Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.30-17.30 WIB, Alamat: Palimanan Barat, Kec. Palimanan, Kab. Cirebon, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Tempat wisata alam di Indonesia memang tidak ada habisnya. Dari mulai wisata gunung, pantai, taman, bukit, hingga hutan bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia. Di Indonesia wisatawan juga bisa menemukan tempat wisata dengan konsep unik yakni kolam renang yang di dalamnya berisikan air panas alami, salah satunya adalah Banyu Panas Palimanan.

Tidak seperti kolam renang biasa, disana wisatawan bisa berendam menikmati sensasi air panas yang bisa menghilangkan rasa pegal sekaligus melepas penat karena kesibukan aktivitas sehari-hari. Tempat wisata yang berada di kabupaten Cirebon ini selalu padat pengunjung ketika weekend maupun hari libur nasional.

Berkunjung ke Cirebon bisa mampir ke kolam pemandian air panas tersebut karena selain menyuguhkan wisata yang seru, disana wisatawan juga bisa memberikan waktu istirahat pada tubuh yang kelelahan. Pemerintah setempat memperhatikan tempat wisata berkonsep unik ini dengan pertimbangan beragam aspek termasuk aspek infrastruktur dan keselamatan.

Daya Tarik yang Dimiliki Banyu Panas Palimanan

Daya Tarik Banyu Panas Palimanan
Image Credit: Google Maps Uswatun Hasanah

1. Sejarah Terbentuknya Kolam yang Tergolong Unik

Banyu Panas Palimanan merupakan tempat wisata yang muncul karena unsur ketidaksengajaan. Bermula dari tahun 2008 yang lalu dimana PT. Indocement melakukan kegiatan pengeboran terhadap air bersih di tempat tersebut. Akan tetapi, semburan air yang keluar bukan air bersih seperti yang diekspektasikan sejak awal.

Tidak disangka yang keluar malah justru semburan air panas berwarna kebiru-biruan. Yang pada mulanya ekspektasinya adalah semburan air bersih supaya bisa dikonsumsi masyarakat sekitar, namun ternyata malah air panas dengan warna kebiru-biruan yang menyembur keluar. Karena itulah tempat tersebut menjadi sebuah objek wisata.

2. Kolam Terapi

Yang menarik dari tempat wisata ini adalah kolam air panasnya bermanfaat sebagai kolam terapi terutama bagi pengunjung yang memiliki penyakit kulit. Hal ini didasarkan pada kepercayaan masyarakat bahwa Banyu Panas Palimanan mampu meredakan penyakit kulit karena kandungan di dalam air panas pada kolam tersebut.

Walaupun bermanfaat dari segi kesehatan, namun pihak pengelola memberikan rambu-rambu berupa larangan bagi pengunjung supaya tidak berendam di kolam air panas lebih dari 15 menit. Jika pengunjung tidak mematuhi peraturan tersebut, efek yang bisa saja timbul antara lain kepala pusing hingga badan terasa lemas.

3. Banyak Spot Selfie

Tidak hanya sekedar menata kolam air panas seluas 10×15 meter untuk terapi saja, namun pihak pengelola beserta pihak lainnya menata kawasan wisata Banyu Panas Palimanan sebaik mungkin. Selain kolam utama, terdapat juga beberapa undakkan yang merupakan tempat mengalirnya air panas dari satu undakkan menuju undakkan lainnya.

Undakkan-undakkan tersebut menjadi salah satu spot menarik yang kerap dijadikan sebagai background selfie. Selain undakkan, terdapat juga beragam fasilitas memadai yang sangat bermanfaat untuk pengunjung baik orang dewasa maupun anak-anak karena mayoritas pengunjung yang datang bersama dengan rombongan keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Banyu Panas Palimanan
Image Credit: Google Maps Isnan Apriyanto

Lokasi Banyu Panas Palimanan terletak kurang lebih 29 km dari lokasi kota Cirebon, Jawa Barat. Sesuai namanya, kolam pemandian air panas ini lokasinya berada di Desa Palimanan. Wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api maupun kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil.

Wisatawan yang datang menggunakan mobil bisa melalui jalan tol yakni Kanci Palimanan sebagai jalur termudah. Rute perjalanan dimulai dari Jalan Kesambi di Kota Cirebon hingga bertemu perempatan Brigjen Darsono. Setelah itu lurus menuju ke arah Jl. Kraksan. Wisatawan bisa melanjutkan perjalanan sampai Bandara Cakrabuana lalu masuk ke jalan tol.

Di jalan tol tersebut, ambil lajur kanan kemudian keluar di jalan exit Jl. Setiabudi. Selanjutnya ikuti jalan sampai bertemu pertigaan jalan raya Cirebon-Bandung. Belok ke kanan sampai menemukan pertigaan ke arah PT Indocement. Ikuti jalan tersebut, kurang lebih 2 km wisatawan akan sampai di kawasan Banyu Panas Palimanan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Banyu Panas Palimanan
Image Credit: Google Maps ollie za

Untuk harga tiket masuknya, wisatawan tidak perlu khawatir karena tiket masuknya tergolong terjangkau. Per Januari 2022, harga tiket masuk tempat wisata tersebut adalah Rp 15.000 per orang. Kemudian untuk biaya parkir sepeda motor adalah Rp 2.000 per motor dan mobil adalah Rp 5.000 per mobil.

Bagi wisatawan yang ingin berendam di kolam terapi air panasnya ada tambahan biaya yakni Rp 10.000 per orang. Jam buka tempat wisata dengan konsep unik ini adalah setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.30. Weekend dan hari libur nasional ramai dikunjungi oleh pengunjung baik masyarakat setempat maupun wisatawan dari luar daerah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Banyu Panas Palimanan

Aktivitas Menarik di Banyu Panas Palimanan
Image Credit: Google Maps Rita Widjaja

1. Berendam di Kolam Aliran Sungai

Banyu Panas Palimanan memiliki dua tipe kolam untuk berendam air panas. Tipe kolam yang pertama adalah kolam yang dialiri oleh aliran air sungai. Wisatawan yang memilih untuk berendam di kolam ini tidak dikenakan biaya sehingga bisa bebas berendam asalkan tidak melebihi 15 menit.

Berendam di kolam tersebut juga bisa sekaligus refreshing melihat pemandangan alam karena lokasi kolam dikelilingi oleh rumput-rumputan yang hijau dan bukit Gempol yang tampak di depan mata. Sambil berendam, wisatawan bisa sambil menghirup udara segar meskipun sesekali tercium bau belerang dari air panas.

2. Berendam di Kolam Renang Private

Selain kolam renang air panas yang dialiri aliran sungai, Banyu Panas Palimanan juga memiliki tipe kolam renang private atau tertutup yang bisa digunakan untuk orang dewasa maupun anak-anak. Untuk bisa berendam di kolam renang ini, wisatawan perlu membayar lagi Rp 10.000 per orang.

Berendam di kolam air panas ini maupun yang dialiri air sungai dipercaya bisa menyembuhkan penyakit terutama penyakit yang berhubungan dengan tulang dan kulit. Sudah banyak wisatawan yang membuktikan khasiat air panas yang mengandung zat belerang cukup tinggi di tempat wisata hits ini dan sembuh dari penyakit.

3. Hunting foto

Selain berendam air panas, wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata tersebut juga akan dimanjakan dengan keberadaan spot-spot selfie yang menarik. Salah satu spot selfie yang paling populer adalah undakkan-undakkan yang menjadi tempat mengalirnya aliran air sungai dari undakkan satu ke undakkan lainnya.

Banyu Panas Palimanan juga mempunyai spot-spot foto lainnya yang memanjakan para pemburu fotografi. Pepohonan hijau yang mendominasi kawasan tempat wisata dengan pemandangan bukit Gempol yang tampak begitu dekat menjadi background foto yang menarik di mata wisatawan pecinta fotografi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Banyu Panas Palimanan
Image Credit: Google Maps Surya Dwi

Karena mendapatkan perhatian dari pihak pengelola dan pihak-pihak lainnya yang terkait, maka tidak perlu khawatir tentang fasilitas yang tersedia di Banyu Panas Palimanan. Pihak pengelola menyediakan jogging track, gazebo, ruang P3K dan juga arena bermain untuk anak-anak.

Selain itu, tersedia juga mushola, WC, kamar mandi, hingga tempat parkir kendaraan yang luas. Bagi wisatawan yang ingin menginap juga sudah tersedia penginapan dengan harga terjangkau. Jika wisatawan merasa lapar dan haus, tidak perlu khawatir karena di kawasan tempat wisata tersedia warung makan yang menyediakan beragam makanan dan minuman.

Pemandian ini menyediakan kolam terapi air panas dengan dua tipe yakni kolam terbuka yang dialiri oleh aliran air sungai dan juga kolam tertutup dengan biaya tambahan. Untuk waktu berendam hanya dibatasi maksimal 15 menit saja karena memang suhu air panasnya cukup tinggi mencapai 600 derajat celcius.

Ketika berkunjung ke Cirebon, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Banyu Panas Palimanan. Tempat wisata ini direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin menikmati sensasi berendam air panas terutama bagi wisatawan yang memiliki penyakit kulit atau tulang.