Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Tretes dan Prigen, Pasuruan. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer & Paling Hits yang Kaya Pesona, Wajib Anda Eksplor Saat Memilih Liburan ke Pasuruan.

Berkunjung ke Pasuruan belum lengkap tanpa singgah ke daerah Tretes Prigen. Desa ini terkenal sejak lama sebagai tempat peristirahatan. Berbagai bangunan kuno dapat dijumpai karena Tretes sudah menjadi lokasi wisata sejak zaman kolonial. Yang membuat Tretes sangat menarik adalah lokasi berhawa sejuk karena berada di lereng bukit.

Beberapa tempat wisata tersebar di sekitar Tretes termasuk juga kecamatan Prigen. Anda bisa mengunjungi langsung dan menikmati keindahan alam. Selanjutnya, Prigen termasuk lumayan luas dan wisatawan bisa mengeksplorasi beberapa lokasi termasuk yang masih murni belum banyak sentuhan manusia.

Agar perjalanan lebih terarah, Anda membutuhkan rujukan. Berikut ini ulasan daftar tempat wisata populer ketika berkunjung ke Tretes dan Prigen, Pasuruan. Anda cukup meluangkan waktu dan mencoba satu per satu. Jika Tretes dan Prigen masih belum cukup, Pasuruan dan sekitarnya memberikan berbagai wisata lainnya.

1. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo
Image Credit: Ibisnis.com

Objek wisata di Prigen yang pertama adalah air terjun Kakek Bodo. Namanya unik tetapi Anda sebaiknya lebih fokus ke lokasi yang memberikan suasana alami. Air terjun ini terletak di dataran tinggi dimana Anda akan merasakan suasana sejuk dan segar. Ketinggiannya sekitar 40 hingga 50 meter. Selain itu, ada area hasil curah air terjun yang bisa dipakai untuk berenang dan berendam.

Air terjun atau coban di Pasuruan ini mengalir sepanjang tahun. Di musim kemarau, debit air akan berkurang tetapi tetap mengalir. Jika ingin melihat debit dan aliran secara penuh, Anda sebaiknya datang di musim hujan. Akan tetapi, pengunjung perlu waspada karena area bisa sangat licin.

Lokasi: Jl. Taman Wisata, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

2. Air Terjun Putuk Truno

Air terjun Putuk Truno
Image Credit: Instagram.com @fotoindongkip

Air terjun selanjutnya di Prigen adalah Putuk Truno. Jika bertanya kepada orang asli sana tentang wisata terbaik, nama putuk truno pasti akan muncul dan sangat direkomendasikan. Wisata ini terletak di alam terbuka dengan suasana yang masih asri dan segar. Anda bisa mendaki langsung ke area ini.

Tinggi air terjun adalah 45 meter menjulang ke atas seperti tebing. Wisatawan bisa bermain di bawahnya langsung ketika debit air cukup rendah. Akan tetapi, musim hujan akan meningkatkan aliran sehingga Anda perlu berhati-hati. Apabila sedang beruntung, pengunjung mungkin melihat langsung pelangi akibat pembiasan air.

Lokasi: Jl. Putuk Truno, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

3. Candi Jawi

Candi Jawi
Image Credit: Dowisata.com

Kawasan Tretes menjadi terkenal sejak ditemukan berbagai candi. Salah satunya adalah Candi Jawi. Ini adalah candi yang tertulis di kitab kuno Negarakertagama. Bentuknya menyerupai candi Hindu pada umumnya yaitu ramping dan hanya satu stupa. Selain itu, candi memiliki ukuran yang lumayan besar.

Yang menarik dari candi ini adalah pola batu karena berbeda antara dasar dan bagian tengah hingga atap. Candi memiliki warna gelap di bagian alas lalu semakin cerah untuk dinding utama. Para ahli memperkirakan hal ini terjadi karena adanya dua kali pembangunan atau renovasi karena bencana alam.

Lokasi: Jl. Raya Candiwates, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

4. Air Terjun Alap-Alap

Air Terjun Alap-Alap
Image Credit: Instagram.com @imamust_01

Prigen masih memiliki air terjun atau coban yang juga menarik untuk dikunjungi. Lokasi tersebut bernama air terjun Alap-alap. Area sejuk dan masih alami mendominasi sekitar lokasi ini. Pengunjung juga melihat satwa dan vegetasi termasuk kawanan kera yang masih hidup di sekitar air terjun tersebut.

Perbedaan tempat wisata ini dengan yang sejenis adalah struktur air terjun bertingkat tiga. Ada akan melihat langsung bahwa air tidak jatuh ke bawah tetapi masih melewati tingkatan. Kondisi ini membuat air terjun terdengar lebih senyap dibandingkan yang lain. Pengunjung bisa menikmati kolam di bagian bawah.

Lokasi: Pecalukan , Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

5. Taman Safari Indonesia 2

Taman Safari Indonesia 2
Image Credit: Lenteratoday.com

Tempat wisata terkenal di Prigen adalah Taman Safari Indonesia 2. Ini adalah salah satu dari taman safari di Indonesia dengan area yang luas dan besar. Anda bisa melihat berbagai jenis satwa yang menjadi koleksi taman safari tersebut.

Selain itu, tempat ini juga mempunyai wahana permainan dan pertunjukan. Bagi yang suka aktivitas ekstrem, ada waterpark. Secara keseluruhan, ini adalah tempat wisata terbaik dan mudah dijangkau. Anda dapat mengajak keluarga dan teman.

Lokasi: Jatiarjo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

6. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho
Image Credit: Aninuraini.student.umm.ac.id

Destinasi wisata budaya di Pasuruan adalah Masjid Cheng Ho. Nama masjid ini sebagai penghormatan kepada sosok bersejarah dalam penyebaran Islam asal negara China. Masjid dibangun dengan perpaduan arsitektur China dan Jawa.

Selain tempat ibadah, tempat ini juga mempunyai ruang pertemuan yang disewakan. Pengunjung dapat berkeliling dan melihat dari dekat desain bangunan. Selanjutnya, ada area khusus untuk istirahat apabila sudah lelah.

Lokasi: Jl. Raya Kasri, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan.

7. Taman Candra Wilwatikta

Taman Candra Wilwatikta
Image Credit: Aninuraini.student.umm.ac.id

Tretes memiliki beberapa lokasi wisata terkait sejarah. Salah satunya adalah taman Candra Wilwatikta. Ini adalah tempat untuk berlatih para prajurit di era Majapahit. Saat ini, lokasinya sudah mengalami pemugaran dan perbaikan sehingga lebih layak. Suasana masa lampau membuat taman ini memiliki daya tarik yang khas.

Taman juga terdapat panggung terbuka. Berbagai pertunjukan dan event sering digelar. Pengunjung cukup duduk di sekitar untuk menikmati suasana acara. Daya tarik lain adalah latar belakang panggung yaitu Gunung Penanggungan.

Lokasi: Sumber Gedang, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan.

8. Sien Orchid

Sien Orchid
Image Credit: Netralnews.com

Wisata lain di Tretes Prigen adalah Sien Orchid. Ini adalah agrowisata taman anggrek yang sangat luas. Anda bisa menemukan berbagai jenis anggrek yang telah dibudidaya sejak sepuluh tahun lalu. Saat ini, lokasinya menjadi tujuan wisata populer dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.

Selain berkeliling, pengelola juga menyediakan produk anggrek untuk pengunjung. Mereka dapat membeli langsung dan memilih anggrek berkualitas terbaik. Untuk menunjang pariwisata, Sien Orchid dilengkapi dengan homestay dan beberapa penginapan.

Lokasi: Jl. Raya Ngemplak, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

9. Air Terjun Kebo Glundung

Air terjun Kebo Glundung
Image Credit: Pikniktoday.com

Prigen memiliki air terjun yang masih alami. Tempat tersebut adalah air terjun Kebo Glundung. Nama yang unik dan tempat yang indah untuk menikmati suasana alam. Keunggulan dari lokasi ini adalah masih asri dan sepi. Anda tidak akan melihat banyak pengunjung sebab air terjun belum terkenal.

Lokasinya berada di dataran tinggi dan berhawa sejuk. Anda akan melihat hutan pinus saat berkunjung. Air terjun masih jernih dan ada kolam yang lumayan besar di bagian bawah. Anda membutuhkan persiapan dan guide apabila ingin berkunjung ke air terjun Kebo Glundung.

Lokasi: Trestes, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

10. Baobab Safari Resort

Baobab Safari Resort
Image Credit: Agoda.com

Wisata selanjutnya di Prigen adalah Baobab Safari Resort. Ini adalah destinasi wisata dengan konsep alam liar di Afrika. Yang menarik adalah lokasinya benar-benar dibuat semirip mungkin. Pengunjung bisa menikmati suasana alam padang luas dengan latar belakang yang indah.

Agar lebih memberikan sensasi Afrika, tempat ini menyediakan satwa liar seperti zebra, jerapah, gajah, dan sebagainya. Layanan lain adalah berinteraksi langsung ke hewan tersebut. Anda akan merasakan suasana berbeda dan pengalaman unik setelah berkunjung ke Baobab Safari.

Lokasi: Gunung Princi, Jatiarjo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

11. Saygon Waterpark

Saygon Waterpark
Image Credit: Explorewisata.com

Wisata unik menjadi ciri khas dari Saygon Waterpark. Tempat ini bukan rekreasi air yang biasa sebab ada pesawat asli di tengahnya. Pengelola sengaja menempatkan pesawat tersebut sebagai daya tarik dan juga edukasi. Pengunjung bisa bermain di dalam dan melihat sekeliling.

Tentu saja, atraksi utama tetap kolam air yang memiliki beberapa wahana. Bagi yang ingin mencoba hal baru, roller coaster bisa menjadi pilihan. Wahana air ini termasuk yang sangat direkomendasikan karena selalu padat. Hal ini menunjukkan bahwa saygon waterpark termasuk jajaran utama di daftar wisata yang wajib dikunjungi saat di Prigen, Pasuruan.

Lokasi: Sengon, Pucangsari, Kec. Purwosari, Kab. Pasuruan.

12. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar
Image Credit: Google Maps (jhon wid)

Air terjun yang alami menjadi hal menarik bagi pengunjung. Anda ingin merasakan camping di alam liar. Lokasi yang tepat adalah air terjun Gumandar. Perlu Anda ketahui, berkunjung ke tempat ini membutuhkan usaha ekstra. Medan yang cukup berat tetapi masih bisa dilewati. Semuanya terbayar lunas dengan keindahan alam dari air terjun.

Fasilitas belum memadai sehingga camping membutuhkan persiapan. Anda bisa menitipkan kendaraan di warna setempat. Meskipun masih banyak keterbatasan, daya tarik air terjun ini tidak berkurang. Sebaliknya, wisatawan yang ingin merasakan sensasi alam liar langsung perlu singgah di air terjun Gumandar.

Lokasi: Jl Raya Ledug, Prigen, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

13. Gunung Arjuno dan Welirang

Gunung Arjuno dan Welirang
Image Credit: Youtube.com (Matthias Günther)

Tretes dan Prigen terletak di kaki gunung tepatnya Arjuno dan Welirang. Keduanya merupakan gunung yang sering menjadi tujuan pendakian. Bagi yang gemar hiking, gunung Arjuno dapat dipertimbangkan. Medannya kombinasi sulit dan mudah sehingga menambah tantangan sendiri.

Sebelum melakukan pendakian, Anda wajib mempersiapkan diri. Keuntungan dari wisata ini adalah dukungan langsung dari pengelola. Saat mulai dari Tretes atau area lain di Prigen, Anda akan mendapatkan petunjuk dan beberapa perlengkapan penunjang.

Lokasi: Pecalukan, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

14. Tretes Treetop Adventure

Tretes Treetop Adventure
Image Credit: Tripadvisor.com

Anda suka dengan petualangan dan uji nyali. Tempat wisata yang tepat adalah Tretes Treetop Adventure. Ini adalah destinasi khusus untuk mereka yang ingin merasakan adrenalin tinggi. Lokasinya berada di area gunung sehingga lebih nyaman dan segar. Selain itu, Anda bisa melihat langsung suasana kaki gunung saat sudah mencoba wahana di tempat tersebut.

Selain aktivitas biasa, pengunjung dapat mencoba sebuah wahana yang meluncur dari satu pohon ke lainnya. Anda seolah terbang karena jarak ke bawah lebih dari 40 meter. Masih ada wahana lain bagi yang belum bosan. Pengelola sudah memiliki lisensi termasuk para staff yang siap menjaga keselamatan dan keamanan.

Lokasi: Jl. Raya Trawas, Sumber Wekas, Lumbangrejo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

15. Kawasan Kuliner Surya

Kawasan Kuliner Surya
Image Credit: Portaltiga.com

Berkunjung ke Tretes belum lengkap tanpa menikmati sajian kuliner. Anda tidak perlu repot dari satu restoran ke tempat lain. Semuanya tersedia di kawasan kuliner Surya. Ini adalah area khusus untuk berbagai stand makanan. Menunya sangat bervariasi karena ada banyak sekali penjual. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

Anda bisa mencoba berbagai jenis sate. Kuliner ini sangat khas di kawasan wisata Tretes. Setelah itu, ada juga makanan sekitar jawa timur termasuk menu dari Surabaya. Selain makanan, masih ada minuman seperti wedang ronde yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Seperti yang telah diketahui, Tretes memiliki hawa sejuk jadi tubuh harus tetap hangat.

Lokasi: Jl. Taman Wisata, Semeru, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

Kawasan Tretes menjadi destinasi unggulan di Pasuruan bahkan Jawa Timur. Wisatawan berasal dari berbagai daerah terutama Surabaya. Anda bisa memilih wisata alam berupa air terjun yang juga tersebar di beberapa lokasi Prigen. Yang menarik, Tretes dan Prigen masih memiliki wisata sejarah karena area tersebut sejak dahulu adalah bagian penting dari kerajaan Majapahit.