Harga Tiket: Rp 50.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Bukit Klangon berdiri gagah di atas ketinggian 1.100 mdpl di bilangan Sleman. Meski namanya belum begitu dikenal, namun pesona tempat ini tidak dapat dilewatkan begitu saja. Membentang di kaki Gunung Merapi, pemandangan yang disajikan sungguh luar biasa. Terlebih lagi, biaya untuk masuk ke sini terbilang cukup murah dan dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.

Jika dibandingkan dengan wisata serupa di kawasan yang sama, bukit satu ini barangkali belum mampu mengalahkan popularitas Bukit Indah Glagaharjo. Namun demikian, dari segi lanskap tentu bisa diadu. Andai proses promosi dan waktu pembukaan kedua bukit ini sama, tidak menutup kemungkinan Klangon Hills mendapat porsi perhatian yang lebih besar.

Terlepas dari tingkat popularitas, bukit ini layak dijadikan referensi liburan, baik akhir tahun maupun akhir pekan. Ada banyak sekali rekomendasi kegiatan yang dapat Anda lakukan selama menghabiskan waktu di sini. Mulai dari mendaki tebing, mengagumi keindahan Gunung Merapi dari jarak yang terbilang dekat, atau bahkan sekadar bersantai demi melepas penat.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Klangon

Daya Tarik Bukit Klangon
Image Credit: Instagram REKOMENDASI TEMPAT PIKNIK SERU

1. Lintasan Pendakian

Bukit Klangon terpaut sekitar 4 hingga 5 km dengan Gunung Merapi sehingga tidak jarang kawasan ini dijadikan lintasan pendakian bagi para pemula. Medannya cukup ramah di mana Anda akan menemukan wisatawan dari berbagai kelompok usia bahkan anak-anak menyusuri jalan setapak di destinasi satu ini.

Selain itu, Anda akan menemukan perpaduan pemandangan eksotis di sepanjang perjalanan. Aneka satwa khas Gunung Merapi sering kali juga turut melintas, misalnya burung madu gunung, burung kepodang, monyet, dan musang. Sebenarnya tidak terlalu mengherankan karena daerah di sekitar sini memang dialihfungsikan sebagai hutan konservasi.

Ditemani semilir angin dan suara-suara alam, Anda bisa merasakan petualangan asyik jika menjelajah di sini. Jangan lupa, siapkan peralatan fotografi terbaik untuk mengabadikan setiap momen dalam bingkai kamera.

2. Lanskap Gunung Merapi

Daya tarik utama yang berhasil menggelitik rasa penasaran para pengunjung barangkali adalah Gunung Merapi dengan kegagahannya. Anda dapat menyaksikan lanskap pegunungan aktif ini dari jarang yang cukup dekat, bahkan kurang dari 10 km.

Di sini, Anda tidak perlu mendaki ke puncak Merapi untuk tahu bagaimana keindahannya sebab Klangon Hills sudah cukup merepresentasikannya. Lagi pula, pihak pengelola menyediakan gardu pandang yang dapat menampilkan estetika alam di sekitar perbukitan. Sampai saat ini, gardu pandang masih menjadi spot terpopuler di kalangan para wisatawan.

3. Udara Sejuk Relatif Dingin

Bagi masyarakat perkotaan yang setiap hari senantiasa diliputi oleh hawa panas, wisata alam merupakan peralihan sementara untuk beristirahat. Anda akan dimanjakan oleh hawa dingin perbukitan di mana suasana demikian umumnya lumayan efektif untuk memperbaiki mood.

Namun, bagi Anda yang punya alergi dingin atau tingkat ketahanannya relatif rendah, sebaiknya siapkan jaket atau gunakan pakaian tebal. Tindakan semacam ini adalah cara sederhana untuk mencegah Anda dari efek buruk, misalnya sakit.

Sejuknya udara di bukit ini juga dipengaruhi oleh letaknya yang terbilang jauh dari kawasan perkotaan. Dengan demikian, polusi udara nyaris tidak ada, pun kebisingan yang terkadang membuat pusing kepala. Jika ingin merasakan petualangan yang lebih menyenangkan, cobalah menginap semalam di kawasan ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Klangon
Image Credit: Google Maps Edy Bonsai Lover

Bukit Klangon berada di bilangan Kabupaten Sleman, Kecamatan Cangkringan, di dekat lereng Merapi. Jika ingin ke sini, Anda bisa melewati jalur Kaliurang menuju Desa Glagaharjo. Berpatok dari Kaliurang, ambil arah Kaliadem di pertigaan lalu belok kanan.

Dari sini, Anda harus menuju ke The Lost World Castle dan teruskan hingga menemukan pertigaan berikutnya. Kemudian, gunakan lajur kiri dan lurus terus mengikuti petunjuk jalan yang akan semakin sering Anda temukan seiring memendeknya jarak dengan lokasi wisata tujuan.

Perlu diingat, perjalanan Anda menuju bukit ini akan sedikit terhambat oleh lekukan tanah yang cukup menantang, bebatuan kecil, serta medan terjal. Maka dari itu, pastikan untuk berhati-hati dan tidak mengebut sembarangan terlebih jika menyetir sendirian.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon
Image Credit: Google Maps menyang jogja

Pihak pengelola Bukit Klangon menyediakan beragam fasilitas dengan tarif yang cukup variatif. Dengan kata lain, jika berkunjung ke sini, tampaknya Anda perlu menyediakan budget setidaknya Rp 50.000. Pasalnya, tidak hanya tiket masuk, tetapi tersedia pula tarif sewa untuk melakukan aktivitas seperti camping. Selain itu, tarif antara wisatawan domestik berbeda dengan pengunjung dari mancanegara.

Untuk wisatawan domestik, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000, sementara wisatawan mancanegara harus merogoh kocek senilai Rp 15.000. Di sisi lain, jika ingin melakukan aktivitas seru semisal berkemah, semua pengunjung diharuskan membayar Rp 15.000.

Meski tarif pembayaran terjadi beberapa kali, tetapi ketika ditotal harganya masih relatif murah, bahkan bagi mereka yang belum bekerja sekalipun. Belum lagi, pertimbangan suasana estetis yang telah menanti dan siap memanjakan Anda.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Klangon

Aktivitas Menarik Bukit Klangon
Image Credit: Instagram bukit Klangon dan info merapi

1. Camping

Setiap wisatawan ada baiknya mencoba aktivitas menarik satu ini. Camping di Bukit Klangon akan memberikan pengalaman tidak terlupakan di mana dapat menjadi kenangan terbaik pada masa-masa yang akan datang.

Perlu diketahui, pihak pengelola membatasi jumlah pengunjung untuk wisata camping hanya sampai 100 orang per malam. Itu berarti, tidak akan terlalu rusuh hingga membuat Anda terganggu. Singkatnya, berkemah di sini tak ubahnya seperti pengalaman eksklusif di mana hanya dapat dinikmati oleh beberapa orang dalam jangka waktu tertentu.

Jika ingin turut merasakannya, Anda bisa melakukan reservasi melalui nomor yang telah disediakan pihak pengelola, yakni 081334940725. Setelah disetujui, Anda masih harus mendaftar ulang begitu sampai di lokasi wisata.

Namun, perlu diingat bahwa nomor tersebut di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Maka dari itu, cara paling mudah jika berniat camping di Bukit Klangon adalah melakukan survei ke lokasi langsung, lalu bertanya kepada pihak pengelola terkait. Terlebih lagi, jika Anda berencana kemah dalam kelompok yang cukup besar.

Ada sejumlah aturan yang harus ditaati oleh peserta kemah antara lain camping hanya di dalam kawasan sesuai ketentuan, dilarang mengambil kayu bakar sembarangan, memarkir kendaraan pada tempatnya dan menghadap ke pintu keluar.

Selain itu, dilarang menciptakan kerusuhan berlebihan seperti meniup peluit, membunyikan sirine, menyalakan kembang api, dan lain sebagainya. Ini bukan berarti keseruan Anda dibatasi, tetapi hanya upaya agar antara peserta tidak saling mengganggu kedamaian. Dilarang pula merusak fasilitas umum, serta meninggalkan sampah di tempat kemah.

2. Uji Nyali dengan Sepeda Downhill

Ingin menantang diri dengan menuruni dan menanjak perbukitan menggunakan sepeda? Cobalah fasilitas sepeda downhill di Bukit Klangon. Di sini, Anda akan menemukan medan terjal yang naik turun sebagai lintasan para pesepeda. Bahkan tidak jarang, harus melintasi area yang menukik tajam hingga membuat adrenalin meningkat drastis.

Aktivitas tersebut sangat cocok bagi Anda penggemar sepeda. Bahkan, tidak jarang diselenggarakan event bersepeda menuju perbukitan satu ini dengan Jogja sebagai titik keberangkatan. Maka dari itu, ada baiknya untuk senantiasa update terhadap berbagai informasi wisata setempat agar tidak melewatkan momen menyenangkan.

3. Menunggu Senja

Kegiatan di daerah perbukitan tidak akan lengkap tanpa ditemani panorama senja, di mana Anda akan dimanjakan oleh semburat jingga di ufuk barat. Carilah lokasi terbaik, khususnya di bagian puncak jika ingin melihat matahari terbenam.

Sembari menunggu, Anda bisa mengemil atau sekadar duduk menikmati semilir angin. Di tempat yang tidak terlalu jauh, setiap pengunjung akan dimanjakan oleh lanskap Gunung Merapi. Sebenarnya, akan lebih bagus jika Anda bisa bernyanyi dan bermain gitar, salah dua di antara aktivitas yang paling pas untuk menemani para penikmat senja.

Hanya saja, untuk menyaksikan matahari terbenam dengan pemandangan yang maksimal, Anda harus pintar menentukan jadwal kedatangan ke Bukit Klangon. Jangan sampai, Anda datang sesaat selepas hujan atau di musim penghujan. Berkunjunglah ketika musim kemarau, di mana langit berwarna biru cerah agar sinar matahari tidak tertutupi oleh awan gelap.

Aktivitas Menarik di Bukit Klangon
Image Credit: Google Maps Ja Va

4. Piknik

Jika enggan mengeluarkan uang tambahan untuk berkemah di Bukit Klangon, Anda bisa menjadikan piknik sebagai alternatif cadangan. Piknik tidak menuntut pengunjung untuk menginap, namun tetap memberi kesempatan untuk melakukan kegiatan menyenangkan seperti makan, menggelar tikar, membuat masakan sederhana, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, siapkan perbekalan terbaik Anda sebelum menginjakan kaki di kawasan wisata satu ini. Bekal tersebut bisa dalam bentuk makanan jadi atau bahan-bahan mentah. Ajaklah teman terdekat, keluarga, atau pasangan untuk sama-sama menghibur diri. Meski hidangannya terbilang sederhana, tetapi akan membahagiakan jika dilakukan bersama orang terkasih.

5. Meditasi

Meditasi merupakan opsi terbaik jika Anda enggan berjalan ke sana-kemari, tetapi ingin melakukan wisata alam. Cukup cari posisi yang relatif sepi dan jarang dilalui oleh pengunjung lain, lalu nikmati waktu kesendirian Anda.

Akan semakin bagus jika ditambah dengan iringan musik klasik atau penenang, di mana suasana sekitarnya cukup mendukung. Anda hanya perlu memejamkan mata, lalu merasakan udara di sekitar. Namun sebelum itu, jangan lupa pakai lotion anti serangga agar Anda tetap nyaman selama meditasi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Klangon
Image Credit: Google Maps Ayo Dolan Indonesia

Pihak pengelola Bukit Klangon telah menyediakan fasilitas cukup lengkap untuk para pengunjung, di mana kebutuhan dasar dapat terpenuhi dengan baik. Di sini, Anda akan menemukan warung makan yang menyajikan aneka olahan lokal ataupun masakan sederhana.

Jika ingin menghangatkan diri di antara dinginnya suasana perbukitan, Anda dapat memesan segelas teh atau kopi berteman seduhan mie instan. Selanjutnya, saat ingin mandi sewaktu kemah atau sekadar buang air, telah ada kamar mandi memadai. Bagi wisatawan muslim, tidak perlu khawatir karena destinasi ini dilengkapi musala.

Di sisi lain, jika ingin istirahat atau sekadar duduk santai, ada sejumlah gazebo yang siap menampung. Belum lagi, fasilitas wisata lainnya seperti sepeda downhill, arena camping, dan sejenisnya. Pada dasarnya, akan banyak keseruan yang menyenangkan selama Anda berada di bukit kecil di kaki Gunung Merapi ini.

Bukit Klangon menawarkan beragam pesona alam dengan sentuhan wisata modern. Mampu menghadirkan aktivitas seru dalam satu kali petualangan. Mulai dari mendaki bukit, berkemah, menikmati senja, bersepeda, hingga sekadar bersantai ria. Semuanya bisa Anda coba dengan biaya relatif terjangkau bersama orang-orang terdekat.