Biaya Wisata: Mulai Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam Alamat: Pulau Sembilan, Kec. Kab. Kota Baru, Kalimantan Selatan; Map: Cek Lokasi

Terdapat 9 pulau yang ada di sekitar pulau Kalimantan dan pulau Jawa yang dinamakan Pulau Sembilan. Kesembilan pulau tersebut terdapat 3 pulau yang berpenghuni yaitu pulau maradapan dengan 1 desa yaitu desa Maradapan, pulau matasiri dengan 2 desa yaitu desa Labuan Barat dan desa Teluk Sungai, dan yang terakhir adalah pulau marabatuan dengan 2 desa yaitu desa Tanjur Nyiur dan desa Tengah.

Untuk transportasi utama di Kecamatan Pulau Sembilan, Provinsi Kalimantan Selatan ini adalah perahu. Karena letak desa yang berbeda pulau. Di daerah kepulauan ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan laut biru dan pulau-pulau kecil di sekitarannya. Sangat cocok bagi para wisatawan yang merasa penat atau capek dengan keseharian yang sangat padat dan sibuk.

Sangat cocok bagi para penyelam untuk melakukan kegiatan penyelaman dan menikmati keindahan bawah laut di kepulauan ini. Untuk menikmati keindahan bawah laut di pulau ini para wisatawan bisa menyewa perahu nelayan dan meminta mengantar ke spot-spot snorkeling terbaik di kepulauan ini. Tidak hanya keindahan bawah laut namun pemandangan dari atas perahu juga sangat luar biasa indah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sembilan

Daya Tarik Dimiliki Pulau Sembilan
Image Credit: Twitter.com @SyariJamah

Terdapat beberapa daya tarik dari pulau cantik yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Selatan, mulai dari bawah laut dan pemandangan di atas laut. Berikut beberapa daya tarik tersebut.

1. Pemandangan Pulau Sembilan

Yang pertama dalam pemandangan alam yang begitu indah di kepulauan ini. Dari laut biru yang membentang dengan 9 pulau yang hijau berlokasi berdekatan. Untuk para wisatawan yang ke sini bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah ini sambil menenangkan pikiran atau berfoto.

2. Keindahan Bawah Laut

Berikutnya adalah keindahan bawah lautnya. Bisa di bilang pulau ini menyimpan keindahan bawah laut yang tidak kalah indah dengan pemandangan di atas lautnya. Banyak wisatawan yang datang ke kepulauan ini hanya untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah lautnya.

Tidak hanya menyelam saja yang bisa di nikmati oleh para wisatawan, namun buat mereka yang suka memancing bisa coba untuk berlibur sambil memancing di perairan sekitar pulau. Banyak ikan yang bisa di temukan di sekitaran pulau karena daerah ini masuk ke dalam Laut Jawa yang merupakan laut terbesar di Indonesia.

Daya Tarik Pulau Sembilan
Image Credit: Twitter.com @MiaMariaU

3. Sunset

Keindahan matahari terbenam yang di saksikan dari atas perahu akan membuat kenangan tersendiri. Ketika matahari terbenam di antara kepulauan dengan warna langit yang berubah menjadi kuning ke merah-merahan akan sangat indah untuk di saksikan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen langkah ini.

4. Tangkapan Laut

Tidak heran jika tangkapan laut menjadi salah satu daya tarik bagi daerah yang mayoritas penduduknya adalah nelayan. Begitu juga dengan daerah kepulauan yang berdekatan dengan Kotabaru ini. Memiliki mayoritas penduduk yang berprofesi sebagai nelayan membuat hasil tangkapan di sini sangat enak untuk di santap sambil berlibur.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Sembilan

Alamat Pulau Sembilan
Image Credit: Google Maps (Sugeng Hidayat)

Pulau Sembilan berlokasi di Provinsi Kalimantan Selatan dan berada di antara Selat Makasar dan Laut Jawa. Berjarak 190 Kilo meter dari Ibu Kota Kalimantan Selatan yaitu Banjarmasin. Untuk perjalanan dari Kotabaru menuju kepulauan ini bisa menggunakan Kapal Motor Sabuk Nusantara yang akan ditempuh selama 8 sampai 10 jam tergantung cuaca dan arus air laut.

Untuk biaya menuju Kawasan pulau dari Kotabaru beragam. Jika menggunakan transportasi laut atau kapal perintis hanya seharga Rp 10.000 dengan lama perjalanan bisa mencapai 10 jam, sedangkan jika menggunakan helikopter akan memakan waktu 1 sampai 2 jam dengan harga 1 juta sampai 1.5 juta.

Jika sudah di daerah pulau para wisatawan bisa menyewa perahu nelayan untuk melakukan pengesporan pulau dan laut. Harga penyewaan perahu dengan harga Rp 300.000 sampai Rp 500.000 untuk hari biasa. Sedangkan untuk hari besar seperti idul fitri seharga Rp 500.000 sampai Rp 700.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Sembilan

Kegiatan Dilakukan di Pulau Sembilan
Image Credit: Twitter.com @RezimKatrok

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa di lakukan di pulau ini dan sekitarnya. Berikut beberapa kegiatan menarik yang bisa di lakukan di Pulau Sembilan.

1. Snorkeling

Kegiatan menarik yang pertama adalah snorkeling atau menyelam. Ketika menyelam para wisatawan akan di buat kagum dengan keindahan bawah lautnya. Dari terumbu karang, ikan bahkan penyu yang bisa di temukan di sekitaran perairan di pulau ini. Untuk bisa melakukan kegiatan ini sebaiknya meminta saran kepada nelayan setempat agar dibawa ke tempat dengan pemandangan bawah air yang indah.

2. Memancing

Tidak hanya menyelam dan menikmati keindahan bawah lautnya, namun para wisatawan juga bisa menikmati bersantai di atas perahu sambil memancing ikan-ikan yang ada di perairan tersebut.

3. Berkeliling dengan Perahu

Berikutnya adalah mengelilingi atau mendatangi pulau-pulau yang ada di sekitaran. Terdapat 9 pulau yang bisa di datangi dengan penawaran keindahan alam yang berbeda-beda. Jadi tidak ada salahnya jika melakukan perjalanan ke setiap pulau untuk lebih menikmati keindahan alam di tempat ini.

Kegiatan di Pulau Sembilan
Image Credit: Google Maps (Benyamin Pieter)

4. Bersantai di Pantai

Tidak hanya lautnya saja yang menjadi objek wisata. Namun, pantai yang ada di pulau-pulau tersebut juga sangat indah. Bersantai di pinggir pantai sambil menikmati keindahan alam dan menghilangkan jenuh dan letih dengan hirup pikuknya dunia perkotaan bisa di lakukan di sini.

5. Menikmati Sunset

Matahari yang terbenam di antara pulau bisa disaksikan di Pulau Sembilan yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Selatan ini. Dengan bersantai di pinggir pantai atau di atas perahu sambil menikmati terbenamnya sang fajar memang sesuatu yang berbeda.

6. Penyu

Di pulau ini para wisatawan juga bisa melihat penyu. Hal ini karena masih banyak penyu yang ada di sini, termasuk ada yang membudidayakan penyu di pulau ini.

7. Berfoto

Dan kegiatan menarik yang terakhir adalah berfoto, Yaps kegiatan wajib yang harus di lakukan ketika sudah datang ke pulau yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Selatan ini. Dengan pemandangan laut dan pulau yang indah akan membuat foto para wisatawan lebih terlihat indah.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pulau

Penginapan Terdekat Lokasi Pulau
Image Credit: Traveloka.com

Untuk penginapan di sarankan mengambil paket yang di sediakan oleh para tour gaet agar sudah mendapatkan penginapan di rumah warga di Pulau Sembilan. Karena tidak ada penginapan yang tersedia di pulau tersebut. Namun untuk para wisatawan yang tidak ingin menginap di pulau tersebut, bisa menginap di Kotabaru. Berikut beberapa penginapan yang ada di Kotabaru yang bisa digunakan.

1. Hotel Grand Surya

Hotel yang berlokasi di Kotabaru ini menawarkan kamar dengan harga permalamnya sekitar Rp 600.000 permalam. Untuk fasilitas tentu sudah ber ac dan wifi sehingga cukup nyaman untuk dihuni.

2. Hotel Pasific

Dengan harga permalamnya sekitar Rp 500.000 para wisatawan sudah mendapat makan gratis, ac dan wifi gratis. Hotel di Kotabaru ini bisa menjadi rekomendasi menarik.

3. Hotel Kartika

Berikutnya hotel dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp 200.000 permalam, hotel ini berlokasi di tengah kota namun tetap alami. Jadi, cukup nyaman bagi pengunjung yang bermalam disini.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sembilan Kotabaru

Fasilitas di Pulau Sembilan
Image Credit: Google Maps (Sugeng Hidayat)

Untuk fasilitasnya sendiri tidak sebanyak dan semegah tempat wisata lainya. Hal ini dikarenakan pulau ini menawarkan wisata alami dengan pemandangan alam dan bawah laut yang menawan. Juga dengan hasil nelayan yang bisa di dapatkan di pulau ini. Berikut sedikit fasilitas yang ada di pulau ini.

1. Penyewaan Perahu

Penyewaan perahu nelayan yang bisa di gunakan untuk menyelam menikmati keindahan bawah laut, atau kegiatan lain seperti memancing, mengelilingi pulau-pulau yang lain bisa di temukan disini. Dengan harga sekitar Rp 300.000 sampai Rp 500.000 para wisatawan sudah mendapatkan satu perahu dan beberapa awak dalam menemani perjalanan liburan mereka.

2. Warung Makan

Terdapat beberapa warung makan dengan hidangan utama seafood yang bisa di temukan di sekitaran Pulau Sembilan. Tidak hanya makanan terdapat penjual yang menjual makanan ringan, rokok, dan juga kopi untuk para wisatawan.

3. Pelabuhan

Terdapat pelabuhan kapal bagi para warga setempat dan wisatawan dalam melakukan perjalanan laut. Terdapat banyak kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut.

4. Toilet Umum

Terdapat toilet umum juga yang bisa ditemukan di pulau ini. jadi bagi para wisatawan yang ingin buang air kecil atau besar tidak perlu cemas.

5. Masjid

Bagi para wisatawan yang ingin menunaikan ibadah sholat bisa di lakukan di masjid yang ada di pulau tersebut.

Pulau Sembilan memang masih banyak membutuhkan fasilitas pendukung tambahan seperti penginapan di pulau agar para wisatawan tidak perlu pulang pergi ke Kotabaru untuk bisa bermalam. Namun secara pesona alam dan wisata bawah airnya sudah sangat bagus. Jadi buat para pencinta wisata bawah air silahkan coba untuk mendatangi pulau ini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.