Biaya Wisata: Mulai Rp 95.000, Jam Operasional: 07.00 – 18.00 WiB, Alamat: Kab. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Siberut merupakan pulau yang terbesar dan terletak di paling utara Kepulauan Mentawai. Letaknya ada di 150 kilometer di sebelah barat Pulau Sumatra di Samudra Hindia. Pulau ini juga dikelilingi dengan pulau-pulau kecil lainnya seperti Karamaier dan Masokut yang ada di Selat Bungalaut yang berada di sebelah selatan pulau.

Pulau yang menjadi rumah bagi Suku Mentawai ini juga telah ditetapkan menjadi Taman Nasional Siberut sejak 1993. Hal ini karena sebagian besar pulau merupakan hutan hujan. Pulau ini sendiri dikenal memiliki banyak hewan primata. Beberapa hewan primata di antaranya seperti bilou, langur babi, beruk pulau pagai, dan juga langur mentawai.

Pulau Siberut berada di Samudra Hindia sehingga ombaknya cukup unik. Di bagian selatan pulau, ombaknya cukup ganas. Sementara di bagian utara pulau, ombaknya cukup tenang. Alamnya yang masih sangat alami membuat pulau ini cocok untuk pecinta petualangan. Pulau ini tidak hanya akan memberikan kesan mendalam namun juga pengalaman baru bagi pengunjung yang datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Siberut

Daya Tarik Dimiliki Pulau Siberut
Image Credit: Facebook Jelajahi Indonesia

1. Taman Nasional

Pulau Siberut menjadi salah satu taman nasional yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfer yang berperan penting dalam menjaga dan menyeimbangkan biosfer di dunia. Luas area dari taman nasional ini kurang lebih 400.000 hektar dengan dominasi hutan hujan tropis. Di dalamnya terdapat banyak flora dan fauna endemik, juga terkenal dengan primata khas Mentawai.

Jika beruntung, pengunjung yang menjelajahi taman wisata ini dapat melihat hewan-hewan endemik ini. Hutan hujan tropis dengan binatang endemik yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung datang untuk mencari dan mengamatinya.

2. Suku Mentawai

Salah satu daya tarik yang memikat dari Pulau Siberut adalah sebagai rumah bagi suku asli Mentawai yang hidup dengan kearifan lokalnya yang mempesona. Suku ini dipimpin oleh kepala suku yang disebut Sikrei. Selain sebagai pemimpin kelompok, sikrei juga berperan sebagai dukun yang mengobati dengan ritual tertentu. Keunikan lainnya adalah suku ini tinggal bersama-sama di rumah bernama Uma.

Daya Tarik Pulau Siberut
Image Credit: Facebook Dedy Sakatsila

3. Pantai

Pantai di pulau ini sangat indah. Pasirnya putih dengan air laut yang biru bersih. Ombaknya beragam, tergantung wilayah yang dikunjungi. Ada pantai dengan ombak yang cukup tenang, namun ada juga ombak yang tinggi yang cocok untuk kegiatan selancar. Tidak hanya pantainya saja, keindahan alam bawah lautnya juga tidak kalah indah untuk diselami.

Pengunjung dapat menjelajahi pantai di bagian timur dan selatan hingga tenggara. Sepanjang pantai ini memiliki pasir putih yang panjang, juga ada taman mangrove, serta karang. Hewan-hewan menarik juga dapat ditemukan pengunjung di sepanjang pantai seperti lumba-lumba, dugong, serta tiga jenis penyu yang dilindungi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Siberut
Image Credit: Google Maps Gustavo Pagano Santana

Pulau Siberut merupakan salah satu dari Kepulauan Mentawai. Untuk menuju ke sana hanya dapat diakses dengan transportasi laut. Ada dua jenis kapal yang dapat Anda pilih untuk menyeberang, yaitu dengan menggunakan kapal ferry atau dengan menggunakan kapal cepat. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

Jika menggunakan kapal ferry Padang – Siberut ditempuh selama 10 hingga 12 jam perjalanan. Memang sangat lama, namun cocok untuk backpacker karena tiket yang sangat murah. Kapal ini juga menyediakan dua kelas, yaitu kelas ekonomi dan kelas eksekutif. Kedua kelas memiliki harga yang berbeda dengan fasilitas yang berbeda pula.

Sementara itu, Kapal Cepat dapat ditempuh hanya dengan 2 jam perjalanan saja. Untuk mengakses tiket dan keberangkatan dapat dilakukan di Muaro, Padang. Fasilitas kapal ini cukup lengkap, namun sudah tentu harga tiketnya akan jauh lebih mahal. Jika Anda mabuk laut jika terlalu lama di atas perahu, maka kapal ini dapat menjadi alternatif perjalanan Anda.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Siberut
Image Credit: Goolge Maps Yusa Setiabudi

Jika Anda ingin mengunjungi pulau canntik ini, Anda harus mempersiapkan dana untuk transportasi menuju lokasi. Ada dua kapal yang dapat Anda pilih untuk menyebrang ke kawasan pulau.

Jika Anda menggunakan kapal ferry, tiket berkisar dari Rp 95.000 hingga Rp 135.000. Sedangkan tiket Kapal Cepat seharga Rp 250.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 300.000 untuk wisatawan asing.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Siberut

Aktivitas Pulau Siberut
Image Credit: Google Maps Matteo Bettocchi

Ada banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan jika berada di Pulau Siberut. Perjalanan Anda dijamin tidak akan terasa membosankan. Ada banyak hal-hal mengesankan dan tidak terlupakan yang akan Anda dapatkan jika berpetualang di pulau terbesar Kepulauan Mentawai ini. Rasakan pengalaman baru dengan mencoba beberapa kegiatan menarik di bawah ini.

1. Tracking

Jika Anda menyukai petualangan, maka Anda dapat mencoba tracking ke hutan hujan tropis. Keindahan yang sangat memukau juga ditambah dengan flora dan fauna endemik yang dapat Anda temui jika Anda beruntung. Di dalam hutan ini, Anda juga dapat menemukan goa dan juga air terjun yang tentu seru untuk dijelajahi.

Air terjun di tengah hutan ini sangat segar, Anda dapat bermain air di bawahnya. Pepohonan yang ada di sekitarnya juga membuat udara sangat sejuk. Pemandangan alamnya yang masih natural sangat indah. Pengalaman bermain air yang segar di alam terbuka yang dikelilingi pepohonan pasti akan membuat lelah dan penat Anda terobati.

2. Wisata Budaya

Berkunjung ke Pulau Siberut akan terasa kurang jika Anda belum melihat sendiri aktivitas dari suku asli Mentawai. Anda juga dapat mencoba untuk tinggal dan hidup bersama Suku Mentawai ini dengan segala kearifan lokalnya. Dengan begitu, Anda juga dapat merasakan pengalaman tinggal di dalam Uma. Anda dapat memberikan rokok sebagai hadiah untuk menarik hati Suku Mentawai ini.

3. Wisata Kuliner

Tinggal bersama suku asli Mentawai, Anda juga harus mencoba makanan khasnya. Makanan pokok Suku Mentawai adalah sagu karena memang banyak tumbuh di sana. Suku Mentawai biasanya mengolah sagu ini menjadi beberapa menu makanan seperti kapurut sagu, obuk, batra, anggau siboik-boik, dan lainnya yang dapat Anda cicipi.

Kegiatan di Pulau Siberut
Image Credit: Google Maps Osmar Rezende

4. Berselancar

Salah satu kegiatan yang cukup banyak dilakukan oleh pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara yaitu berselancar. Ombak pantai di beberapa kawasan sangat cocok untuk kegiatan seru satu ini. Karena itu banyak penginapan yang menawarkan fasilitas berupa peralatan untuk berselancar sehingga Anda tidak perlu repot-repot membawa alat selancar.

5. Wisata Pantai

Selain menjelajahi hutan, menjelajahi pantai di Pulau Siberut juga dapat menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Pantai yang indah akan membuat Anda betah berlama-lama menghabiskan waktu. Tidak hanya itu, ada banyak hal yang dapat Anda temukan seperti hutan mangrove, taman karang, juga hewan-hewan menarik seperti lumba-lumba, dugong, dan juga penyu langka yang dilindungi.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan di Sekitar Pulau Siberut
Image Credit: Google Maps Mentawai Surf Camp

1. Playground Surf Resort

Penginapan ini berada di Katurei, Siberut Barat Daya. Penginapan ini memberikan kesan yang alami, bangunannya menggunakan kayu dan dikelilingi dengan pepohonan seperti kelapa. Penginapan ini juga tidak jauh dari pantai. Anda tidak hanya mendapatkan fasilitas yang memadai, namun juga tersedia fasilitas hiburan seperti peralatan surfing.

2. Surf Camp Siberut

Penginapan ini berada di Siberut Selatan dengan fasilitas yang memadai untuk pengunjung. Juga cocok untuk turis mancanegara karena staf yang multibahasa. Beberapa fasilitas tambahan untuk penginapan ini seperti taman, tracking, juga peralatan snorkeling. Penginapan ini juga menyediakan layanan antar jemput bandara dengan biaya tambahan dan tour sekitar gratis.

3. Bintang Surf Camp

Berada di Seberut Selatan, penginapan ini memiliki beberapa pilihan kamar sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain memiliki fasilitas yang memadai, juga terdapat fasilitas tambahan seperti fasilitas hiburan, restoran, juga staf yang multibahasa sehingga banyak juga pengunjung dari mancanegara.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas di Kawasan Pulau Siberut
Image Credit: Google Maps Sulis Ratnasari

Pulau Siberut merupakan salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi jika berlibur ke Kepulauan Mentawai. Pengunjung tidak hanya datang dari turis lokal tapi juga dari mancanegara. Karena itu, pulau ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk mempermudah pengunjung dalam melakukan berbagai kegiatan.

Di sekitar pulau ini tersedia banyak sekali penginapan. Fasilitas dan harga penginapan bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan budget dari para pengunjung. Penginapan-penginapan ini juga banyak menyediakan fasilitas hiburan tambahan untuk pengunjung seperti surfing dan juga snorkeling yang memang menjadi kegiatan yang paling banyak menjadi favorit oleh pengunjung.

Untuk menuju pulau ini, transportasi juga sudah disiapkan untuk pengunjung. Kapal-kapal yang mengantar ke pulau ini memiliki jadwal sehingga pengunjung harus benar-benar mengetahui jadwal dari pulau yang ingin dituju. Selain itu, fasilitas kendaraan untuk berkeliling pulau juga dapat Anda temukan agar mempermudah petualangan pengunjung.

Pulau Siberut memiliki pemandangan yang sangat indah dan layak sebagai tujuan jika berada di Kepulauan Mentawai. Keindahan alam dan budaya yang mempesona akan membuat pengunjung memiliki kesan yang sangat mendalam. Berpetualang di pulau ini juga sangat menyenangkan karena banyak sekali kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan.