Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Veteran No.36, Kuningan, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi anda yang berencana mengadakan liburan sederhana bersama keluarga, Taman Kota Kuningan adalah pilihan paling tepat. Dari namanya jelas sekali terlihat bahwa taman ini terletak di kabupaten Kuningan, jawa Barat. Bukan berarti hanya warga lokal yang bisa berkunjung, semua mempunyai hak yang sama. Ketika weekend tiba, pengunjung yang datang bukan hanya dari kalangan muda, melainkan mereka yang datang bersama keluarga juga memenuhi taman cantik ini.

Taman yang lokasinya berada di Jalan Veteran ini dulunya merupakan sebuah bangunan multi sarana plaza. Banyak hal yang bisa dilakukan kala itu, diantaranya adalah bermain game dingdong, nonton bioskop, dan tidak lupa sebagai tempat nongkrong anak muda. Akan tetapi setelah tidak lagi difungsikan, gedung tersebut dirobohkan dan di revitalisasi menjadi sebuah taman kota. Tujuan utamanya sebagai penghijauan, namun tentunya juga sebagai objek wisata.

Selain sebagai objek wisata sederhana bagi keluarga dan anak muda, Taman Kota Kuningan juga menjadi salah satu ikon dari kabupaten Kuningan. Warga lokal pasti tau akan keberadaannya, bahkan mungkin berkali-kali mengunjungi taman ini. Untuk membangunnya saja diperlukan dana sebesar 15 miliar dari anggaran daerah. Bukan angka yang kecil tentunya untuk ukuran taman yang dibangun diatas lahan pemerintah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Kota Kuningan

Daya Tarik Taman Kota Kuningan
Image Credit: Google Maps Negla Sari

Meskipun hanya sebuah taman yang berada di pusat kota, namun daya tariknya mampu membuat banyak pengunjung berdatangan. Setiap hari selalu padat pengunjung, namun tidak dapat di pungkiri bahwa puncak keramaian terjadi pada hari sabtu dan minggu. Apalagi jika menjelang petang, pengunjung dari berbagai daerah seolah tidak dapat dibendung. Semua tidak lepas dari daya tarik Taman Kota Kuningan yang akan dibahas berikut!

1. Patung Kuda Sebagai Ikon Kota Kuningan

Dari kejauhan menuju lokasi taman sudah jelas terlihat dengan gagah sebuah patung kuda. Mungkin bagi anda yang bukan warga lokal tidak terlalu istimewa akan adanya patung kuda ini. Akan tetapi jika mengetahui sejarahnya, pastinya juga beranggapan istimewa seperti warga lokal. Dibangun menjulang tinggi diatas taman kecil berbentuk lingkaran, kuda yang gagah tersebut tampak bukan sebuah patung.

Dialah si Windu, nama dari kuda kesayangan Adipati Ewangga yang merupakan panglima perang dari Kuningan. Pada masanya, Windu selalu digunakan panglima Adipati Ewangga untuk berperang. Dalam setiap kali peperangan, beliau berhasil memukul mundur musuh yang tidak lepas dari peran kuda tersebut. Meskipun tidak sebesar kuda pada umumnya, Windu menjadi kuda yang saat ini menjadi salah satu ikon kabupaten Kuningan karena kegigihan dan peran pentingnya.

2. Tugu Nol Kilometer Kuningan

Daya tarik Taman Kota Kuningan atau yang juga dikenal sebagai alun-alun Kuningan ini adalah adanya Tugu Nol Kilometer Kuningan. Memang tugu tersebut tidak berada di dalam bangunan taman, namun lokasinya tidak jauh. Pengunjung yang penasaran bisa menuju ke lokasi dengan berjalan kaki, letaknya di sebelah timur taman. Ada sebuah monumen dengan angka nol besar berwarna merah, itulah tugu yang dimaksud.

Dibangunnya monumen tersebut sempat membuat bingung warga lokal yang menanyakan fungsinya. Angka nol yang di maksud berarti sebuah titik awal, jadi bisa diartikan sebagai pusat. Apabila dijabarkan, tugu Nol Kilometer Kuningan merupakan titik pusat dari kabupaten kuningan. Dikarenakan keunikan nya, tidak jarang pengunjung yang mengabadikan momen ketika berkunjung ke alun-alun kota.

3. Lokasi yang Strategis

Pengunjung yang datang ke lokasi taman wisata ini tidak lepas dari tempatnya yang strategis. Terletak di pusat kota dengan berbagai akses penunjang, sangat mudah untuk menemukan Taman Kota Kuningan. Apalagi jika di berbagai jalan raya terlihat jelas papan petunjuk yang mengarahkan wisatawan menuju ke lokasi.

Selain mudah ditemukan, akses untuk ke lokasi wisata lain juga mudah dari taman indah ini. Lokasinya dekat dengan mall, masjid, pasar, dan tempat atau fasilitas umum lainnya. Bahkan sebagian pengunjung hanya berniat mampir ke lokasi setelah ke tujuan utama. Tidak jauh dari lokasi, ada hotel atau tempat penginapan yang dikhususkan bagi pelancong luar wilayah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Kota Kuningan
Image Credit: Google Maps Gun Gun Gunawan

Lokasinya berada di pusat kota, artinya tidak sulit menemukan taman yang menjadi kebanggaan warga Kuningan ini. Bagi anda yang berasal dari luas kabupaten kuningan, langsung saja menuju ke alamat Jl. Veteran No. 36, Kuningan, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Rute yang dapat diambil juga banyak, sesuai dengan arah kedatangan anda.

Supaya lebih mudah, anda bisa mengambil patokan pasar Kepuh Kuningan. Di titik tersebut anda berada di Jalan Jenderal Sudirman. Arahkan kendaraan ke Barat hingga anda menemukan perempatan, ambil jalur kiri yang menuju ke Jalan Siliwangi. Terus saja lurus sampai anda bertemu perempatan lagi, kali ini jangan belok, tetap saja lurus karena Taman Kota Kuningan sudah di depan mata. Apabila masih belum yakin, silahkan gunakan fasilitas teknologi Google Map.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Taman Kota Kuningan
Image Credit: Google Maps Nikita Jamilah

Meskipun dibangun dengan biaya anggaran mencapai puluhan miliar, namun anda bisa masuk tanpa harus membayar tiket masuk. Hal ini dikarenakan taman indah ini masih dalam fasilitas kota. Meski demikian, bukan berarti tidak ada biaya sama sekali yang dibutuhkan. Untuk parkir diwajibkan membayar sesuai ketentuan yang berlaku.

Hingga saat ini, biaya parkir untuk motor di Taman Kota Kuningan dikenakan tarif 2.000 rupiah, sedangkan mobil 5.000 rupiah. Untuk permainan yang tersedia di lokasi wisata keluarga ini juga mengharuskan anda membayar biaya tambahan lagi. Semua berlaku sesuai ketentuan pihak penjual atau yang menyewakan jenis permainan yang ada.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Kota

Aktivitas Taman Kota Kuningan
Image Credit: Google Maps Aan Anshory

Apalagi kalau bukan untuk melakukan aktivitas seru sebagai tujuan utama ketika liburan. Meskipun bukan berupa wahana seru seperti kolam pemandian atau kolam renang, tetap saja banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Taman Kota Kuningan. Justru aktivitas inilah yang menjadikan alun-alun ini selalu ramai dikunjungi.

1. Berkeliling Taman Kota Kuningan

Banyak pengunjung yang datang hanya untuk berkeliling agar lebih akrab dengan suasana taman. Aktivitas ini juga perlu dilakukan bagi anda yang ingin menyegarkan kembali pikiran dari penat sehari-hari. Lokasinya yang cukup luas dipastikan tidak membuat anda bosan dengan pemandangan yang diberikan.

Sesekali, anda bisa berhenti jika menemukan sudut andang yang tepat untuk menikmati pemandangan yang ada di sekitar taman. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, dimana pengunjung yang berdatangan masih belum begitu ramai. Meski terletak di pusat kota, namun keberadaan tumbuhan di sekitar lokasi membuat udara terasa nyaman dan menyegarkan.

2. Bersantai dengan Keluarga

Berlibur tidak harus melakukan aktivitas ekstrem atau yang justru dapat membuat lelah, bersantai juga bisa dijadikan pilihan utama. Apalagi jika anda datang bersama anggota keluarga, berbagai tempat duduk permanen disediakan di sekitar Taman Kota Kuningan. Banyak pengunjung yang duduk santai di bundaran tengah taman yang dibangun berundak. Titik tersebut juga cocok menjadi pilihan utama jika anda masih belum mempunyai ide.

3. Berkeliling Menunggang Kuda

Aktivitas yang pastinya seru bagi anak-anak adalah menunggang kuda. Berbagai jenis kuda tersedia di taman kota ini, anda tinggal memilih yang sesuai dengan warna kesukaan anak. Selain anak-anak, ada juga kuda yang bisa ditunggangi usia dewasa. Cukup keluarkan biaya sebesar 15.000 hingga 20.000 rupiah untuk mendapatkan sensasi naik kuda di tengah kota.

Namun ada yang perlu diperhatikan, yakni jalanan yang selalu ramai. Diharapkan anda berhati-hati dalam mengendali kuda, meskipun ada pemandu yang siap mengikuti ke mana saja arah kuda tersebut berjalan. Untuk aktivitas ini bisa didapatkan ketika menjelang sore atau malam hari, jadi pastikan anda datang ke Taman Kota Kuningan di waktu tersebut.

Aktivitas Seru Taman Kota Kuningan
Image Credit: Facebook Explore_Kuningan

4. Naik Kereta Kuda Cantik

Selain tunggang kuda, ada juga kereta yang ditarik kuda dengan hiasan lampu warna-warni yang cantik. Kalau warga lokal menyebutnya dengan delman yang sudah dihias dengan beragam lampu neon. Nikmati serunya mengelilingi taman dengan naik kereta unik bersama keluarga. Fasilitas berbayar ini mungkin jarang ditemukan di tempat lain. Harganya juga terjangkau, tergantung dari durasi atau jarak anda menyewa kereta tersebut. Selain itu, coba untuk menawar harga supaya mendapatkan yang lebih murah.

5. Menyewa Mobil Gowes

Aktivitas lain yang pastinya menarik dan seru adalah dengan menyewa mobil gowes. Bukan sekadar mobil tentunya, namun sudah dihias dengan lampu warna warni sehingga kedatangannya menarik perhatian. Anda bisa berkeliling taman atau lokasi yang dekat dengan taman dengan mobil tersebut. Harganya tidak terlalu mahal, untuk 15 menit dikenakan tarif 25.000 rupiah. Waktu tersebut sepertinya cukup, bahkan lebih untuk mengelilingi Taman Kota Kuningan.

6. Wisata Kuliner Lezat

Siapkan budget lebih untuk aktivitas kuliner ini karena banyak makanan lezat yang pastinya membuat anda penasaran. Berbagai stand atau warung makanan tersedia di lokasi, mulai dari makanan ringan hingga berat. Untuk makanan berat terbagi menjadi dua bagian, yaitu makanan tradisional dan modern.

Dari keduanya, dipastikan rasanya nikmat dan menggoyang lidah, apalagi jika kondisi perut lapar setelah berkeliling dan bermain di taman. Soal harga masih bisa di toleransi meskipun sebagian pengunjung menganggapnya mahal. Harga setiap menu makanan masih standar jika dibandingkan dengan lokasi wisata lain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Kota Kuningan
Image Credit: Google Maps Amazing Trip – Panorama

Taman Kota Kuningan yang juga dikenal dengan Tamkot bukan hanya dibangun untuk mengisi liburan, namun juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai. Seperti halnya objek wisata, ada toilet yang bisa anda gunakan dengan kondisi cukup baik, bersih dan terawat. Tidak jauh dari alun-alun atau Tamkot Kuningan, ada masjid yang juga biasanya digunakan sebagai tempat ibadah bagi mereka yang sedang dalam perjalanan.

Fasilitas lain yang pastinya tersedia adalah tempat parkir luas dengan tarif yang telah disebutkan diatas. Di sekitar lokasi juga banyak ditemukan Ruko yang menyediakan berbagai makanan ringan dan juga oleh-oleh khas Kabupaten Kuningan. Anda cukup berjalan kaki untuk menuju lokasi karena letaknya di seberang jalan. Tersedianya JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) juga bisa dianggap sebagai fasilitas dalam hal keamanan dalam menyeberang.

Tidak ada alasan untuk tidak berkunjung ke Taman Kota Kuningan setelah anda membaca semua penjelasan diatas. Taman atau alun-alun yang juga merupakan ikon kabupaten Kuningan ini layak dikunjungi dengan berbagai daya tarik dan aktivitas seru yang bisa dilakukan. Sedikit saran, usahakan datang ke lokasi pada malam hari di waktu weekend bagi anda yang suka dengan keramaian.