Biaya Wisata: Mulai Rp 50.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kurau, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Pulau Ketawai merupakan sebuah pulau cantik di Kabupaten Bangka Tengah yang tidak berpenghuni. Hanya ada satu orang saja yang menjaga pulau dengan luas kurang lebih 28 hektar ini. Ada banyak sekali pohon kelapa yang ada di sepanjang pulau yang ditanam oleh penduduk dari Desa Karau. Jumlahnya hampir ratusan dan tumbuh sangat subur.

Pulau ini tidak terlalu populer di kalangan wisatawan lokal sehingga tidak banyak pengunjung memadatinya. Meski demikian, kawasan ini justru cocok untuk menenangkan diri dan melepas penat. Meski tidak terkenal wisatawan lokal, namun pantai di pulau ini justru terkenal di mancanegara terutama peserta olahraga perahu layar di kelas internasional karena menjadi tempat singgah.

Menjadi destinasi wisata bahari yang sangat indah, kawasan ini juga merupakan tempat para nelayan mencari ikan. Karenanya kawasan ini memiliki ekosistem laut yang dijaga dengan baik. Untuk membantu perekonomian dari masyarakat sekitar, pemerintah berupaya mengembangkan biota laut sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk datang dan nelayan akan mendapat hasil maksimal.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Ketawai

Daya Tarik Pulau Ketawai
Image Credit: Google Maps Iwan Dimas

1. Pulau yang Tenang dan Asri

Pulau ini tidak memiliki banyak pengunjung sehingga sangat tenang, jauh dari hiruk pikuk. Karena tidak berpenghuni sehingga pengunjung juga tidak akan banyak mendengar aktivitas orang atau kendaraan. Dengan ketenangannya membuat pulau ini menjadi daya tarik bagi pengunjung yang memang sedang mencari tempat untuk menenangkan diri dan melepaskan penat dari ramainya perkotaan.

Selain itu, kawasan yang jauh dari kegiatan manusia membuat kawasan ini menjadi sangat asri. Tidak ada polusi udara sehingga pengunjung bisa leluasa menghirup udara yang masih bersih. Selain itu kawasan di Pulau Ketawai juga terjaga keasriannya, tidak terusak oleh tangan manusia. Tidak hanya di sekitar pantai, keasrian bawah lautnya juga masih terjaga baik.

2. Terumbu Karang

Pulau ini juga memiliki terumbu karang yang indah sehingga sangat cocok bagi para pecinta kegiatan menyelam. Ekosistem laut juga masih sangat terjaga sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat baik para nelayan maupun di bidang pariwisata. Terumbu karang ini memang banyak menarik minat pengunjung untuk melihat langsung keindahan bawah lautnya.

Bahkan untuk mendukung kepariwisataan, ada ribuan knalpot racing yang disita oleh polisi ke ditenggelamkan dalam bentuk rumpon di perairan Pulau Ketawai. Diharapkan beberapa bulan kedepannya, rumpon ini akan menjadi terumbu karang sebagai rumah dari hewan-hewan laut sehingga tercipta ekosistem baru yang menambah keberagaman dari bawah laut kawasan ini.

3. Pemandangan Pantai

Tidak hanya bawah lautnya, keindahan pantai di pulau ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Pasir pantainya berwarna putih dan sangat halus. Pengunjung bahkan dapat berjalan tanpa alas kaki untuk merasakan kelembutannya. Sedangkan air lautnya sangat jernih dengan gradasi berwarna biru tua, muda dan hijau yang sangat memanjakan mata.

Pantai di pulau ini juga dipenuhi dengan pepohonan, terutama pohon kelapa. Dengan adanya pepohonan ini membuat kawasan ini menjadi lebih segar dan sejuk. Bahkan pada siang hari, pantai tetap masih terasa teduh. Pemandangan hijau yang khas pantai pesisir ini tidak akan membuat pengunjung bosan menghabiskan waktu di kawasan ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Ketawai Bangka
Image Credit: Google Maps Ridwan Fabas

Pulau Ketawai merupakan sebuah pulau kecil yang masuk daerah administratif Kecamatan Koba, Bangka Tengah. Untuk ke sana, Anda harus menuju dermaga di Desa Kurau lebih dahulu yang jaraknya sekitar 30 kilometer dari Pangkalpinang atau kurang lebih satu jam perjalanan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau angkot

Di dermaga akan ada banyak nelayan yang mengantar ke pulau tujuan dengan tarif yang berbeda-beda. Perjalanan dari dermaga menuju pulau tujuan sekitar 45 menit perjalanan. Disarankan untuk datang pada pagi hari karena pada waktu itu ombak masih tenang. Anda juga harus memperhatikan pasang surut laut karena mempengaruhi perjalanan Anda.

Estimiasi Biaya Menuju Pulau

Estimiasi Biaya Menuju Pulau Ketawai
Image Credit: Google Maps Bang Opick

Sebagai pulau yang tidak berpenghuni, tidak ada penarikan tiket untuk masuk di kawasan ini. Anda hanya perlu menyiapkan perjalanan saja. Jika Anda menggunakan transportasi umum, untuk menuju Desa Karau biasanya akan ditarik sebesar Rp 20.000. Anda juga dapat menyewa kendaraan seperti mobil dengan biaya sewa sekitar Rp 150.000 saja.

Tarif sewa perahu dengan kapasitas 10 orang menuju Pulau Ketawai juga bervariasi. Biasanya sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1.200.000. Namun harga yang ditarik ini bukan per kepala melainkan per perahu. Sehingga akan jauh lebih murah jika Anda datang bersama rombongan. Jika Anda datang sendiri, Anda dapat ikut bersama wisatawan lain sehingga dapat berbagi biaya sewa perahu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Ketawai

Aktivitas Menarik Pulau Ketawai
Image Credit: Twitter Indonesia.Travel

Ada banyak kegiatan yang menarik dilakukan saat berkunjung ke pulau eksotis ini. Tentu saja kegiatan-kegiatan ini akan membuat liburan Anda menjadi lebih seru dan berkesan. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan jika berkunjung di kawasan pulau ini.

1. Menikmati Pemandangan

Pulau Ketawai menawarkan pemandangan yang sangat indah. Pasir putih dengan air laut yang memiliki gradasi yang indah akan memanjakan mata. Ketenangan yang ditawarkan pulau ini juga sangat cocok bagi pengunjung yang memang ingin beristirahat dari hiruk pikuk kota. Adanya gazebo-gazebo yang tersedia dapat menjadi tempat bersantai atau rekreasi bersama rombongan.

Pantai ini juga ditumbuhi dengan pohon kelapa yang buahnya tidak pernah diambil oleh warga. Pengunjung hanya perlu meminta izin pada penjaga pulau untuk menikmati kesegaran buah kelapa sambil menikmati pemandangan pantai. Buah kelapa dapat langsung dipetik dari ratusan pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai.

2. Berenang

Pantai di Pulau Ketawai memiliki ombak yang sangat tenang dan bersahabat. Jika Anda ingin merasakan kesegaran air laut, Anda dapat berenang di perairan dangkal. Jika tidak ingin berenang, Anda juga bisa sekedar bermain air di pesisir pantai. Kegiatan ini juga sangat seru dan sering dilakukan oleh pengunjung yang lainnya.

Aktivitas Menarik di Pulau Ketawai
Image Credit: Google Maps Hengki Lie Hailai

3. Snorkeling

Snorkeling merupakan kegiatan yang tidak boleh ketinggalan terutama bagi Anda yang menyukai kegiatan olahraga air yang satu ini. Ada banyak spot-spot menyelam yang sangat menarik untuk diselami. Pemandangan bawah laut yang indah dan ikan-ikan yang akan menemani menyelam akan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Sayangnya di sekitar pulau tidak disediakan fasilitas penyewaan alat menyelam. Karena itu, Anda harus membawa sendiri alat snorkeling. Selain itu, untuk melakukan kegiatan ini sebaiknya didampingi oleeh profesional sehingga lebih aman.

4. Camping

Jika Anda datang bersama teman-teman, maka kegiatan camping di Pulau Ketawai akan sangat seru dan menyenangkan. Pulau ini memang memiliki pasir yang landai sehingga mudah untuk membangun tenda. Kegiatan ini dapat Anda lakukan dengan gratis, namun Anda harus membawa sendiri semua perlengkapan. Selain itu, Anda juga harus tetap menjaga kebersihan.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Ketawai
Image Credit: Instagram Satrio Dwi Wiratomo

1. Balitong Resort

Penginapan ini berada di Pangkalpinang. Jaranknya sekitar 24 kilometer dari pulau. Sewa per malamnya berkisar Rp 500.000 per malam dengan kamar yang sangat nyaman. Penginapan ini juga terletak tidak jauh dari pantai sehingga menawarkan pemandangan yang indah. Fasilitas juga memadai termasuk WiFi gratis dan TV.

2. Bangka City Hotel

Penginapan yang ada di Pangkalpinang ini hanya berkisar Rp 300.000 per malam. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap, termasuk WiFi, AC, parkir, dan sarapan. Kamarnya sangat bersih dan nyaman untuk beristirahat.

3. OYO 3438 Pasir Padi Inn

Berada di Pangkalpinang, penginapan ini hanya sekitar Rp 200.000 saja per malamnya. Kamarnya bersih dan nyaman. Fasilitas di dalamnya juga cukup lengkap termasuk TV, AC, dan juga kamar mandi dengan shower. Ruangannya juga luas sehingga pengunjung bisa leluasa melakukan aktivitas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pulau Ketawai
Image Credit: Google Maps angga prasetya

Meskipun tidak berpenghuni, namun Pulau Ketawai memiliki fasilitas umum seperti musala dan kamar mandi yang disediakan terutama untuk pengunjung yang bermalam. Di beberapa sudut di pantai juga tersedia gazebo-gazebo kecil yang dapat digunakan untuk beristirahat. Bangku-bangku kayu tersedia untuk duduk menikmati pemandangan.

Terkadang ada beberapa pedagang yang datang ke pulau ini. Anda dapat membeli makanan atau minuman untuk mengisi perut atau bekal bermalam. Sayangnya, para pedagang tidak tinggal di pulau sehingga penjual makanan hanya ada sewaktu-waktu saja.

Kawasan ini juga bebas sampah. Dapat dilihat dari pulau dan pantainya yang sangat bersih dan nyaman untuk dipandang mata. Pengunjung dilarang untuk membuat sampah sembarangan. Pepohonan juga banyak tumbuh sehingga membuat kawasan ini menjadi sejuk. Meskipun pohon kepala ditanam oleh warga, namun kelapa yang berjatuhan bisa diambil pengunjung untuk dinikmati.

Pulau Ketawai mungkin terdengar asing, namun sebenarnya memiliki keindahan alam yang layak untuk dikunjungi. Surga tersembunyi di Pulau Bangka ini menawarkan wisata bahari yang akan meninggalkan kesan bagi para pengunjung yang datang. Ketenangan yang ditawarkan juga sangat cocok sebagai tempat untuk melepaskan penat dari kegiatan sehari-hari yang melelahkan.