17 Tempat Wisata di Banjarmasin

Banjarmasin merupakan salah satu kota besar yang berada di Provinsi Kalimantan, lebih tepatnya di Kalimantan Selatan. Banjarmasin memiliki banyak pesona alam dan panorama yang indah baik yang sudah diketahui secara luas maupun yang masih tersembunyi. Dengan pesona alam tersebut, tidak heran jika banyak wisatawan yang berdatangan untuk menikmati keindahan tersebut.

Panorama yang sangat menakjubkan tersebut banyak dijadikan sebagai destinasi wisata andalan Kota Banjarmasin. Banyak ragam destinasi yang dihadirkan disana. Ada destinasi wisata religi, alam, budaya, buatan, sejarah dan masih banyak lagi. Semua tempat wisata tersebut tentu memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Jika Anda mempunyai rencana untuk datang dan berlibur ke Banjarmasin, maka tidak perlu khawatir akan destinasi wisatanya karena Banjarmasin mempunyai banyak tempat wisata yang indah, cantik, keren, dan pastinya akan membuat Anda merasa nyaman dan betah. Berikut ini beberapa objek wisata yang ada di Kota Banjarmasin.

1. Masjid Agung Al-Munawwarah

Masjid Agung Al-Munawwarah

Lokasi: Jl. Trikora No. 9, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Redaksi8.com

Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang ada di Banjarmasin. Masjid Agung Al-Munawwarah berada di Jalan Trikora, Guntungmanggis, Kota Banjarmasin. Masjid ini termasuk salah satu masjid yang termegah dan tercantik yang berada di Kota Banjarmasin

Masjid ini memiliki taman bermain sehingga wisatawan dapat menikmati fasilitas tersebut. Selain itu, ada juga ruang terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Masjid Agung Al-Munawwarah banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama yang beragama islam. Jika berkunjung ke masjid ini, jangan lupa untuk melaksanakan ibadah. Selain itu, diharuskan memakai pakaian yang sopan dan menutup aurat karena masjid merupakan bangunan yang suci.

2. Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin

Lokasi: Damar Lima, Batu Ampar, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Ksmtour.com

Air Terjun Bajuin merupakan salah satu wisata alam yang ada di Banjarmasin. Tempat wisata ini berada di Desa Sungai Bakar, yaitu sebuah desa yang memiliki jarak 75 km dari Kota Banjarmasin. Air Terjun Bajuin memiliki pesona alam yang sangat indah dan asri karena terletak di area yang memiliki banyak pepohonan.

Destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan teman. Di sini, ada tiga air terjun yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Untuk menuju lokasi ini, Anda harus rela menghabiskan banyak tenaga karena jalan untuk menuju destinasi wisata ini cukup rusak.

3. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura

Lokasi: Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Ksmtour.com

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, datang ke Taman Siring Sungai Mertapura menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Disini terdapat spot memancing sehingga orang yang memiliki hobi tersebut dapat tersalurkan keinginannya. Selain itu, di taman ini juga banyak ditemukan wisatawan yang menghabiskan waktunya dengan berkumpul bersama teman atau keluarga.

Pemandangan alam yang disajikan di Taman Siring Sungai Martapura sangat indah dan menakjubkan. Wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas Banjarmasin sambil memandangi pemandangan alam yang ada di destinasi wisata tersebut. Tidak jarang Taman Siring Sungai Martapura ini juga dijadikan tempat latihan dan perlombaan sepeda BMX dan skateboard.

4. Pulau Kaget Asylum Margasatwa

Pulau Kaget Asylum Margasatwa

Lokasi: Kec. Tabunganen, Kab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Ppid.banjarmasinkota.go.id

Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata yan banyak ditinggali oleh habitat hewan asli Kalimantan, yaitu Bekantan. Disini, wisatawan dapat menemukan Bekantan yang unik dan hanya ada di Kalimantan. Anda dapat menemukan hewan tersebut di atas pohon yang ada di Pulau itu.

Suasana yang ada di Pulau Kaget Asylum Margasatwa sangat indah dan asri. Banyak pepohonan yang tumbuh sehat disana. Sehingga tidak heran jika habitat hewan ini masih terjaga kelestariannya. Selain bekantan, ada juga beberapa hewan yang hidup di Pulau tersebut seperti betet, bangau, bebek, elang bondol, dan masih banyak lagi.

5. Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar Terapung Muara Kuin

Lokasi: Jl. Sungai Martapura, Sungai Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Docplayer.info

Pasar Terapung Muara Kuin adalah Tempat Wisata di Banjarmasin yang sudah populer dan sangat terkenal. Pasar ini berada di Muara Sungai Barito. Letaknya di Jalan Kuin Utara, Kota Banjarmasin. Pasar ini cukup unik dan berbeda dibandingkan dengan pasar pada umumnya.

Sesuai dengan namanya, pasar ini memiliki tempat jualan yang berada di atas perahu yang mengapung di Sungai Barito. Hal ini tentu saja cukup unik karena tidak semua pasar yang ada di Indonesia dapat melakukan kegiatan tersebut. Pasar ini juga sudah dianggap sebagai ciri khas masyarakat Banjarmasin.

6. Taman Van Der Pijl

Taman Van Der Pijl

Lokasi: Jl. Pangeran Suriansyah, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Detik.com

Destinasi wisata ini juga tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke Kota Banjarmasin. Taman Van Der Pijl banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya untuk bersantai. Suasana yang dihadirkan juga sejuk, dipenuhi oleh pepohonan rindang, dan asri sehingga wisatawan akan senang saat berada di sana.

Taman ini memiliki beberapa fasilitas seperti sepeda, tempat makan, wahana permainan anak, becak mini, dan mobil-mobilan sehingga sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang memiliki keluarga dan anak.

7. Pulau Kembang

Pulau Kembang

Lokasi: Kec. Alalak, Kab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Pulau ini merupakan destinasi wisata alam yang berada di tengah atau pusat Sungai Barito. Destinasi wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena tempatnya yang cantik, asri, dan pesona alamnya yang luar biasa.

Pulau Kembang banyak dihuni oleh monyet dan beragam jenis burung. Anda juga bisa menemukan monyet besar yang biasanya disebut juga dengan raja monyet di pulau ini. Namun, jika ingin berkunjung ke Pulau Kembang, berhati-hatilah terhadap barang bawaan Anda agar tidak di rebut oleh monyet.

8. Susur Sungai Naik Kelotok

Susur Sungai Naik Kelotok

Lokasi: Jl. Piere Tandean, Kec. Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Republika.co.id

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Susur Sungai Naik Kelotok. Destinasi wisata ini menawarkan Anda untuk menaiki perahu yang berada di Sungai Martapura. Anda dapat menaiki perahu tersebut hanya dengan membayar Rp 5.000 selama 15 menit.

Dengan menaiki perahu tersebut, Anda dapat lebih mudah melihat pemandangan sekitar yang ada di sana. Perahu yang ditumpangi juga merupakan perahu tradisional sehingga masih ketara hawa tradisionalnya.

9. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No. 07, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Banjarmasinkota.go.id

Menara Pandang merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi ikon atau ciri khas kota Banjarmasin. Destinasi wisata ini bisa dibilang cukup baru karena baru diresmikan pada tahun 2014. Tempat wisata ini sangat cocok didatangi bersama teman dan keluarga.

Di Menara Pandang, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang bisa dilihat dari ketinggian karena menara ini sendiri memiliki tinggi sekitar 21 meter. Dengan tinggi segitu, Anda bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan dari segala penjuru. Untuk bisa memasuki destinasi wisata ini tidak dipungut biaya alias gratis.

10. Danau Seran

Danau Seran

Lokasi: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Introvertian.blogspot.com

Danau Seran merupakan destinasi wisata alam yang tidak boleh Anda lewatkan. Berlokasi di Guntungmanggis, Landasan Ulin, Banjarmasin. Pada awalnya, tempat ini merupakan area penambangan Intan. Saat penambangan sudah selesai, bekas dari galian tersebut digenangi air dan berubah menjadi danau.

Danau Seran memiliki fasilitas penyewaan perahu dan sepeda air. Wisatawan dapat menyewa perahu maupun sepeda air untuk menyusuri danau sambil melihat pemandangan sekitar. Selain itu, wisatawan juga bisa membeli makanan khas kota Banjar yang sudah tersedia di warung makan dekat destinasi wisata.

11. Museum Wasaka

Museum Wasaka

Lokasi: Jl. Kampung Kenanga, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Suharyantobjm.com

Selain wisata alam dan religi, ada juga wisata edukasi yang ditawarkan di Kota Banjarmasin. Salah satu Objek Wisata di Banjarmasin tersebut adalah Museum Wasaka. Museum ini memiliki banyak cerita sejarah yang terkandung di dalamnya. Dinamakan Museum Wasaka karena merupakan sebutan dari Waja Sampai Kepiting.

Kalimat tersebut merupakan salah satu motto bentuk perjuangan masyarakat Kalimantan Selatan. Museum Wasaka memiliki bentuk rumah adat Banjarmasin, yaitu rumah panggung dengan atap yang cukup tinggi. Banyak koleksi foto sejarah, seragam pejuang, dan senjata yang digunakan untuk mengusir penjajah.

12. Aquatica Waterpark & Playground

Aquatica Waterpark & Playground

Lokasi: Jl. Trikora Komplek Griya Pesona Bhayangkara, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Traveloka.com

Wahana wisata air ini banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka dengan anak. Aquatica Waterpark & Playground ini menawarkan banyak wisata air yang menyenangkan dan menyegarkan.

Selain wisata air, ada juga 3 buah perosotan yang memiliki warna dan lebar yang berbeda. Untuk bisa memasuki destinasi wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000. Jam buka untuk tempat wisata ini adalah mulai dari pukul 09.00 – 17.00.

13. Taman Satwa

Taman Satwa

Lokasi: Jl. Jahri Saleh, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Banjarmasintourism.com

Tempat wisata yang berada di Banjarmasin selanjutnya adalah Taman Satwa. Taman ini bisa dijadikan tempat liburan bersama keluarga dan bisa dijadikan sarana pendidikan karena akan banyak ilmu yang akan didapatkan ketika berkunjung ke destinasi wisata ini.

Taman Satwa diresmikan pada tahun 2014. Awalnya Taman Satwa ini memiliki koleksi binatang yang sedikit, namun lama kelamaan terus bertambah sehingga sekarang koleksi satwa yang ada di sana bisa dibilang cukup banyak. Taman Satwa ramai dikunjungi pengunjung terutama pada musim liburan.

14. Waterboom Banua Anyar

Waterboom Banua Anyar

Lokasi: Jl. Banua Anyar, Kec. Banjarmasin Timur, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Google Maps (Fajar Ramadhan)

Selain Aquatica Waterpark & Playground, ada juga wisata air yang terkenal di Banjarmasin yang bernama Waterboom Banua Anyar. Waterboom ini menawarkan tempat wisata yang cocok dikunjungi oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Waterboom Banua Anyar memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti kolam renang, toilet, wahana permainan anak, wahana air, race slide, loker penyimpanan, dan masih banyak lagi.

Letak Waterboom ini cukup strategis sehingga wisatawan dapat dengan mudah berkunjung ke destinasi wisata ini. Biaya tiket masuk juga cukup terjangkau, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 20.000 sudah bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan.

15. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah

Lokasi: Jl. Kuin Utara, Kec. Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Beritagar.id

Selain Masjid Agung Al-Munawwarah, ada juga destinasi wisata religi di Banjarmasin yaitu Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Banjarmasin. Walaupun memiliki umur yang cukup tua, masjid ini masih memancarkan keindahannya dan mempunyai arti yang penting bagi masyarakat sekitarnya.

Masjid Sultan Suriansyah memiliki ukiran bangunan khas Kalimantan Selatan. Ada beberapa bagian yang cukup mirip dengan Masjid Agung Demak, yaitu bagian atap yang berundak dan menyerupai limas segitiga.

16. Taman Maskot

Taman Maskot

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No. 22/64, Sungai Baru, Kec. Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Taman Maskot merupakan salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan. Disini, wisatawan dapat berjalan-jalan santai sambil menikmati keindahan alam yang telah disediakan. Taman ini memiliki 2 maskot utama Kota Banjarmasin yaitu pohon kasturi dan bekantan.

Memasuki gerbang utama, Anda akan disambut patung bekantan dan di belakang patung tersebut terdapat pohon kasturi. Taman Maskot memiliki beberapa fasilitas seperti mushola, taman bermain, toilet, dan masih banyak lagi.

17. Waterboom Pesona Modern

Waterboom Pesona Modern

Lokasi: Perumahan Pesona Modern, Jl. A. Yani KM. 11, Pasar Kemis, Kec. Kertak Hanyar, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. – Image Credit by Google Maps (Siti Zuria)

Waterboom ini sangat cocok dijadikan sebagai wisata keluarga karena banyak menawarkan pemandangan alam yang indah disertai dengan wahana permainan yang menarik. Wahana permainan tersebut seperti flying fox, permainan air, gazebo, dan lainnya.

Waterboom Pesona Modern juga menawarkan live music untuk lebih menghidupkan suasana destinasi wisata. Tiket masuk untuk destinasi wisata ini dapat dibeli  seharga Rp 45.000 untuk hari biasa, dan Rp 60.000 untuk hari libur atau akhir pekan.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Banjarmasin. Semua destinasi wisata tersebut tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Jika Anda berencana berlibur ke sini, Anda dapat melihat beberapa list tempat wisata yang sudah disebutkan di atas untuk membantu dalam memilih tempat wisata.