Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Cisangkuy, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Taman Lansia merupakan objek wisata alternatif yang selalu ramai pengunjung di Bandung. Ada banyak sekali yang menarik perhatian di sini, mulai dari konsep wisatanya dan tata letak yang rapi. Terlebih, ada berbagai aktivitas yang cocok dilakukan, mulai dari yang santai hingga yang seru dan menyenangkan, baik untuk anak-anak maupun remaja.

Bandung memang dikenal sebagai kabupaten yang memiliki daya kreasi tinggi. Apapun yang ada bisa disulap menjadi sesuatu yang menarik. Tempat wisata yang kita bahas ini sebenarnya bukan murni objek wisata, melainkan fasilitas publik yang disediakan pemerintah. Taman tematik, itulah sebutan yang lebih dikenal sebagian warganya.

Dari namanya mungkin anda mengira bahwa taman ini dibuat khusus untuk fasilitas orang tua atau lanjut usia. Tidak demikian sebenarnya, nama Lansia sendiri disematkan karena tempat ini telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Bahkan ada beberapa pohon yang berusia puluhan tahun, ukurannya besar dan daunnya rimbun memayungi sebagian titik lokasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Lansia

Daya Tarik Taman Lansia
Image Credit: Google Maps Widianto Zhu

Setiap objek wisata pasti memiliki daya tarik, begitu juga dengan Taman Lansia. Daya tarik ini menjadi alasan utama wisatawan datang berkunjung. Telah ada sejak tahun 1885, taman ini pada awalnya hanya tanah lapang. Seiring berjalannya waktu, renovasi terus dilakukan sehingga memiliki daya pikat tersendiri.

1. Danau di Tengah Taman Lansia

Berbeda dengan taman lainnya yang hanya berupa tanah luas dipenuhi pepohonan. Taman tematik di Bandung ini memiliki danau buatan tepat di tengah-tengahnya. Bukan hanya satu, melainkan ada dua danau yang memiliki luas berbeda. Meski dari ukurannya berbeda, namun dari segi bentuk tetap sama dan terlihat mengesankan.

Danau pertama yang ada di Taman Lansia ukurannya kecil dan memiliki luas sekitar 700 meter persegi. Di tengahnya terdapat sebuah bangunan melingkar sebagai hiasannya. Mengingat kedalamannya yang mencapai 3 meter, pengunjung tidak disarankan bermain air atau bahkan terlalu dekat dengan danau.

Sedangkan yang kedua lebih luas, hampir dua kali lipat dari danau pertama, yakni berukuran 1.300 meter persegi. Dengan konsep yang mirip, danau kedua ini memiliki kedalaman 4 meter. Untuk memudahkan pengunjung beralih dari satu danau ke danau lain, ada jembatan beton sebagai penghubungnya. Tidak sedikit wisatawan yang mengambil pose di jembatan tersebut.

Dibalik keindahannya dan ketenangannya, faktanya danau ini memiliki kisah mistis yang dipercaya sebagian besar warga di sekitarnya. Konon, danau ini ditunggu oleh angsa putih besar dengan moncong berwarna hitam. Tentu bukan angsa sesungguhnya, warga sekitar mengenalnya dengan nama Neng Siti dan biasanya muncul menjelang petang.

2. Suasana Asri dan Nyaman

Daya tarik Taman Lansia berikutnya adalah suasana asri dan nyaman. Ini dikarenakan setiap sudut lokasi dipenuhi tumbuhan rindang sebagai payung alami. Karena taman ini berusia ratusan tahun, ada beberapa tumbuhan yang sangat tua. Ukuran batang sangat besar dan daunnya rimbun menghalau setiap polusi yang masuk.

Tanaman ini mengeliingi hampir semua taman, hanya ada sebagian yang tidak karena digunakan sebagai jalan masuk. Bukan hanya di bagian luarnya saja, di bagian dalam juga banyak tanaman cantik yang menghiasi. Suasana semakin asri karena tata letaknya yang nyaman, berlama-lama pun tidak masalah.

3. Sebagai Objek Wisata Alternatif

Daya Tarik di Taman Lansia
Image Credit: Google Maps I Made Serinteg

Taman Lansia dijadikan sebagai objek wisata alternatif oleh sebagian besar warga di sekitarnya. Bagi anda yang pendatang pun tidak masalah karena tempat ini dibuka setiap hari. Apabila wisata alam dan wahana tidak memungkinkan dikunjungi, taman ini bisa dijadikan solusi untuk tetap berlibur di akhir pekan.

Anda bisa bersantai dan duduk di bangku permanen di bawah pohon rindang. Sambil menghirup udara segar, relaksasi tubuh juga didapatkan. Pengunjung yang datang dengan anggota keluarga banyak ditemui di sini. Sambil membawa anak-anak, mereka menggelar tikar dan bersantai sambil menikmati hidangan yang dibawa dari rumah.

4. Pasar Kaget

Pasar Kaget digunakan sebagai istilah karena banyak yang dibuat kaget dengan kehadirannya. Jenis pasar seperti ini umum ditemui di berbagai lokasi, termasuk Taman Lansia. Dinamakan Pasar Kaget karena harganya tiba-tiba turun drastis dan membuat siapa saja pasti terkejut.

Bagaimana tidak, harga yang ditawarkan bahkan bisa separuh dari harga normal. Berbagai barang ditawarkan, anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Sebagian besar berupa barang rumah tangga, fashion, dan aksesoris. Bukan hanya itu, ada juga berbagai jenis makanan nikmat yang dijual di sini, cocok dijadikan ajang wisata kuliner.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Lansia
Image Credit: Google Maps Widianto Zhu

Sebagai taman tematik, Taman Lansia memiliki lokasi yang cukup strategis. Sebenarnya tidak mengherankan, karena pada umumya taman terletak di tengah kota. Selain dijadikan sebagai hiburan, tempat ini juga menjadi paru-paru kota. Jarak dari alun-alun Bandung hanya sekitar 4 kilometer, butuh waktu 15 menit untuk menjangkaunya.

Alamatnya tepatnya berada di Jalan Cisangkuy, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Apabila saat ini anda berada di Alun-alun Bandung, silahkan menuju ke Jalan Otto Iskandar Dinata terlebih dahulu, kemudian ke Jalan Suniaraja. Lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Braga, lalu ke Jalan Merdeka.

Urang lebih 1 kilometer, anda akan tiba di Jalan Sultan Agung, silahkan menuju ke arah Timur Laut hingga tiba di Jalan Diponegoro. Apabila anda menemukan gedung Museum Geological Bandung, artinya objek wisata tujuan sudah dekat. Persis di depan gedung tersebut adalah lokasi Taman Lansia berada.

Bagi yang datang dari arah lain, silahkan menggunakan patokan museum yang disebutkan diatas. Untuk memudahkan perjalanan, ada baiknya anda menggunakan aplikasi GPS. Semua warga Bandung tahu lokasi objek wisata alternatif ini, jadi jangan sungkan bertanya. Terlebih, ada banyak sekali papan petunjuk ketika mendekati lokasi.

Mengunjungi taman ini tidak dikenakan biaya masuk, tidak pula ada loket sebagai tempat membeli tiket. Biaya yang wajib dikeluarkan hanya untuk parkir kendaraan, pastinya tidak mahal karena sesuai harga retribusi standar. Silahkan datang kapan saja, karena taman sebagai liburan alternatif ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Lansia

Aktivitas Menarik Taman Lansia
Image Credit: Google Maps I Made Serinteg

Ada banyak aktivitas di Taman Lansia yang dapat dilakukan, semuanya dijamin menarik. Anak-anak silahkan bermain di playground, ada berbagai jenis permainan yang disediakan. Sedangkan untuk orang tua atau remaja bisa bersantai maupun berburu spot foto. Selengkapnya, silahkan simak beberapa poin aktivitas berikut!

1. Olah Raga Pagi

Apabila anda berkunjung di pagi hari, maka aktivitas yang cocok dilakukan adalah olahraga. Aktivitas ini menyehatkan, pastinya anda tahu akan hal itu. Apalagi tempatnya sendiri memiliki suasana asri dan kualitas oksigen yang bagus. Selain di pagi hari, anda pun bisa berolahraga di sore hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang sama.

2. Berkeliling Kawasan Taman

Remaja yang datang ke Taman Lansia pada umumnya memilih aktivitas berkeliling. Sambil menikmati udara segar, mereka bercanda bersama teman atau pasangannya. Meski bukan termasuk objek wisata alam, namun dalam hal pemandangannya tidak kalah. Pohon yang mengelilingi lokasi membuat mata sejuk, sedangkan danau di tengah membuat pikiran lebih tenang.

3. Piknik di Taman Lansia

Aktivitas Menarik di Taman Lansia
Image Credit: Google Maps catherine natalia

Pengunjung yang datang dengan rombongan keluarga bisa memilih aktivitas piknik. Ada tempat khusus yang dijadikan aktivitas ini, meski bukan resmi dari pengelola. Wisatawan lebih memilih area yang berada di bawah pohon rindang karena lebih teduh. Dengan hanya menggelar tikar, suasana piknik dijamin lebih asyik jika dilengkapi hidangan nikmat.

4. Tunggang Kuda

Taman Lansia tidak hanya menyediakan aktivitas gratis seperti yang disebutkan diatas. Ada lagi aktivitas menarik, namun kali ini wajib mengeluarkan biaya. Aktivitas yang dimaksud adalah tunggang kuda, pasti disukai anak-anak. Untuk tunggang kuda ini hanya boleh dinaiki satu anak, jadi anda bisa naik delman jika naik bersama rombongan.

5. Berburu Spot Foto

Kurang lengkap tentunya jika menghabiskan waktu liburan di tempat wisata belum mengabadikan momen. Meski hanya sebuah taman tematik, tetapi ada banyak spot foto cantik yang disediakan. Sebut saja danau kembar yang dibahas sebelumnya, cocok untuk menghiasi latar belakang foto anda dan dipamerkan di media sosial.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Lansia
Image Credit: Google Maps Pandi Haryono

Fasilitas Taman Lansia boleh dibilang cukup lengkap, meskipun tidak memerlukan biaya untuk memasukinya. Di sini, anda bisa menggunakan fasilitas umum berupa toilet, cukup sediakan 2.000 rupiah saja. Fasilitas lain yakni tempat parkir, harga retribusi nya sama dengan toilet.

Wisatawan dipersilahkan menggunakan fasilitas umum berupa bangku taman, sebagian dilengkapi meja. Fasilitas untuk anak-anak juga ada, apalagi kalau bukan area permainan atau dikenal dengan playground. Meski tidak banyak, ada juga fasilitas berupa spot foto gratis bagi yang hobi fotografi.

Mendapatkan hiburan dengan mengunjungi objek wisata tidak harus mahal. Taman Lansia Bandung adalah salah satu contoh wisata murah yang dijadikan alternatif. Meski gratis, namun dari segi daya tarik tidak kalah dengan objek wisata lainnya. Apalagi ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan dan fasilitas penunjang cukup lengkap.