Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Ketika Anda merasa bosan dengan destinasi wisata modern, Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo dapat menjadi solusinya. Air terjun ini memiliki suasana yang tenang dan asri pada sekelilingnya. Selain itu, air terjun ini terkenal karena memiliki dua warna yang cantik yaitu biru toska dan jernih alami. Pesonanya tentu membuat Anda ingin segera merasakan kesegaran air tersebut.

Tidak hanya memandangi keindahan airnya saja, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru di lokasi wisata ini. Cobalah untuk menikmati air di pancuran dari bambu ataupun menaiki papan seluncur kayu yang menyenangkan. Anda dapat menenangkan fikiran dari stres setelah lelahnya bekerja ketika datang ke air terjun tersebut.

Awal mula adanya Air Terjun Kedung Pedut merupakan hasil aliran dari sebuah mata air bernama Mudal. Mata air tersebut mengalir ke berbagai air terjun yang berada di Kulon Progo. Namun, masing-masing air terjun memiliki kedalaman serta ciri khas yang berbeda-beda. Fasilitas dalam lokasi wisata ini juga sangat memadai dan akan membuat Anda nyaman ketika liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kedung Pedut

Daya Tarik Air Terjun Kedung Pedut
Image Credit: Google Maps Wisata Jogja

1. Keindahan Alam yang Asri dan Mempesona

Daya tarik utama dari Air Terjun Kedung Pedut ini yaitu alamnya yang tenang sehingga banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan, khususnya pecinta alam. Air terjun yang hadir dengan warna jernih dan biru tosca ini sangat jarang ditemukan pada lokasi wisata lainnya. Banyak wisatawan yang mengabadikan kelangkaan pesona alamnya ini dengan berfoto di lokasi tersebut.

Selain itu, pemandangan alamnya yang masih asri membuat siapapun betah ketika mengunjunginya. Air terjun ini akan semakin terlihat indah ketika terkena sinar matahari yang membuat warnanya menjadi berkilau dan cantik. Aliran airnya sendiri tidak terlalu deras sehingga dapat digunakan untuk berenang dengan aman.

2. Fasilitas Lengkap

Meskipun berbentuk wisata alam, air terjun ini menghadirkan banyak fasilitas menarik yang dapat Anda gunakan selama berlibur disana. Fasilitas yang paling disukai para wisatawan adalah Flying Fox karena dapat memicu adrenalin dan menjadikan liburan terasa lebih seru. Jadi, Anda dapat menikmati dua jenis wisata sekaligus, baik dari segi alam dan modern dalam satu lokasi saja.

Berlibur ke lokasi air terjun ini akan lebih berkesan ketika mengajak keluarga ataupun rombongan teman untuk mengunjunginya. Anda dapat bermain seluncur secara berkelompok dan menjadikan liburan semakin menyenangkan. Lokasi wisata ini juga menyediakan banyak fasilitas lainnya yang cukup lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan para pengunjungnya.

3. Spot Foto Terbaik

Daya tarik selanjutnya dari Kedung Pedut yaitu menjadi salah satu spot foto terbaik di daerah Jogjakarta. Berfoto dengan latar belakang air terjun yang memiliki dua warna tentunya memberikan hasil keren dan estetik. Uniknya, Anda tidak harus melakukan kegiatan berfoto tersebut di lokasi air terjun saja. Destinasi wisata ini memiliki beberapa spot foto favorit di dalamnya.

Banyak wisatawan terutama kalangan anak muda yang melakukan selfie di sekitar air terjun. Anda dapat berfoto bersama keluarga di sebuah jembatan khas dari bambu yang terlihat alami dan mempesona. Mengabadikan momen ketika bermain Flying Fox juga menjadikan liburan Anda memiliki kenangan terbaik yang sulit untuk dinikmati kembali.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Kedung Pedut
Image Credit: Google Maps Ditta Alfianto

Air Terjun Kedung Pedut berlokasi di daerah Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya beralamat di Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo. Meskipun jauh dari pusat kota, air terjun ini tetap menjadi destinasi favorit dan banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya, terutama ketika musim liburan tiba.

Rute menuju lokasi wisata ini cukup melelahkan karena harus melewati area persawahan yang panjang. Sebelum sampai ke lokasi tujuan, Anda akan melihat berbagai destinasi wisata yang berada di daerah Kulon Progo. Pemandangan sawah sepanjang perjalanannya juga sangat menarik karena memiliki bentuk teras seiring dengan beberapa tebing di sekitarnya.

Anda harus mengendarai mobil ataupun motor pribadi karena tidak terdapatnya kendaraan umum untuk menuju Air Terjun Kedung Pedut. Dari pusat Kota Jogja, arahkan mobil ke bagian selatan menuju Jalan Mayor Suryotomo. Kemudian teruskan perjalanan ke Jalan R.E. Martadinata di bagian barat. Gunakan rute yang melalui Jalan Panembahan Senopati dan K.H. Ahmad Dahlan.

Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Wates, Siliwangi, dan Godean hingga perempatan di bagian barat. Anda dapat mengendarai mobil menggunakan peta online ataupun arah jalan yang telah tersedia. Pastikan pula arah jalan benar dengan bertanya pada warga sekitar. Kemudian arahkan kendaraan menuju Jalan Raya P.S. Kenteng yang sudah dekat dengan lokasi tujuan.

Total jarak yang telah ditempuh dari pusat kota tersebut yakni sekitar 35 kilometer dengan waktu satu jam perjalanan. Lelahnya perjalanan akan hilang ketika Anda melihat pesona dari destinasi tersebut dan langsung merasakan kesegaran air terjunnya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedut
Image Credit: Google Maps Mumtaz Mahfud

Untuk harga tiket masuk Air Terjun Kedung Pedut ini tergolong standar dimana Anda hanya perlu membayar 6000 rupiah saja untuk setiap orangnya. Hal tersebut dikarenakan Anda dapat menikmati keindahan air terjun serta berbagai lokasi menarik di dalamnya. Untuk parkir kendaraan yaitu 10.000 untuk mobil dan 3.000 rupiah bagi Anda yang menggunakan motor.

Namun, Anda tidak dapat menikmati keindahan air terjun ini selama berhari-hari karena keterbatasan waktu yang telah ditentukan. Jam operasional lokasi wisata ini yakni buka pukul 07.00 pagi dan akan tutup pada 17.00 sore. Jadi, Anda harus benar-benar memanfaatkan setiap waktunya agar liburan di air terjun ini terasa lebih maksimal dan memuaskan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Kedung Pedut

Aktivitas Air Terjun Kedung Pedut
Image Credit: Google Maps Adit Saputra

1. Berburu Foto Terbaik

Kegiatan menarik pertama yang dapat Anda lakukan di Air Terjun Kedung Pedut ini yaitu berfoto. Kegiatan selfie merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan ketika sedang mengunjungi lokasi wisata terutama air terjun indah seperti ini. Anda dapat membawa kamera ataupun handphone terbaik untuk mengabadikan banyak momen liburan di destinasi wisata tersebut.

Beberapa spot foto favorit para wisatawan diantaranya yaitu warna air terjun, jembatan, Gardu Padang, dan lokasi Flying Fox. Namun, tidak sedikit wisatawan yang berfoto bersama keluarga di Gazebo sebagai kenang-kenangan liburan di Kulon Progo. Bahkan, wisata ini semakin terkenal dengan banyaknya pengunjung yang berbagi foto air terjun tersebut di sosial media.

2. Berenang

Aktivitas yang wajib dilakukan ketika mengunjungi wisata alam berupa laut ataupun air terjun adalah berenang. Anda dapat merasakan kesegaran air terjun tersebut dari mulai buka hingga tutup dengan harga tiket yang sangat murah. Bermain air sepuasnya akan terasa menyenangkan terutama bagi kalangan anak-anak yang mengunjunginya.

Uniknya, Air Terjun Kedung Pedut memperbolehkan Anda untuk melompat setinggi 6 meter yang disebut dengan Rappelling. Anda dapat menggunakan pelampung agar lebih aman ketika merasakan keseruan tersebut. Kini tersedia banyak tempat penyewaan pelampung di lokasi air terjun ini.

3. Bersantai di Hammock

Bagi Anda yang suka bersantai sambil menikmati seluruh keindahan alam, dapat membawa Hammock ketika berlibur ke destinasi wisata ini. Pasanglah hammock pada dahan pohon yang kuat di hutan terdekat dari air terjun. Anda dapat beristirahat sambil merasakan angin sepoi-sepoi yang sejuk dan membuat nyaman di sekitar hutan tersebut.

Kegiatan ini dapat Anda lakukan ketika sore hari agar panas matahari tidak terlalu menyengat serta menyilaukan penglihatan. Anda harus memperhatikan waktu agar tidak tertidur pulas hingga larut malam dan tidak dapat keluar dari lokasi dengan mudah. Hal tersebut perlu diperhatikan karena wisata ini tidak dibuka selama 24 jam.

Aktivitas Seru Air Terjun Kedung Pedut
Image Credit: Instagram kedung.pedut

4. Bermain Sky Bike dan Flying Fox

Kegiatan menarik selanjutnya dari Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo yaitu bermain beberapa wahana ekstrem di dalamnya. Anda dapat merasakan sensasi bermain sepeda dengan keadaan melayang di lokasi Sky Bike. Cobalah untuk bermain di Sky Bike ini dan ambil foto keren ketika melakukannya. Bermain Sky Bike ini memerlukan biaya sebesar 30.000 rupiah perorangnya.

Selain itu, tersedia pula Flying Fox yang tidak kalah menarik untuk dinikmati. Anda dapat menggunakan berbagai gaya terbaik ketika meluncur dengan melakukan pengambilan foto oleh teman ataupun saudara. Anda harus membayar sekitar 20.000 rupiah untuk menikmati Flying Fox ini.

5. Bersantai Sambil Makan di Gazebo

Meskipun tidak tersedia banyak warung, Anda masih dapat duduk santai di Gazebo sambil menikmati berbagai makanan yang dibawa. Anda juga dapat menggunakan fungsi Gazebo tersebut untuk beristirahat setelah lelahnya beraktivitas selama seharian penuh.

6. Camping Ground

Anda dapat berkemah di sekitar Air Terjun Kedung Pedut dengan meminta izin terlebih dahulu pada warga sekitar atau panitia dari destinasi wisata. Tersedia fasilitas Camping Ground yang memperbolehkan Anda untuk menikmati air terjun selama 24 jam lamanya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Kedung Pedut
Image Credit: Google Maps Mumtaz Mahfud

Fasilitas yang telah tersedia di Air Terjun Kedung Pedut terbilang cukup lengkap. Tersedianya Mushola, Toilet, serta Tempat Parkir tentunya memudahkan Anda ketika akan beribadah, mandi, mengganti pakaian, serta penyimpanan kendaraan yang lebih aman. Terdapat pula Gazebo bagi Anda yang ingin bersantai sambil menikmati alam.

Tidak hanya fasilitas umum, destinasi wisata ini menyediakan Gardu Padang yang sering dijadikan spot foto oleh para pengunjung. Terdapat pula tempat unik lainnya seperti beberapa pancuran yang terbuat dari bambu dengan bentuk khasnya. Anda dapat duduk di beberapa papan dari bambu sambil menikmati bekal makanan yang dibawa dari rumah.

Fasilitas menarik lainnya yaitu tersedianya Flying Fox bagi Anda yang menyukai aktivitas pemicu adrenalin. Rute Flying Fox ini cukup luas dengan melewati seluruh area dari air terjun tersebut. Anda dapat merasakan ketegangan ketika berada diatas derasnya air terjun dalam posisi melayang.

Itulah beberapa informasi dari wisata Air Terjun Kedung Pedut di Kulon Progo yang sangat keren ini. Anda wajib mengunjunginya ketika sedang berada di Kota Jogjakarta dan sekitarnya. Siapkan perbekalan makanan yang cukup ketika akan mengunjungi objek wisata ini. Bagikan beberapa foto keren dari air terjun tersebut yang akan membuat publik tertarik untuk mengunjunginya.