lebih memilih membawa baju sendiri karena dinilai lebih nyaman.

4. Kegiatan Surfing

Kegiatan ini menjadi kegiatan yang paling utama dilakukan di pantai ini. Hal tersebut dikarenakan ombak di Pantai ini sangat mendukung untuk melakukan surfing. Surfing hanya bisa dilakukan pada keadaan ombak yang besar dan menggulung. Hal tersebut sesuai dengan keadaan ombak yang ada di pantai ini.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Agoda.com

Bagi wisatawan yang memiliki lokasi tempat tinggal jauh. Bisa memilih untuk menyewa penginapan di sekitar Pantai Lhoknga. Berikut ini beberapa penginapan yang memiliki lokasi terdekat dengan pantai ini dan bisa dibilang memiliki fasilitas lengkap.

1. Kyriad Muraya Hotel Aceh

Hotel ini menjadi penginapan yang paling laku dan dipadati banyak pengunjung. Hal tersebut dikarenakan fasilitas yang disediakan hampir menyerupai fasilitas VIP.

Hotel ini bisa dihuni dengan cara membayar sewa sebesar Rp 580.000 untuk setiap malamnya. Tarif yang dibayarkan tersebut sudah termasuk biaya makan dan berbagai fasilitas yang bisa digunakan di hotel ini.

2. Hermes Pallace Hotel

Hotel ini memiliki fasilitas pelayanan bintang 5. Setiap pengunjung akan merasa dimanjakan dengan berbagai pelayanan yang ditetapkan di hotel ini. Tarif yang ditetapkan sebesar rp 780.000 untuk setiap malamnya.

Tentu saja tarif tersebut sudah merupakan seluruh biaya segala fasilitas yang digunakan. Bahkan bagi pengunjung yang menginap di hotel ini diberikan sarapan.

3. The pade hotel

Memiliki lokasi berkisar 5,3 kilometer dari Pantai, hotel ini selalu sukses dan ramai pengunjung. Terlebih lagi harga yang ditawarkan tidak terlalu tinggi untuk setiap malamnya.

Hanya berkisar Rp 450.000 saja, pengunjung bisa Menikmati keindahan alam yang ditampilkan di hotel ini. Nuansa Hotel ini juga dipenuhi dengan pepohonan yang besar dan rindang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Lhoknga Aceh Besar

Fasilitas di Pantai Lhoknga
Image Credit: Google Maps (Billy Silaen)

Setiap wisatawan yang berkunjung ke wisata pantai ini akan dibuat kaget dengan fasilitas yang diberikan. Pasalnya setiap fasilitas selalu diadakan dan diperbaharui oleh pihak pengelola. Mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas khusus untuk pribadi setiap wisatawan.

Pantai Lhoknga menjadi solusi bagi wisatawan yang ingin merasakan keindahan natural. Pantai ini menjadi surga di Provinsi Aceh dan selalu dipadati pengunjung. Tidak peduli hari efektif ataupun hari libur, pantai ini selalu menjadi lokasi berlibur idaman setiap wisatawan. Salah satu daya tarik yang diminati adalah adanya ombak besar yang mampu menghibur wisatawan.