Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan lagi keindahannya, termasuk Pulau Maitara di Tidore Kepulauan, Maluku Utara yang tergambarkan dalam mata uang seribu rupiah. Pulau kecil ini menyuguhkan panorama alam yang memanjakan mata.

Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Maitara, Kec. Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara; Map: Cek Lokasi

Apabila Anda masih menyimpan pecahan uang seribu rupiah lama, cobalah untuk melihat keindahan gambarnya. Dimana terdapat pulau cantik Maitara dan Pulau Tidore yang menampakkan pesonanya. Apakah Anda tertarik untuk mengulas lebih dalam tentang sisi eksotisme dari Pulau Maitara? Jika iya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Dibalik Pulau Maitara di Uang Seribu Rupiah

Sejarah di Uang Seribu Rupiah
Image Credit: Twitter.com @nukman

Cantiknya Pulau Maitara yang berada di Maluku ini memang bisa disaksikan saat Anda melihat uang seribu lama yang diluncurkan pada kisaran tahun 2000. Dimana dalam lembaran uang tersebut terdapat Pulau Tidore dan Maitara yang sama-sama menampakkan eksotisme lautan serta pegunungan yang menarik untuk dipandang.

Lalu mengapa dua pulau tersebut diabadikan dalam uang kertas? Hal tersebut dikarenakan dua pulau itulah yang memegang peranan penting pada sejarah Indonesia. Dimana sejarah ini bermula dari kehadiran jenis tumbuhan yang disebut sebagai rempah rempah di kedua pulau tersebut. Karena memiliki ragam manfaat, maka bangsa Portugis pun mengincarnya pada kisaran abad 16.

Ditelisik lebih dalam, bahwa bangsa penjajah Portugis pertama kali masuk ke wilayah nusantara lepas, menaklukkan Malaka pada kisaran tahun 1512, kemudian beralih ke Kepulauan Maluku. Di Pulau Maitara yang cantik inilah penjajah Portugis pertama kali menginjakkan kaki di wilayah Maluku.

Berikutnya, melalui penaklukan militer dan juga persekutuan dengan penguasa setempat, mereka pun mendirikan beberapa pos dan benteng pertahanan. Sedangkan untuk membentuk misi perdagangan di bagian Indonesia Timur, mereka menjadikan tanaman cengkeh dan juga pala sebagai komoditas perdagangan yang paling utama.

Bunga cengkeh sendiri merupakan rempah rempah yang tergolong paling tua dan terkenal serta digunakan sejak ribuan tahun sebelum masehi. Perlu diketahui pula bahwa pohon cengkeh menjadi salah satu tanaman asli dari kepulauan Maluku dan dikenal sebagai The Spice Islands. Sedangkan pala sendiri merupakan tanaman buah dari pohon tinggi asli Indonesia yang berasal dari wilayah Banda dan Maluku.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Maitara

Daya Tarik Pulau Maitara
Image Credit: Facebook.com @fuad.at.75

Pulau cantik ini memiliki luas kurang lebih kisaran 106 hektar yang disekelilingnya terdapat hamparan pantai yang bersih serta pesona pasir putih yang menarik untuk dinikmati keelokannya. Tentu saja berjalan jalan sambil menyusuri garis pantai di pasir putih ini dapat menjadi pengalaman liburan yang paling berkesan.

Terlepas dari pasir putih yang menarik pesona, air laut yang berada di sekitaran Pulau Maitara juga terbilang sangat biru dan jernih. Hal ini dapat Anda lihat dari kejauhan sekalipun. Konon, keindahan air laut ini juga dibuktikan karena banyaknya ikan ikan kecil yang berenang bebas di lautan tersebut.

Mengagumi daya tarik pulau ikonik, Anda juga akan melihat pemandangan sekitar yang tergolong sangat alami. Dimana hal ini dibuktikan karena sampai sekarang tidak terlihat adanya sampah ataupun polusi udara yang mengotori lingkungan sekitar, meskipun sudah banyak wisatawan yang datang berkunjung ke pulau ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Maitara

Alamat Pulau Maitara
Image Credit: Google Maps (Deby Firmansyah)

Pulau Maitara merupakan pulau cantik yang berada di kawasan Maluku Utara. Jika Anda tertarik untuk menikmati keindahan pulau ini, Anda bisa berangkat dari Ternate dengan menggunakan transportasi laut yaitu speed boat kecil. Waktu tempuh yang harus Anda lalui agar bisa sampai di lokasi pulau yakni berkisar 30 menit.

Meskipun waktu ini terbilang cukup lama bagi Anda yang kurang senang perjalanan laut, namun Anda tidak perlu khawatir. Sebab pemandangan laut yang indah tidak akan membuat Anda merasa bosan. Justru akan terkesan dengan birunya lautan serta pemadnangan gunung yang berada tidak jauh dari area sekitar.

Patut diketahui pula bahwa transportasi utama speed boat ini memiliki kapasitas penumpang kurang lebih kisaran 5 orang untuk satu kali perjalanan. Apabila wisatawan datang beramai ramai, Anda bisa bergantian untuk tiba di kawasan pulau. Terkait dengan harga sewa speed boat, yakni berkisar 150 ribu. Cukup terjangkau bukan untuk akomodasi menuju destinasi wisata?

Bagi Anda pecinta fotografi dan tidak ingin melewatkan kesempatan membidik pesona alam yang memanjakan mata, Anda bisa meminta untuk berhenti di dermaga. Dimana tempat berlabuhnya speed boat ini bisa terhubung langsung ke Pulau Maitara. Untuk harga tiket singgahnya pun tergolong sangat terjangkau, yakni kisaran 5 ribu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Maitara

Aktivitas di Pulau Maitara
Image Credit: Twitter.com @travelerien

1. Mencoba Olahraga Air

Apakah Anda pelancong yang senang menikmati keindahan alam sembari melakukan olahraga air? Jika iya, Anda wajib menjadikan Pulau Maitara sebagai destinasi wisata pilihan. Sebab di pulau ini Anda bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan olahraga seperti diving dan juga snorkeling.

Namun sayangnya fasilitas yang ada di pulau ini kurang mendukung bagi wisatawan yang ingin melakukan olahraga air. Maka dari itu, Anda diwajibkan utnuk membawa peralatan menyelam sendiri. Dengan begitu, wisatawan pun bisa puas menikmati keindahan biota laut yang tersebar luas di kawasan pulau.

Tidak hanya melihat ikan yang berenang cantik kesana kemari, tapi Anda juga bisa melihat karang yang bertengger rapi di dasar lautan. Sebagai informasi, bahwa semua binatang laut yang ada di pulau ini masih terpelihara dengan baik. Maka jangan heran jika banyak pelanciong yang jatuh cinta dengan surga di bawah laut pulau ini.

2. Menikmati Sunset

Jika Anda berada di Pulau Maitara bertepatan dengan matahari terbenam, dipastikan Anda akan melihat keindahan senja yang tidak kalah dengan destinasi lainnya. Tentu saja momen ini menjadi hal yang paling berkesan dan tidak akan terlupa untuk para wisatawan yang singgah di pulau.

Sedikit tips untuk wisatawan yang ingin berburu foto terbaik, Anda bisa menjadikan suasana senja ini sebagai background yang indah dengan tampak siluet. Hasil dari foto ini pun tak perlu diragukan lagi karena sudah pasti bagus dan ciamik. Akan sangat cocok dipajang pada akun sosial media dan memperkenalkan pesona pulau eksotis yang berada di Maluku Utara ini.

Terlepas dari indahnya matahari, Anda juga akan merasakan sejuknya angin yang berhembus di area destinasi wisata ini. Duduk di atas pasir putih sembari menikmati senja dengan mendengar deburan ombak kecil, pasti akan membuat Anda betah berlama-lama berada di pulau dengan sejuta keindahan ini.

Aktivitas Dilakukan di Pulau Maitara
Image Credit: Facebook.com @yonnakuripasai

3. Berjalan Menyusuri Pantai

Begitu wisatawan sudah menginjakkan kaki di Pulau Maitara, cobalah untuk berjalan kaki menyusuri garis pulaunya. Karena disini Anda akan melihat perahu ketinting yang berjejer rapi di kawasan pantai. Tidak hanya itu, tapi ada juga bangku semen dengan atap yang disediakan khusus untuk wisatawan yang menyempatkan diri menikmati liburan di pulau ini.

Saat berdiri di garis pantai, Anda juga akan melihat Gunung Gamalama yang berselimut deretan pohon hijau yang menyejukkan mata. Tentu saja hal ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur di tengah pulau untuk melepaskan penat setelah lelah beraktivitas di kota, serta ingin merasakan sejuknya alam sekaligus pemandangan yang memanjakan mata.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Maitara Maluku

Fasilitas di Pulau Maitara Maluku
Image Credit: Google Maps (Deby Firmansyah)

Pulau ini memang sudah dijadikan sebagai destinasi wisata yang diidolakan oleh banyak wisatawan. Tidak hanya masyarakat lokal saja, tapi juga wisatawan mancanegara. Tidak jauh berbeda dengan destinasi laut lainnya, Pulau Maitara juga memiliki ragam fasilitas pendukung yang tidak kalah hebatnya.

Adapun salah satu fasilitas terbaik yang didirikan oleh pihak pengelola pulau, yaitu adanya cottage atau penginapan yang didirikan khusus untuk para wisatawan. Meskipun cottage ini berdiri di tengah pulau, namun soal fasilitas tidak usah diragukan lagi. Sebab penginapan yang satu ini juga memiliki fasilitas yang tidak kalah menarik dengan cottage lainnya.

Dimana semua tamu yang datang akan merasakan sajian fasilitas yang tergolong lengkap. Mulai dari air conditioning, kamar mandi, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Untuk bisa menginap di sini, Anda disarankan untuk melakukan reservasi lebih awal agar bisa mendapatkan kamar.

Bicara soal harga, cottage ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Hanya perlu mengeluarkan biaya kisaran 350 ribu saja, Anda sudah bisa menginap di cottage dengan pemandangan yang memukau. Pasti akan indah dan menjadi pengalaman menarik saat terbangun dari tidur langsung disajikan dengan eksotisme pantai serta hamparan gunung hijau di Pulau Maitara.

Fasilitas penunjang lain yang akan Anda dapatkan, yaitu adanya dermaga untuk pelabuhan perahu kecil. Terlepas dari itu, disediakan pula tempat duduk atau jembatan yang mengarah hingga ke tengah pantai. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan birunya air laut sembari duduk santai di tempat yang sudah disediakan.

Itu dia informasi menarik seputar Pulau Maitara yang berada di Maluku Utara. Dilihat dari segi eksotisme pantai ini saja, sudah mampu menyihir masyarakat untuk menjadikannya sebagai list wisata yang wajib dikunjungi. Pastikan pula bahwa Anda sudah menyiapkan biaya yang cukup agar kegiatan wisata bisa berjalan dengan lancar tanpa terhambat oleh dana yang kurang.