Pantai Suluban salah satu wisata pantai yang unik dan eksotis di Uluwatu Bali. Pantai Blue Point yang menawarkan pesona alam yang memukau layaknya surga tersembunyi dibalik goa dan karang.

Lokasi: Jl. Pantai Suluban No.18, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.
Map: Cek Lokasi

Pantai suluban Uluwatu menjadi salah satu pantai yang ada di Bali Selatan, yang mana pantai ini mampu memberikan pemandangan sunset serta pemandangan dari batu karang yang sangat indah. Bukan hanya itu saja, pantai ini juga memiliki pasir dengan warna putih sehingga memberikan kesan yang cantik pada pantai tersebut.

Tentunya pantai eksotis di Uluwatu ini sangat wajib jika dimasukkan kedalam itinerary liburan ke Pulau Dewata Bali. Apalagi pantai ini salah satu destinasi wisata favorit para traveler jika menjadi keindahan alam. Pantai ini sendiri memiliki Pura luhur Uluwatu yang berada di atas tebing, apalagi pura tersebut bisa Anda lihat dengan pemandangan matahari terbenam.

Pantai Uluwatu juga disebut menjadi pantai blue point dikarenakan terdapat sebuah hotel yang ada di atas pantai suluban Uluwatu yang memiliki nama hotel blue point. Agar semakin memudahkan para wisatawan mengingat nama pantai tersebut, maka nama pantai blue point Uluwatu adalah yang paling populer di kalangan wisatawan.

Daya tarik yang Dimiliki Pantai Suluban (Blue Point)

Daya tarik Pantai Suluban (Blue Point)
Image Credit: Instagram.com @lehaps

1. Pantai dengan Panorama Sunset yang Indah

Pada pagi hari menjadi salah satu waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pantai Suluban Uluwatu ini. Pengunjung dapat terhindar dari kemacetan bahkan bisa bebas memilih tempat hanya untuk menikmati bagaimana keindahan dari pantai ini.

Selain itu, pantai ini memiliki sunrise dan juga sunset bahkan bisa diamati dengan sama baiknya. Namun ketika harus memilih apakah ingin melihat sunrise atau sunset, maka sunset di pantai ini ini memang jauh lebih indah untuk dinikmati bersama dengan keluarga.

Sunset di pantai ini memang cukup berbeda dengan pemandangan matahari di pantai lainnya, sebab sunset akan terbenam di antara celah bebatuan. Dan dijamin Anda tidak akan menyesal jika menikmati sunset di lokasi wisata ini.

2. Terdapat Tebing Karang yang Eksotis

Suluban bagaikan pantai yang tersembunyi karena menyimpan harta karun. Di dalam pantai tersebut terdapat tebing karang yang sangat eksotis dan juga sangat menakjubkan. Dengan adanya hantaman ombak di lautan seakan menjadi salah satu pemandangan yang paling spesial dan bisa Anda nikmati sampai puas ketika datang ke pantai suluban ini.

Waktu yang paling tepat untuk bisa menjelajahi pantai ini ialah ketika ombak tidak ganas. Yang artinya Anda bisa melihat jauh lebih banyak tempat ataupun jalan berpasir karena mudah diakses.

Daya tarik dari Pantai Suluban (Blue Point)
Image Credit: Facebook.com @cityhype.id

3. Terdapat Perajin Tenun

Ketika Anda berjalan santai menuju pantai, maka para pengunjung bisa menjumpai aktivitas para masyarakat lokal yang ada di sana. Kegiatan para masyarakat dimulai dari sekedar bercengkrama dipupuk bahkan sampai aktivitas menenun kain tradisional Bali. Walaupun terkesan cukup sibuk, namun para warga di sekitar pantai sangat ramah kepada para wisatawan.

Para pengunjung bisa berinteraksi dengan warga bahkan bisa mengorek cerita mengenai keunikan dari pantai suluban Uluwatu. Ketika sudah puas bermain di pantai dan akan meninggalkan pantai, jangan sampai lupa untuk menawar tenun yang merupakan buatan asli dari orang-orang di sana.

Mempunyai motif yang sangat cantik serta diproduksi langsung oleh seniman yang handal. Pastinya Anda tidak akan menyesal jika sudah membeli kain tenun tradisional dari Kawasan wisata pantai ini.

4. Pemandangan Pantai yang Tiada Tandingan

Jika Anda sudah memasuki pantai suluban Uluwatu, maka Anda akan melihat bagaimana tata letak alam yang cukup unik. Contohnya saja seperti pemandangan samudra berwarna biru yang juga berpadu dengan adanya pemandangan alam indah.

Air laut di pantai ini memiliki dua warna, untuk bagian dalam memiliki warna biru tua sedangkan bagian dangkalnya memiliki warna kehijauan yang bahkan pada dasar laut nya terlihat oleh mata.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Blue Point

Harga Tiket Masuk Pantai Blue Point
Image Credit: Google Maps (Kung A Yin)

Pantai Suluban ini berlokasikan di Desa Pecatu, Uluwatu tepatnya di Bali Selatan. Jarak tempuhnya jika dari Denpasar kurang lebih sekitar 60 menit saja.

Untuk rute yang bisa Anda gunakan agar bisa sampai ke lokasi pantai ialah ketika sudah sampai ke kantor kepala Desa Pecatu, Anda harus belok ke kanan tepatnya ke Jalan Labuan Sait. Kemudian Anda harus memilih jalan yang menuju ke pantai padang-padang, baru setelah itu Anda belok kanan menuju ke Pantai Suluban. Dari sinilah Anda sudah dapat melihat bagaimana keindahan yang tersaji di pantai ini.

Dapat dikatakan jika Pantai menawan di Uluwatu ini cukup jauh dari beberapa destinasi wisata yang ada di Bali. Agar tidak kesusahan ketika mencari transportasi umum, alangkah baiknya jika menyewa jasa mobil atau rental sepeda motor.

Para pengunjung yang ingin memasuki Pantai Suluban Uluwatu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk sama sekali, yang artinya para pengunjung bisa dengan bebas masuk dan datang ke pantai ini untuk menikmati keindahan alamnya. Namun, Anda harus membayar parkir untuk kendaraan karena terdapat para penjaga parkir. Untuk biaya sepeda motor hanya Rp 5.000 saja, sedangkan untuk mobil adalah Rp 15.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Suluban

Kegiatan di Pantai Suluban
Image Credit: Instagram.com @hendrik_d_prayitno

1. Menjadi Surga Para Peselancar

Di pantai ini banyak sekali para peselancar yang datang dan pergi tanpa perlu mempedulikan tingginya ombak. Sebab para penjaga pantai juga selalu berjaga di menara serta selalu memperhatikan tingkat kekerasan ombak beserta para peselancar yang ada di laut.

Bagi pengunjung yang tidak bisa melakukan selancar juga harus memperhatikan bagaimana kondisi ombak. Sebab arus laut terkadang sangat kuat dan bisa saja menerjang melalui salah-salah gua yang bisa jadi membahayakan. Untuk itulah banyak orang yang mengusulkan jika pantai suluban ini tidak dijadikan menjadi tempat wisata anak-anak.

Pada saat air laut sedang surut, biasanya atraksi para peselancar yang tengah bermain ombak dapat dilihat dengan cara yang terbilang dekat. Hal ini disebabkan pada bagian pantai yang dangkal akan membentang hingga agak ke tengah laut. Namun, tetap saja Anda harus memastikan jarak dan lebih berhati-hati.

2. Menaiki Tebing Karang

Kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar pantai ialah menaiki tebing karang yang ada di pinggiran pantai. Tentu saja untuk menaiki Karang tersebut Anda harus berhati-hati agar tidak terluka dikarenakan karang yang cukup tajam.

Para wisatawan banyak sekali yang menaiki Karang tersebut untuk melihat sunrise ataupun sunset. Sebab dengan menaiki karang tersebut pemandangan akan terasa lebih jelas, dan yang pasti momen ini tidak akan terlupakan.

3. Berfoto di Goa Pantai

Nah, siapapun tentunya sangat suka mengabadikan foto ketika liburan. Jika Anda salah satunya, maka spot gua yang ada di Pantai Suluban adalah yang paling tepat. Hal ini dikarenakan sebuah tersebut cukup instagramable, sehingga banyak para pelancong yang akan menguploadnya ke media sosial.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Suluban Uluwatu

Penginapan di Pantai Suluban
Image Credit: Traveloka.com

1. Hotel Blue Point Uluwatu

Penginapan yang satu ini menjadi salah satu ikon di lokasi wisata ini. Sebab nama hotel inilah yang menjadikan Pantai Suluban memiliki nama lain yaitu Pantai Blue Point. Hotel ini terletak di pinggiran pantai yang ada di atas tebing. Mengenai tarif untuk menginap di hotel ini pun cukup terjangkau dan Anda bisa menikmati banyak fasilitas.

Di hotel ini juga disediakan wi-fi gratis di semua area, terdapat pelayanan resepsionis selama 24 jam. Sehingga Anda bisa lebih nyaman ketika berada di dalam kamar.

2. Penginapan Uluwatu Backpackers

Untuk lokasi dari penginapan ini tepatnya berada di Jalan labuan sait, yang mana tarif untuk menginap di sini juga cukup murah permalamnya. Apalagi dengan fasilitas yang cukup memadai, seperti area parkir kendaraan yang sangat luas, terdapat kolam renang, pada setiap kamar hotel telah dilengkapi dengan free wi-fi, kamar mandi yang dilengkapi dengan shower beserta bed yang empuk.

3. Penginapan BB Homestay 2

Penginapan yang satu ini juga masih di sekitar area pantai suluban yang biaya permalamnya cukup murah. Untuk fasilitas yang tersedia pada penginapan ini memiliki kamar hotel yang sudah dilengkapi dengan wi-fi gratis.

4. Penginapan Jacko House Uluwatu

Untuk penginapan ini memang cukup dekat dengan hotel Blue Point dan juga pantai Uluwatu, yang mana jarak tempuhnya hanya sekitar 1 km saja. Fasilitas yang ada pada hotel ini mempunyai area parkir kendaraan yang sangat luas sehingga tidak kesusahan mencari tempat parkir jika ramai akan wisatawan yang menginap.

Kemudian hotel ini juga sangat dekat dengan beberapa rumah makan ataupun kafe. Jadi Anda sudah tidak perlu kebingungan ketika ingin menyantap menu makanan khas dari Pulau Bali ataupun khas dari daerah Uluwatu.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Blue Point

Fasilitas di Pantai Blue Point
Image Credit: Google Maps (Ikhwan Wahyudin)

1. Mempunyai Penginapan yang Cukup Nyaman

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika pantai suluban memiliki penginapan yang sangat terkenal. Yang mana penginapan tersebut menawarkan kenyamanan bagi semua para pengunjung. Karena merupakan hotel yang cukup besar, hingga mampu menampung banyak para pengunjung.

2. Memiliki Cafe dan Juga Resto

Ketika Anda sudah lelah menghabiskan tenaga untuk melakukan selancar ataupun bermain air bersama dengan keluarga, tentu waktunya Anda untuk mengisi tenaga dengan menyantap makanan lezat.

Di Pantai Suluban ini sendiri terdapat cafe dan juga resto yang menyediakan banyak sekali menu-menu makanan dan minuman. Untuk setiap menu juga memiliki harga terjangkau dengan porsi yang cukup banyak. Bisa dipastikan Anda akan puas dan kenyang jika makan di cafe atau resto ini.

3. Terdapat Kolam Renang

Apabila Anda merupakan tipe orang yang tidak berani berseluncur di ombak besar, maka kolam renang di area pinggir pantai bisa menjadi pilihan. Kolam renang ini sangat cocok bagi keluarga yang membawa anak-anak, di mana Anda beserta keluarga masih bisa bermain air meskipun tidak bermain di air laut.

4. Terdapat Area untuk Bersantai

Di area pinggir pantai juga disediakan beberapa tempat untuk bersantai ataupun nongkrong. Tempat tersebut mirip sekali dengan matras yang empuk sehingga para pengunjung bisa dengan nyaman menikmati deburan ombak laut sembari bersantai.

Nah, demikianlah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai Pantai Suluban Uluwatu. Pastikan Anda memasukkan pantai ini menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi ketika datang ke Pulau Dewata Bali.