Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Merapi No.37, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh; Map: Cek Lokasi

Mengenal sejarah sambil menikmati suasana alam sekitar sanat arang ditemukan saat ini. Di Aceh, ada sebuah destinasi wisata yang bisa melakukan kedua hal tersebut, namanya Taman Putroe Phang. Dikatakan memiliki nilai sejarah karena tempat ini dulunya sebagai hadiah dari Sultan Iskandar Muda oleh Permaisurinya. Nama dari permaisuri tersebut tidak lain adalah Putroe Phang yang hingga saat ini diabadikan sebagai nama Taman yang dibuatnya.

Sampai sat ini, taman yang berlokasi di Kota Banda Aceh ini masih dirawat dengan baik oleh petugas. Bahkan keberadaannya dilestarikan seperti situs peninggalan sejarah. Taman ini cukup terkenal sehingga selalu ramai dikunjungi, terutama oleh wisatawan lokal. Sebagian besar pengunjung bertujuan untuk melepas penat sambil menikmati keindahan yang ditawarkan. Akan tetapi tujuan utama mereka pastinya mengenal objek wisata yang juga menjadi tempat bersejarah ini.

Pastinya, taman juga dilengkapi dengan pepohonan dan bunga cantik yang menghiasi. Demikian pula panorama yang diberikan oleh Taman Putroe Phang. Bukan hanya itu, ada sebuah kolam luas dengan air cukup tenang tanpa arus yang jelas terlihat di tengah taman. Di tengah kolam juga terdapat replika kerajaan dengan desain unik dan berwarna putih. Pengunjung hanya bisa menyaksikannya dari jauh karena tidak sembarang orang boleh masuk.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Putroe Phang

Daya Tarik Taman Putroe Phang
Image Credit: Instagram Aceh Raya

Ada daya tarik cukup kuat yang menjadikan objek wisata ini selalu ramai. Bahkan setiap hari ada saja pengunjung yang datang untuk menikmati pemandangan alam di sekitarnya. Di hari libur, suasana semakin ramai dipenuhi wisatawan dari berbagai usia, terutama anak muda dan remaja. Tidak begitu mengherankan, karena desain yang dimiliki Taman Putroe Phang cukup unik. Apalagi jika di sekitarnya juga terdapat situs peninggalan kerajaan Samudera Pasai.

1. Keindahan Taman

Bukan hanya sebuah taman yang anda kunjungi, melainkan taman dengan keindahan memukau yang jarang ditemukan. Desain melingkar nan unik menjadi pusat perhatian, apalagi jika warna putih bangunan bersejarah menyatu dengan warna hijau pepohonan. Selain memberikan kesan teduh, pepohonan di sekitar taman juga membuat udara semakin segar. Kesegaran begitu terasa ketika lokasinya lumayan jauh dari pusat perkotaan.

Di kolam yang disebutkan tadi, ada banyak ikan yang selalu dirawat dengan diberi makan. Bagi pengunjung yang ingin mendapat sensasi unik ini juga bisa memberinya makan. Ada sebuah titik di kolam tersebut, dimana airnya dipenuhi dengan bunga teratai cantik. Jika anda mengelilingi taman, nuansa klasik dipastikan kental dengan bangunan khas Aceh.

2. Sejarah Taman Putroe Phang

Daya tarik berikutnya yakni dari nilai sejarah Taman Putroe Phang. Tidak semua warga Aceh mengetahui sejarah keberadaan taman ini, apalagi mereka yang baru beranjak remaja atau dewasa. Sebagai seorang Raja yang memangku jabatan tertinggi di kerajaan, Sultan Iskandar Muda sering bepergian untuk urusan diplomasi. Sang permaisuri yang merupakan asli Pahang, Malaysia, selalu merasa kesepian dan rindu akan kampung halamannya.

Hingga akhirnya beliau meminta kepada sang Raja untuk dibangunkan sebuah taman yang dijadikan pelepas rindu kampung halaman ketika sang Raja pergi bertugas. Dikarenakan cinta dan kasih sayang kepada permaisuri, akhirnya Sultan Iskandar Muda memenuhi permohonan tersebut dengan membangun sebuah taman yang hingga saat ini terjaga kelestariannya. Apabila ditelaah lebih mendalam, bukan hanya kelestarian taman yang tetap terjaga, namun rasa cinta sang Raja kepada permaisuri juga terus terjaga.

3. Desain Bangunan Unik

Bukan hanya replika kerajaan yang membuat Taman Putroe Phang unik, namun secara keseluruhan. Kolam, taman bunga, hingga bangunan khas Aceh seolah menyatu memberikan daya tarik bagi setiap wisatawan yang memandangnya. Dari awal masuk taman, keunikan tersebut sudah sangat terasa dengan adanya pintu yang biasanya dijadikan akses jalan bagi sang permaisuri.

Warna putih dari bangunan yang dimaksud bukannya tanpa makna, jujur dan suci merupakan tujuan dan simbol dari warna tersebut. Hingga saat ini, kejujuran menjadi salah satu sifat yang harus dimiliki warga Aceh, terutama bagi garis keturunan Sultan Iskandar Muda. Sekilas mungkin desain keseluruhan tidak begitu unik bagi yang tidak memiliki jiwa seni. Namun bagi mereka yang menjunjung tinggi nilai seni, dipastikan kagum ketika menyaksikannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Putroe Phang
Image Credit: Google Maps adis d

Supaya bisa sampai ke lokasi wisata, catat dulu alamat lengkapnya di Jl. Merapi No.37, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Tidak sulit menemukan Taman Putroe Phang karena banyak papan petunjuk. Tinggal perhatikan pusat kota, lalu menuju ke Masjid Baiturrahman. Tidak jauh dari lokasi tersebut, anda akan tiba di daerah Sukaramai.

Setidaknya, perjalanan yang ditempuh dari pusat kota Banda Aceh menuju objek wisata sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Ketika anda berada di desa Sukaramai, selalu perhatikan markah jalan dan papan petunjuk yang ada di sekitar. Bagi yang menggunakan kendaraan umum juga bisa, langsung saja katakan pada sopir untuk turun di Taman wisata yang dimaksud.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Taman Putroe Phang
Image Credit: Google Maps Djamal Sharief

Hampir semua objek wisata terdapat tarif retribusi yang haus anda bayar. Namun tidak demikian dengan taman indah yang bakal anda kunjungi ini. Setiap wisatawan bebas masuk tanpa dikenakan biaya tiket. Namun diharapkan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga situs peninggalan kerajaan Samudera Pasai tersebut.

Bukan berarti tidak ada biaya sama sekali yang harus dikeluarkan. Bagi yang membawa kendaraan bermotor, ada tarif parkir yang harus disiapkan. Untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif 2.000 rupiah, sedangkan mobil atau roda empat hanya 5.000 rupiah. Harga tersebut tentunya sangat murah dibandingkan kenangan yang akan didapatkan nantinya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Putroe Phang

Aktivitas di Taman Putroe Phang
Image Credit: Google Maps Djamal Sharief

Jika dibayangkan memang tidak ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Putroe Phang selain menikmati keindahan lokasi wisata dan menjadi saksi besarnya cinta Sultan Iskandar Muda kepada istrinya. Akan tetapi ketika anda datang ke lokasi, banyak pengunjung yang sibuk melakukan aktivitasnya masing-masing.

1. Jogging Santai

Lokasinya yang jauh dari polusi membuatnya sangat baik untuk olahraga jogging. Banyak pengunjung yang beraktivitas seperti ini ketika pagi dan sore. Desain lingkaran dari taman seolah menjadi lintasan tersendiri. Apalagi jika udaranya sejuk sehingga lebih menyehatkan bagi tubuh. Jika anda berminat melakukan aktivitas seperti halnya pengunjung lainnya, silahkan siapkan peralatan olahraga santai yang dibutuhkan.

2. Memancing

Kebanyakan wisatawan memang tidak bertujuan untuk memancing ketika di lokasi. Apabila anda hobi memancing, tidak ada salahnya menyalurkannya di kolam yang juga terdapat di objek wisata ini. Dikarenakan pihak pengelola tidak menyediakan peralatan pancing, sebaiknya anda siapkan sendiri dari rumah. Selain itu, pastikan anda mendapat izin terlebih dahulu. Dalam hal tangkapan juga ada batasnya, tidak boleh menangkap terlalu banyak ikan agar kelestariannya tetap terjaga.

3. Bersepeda

Selain jogging atau lari kecil, banyak juga pengunjung yang datang ke lokasi hanya untuk bersepeda santai. Tempatnya yang cukup luas memungkinkan pengunjung untuk sekaligus menikmati pemandangan alam di sekitarnya. Sayangnya, tidak ada tempat penyewaan sepeda di Taman Putroe Phang, jadi anda harus membawanya sendiri dari rumah. Namun jangan khawatir, anda masih bisa mengelilingi taman hanya dengan berjalan kaki sambil menghirup udara sejuk.

Aktivitas Menarik di Taman Putroe Phang
Image Credit: Google Maps Raisha Ulfa

4. Piknik Santai

Tidak sedikit pengunjung yang hanya bersantai di lokasi, apalagi banyak gazebo permanen yang memang dibuat untuk mereka. Jika tidak kebagian tempat duduk dikarenakan ramai pengunjung anda bisa menggunakan tikar seolah sedang berkemah. Untuk makanan ringan juga tersedia di beberapa titik. Silahkan anda beli di warung atau penjual yang menyediakan. Selain itu juga ada makanan berat yang kebanyakan menjual makanan khas Aceh.

5. Berfoto

Jangan lupa untuk berfoto yang merupakan aktivitas wajib ketika sedang liburan. Hampir semua titik bisa anda jadikan spot foto menarik. Di tepi kolam misalnya, anda bisa mengambil latar belakang bangunan yang ada di tengah kolam. Ada sebuah bangunan yang dinamakan Gunongan, yakni replika gunung kecil yang ada di tengah taman. Supaya hasil foto lebih unik dan menarik, usahakan mengambil sudut yang tepat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Putroe Phang
Image Credit: Google Maps Raisha Ulfa

Meskipun tidak dikenakan biaya masuk, namun lokasi wisata ini menyediakan berbagai fasilitas penunjang. Ada kamar mandi atau toilet yang bebas digunakan siapa saja. Selain itu, ada juga tempat ibadah berupa mushola yang tidak jauh dari lokasi. Untuk menjaga kebersihan, tersedia tempat sampah di berbagai sudut.

Warung makan yang telah disebutkan diatas juga menjadi fasilitas wajib di setiap tempat wisata. Apabila anda membawa anak-anak, ada playground yang siap digunakan. Ditempat tersebut, anak-anak bisa bermain ayunan, seluncur, jembatan kayu, terowongan, dan masih banyak lagi. Tidak lupa area parkir yang aman dan selalu dijaga petugas, jadi anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan dari kendaran yang dibawa.Berwisata untuk mengisi liburan tidak harus mahal bukan? Selain gratis dan memberikan pesona alam indah dan unik, Taman Putroe Phang juga cocok dijadikan tempat relaksasi. Supaya tidak membosankan, usahakan tidak sendirian ketika berkunjung. Anda bisa membawa keluarga, teman, atau rekan kerja, yang penting tujuannya sama.