15 Tempat Wisata di Nias Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Nias

Nias merupakan nama daerah yang terletak di Sumatera Utara. Memiliki berbagai macam tempat wisata yang memukau dengan keunikan masing-masing. Kebanyakan destinasi wisata di Nias bernuansa alam seperti pantai, pulau-pulau, dan air terjun. Namun, selain itu Anda juga dapat menemukan destinasi wisata yang bercorak adat dan budaya seperti museum dan pedesaan tradisional.

Banyak pengunjung yang penasaran dengan pesona keindahan Nias yang memanjakan mata. Oleh sebab itu, simak 15 rekomendasi tempat wisata di Nias yang wajib Anda kunjungi saat berlibur.

1. Pulau Tello

Pulau Tello

Lokasi: Pulau Telo Kec. Pulau Pulau Batu, Kab. Nias Selatan. – Image Credit by Jelajahpulau.com

Pulau ini terletak di Nias Selatan. Memiliki keindahan pantai yang sangat menarik banyak pengunjung lokal maupun interlokal. Bagaimana tidak, Pulau Tello memiliki pesona pasir yang sangat bersih, laut biru, dan kondisi pantai yang tidak terlalu ramai pengunjung.

Selain itu, pantai ini memiliki gulungan ombak yang yang menambah kesegaran. Di sekitar lingkungan pantai juga menyuguhkan pemandangan tetumbuhan yang masih asri.

2. Pulau Wunga Laguna

Pulau Wunga Laguna

Lokasi: Pulau Wunga, Kec. Lauru I Afulu, Afulu, Kab. Nias Utara. – Image Credit by Trivitaweb.com

Pulau Wunga Laguna terbentuk karena bencana gempa yang terjadi pada tahun 2005 silam. Pulau ini memiliki eksotisme yang tentunya sangat memikat.

Anda dapat berlibur bersama teman, keluarga, maupun kekasih untuk bersantai di pulau ini. Kebersihan dan keasrian yang masih terjaga membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

3. Pantai Lagundri

Pantai Lagundri

Lokasi: Lagundri, Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan. – Image Credit by Pesona.travel

Pantai Lagundri ini berdekatan dengan pantai Sorake yang ada di Kepulauan Nias. Jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda dijamin tidak akan merasa kecewa. Dikarenakan pantai ini termasuk pada daftar 10 pantai terbaik di dunia.

BACA:  10 Tempat Wisata di Samosir Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pantai Lagundri memiliki ombak yang tentunya membuat peselancar sangat menyukai tempat ini. Ketinggian ombak dapat mencapai 8 hingga 10 meter. Serta hamparan laut biru yang sangat menawan hati.

4. Desa Orahili

Desa Orahili

Lokasi: Orahili, Kec. Bawolato, Kab. Nias. – Image Credit by Reservasiku.com

Salah satu desa wisata yang berada di Kepulauan Nias adalah Desa Orahili. Desa ini merupakan kawasan megalithikum tertua di Indonesia. Diperkirakan telah ada sejak 1000 sampai 1500 tahun sebelum masehi.

Disini Anda akan menemukan berbagai bukti peninggalan seperti batu yang ditata berdiri tegak, batu datar, dan masih banyak lagi. Desa Oahili merupakan tempat wisata yang tepat bagi Anda yang ingin mempelajari kebudayaan.

5. Pantai Ladeha

Pantai Ladeha

Lokasi: Lolomoyo, Kec. Amandraya, Kab. Nias Selatan. – Image Credit by Niasinphoto.wordpress.com

Pantai Ladeha merupakan salah satu pantai yang terletak di Nias Selatan. Di tempat wisata ini Anda akan dimanjakan dengan panorama pantai yang sangat eksotis. Laut yang biru juga hamparan bebatuan yang sangat indah.

Tempat ini merupakan kawasan yang sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi fotografi. Tidak heran, Pantai Ladeha juga seringkali dimanfaatkan untuk foto pre-wedding. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kolam alami yang ada di dekat pantai untuk berenang atau sekedar berendam menikmati suasana.

6. Pulau Asu

Pulau Asu

Lokasi: Bawosaloo, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat. – Image Credit by Pemburuombak.com

Pulau Asu bisa terbilang merupakan pulau yang berkelas. Hal ini dikarenakan untuk akomodasi penyebrangan, Anda harus membayar cukup mahal untuk sampai ke lokasi.

Namun, hal tersebut akan terbayarkan apabila ada telah sampai di pulau ini. Keindahan laut dan panorama alam yang ditawarkan membuat Anda enggan untuk meninggalkan tempat ini.

BACA:  10 Tempat Makan Romantis di Medan untuk Momen Spesial

7. Desa Bawomataluo

Desa Bawomataluo

Lokasi: Bawomataluo, Kec. Fanayama, Kab. Nias Selatan. – Image Credit by Pesona.travel

Jika Anda mengunjungi Nias Selatan, Anda wajib mengunjungi Desa Bawamataluo. Hal ini dikarenakan tempat ini merupakan tempat ikonik di Nias. Jika Anda seringkali melihat tradisi lompat batu di berbagai media, disinilah tempatnya.

Di Desa Bawamataluo, tradisi masih kuat dilestarikan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan 12 telaga bernama Namo Sifelendrua yang juga sangat memukau.

8. Pantai Gawu Soyo

Pantai Gawu Soyo

Lokasi: Ombolata, Kec. Afulu, Kab. Nias Utara. – Image Credit by Ksmtour.com

Jika Anda mengunjungi Kepulauan Nias, jangan pernah melewatkan pesona Pantai Gawu Soyo. Bagaimana tidak, pantai ini menyuguhkan panorama memukau yang tak biasa. Disini Anda akan menyaksikan hamparan pasir pantai berwarna merah muda yang tentunya sangat eksotis.

Perpaduan pasir berwarna merah muda tersebut dengan biru laut serta panorama tetumbuhan yang masih asri menjadikan pantai ini sangat menarik. Disini Anda dapat bersantai ataupun berfoto yang tentunya menjadikan pengalaman wisata Anda berkesan.

9. Pantai Sorake

Pantai Sorake

Lokasi: Jl. Sorake, Lagundri, Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan. – Image Credit by Pesona.travel

Pantai Sorake merupakan pantai yang sangat direkomendasikan bagi pecinta surfing. Ombak yang ada di pantai ini bisa mencapai ketinggian 30 meter yang tentunya sangat menantang para peselancar.

Banyak wisatawan lokal ataupun interlokal yang mengunjungi tempat ini untuk merasakan pengalaman berselancar yang menyenangkan. Selain itu kawasan ini juga memiliki panorama alam yang sangat memukau.

10. Kepulauan Hinako

Kepulauan Hinako

Lokasi: Lahawa, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat . – Image Credit by Boombastis.com

Kepulauan Hinako sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau. Disini terdapat beberapa pulau kecil yang kaya akan pesona alami yang  menakjubkan.

BACA:  12 Tempat Wisata di Deli Serdang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Jika Anda mengunjungi kepulauan ini, Anda akan dimanjakan dengan laut biru yang jernih serta tumbuhan yang masih asri. Kepulauan Hinako masih terjaga kelestariannya, sehingga lingkungan ini masih bersih dan tidak tercemar.

11. Museum Pusaka

Museum Pusaka

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, No. 134-A, P.O. Box 16, Iraonogeba, Kec. Mandrehe Barat, Gunungsitoli, Kab. Nias Barat. – Image Credit by Museum-nias.org

Jika Anda mengunjungi museum pusaka, mungkin Anda akan berpendapat bahwa museum ini merupakan salah satu meseum terindah yang pernah Anda kunjungi. Bagaimana tidak, kawasan museum yang didalamnya berisi artefak-artefak kuno ini juga menawarkan keindahan pinggir laut yang memikat.

Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan kunjungan wisata edukatif sekaligus juga ingin menikmati panorama laut. Selain itu di kawasan museum ini juga terdapat kebun binatang yang menambah daya tarik pengunjung.

12. Pantai Indah Tureloto

Pantai Indah Tureloto

Lokasi: Balefadoro Tuho, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara. – Image Credit by Yangrame.com

Pantai Indah Tereloto terletak di Nias Utara. Termasuk kedalam daftar jajaran pantai terindah di Nias yang patut Anda kunjungi.

Di Pantai Indah Tereloto, Anda dapat merasakan sensasi dari laut mati yang ada disini. Tak perlu  jauh-jauh ke laut mati yang ada di Timur Tengah. Disini Anda juga dapat mengapung di atas air, yang tentunya dapat menjadikan pengalaman liburan Anda yang menyenangkan.

13. Air Terjun Luaha Ndroi

Air Terjun Luaha Ndroi

Lokasi: Fulolo, Kec. Alasa, Kab. Nias Barat. – Image Credit by Linkterkini.com

Jika Anda mengunjungi Nias, tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi Air Terjun Luaha Ndroi. Air terjun ini masih memiliki keasrian alam yang terjaga dengan baik.

Disini Anda dapat menikmati suasana Air Terjun Luaha Ndroi yang menyegarkan sembari bersantai menikmati suasana. Rindangnya pepohonan dan kicauan burung juga akan menambah kualitas liburan Anda yang menyenangkan.

14. Pantai Hoya

Pantai Hoya

Lokasi: Teluk Belukar, Kec. Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli. – Image Credit by Davestpay.com

Pantai Hoya bisa dikatakan sebagai kawasan yang dinilai romantis. Disini Anda dapat menikmati keindahan pasir putih serta deburan ombak yang tenang.

Pada saat sore hari, Anda juga dapat menyaksikan panorama matahari terbenam yang sangat memukau. Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat pohon pinus yang membuat suasana semakin nyaman.

15. Air Terjun Humogo

Air Terjun Humogo

Lokasi: Fadoro, Kec. Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli. – Image Credit by Rri.co.id

Air Terjun Humogo dapat Anda jadikan pilihan destinasi wisata Anda di Nias selain pulau-pulau dan pantai. Air terjun ini memiliki kondisi lingkungan yang masih bersih dan asri.

Disini, Anda akan merasakan udara segar dari hembusan air yang terjun dari ketinggian. Tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga Anda.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Kepulauan Nias. Jangan ragu untuk memilih Nias sebagai destinasi liburan Anda karena tempat ini dapat menjamin kepuasan berlibur Anda dengan keindahan alamnya. Semoga bermanfaat!