Temukan Tempat Wisata Populer di Kaliurang Sleman, Yogyakarta. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah, Kekinian & Paling Hits yang Menarik Anda Jelajahi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

 Sleman merupakan salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta. Selain dikenal sebagai wilayah keraton, Sleman juga memiliki destinasi wisata alam yang indah. Ini dibuktikan dengan hadirnya berbagai tempat wisata di sekitar Kaliurang.

Apalagi dengan ikon Gunung Merapi yang indah, Kaliurang Sleman menyimpan banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari perbukitan, gunung, hutan, taman, perkebunan, air terjun, hingga Museum bersejarah.

Untuk Anda yang penasaran apa saja tempat wisata menarik di Kaliurang, Sleman. Berikut daftar destinasi hitsnya yang bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.

1. Wisata Edukasi Omah Salak

Wisata Edukasi Omah Salak
Image Credit: Google Maps (Hadni Yansyah)

Wisata Edukasi Obah Salak terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata yang satu ini menawarkan sensasi memanen salak pondok sendiri. Di mana salak tersebut sudah menjadi buah yang merupakan ikon Yogyakarta. Meski tempat ini masih tergolong baru, keindahan alamnya tidak bisa diragukan.

Selain itu, Anda juga bisa memetik salak sendiri. Wisata Edukasi Omah Salak telah didukung oleh berbagai fasilitas menarik. Di antaranya adalah homestay, area berkemah, perkebunan, dan toilet umum. Selain itu terdapat pula sebuah area outbond yang pastinya menarik untuk anak-anak.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pojok, Wono Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang

Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang
Image Credit: Google Maps (Jogja Satu)

Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam serta bangunan-bangunan unik saja, Kaliurang Sleman juga memiliki Desa Wisata Ledok Sambi. Mungkin lebih tepatnya wisata yang satu ini berada di Lembah Sambi. Meski termasuk wisata yang masih tersembunyi, keindahan alam yang disajikan akan membuat Anda terpana.

Lokasinya dipenuhi dengan pepohonan yang tinggi. Terdapat pula area berkemah maupun piknik untuk pengunjung. Jika ingin bermain air, tempat ini juga memiliki aliran sungai yang jernih.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 19, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

3. Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang Kaliurang
Image Credit: Google Maps (Syaiful Anwar)

Siapa bilang Goa Jepang hanya ada di Jawa Timur, nyatanya di Kaliurang juga ada tempat wisata bernama Goa Jepang. Seperti nama yang tersemat, tempat yang satu ini menjadi salah satu jejak penjajahan negara jepang di Yogyakarta. Lokasinya tepat berada di lereng Gunung Merapi. Sehingga membuat tempat tersebut masih khas pegunungan.

Menurut cerita, Goa tersebut dulunya menjadi benteng atau tempat perlindungan. Yang membuat Goa Jepang Yogyakarta unik adalah jumlahnya tidak hanya satu. Jadi ada sekitar 25 goa yang tersebar di beberapa titik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

4. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem
Image Credit: Google Maps (Putra Nawawie)

Wilayah lereng Gunung Merapi memang memiliki banyak destinasi wisata pilihan. Salah satunya adalah Bunker Kaliadem. Unker inilah yang menyimpan segala sejarah kelam setiap ada letusan Gunung Merapi. Mulanya bunker ini memang dibangun untuk melindungi warga setempat.

Namun kini Bunker Kaliadem menjadi tempat wisata pilihan. Karena tempatnya yang berada di lereng bukit. Melihat pemandangan alam sekitar Yogyakarta akan semakin menarik dari atas ketinggian. Anda pun bisa berfoto ria dengan latar belakang sebuah gunung yang menjadi pasak bumi tersebut. Jika Anda berkunjung di Pagi hari maka akan nampak pemandangan sekitar bunker yang menawan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning
Image Credit: Google Maps (Andrieka Budi)

Kawasan wisata di Kaliurang memang tiada habisnya. Apalagi dengan hadirnya wisata Bukit Kali Kuning yang memiliki pemandangan indah. Bahkan sampai saat ini pun, destinasi wisata yang satu ini kerap diserbu pengunjung. Apalagi untuk Anda yang gemar mendaki. Di sini Anda juga akan menemukan sebuah sumber mata air.

Sudah tersedia spot foto menarik untuk mengabadikan momen Anda. Seperti area perbukitan lainnya, Bukit Kali Kuning juga dikelilingi oleh hijaunya pepohonan. Tidak heran jika udara masih terasa sangat sejuk. Apalagi dengan kicauan urung yang menambah indah suasana di Bukit Kali Kuning. Untuk Anda yang penasaran bisa langsung lokasi yang berada di Cangkriman, Sleman, Yogyakarta

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bebeng, Pangukrejo, Palemsari, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. Tlogo Putri

Tlogo Putri
Image Credit: Google Maps (Aditya Chris Mahendra)

Tempat wisata yang satu ini bisa dibilang sudah ada cukup lama jika dibandingkan dengan Merapi Park. Oleh sebab itu sudah banyak pengunjung yang antusias bahkan mengulangi kunjungan ke Tlogo Putri. Bahkan di sini Anda bisa berkeliling sekitar kawasan Gunung Merapi dengan mobil jeep sewaan.

Tlogo Putri juga menawarkan keindahan di atas ketinggian 900 meter. Tidak heran jika udaranya cukup dingin. Karena termasuk wisata lama, Tlogo Putri memiliki fasilitas yang memadai. Mulai dari kedai makanan, tempat sewa mobil, kamar mandi, dan lain-lain.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

7. Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar
Image Credit: Google Maps (Risma Nada)

Tidak disangka ternyata Sleman juga memiliki destinasi wisata air terjun. Tepatnya berada di Kabupaten Kaliurang, berdekatan dengan Tlogo Putri. Wisata air terjun yang satu ini akan menyajikan sebuah pemandangan yang indah. Bagaimana tidak gemiricik air yang jatuh dari ketinggian 45 meter akan membuat Anda terpukau.

Namun jika musim kemarau tiba, Air Terjun Tlogo Muncar seringkali mengalami kekeringan. Suhu di daerah ini mencapai 25 derajat selsius, sehingga Anda dapat merasakan kesejukan khas pegunungan. Lagi pula, Air Terjun Tlogo Muncar juga berada di atas ketinggian yaitu 878 meter di atas permukaan laut.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tlogo Putri, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

8. The Lost Word Castle

The Lost Word Castle
Image Credit:Google Maps (Rizal)

Sedang mencari spot foto yang unik dan pastinya lain dari yang lain? Anda bisa kunjungi The Lost Word Castle yang menyajikan sensasi berbeda. Wisata ini memang dibangun menyerupai castle raja-raja jaman dulu. Dari kejauhan bagian depan castle sudah nampak megah. Bagaimana tidak, kastil ini dibangun menggunakan batu sisa erupsi.

Di sepanjang jalan menuju kastil, pengunjung akan merasakan sensasi berpetualang ke jaman dulu. Kastil ini juga dipenuhi dengan hamparan rumput. Karena dibangun di kawasan lereng gunung, pengunjung harus tetap berhati-hati. Ada banyak spot foto di sini, diantaranya adalah latar sayap dan spot paradise gate.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

9. Rumah Hobbit Kaliurang

Rumah Hobbit
Image Credit: Instagram.com @jundstagram

Anda pasti tidak asing kan dengan istilah Hobbit. Di film-film hobbit digambarkan sebagai tokoh kerdil yang tinggal di dalam rumah kecil. Nah, untuk Anda yang ingin melihat seperti apa rumah hobbit bisa langsung kunjungi Rumah Hobbit Kaliurang. Di sini pengunjung akan merasakan sensasi terjun ke dalam film Lord Of The Rings.

Rumah hobbit dibangun indah dengan ornamen bermacam-macam tidak lebih dari 5 meter. Selain itu, wisata ini juga dihiasi dengan pepohonan hijau khas perbukitan Merapi. pengunjung bisa mengambil foto sebanyak yang ia mau. Lokasinya yang tidak jauh dari The Lost Word Castle, membuat banyak pengunjung kastil yang juga melipir ke Rumah Hobbit Kaliurang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

10. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
Image Credit: Instagram.com @jogjaseni

Museum Ullen Sentalu dapat membuat pengunjung menambah wawasan di samping berwisata. Bahkan di tahun 2015 saja museum yang satu ini dinobatkan menjadi museum terbaik yang ada di Indonesia. Maka tidak heran selama liburan tiba, banyak dari masyarakat yang melipir ke Museum Ullen Sentalu.

Selain sebagai tempat tersimpannya peninggalan kerajaan yang ada di keraton Jogja. Museum Ullen Sentalu juga dibangun strategis di lereng gunung Merapi. Oleh karenanya panorama di sekelilingnya begitu sejuk. Saat berada di dalam museum pengunjung akan didampingi seorang tour guide, di mana Anda bisa menanyakan apapun tentang peninggalan tersebut.

Pengujung di larang mengambil foto saat berada di dalam museum. Karena lokasinya yang masih dalam wilayah perbukitan, sebaiknya gunakan pakaian yang sesuai ya. Kunjungi Museum Ullen Sentalu di Kaliurang Barat, Sleman.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

11. Stonehenge Jogja

Stonehenge Jogja
Image Credit: Instagram.com @liburankubahagia

Dari namanya saja duah membuat siapapun penasaran bagaimana kenampakan wisata yang satu ini. Perlu Anda tahu bahwa stonehenge adalah sebuah bangunan batu yang terletak di Inggris. Tapi, kini Anda bisa menjumpainya dengan pergi ke Kepuharjo, Cangkriman, Sleman. Di sinilah Anda akan menemukan Stonehenge Jogja, dimana replika dari bangunan asli Inggris.

Sebenarnya, nama wisata tersebut terdiri atas dua kata yaitu stone yang berarti batu dan henge yang artinya lingkaran. Jadi keindahan Inggris bisa Anda lihat dari Jogja saja. Terlebih lagi Stonehenge Jogja terletak di kaki Gunung Merapi. Sehingga tidak heran udaranya pun masih sejuk dengan pepohonan dan padang rumput di sekelilingnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Trutan, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

12. Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps (Yan Arief)

Ingin menikmati suasana santai di antara pepohonan juga jalan setapak yang indah. Taman Wisata Kaliurang adalah objek yang destinasi yang tepat. Apalagi untuk para pecinta olahraga fliying fox, di tempat ini sudah tersedia. Lokasi taman Wisata berada di Kaliurang Barat.

Tidak hanya menyuguhkan aneka tanaman saja, di sini Anda bisa menikmati fasilitas yang ada. Di antaranya adalah area outbond, kolam renang, perosotan, rumah pohon, dan lain sebagainya. Taman Wisata Kaliurang juga sangat cocok menjadi tempat liburan keluarga yang pasti anak-anak suka.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Siaga, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Daerah Istimewa Yogyakarta.

13. Merapi Park

Merapi Park
Image Credit: Google Maps (Wecax Haryo)

Merapi Park menawarkan pemandangan ikon dari berbagai negara. Untuk Anda yang ingin keliling dunia namun tidak kesampaian juga. Merapi Park adalah taman buatan yang didesain cantik dengan berbagai ornamen indah. Salah satu yang membuat Merapi Park unik adalah adanya berbagai ikon yang mencerminkan suatu negara.

Sebut saja kincir angin (Belanda), Big Ben (London), Eiffel (Paris) Menara Pisa, Patung Liberty (New York), dan sebagaiya. Sehingga pengunjung bisa berfoto dengan bangunan replika tersebut. Selain itu taman yang satu ini di dominasi dengan tumbuhan hijau seperti rerumputan dan bunga.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja)

Gunung Merapi adalah gunung aktif yang ada di Sleman Jogja. Kini di Kaliurang telah hadir Museum Gunung Merapi yang menarik untuk dikunjungi. Saat berada di dalam museum pun pengunjung dapat melihat replika gunung Merapi.

Di tempat tersebut juga ada replika tentang letusan gunung Merapi dengan suara menggema. Di sini Anda akan banyak belajar bagaimana ganasnya wedhus gembel yang berkumpul di lereng gunung hingga ke rumah warga.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Daerah Istimewa Yogyakarta.

15. Bukit Klangon

Bukit Klangon
Image Credit: Google Maps (Muhammad Samsul)

Ingin liburan sambil menyatu dengan alam? Mungkin Anda bisa mengunjungi Bukit Klangon yang ada di Sleman. Bukit yang satu ini memiliki panorama yang begitu indah dengan udara yang sejuk. Siapapun pasti betah berlama-lama di sini.

Apalagi Bukit Klangon juga dilengkapi dengan sebuah gardu yang dibangun 5 meter di atas permukaan tanah. Dijamin Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang menawan. Bukit yang satu ini berada di Glagaharjo, Cangkriman, Sleman.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Daerah Istimewa Yogyakarta.

Itulah beberapa tempat wisata di Kaliurang, Sleman yang bisa Anda masukkan dalam daftar tujuan liburan selanjutnya. Ajak pula keluarga dan teman agar suasana semakin seru. Setiap destinasi wisata yang ada menyuguhkan keunikannya masing-masing. Jadi, segera masukkan tempat yang memang ingin Anda kunjungi untuk merefresh otak dengan menikmati karya Tuhan yang luar biasa.