Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Setianegara, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Disebut Taman Batu Hanjuang karena ikon yang paling menonjol dari destinasi cantik ini adalah susunan batu alamnya. Bentuknya unik dan terlihat eksotis dilihat dari dekat maupun jauh. Anda akan dibuat terpesona berkat hal itu dan bahkan lebih tertarik dibanding menikmati air segar pada kolam di dekatnya.

Meskipun begitu, adanya kolam renang juga menjadi pilihan bagus bagi yang ingin merasakan pemandian di alam bebas. Apalagi, kolam tersebut kedalamannya cukup bervariasi serta bisa diakses oleh berbagai kalangan. Bentuk kolam renangnya juga terlihat abstrak, tidak menyerupai kolam renang yang biasanya.

Hal lain yang tidak kalah menarik, pihak pengelola melengkapi destinasi Taman Batu Hanjuang dengan aneka gambar 3D. Anda bisa menjadikannya sebagai spot foto dengan kemiripan mendekati objek aslinya. Bisa dibilang, objek eksotis di kawasan Kabupaten Kuningan ini menghadirkan suasana berbeda bagi para pecinta air.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Batu Hanjuang

Daya Tarik Taman Batu Hanjuang Kuningan
Image Credit: Google Maps Adi_ dwi Legowo

1. Banyak Spot Foto

Spot foto masih menjadi pertimbangan utama bagi generasi muda di masa ini saat hendak pergi ke sebuah destinasi. Pihak pengelola Taman Batu Hanjuang tentu ikut pula memanfaatkan kesempatan tersebut dengan memenuhi permintaan pasar.

Terbukti mereka melakukan pemugaran pada bebatuan bekas penggalian tambang sehingga terlihat layak dikunjungi. Selain itu, tersedia pula kesempatan berfoto di sejumlah spot buatan, seperti jembatan cinta.

Jika merasa lelah setelah bepergian ke sana-kemari, Anda bisa duduk di gazebo guna beristirahat sejenak. Pengunjung juga dimungkinkan mengambil gambar dari ketinggian untuk menghasilkan foto yang lebih estetis.

2. Taman yang Luas

Tidak ada informasi pasti mengenai luas kawasan Taman Batu Hanjuang, tetapi dari wahana yang tersedia bisa diperkirakan betapa lelah jika berhasil mengelilingi seluruh areanya. Dari puncak bukit, area parkir, kolam renang berbeda dengan ragam ukuran, hingga wahana ekstra lainnya.

Taman cantik ini adalah destinasi dengan sedikit pohon yang menghalangi pandangan. Dengan begitu, mungkin cukup terik saat matahari sedang bersinar di musim kemarau, tetapi akan terbantu dengan adanya kolam renang.

Tidak kalah penting, wisata yang luas juga dilengkapi dengan paving block di atas tanahnya sehingga Anda bisa santai saat berjalan-jalan. Selanjutnya, ada beberapa pohon serta gazebo yang dapat dipakai untuk istirahat saat merasa capek.

3. Fasilitas Wisata Lengkap

Lengkap atau tidaknya fasilitas sebuah destinasi wisata dapat pula menjadi daya tarik bagi sebagian wisatawan. Pasalnya, akan selalu ada orang-orang yang hanya mau pergi berwisata di lokasi yang tidak menyulitkan.

Taman bekas penggalian tambang ini akan memudahkan Anda memenuhi kebutuhan selama berada di dalamnya. Bukan hanya itu, lokasinya juga mudah diakses meskipun jam bukanya relatif terbatas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Batu Hanjuang Kuningan
Image Credit: Google Maps Mardi Nausyaza

Anda dapat melintasi Alun-Alun Kuningan ke arah Jalan Veteran jika ingin mencapai Desa Setia Negara. Taman Batu Hanjuang bisa ditemukan di dekat Puskesmas Linggarjati jika Anda mengambil rute ke sisi kiri jalan.

Tempat yang cantik itu menambah daftar panjang destinasi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk menempuh perjalanan ke Kecamatan Cilimus dan menghidupkan aktivitas wisata di sini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Taman Batu Hanjuang Kuningan
Image Credit: Google Maps Indah Febrianti

Cukup dengan Rp 15.000, Anda sudah bisa melewati pintu gerbang Taman Batu Hanjuang kapan saja di antara jadwal operasionalnya. Apakah itu di waktu pagi setelah pukul 08.00 WIB, atau menjelang sore hingga 17.00 WIB.

Jangan lewatkan kesempatan tersebut dan ajaklah keluarga Anda sebab bermain di sini benar-benar menyenangkan. Selain tebing batunya yang terkenal, juga menyediakan aneka wahana seperti padang ilalang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Batu Hanjuang

Aktivitas Taman Batu Hanjuang Kuningan
Image Credit: Google Maps Nabhan Rafli Pratama

1. Mendaki di Batu Alam

Batu alam yang ada di tempat cantik ini merupakan sisa-sisa penambangan. Itulah mengapa bentuknya tampak unik dan abstrak. Terkesan seperti tebing, tetapi pada waktu yang sama juga terlihat layaknya kumpulan bebatuan.

Warnanya hitam keabu-abuan dengan sedikit rumput liar tumbuh di atasnya. Ini merupakan pilihan terbaik sebagai spot foto jika Anda ingin eksis di Taman Batu Hanjuang. Meskipun memang batu-batu tersebut tidak sepenuhnya merupakan bekas penggalian, tetapi sudah dipugar oleh pihak pengelola.

Mereka menjadikan semen sebagai penambah estetika serta menyediakan jalur pendakian untuk wisatawan. Saat mampir ke sini, Anda bisa menaiki undakan demi undakan sampai tiba di area puncak.

Pemandangan dari atas ketinggian jelas akan membuat lokasi sekitarnya semakin menawan. Pada kolam renang yang berbeda warna akibat perbedaan kedalaman, pohon-pohon pelindung di sekitar kolam, juga lalu-lalang wisatawan lain.

2. Berenang

Apa yang mungkin dilakukan selain berenang saat mampir ke destinasi pemandian? Sayang jika Anda hanya datang saja untuk melihat tebing batu eksotis lalu melewatkan kesempatan tersebut.

Padahal, ada setidaknya tiga pilihan kolam renang yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan diri. Sebaiknya bawalah persiapan sejak awal sebelum benar-benar menginjakkan kaki ke sini, khususnya bila Anda datang bersama anak kecil.

Taman Batu Hanjuang akan memberikan pengalaman yang seru selama kegiatan berenang. Jika tidak pintar berenang, Anda bisa memilih kolam dengan kedalaman kurang dari 1 meter sehingga tidak perlu khawatir akan tenggelam.

Setelah berenang, Anda bisa menikmati sajian pemandangan alam yang ada di dalam destinasi indah ini. Atau mungkin, duduk di pinggir kolam sambil memasukkan kaki ke dalam air.

3. Mencoba terapi

Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas terapi bagi para pengunjung yang ingin menjaga kesehatan mereka. Adalah terapi ikan di dekat kolam renang, tempat di mana pengunjung bisa memasukkan kaki ke dalam air untuk kemudian membiarkan ikan-ikan datang menggigit kaki Anda.

Terapi ikan disinyalir dapat membantu melancarkan aliran darah secara alami. Apalagi, ada sensasi menggelitik yang menyenangkan saat membiarkan kaki Anda digigit oleh ikan-ikan kecil.

Ukuran kolam terapi di Taman Batu Hanjuang sebenarnya tidak terlalu besar, tetapi cukup nyaman untuk dicoba. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang mampir ke sini bersama keluarga atau kawan mereka.

Jika Anda suka bersosialisasi, momen mengikuti terapi ikan juga bisa digunakan untuk menambah kenalan. Ajaklah orang di dekat Anda mengobrol, barangkali ada kesamaan hobi atau hal lain yang bisa bermanfaat di masa depan.

Pastinya, terapi ikan bisa membuat Anda merasa lebih rileks setelah berjalan ke sana-kemari. Atau, membantu melepaskan penat akibat perjalanan jauh sehingga ketika pulang ke rumah, perasaan bisa jadi lebih baik.

Pada dasarnya, terapi ikan di Taman Batu Hanjuang merupakan sarana hiburan sekaligus relaksasi. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang mudah merasa bosan atau punya rasa penasaran tinggi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Batu Hanjuang Kuningan
Image Credit: Google Maps Mom Ashoka

Tidak perlu bingung harus mengganti pakaian di mana selepas bermain di kolam renang. Taman Batu Hanjuang menyediakan ruang bilas dan ruang ganti bagi pengunjung untuk mendukung pengalaman seru mereka. Saat merasa lapar di siang hari, Anda juga bisa segera pergi ke warung terdekat.

Saat hendak berenang tapi merasa takut, ada penyewaan ban yang bisa mendukung kegiatan tersebut. Anda dapat memanfaatkannya sebaik mungkin, lalu menghabiskan waktu liburan di air. Demikian pula saat datang dengan mengendarai mobil atau motor pribadi, tidak akan kesulitan mencari tempat parkir.

Taman Batu Hanjuang juga bisa memberikan kesenangan alami sejak pertama kali Anda melewati gerbangnya. Pasalnya, lingkungan di sini bersih, indah, dan tampak dirawat dengan sungguh-sungguh. Baik Anda datang saat sore atau pagi, tempatnya tetap menyajikan suasana yang damai.

Datanglah ke taman batu di Kabupaten Kuningan untuk memperoleh sensasi liburan yang unik. Melihat tebing batu eksotis, berendam di kolam, atau sekadar mencoba terapi ikan. Ada banyak hal ditawarkan di sini dan Anda selalu punya pilihan mau menikmati penawaran yang mana.