Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sremo Tengah, Kec. Hargowilis, Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Bagi warga yang tinggal di sekitaran Yogyakarta pastinya sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Waduk Sermo di Kulon Progo. Waduk yang memiliki berbagai jenis spot foto yang menarik untuk dikunjungi.

Kawasan wisata yang berada di perbatasan hutan suaka marga satwa yang ada di sermo dan terletak di perbukitan ini memiliki keindahan yang terlihat begitu sejuk dan asri. Keberadaan hutan kecil akan menyambut Anda ketika baru memasuki area waduk. Karena keindahannya, hutan ini kerap kali digunakan sebagai tempat foto untuk praweding.

Waduk ini juga menjadi jalur bagi pendaki yang ingin berpetualang menuju ke Gunung Gajah dan Puncak Dipowono, Kalibiru. Jadi bagi Anda yang berniat untuk berlibur ke waduk ini, Anda juga sekaligus berkesempatan untuk bisa mampir ke Gunung Gajah dan Puncak Dipowono.

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Sermo

Daya Tarik Waduk Sermo
Image Credit: Instagram a_riyan21

1. Keindahan Alam yang Mempesona

Waduk Sermo menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona. Memiliki danau jernih dengan warna kehijauan hingga rerumputan hijau yang menjadi karpet bagi permukaan tanah membuat kawasan wisata ini terasa asri dan sejuk.

Ketika cuaca sedang cerah, Anda juga dapat menikmati awan di langit biru di kawasan ini yang juga sangat indah. Air yang ada di danau juga dapat memantulkan bayangan cantik dari awan dan pohon pohon yang berada di sekitarnya. Hal ini tentu saja dapat membuat area waduk terasa lebih sejuk dan asri, bahkan ketika matahari sedang terik teriknya.

2. Pulau Terapung

Ketika berkunjung ke tempat wisata waduk ini, pengunjung bukan hanya akan disuguhkan dengan keindahan alam sekitarnya, tetapi juga bangunan buatan warga sekitar berupa pulau terapung. Untuk dapat menuju pulau ini, Anda harus menaiki perahu manual yang ditarik dengan tambang.

Pulau yang dibuat warga sekitar dari besi sudut, sterofom, dan bambu yang berada terapung di tengah laut ini akan dapat memberikan Anda pengalaman tersendiri. Namun Anda perlu memperhatikan peraturan yang berlaku, yakni maksimal hanya 8 orang yang diperbolehkan naik ke pulau ini secara bersamaan. Hal ini demi menjaga keselamatan bagi setiap pengunjung.

3. Bukit Pethu

Objek wisata Waduk Sermo Kulon Progo juga menyediakan sebuah gardu pandang atau yang lebih sering disebut Bukit Pethu. Di area gardu pandang ini Anda akan mendapatkan pengalaman unik yang jarang bisa didapatkan di tempat lain. Anda juga dapat menyaksikan keindahan pemandangan alam yang ada di bawahnya.

Jika dilihat dari atas, pemandangan yang tersuguh nampak begitu jelas dan indah. Setelah berada di area ini jangan lupa untuk mengambil gambar sebagai kenang kenangan. Untuk dapat naik ke atas bukit ini, disediakan sebuah tali sebagai pengaman bagi pengunjung.

Dengan menawarkan panorama alam yang sungguh mengagumkan, dijamin ketika naik dan berada di Bukit Pethu Anda akan merasa puas dan tidak mau meninggalkan area bukit tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Waduk Sermo
Image Credit: Instagram Haidar Farras

4. Gumuk Sri Tinon

Daya tarik selanjutnya yang ada di Waduk Sermo yaitu Gumuk Sri Tinon yang juga merupakan sebuah gardu pandang. Di area ini Anda akan ditemani dengan keindahan pepohonan dan rerumputan hijau yang terlihat begitu segar. Selain itu, tersedia pula jembatan bambu eksotis yang disertai dengan adanya bumi perkemahan, saung, dan aula.

5. Taman Pring Kuning

Bagi Anda yang gemar dengan dunia fotografi, ketika Anda datang ke kawasan wisata Waduk Sermo kurang lengkap rasanya apabila belum memotret gambar dari area Taman Pring Kuning.

Taman Pring Kuning ini menyediakan beberapa spot foto yang begitu menarik dan instagramable.

Mulai dari spot love, tapir, hingga rumah bambu tersedia di area ini. Namun bagi Anda yang ingin memasuki kawasan ini, Anda akan dikenai biaya tambahan sebesar 5 ribu rupiah. Harga ini terbilang masih cukup wajar jika dibandingkan dengan berbagai spot yang sudah disediakan di area ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Waduk Sermo
Image Credit: Instagram Applikasi Kemping Indonesia ID

Objek wisata yang memiliki lanskap alam begitu indah ini terletak di Kecamatan Kokap, yakni salah satu kecamatan yang masuk ke dalam Kabupaten Kulon Progo. Untuk bisa mencapai lokasi wisata ini Anda tidak akan merasa kesulitan, sebab hanya terdapat satu jalur untuk menuju tempat wisata ini. Akses jalannya pun cukup mudah, dengan jalanan yang sudah beraspal dan cukup lebar.

Untuk rute perjalanan menuju lokasi wisata ini, dapat dilalui dari Jalan Wates. Anda dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta dan kemudian menuju arah Jalan Wates. Setelah berada di jalan ini, Anda hanya perlu mengikuti jalur hingga bertemu dengan patung kuda. Dari patung tersebut,Anda dapat mengambil arah ke kanan hingga sampai di lokasi Waduk Sermo.

Jarak yang akan Anda lalui dari pusat Kota Yogyakarta menuju lokasi objek wisata waduk ini adalah sekitar 35 kilometer. Atau membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit sampai satu jam tergantung dengan kecepatan kendaraan yang Anda gunakan. Anda juga tidak akan merasa bosan selama perjalanan, sebab terdapat pemandangan sawah indah di kiri dan kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Wisata Waduk

Harga Tiket Waduk Sermo Kulon Progo
Image Credit: Instagram WISATA JOGJA |TOURTRAVEL|TRIP

Objek wisata yang terkenal dengan keindahan yang ditawarkannya ini memiliki biaya masuk yang ramah dikantong. Kawasan wisata Waduk Sermo ini sangat cocok bagi Anda yang gemar jalan jalan dengan budget minim.

Anda hanya dipungut biaya masuk untuk retribusi sebesar 2 ribu rupiah per satu orang. Harga ini terbilang harga yang sangat murah untuk dapat memasuki suatu kawasan wisata. Hanya dengan biaya 2 ribu rupiah tersebut Anda sudah bisa menikmati keindahan alam sekitarnya sekaligus mengambil foto di beberapa spot menarik.

Biaya lain yang diberlakukan di kawasan wisata waduk ini yaitu biaya parkir kendaraan. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya sebesar 2 ribu rupiah saja bagi kendaraan roda dua dan sebesar 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat. Tempat wisata waduk ini benar benar dapat menjadi destinasi wisata low budget bagi Anda yang berkunjung ke sini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Waduk Sermo

Aktivitas di Waduk Sermo
Image Credit: Instagram Ahzan Mustofa

1. Menaiki Perahu Motor

Kegiatan menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Waduk Sermo yaitu menaiki perahu motor. Anda dapat mengelilingi area waduk dengan menggunakan perahu motor yang disediakan oleh pengelola kawasan waduk ini. Hal ini tentu saja dapat menjadi pengalaman menarik bagi Anda.

Dengan hanya duduk santai, Anda sudah dapat berkeliling keliling waduk dengan menawarkan keindahan yang luar biasa. Untuk menaiki perahu motor ini, setiap pengunjung akan dikenakan biaya khusus yang diberlakukan, namun tak perlu khawatir, sebab biayanya masih terbilang wajar.

2. Camping di Sekitar Waduk

Anda juga dapat melakukan camping di tempat wisata waduk ini. Sudah terdapat area khusus yang dapat digunakan pengunjung untuk mendirikan tenda dan bermalam di sini. Suasana malam yang begitu menenangkan dapat Anda rasakan ketika bermalam di area sekitar waduk ini.

Selain itu, pada sore harinya, Anda dapat melihat pemandangan cantik dari matahari sore. Semburat warna oranye akan memantul di atas permukaan air waduk yang dapat membuat suasana terasa semakin romantis dan juga eksotis.

3. Berburu Spot Foto Menarik

Keindahan kawasan Waduk Sermo ini dapat Anda manfaatkan untuk mengambil gambar dengan berbagai spot menarik. Tak jarang objek wisata waduk ini dijadikan sebagai tempat pemotretan sesi preweding bagi calon pengantin.

Beberapa spot foto menarik yang disediakan pengelola di tempat wisata waduk ini diantaranya Bukit Pethu, Taman Bambu Air, Taman Munggur, Pulau Terapung, Jangka Hill, Gumuk Sri Tinon, dan masih banyak lagi spot spot foto lain yang dapat Anda datangi di kawasan wisata waduk ini.

Aktivitas Menarik di Waduk Sermo
Image Credit: Instagram Ahzan Mustofa

4. Menaiki Perahu Gethek

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata Waduk Sermo ini adalah menaiki perahu gethek atau perahu tradisional yang terbuat dari bambu. Anda bisa mengintari atau mengelilingi area waduk menggunakan perahu ini.

Namun berbeda dengan perahu motor, Anda harus menggerakkan perahu gethek ini secara manual dengan cara mengayuhnya, sebab perahu ini tidak memiliki mesin seperti perahu motor. Anda dapat merasakan sensasi tertantang dengan menaiki perahu gethek tradisional ini.

5. Bersantai di Gazebo

Di kawasan wisata waduk ini juga tersedia gazebo atau gubug yang dapat Anda gunakan untuk duduk duduk dan bersantai dengan ditemani pemandangan cantik dari kawasan waduk. Anda dapat sejenak menghilangkan rasa lelah akan persoalan yang setiap hari Anda rasakan, baik di kantor maupun di sekolah.

Sembari duduk bersantai sambil menikmati pemandangan, Anda juga dapat membawa makanan ringan agar momen bersantai Anda ini bisa terasa semakin lengkap. Tempat ini juga cocok dijadikan sebagai spot untuk melihat matahari sore yang terlihat begitu indah dengan menawarkan suasana romantis dan tenang yang lebih berasa.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Waduk

Fasilitas Waduk Sermo
Image Credit: Google Maps WADUK SERMO

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Waduk Sermo sudah dapat dikatakan cukup lengkap dan memadai bagi pengunjung. Pengunjung dapat dibuat nyaman dengan adanya berbagai fasilitas di kawasan wisata waduk ini. Salah satu fasilitas yang ada di tempat ini yaitu area parkir khusus bagi kendaraan milik pengunjung yang datang ke sini.

Selain itu, sudah tersedia beberapa warung makan di tempat wisata ini. Anda tidak akan merasa kelaparan dengan adanya warung makan ini. Keberadaan warung makan ini dikelola langsung oleh masyarakat sekitar yang memanfaatkan tempat wisata ini untuk berjualan. Beberapa menu lokal yang ditawarkan di sini memiliki rasa yang lezat dan dapat menggugah selera makan Anda.

Fasilitas pendukung lain yang ada di kawasan ini diantaranya, tempat duduk bambu yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat pengunjung untuk beristirahat setelah lelah berjalan jalan. Selain itu tersedia pula fasilitas lain mulai dari toilet umum dengan kebersihan yang begitu terjaga, tempat sampah di berbagai lokasi, hingga tempat camping yang luas ada di kawasan wisata waduk ini.

Demikianlah beberapa informasi yang terkait dengan Waduk Sermo di Kulon Progo. Destinasi wisata waduk ini tentu saja bisa menambah daftar tempat wisata yang dapat Anda kunjungi ketika sedang berada di Yogyakarta. Objek wisata ini juga cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga yang menawarkan keindahan alam menawan.