Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Curug Orok, Cikandang, Kec. Cikajang, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Garut memiliki banyak sekali pilihan wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah Curug Orok. Air terjun ini sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda hingga tak jarang jura memiliki kisah mistis. Namun, lebih dari itu keindahan alamnya yang mempesona membuat banyak wisatawan yang tertarik memanjakan mata dengan berkunjung kesini.

Masyarakat sekitar curug ini percaya jika pada zaman dulu ada seorang wanita yang membuang bayinya disini sehingga air terjun ini diberi nama Curug Orok. Kisah itu semakin diperkuat dengan bentuk curug yang memiliki dua air terjun. Air terjun besar dipercaya adalah ibu dari sanga bayi dan yang kecil adalah bayinya.

Terlepas dari irtu semua, curug ini memiliki keindahan alam yang unik dan mempesona. Tak ada salahnya bagi anda pecinta wisata di Garut untuk mengintip keindahan curug ini. Anda bisa mengajak keluarga atau orang-orang terkasih anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Orok

Daya Tarik Curug Orok
Image Credit: Facebook Waktu Indonesia Berlibur

1. Dua Air Terjun

Curug ini memiliki dua air terjun yang bersebelahan. Ukuran keduanya berbeda yaitu yang satu besar dan satunya lebih kecil. Seperti kisah yang dipercaya masyarakat yang sudah disinggung sebelumnya bahwa air terjun besar adalah seorang ibu yang membuang bayi dan yang kecil adalah bayinya.

Kedua air terjun ini menuju satu kolam yang sama di bawahnya. Derasnya air yang mengalir dengan tebing penuh dengan tumbuhan hijau di sisi-sisinya merupakan perpaduan yang pas dan indah untuk dipandang.

Ketinggian air terjun yaitu sekitar 250 meter di atas permukaan laut. Letaknya yang berada di kaki gunung Papandayan membuat suasana lokasi Curug Orok begitu sejuk dan asri. Sebenarnya masih ada beberapa curug lain yang ada di lokasi wisata ini. Yaitu ada sekitar tujuh curug lainnya yang masih belum dibuka.

2. Kolam Alami

Kolam yang berada tepat di bawah kedua air terjun berbentuk melingkar . Air disini tergolong jernih sehingga siapapun yang melihatnya akan tergoda untuk menyeburkan diri ke dalamnya. Kesejukan air yang menerpa kulit ditemani suara gemericik air dapat memberikan rasa tenang dan relaksasi bagi tubuh.

3. Kolam Renang

Tak jauh dari lokasi Curug Orok, terdapat ini terdapat kolam renang buatan yang dibuat dengan bebatuan di sampingnya. Kolam ini dibuat dengan fungsi menampung air yang berasal dari air mata alami. Oleh karena itu, kolam renang ini memiliki air yang sejuk dan juga bersih.

Kolam renang ini memiliki nama sendiri yaitu Kolam Cai Kahuripan yang berarti air kehidupan. Masyarakat percaya air ini dapat memberikan manfaat bagi tubuh terutama untuk Kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

Kepercayaan masyarakat itu tak hanya sekedar mitos saja karena memang sudah dilakukan uji laboratorium dan di dapati bahwa air disini memang mengandung suatu mineral yang lebih dari air pada umumnya. Jadi tak heran lagi jika kolam ini memang dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Daya Tarik Dimiliki Curug Orok
Image Credit: Instagram Emr0d

4. Tebing Eksotis di Curug Orok

Keindahan tebing yang berada di sisi kanan kiri air terjun dengan aneka tumbuhan dan juga pepohonan pinus yang berjajar rapi dapat menyegarkan mata bagi para wisatawan. Terlebih jika anda bertujuan untuk melepas penat setelah lelah bekerja, lokasi ini sangat cocok bagi anda

5. Spot Foto

Salah satu hal yang banyak dicari wisatawan adalah lokasi berfoto yang indah dan estetik. Jangan diragukan lagi jika air terjun ini memiliki banyak spot foto indah yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan gambar yang cantik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Orok
Image Credit: Google Maps Wahyu Agustiansyah

Curug Orok yang menawan ini berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat, tepatnya di Desa Cikandang, kecamatan Cikajang. Berjarak sekitar 34 kilometer dari pusat Kota Garut dengan akses jalan yang baik menjadi salah nilai tambah dari wisata ini selain keindahannya.

Namun, sangat jarang kendaraan umum yang sampai di lokasi ini. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi ketika ingin berkunjung. Hanya membutuhkan waktu 1 jam perjalanan saja dengan kendaraan pribadi dari Kota Garut.

Meskipun akses jalan yang sudah bagus, akan tetapi masih terdapat beberapa bagian yang masih berupa jalan tanah dan batu. Anda wajib waspada ketika melalui jalan ini agar keselamatan anda tetap terjaga.

Untuk dapat sampai ke lokasi Curug Orok, pengunjung harus menuruni tangga dengan jarak sekitar 200 meter. Sesampainya di bawah, anda akan disuguhkan suara gemericik air dan juga pemandangan indah dari air yang terjun bebas dari ketinggian.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Curug Orok
Image Credit: Google Maps Vincent Nugroho

Tak perlu biaya mahal untuk menikmati keindahan yang tersaji di Curug Orok Garut. Anda hanya harus membayar sebesar Rp 15.000 dengan tambahan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Harga yang tergolong murah dibandingkan dengan keindahan panorama alam yang akan anda dapatkan disini nantinya.

Tak ada kata libur bagi lokasi wisata cantik ini. Curug dibuka setiap hari mulai pagi hari pada pukul 08.00 dan akan ditutup pada pukul 20.00 WIB. Jadi anda bisa kapan saja berkunjung untuk menikmati panorama alam yang cantik ini.

Sedikit tips bagi para pengunjung sebaiknya datang di saat adanya sinar matahari dan juga cuaca yang cerah. Jika anda berkunjung saat hujan kemungkinan udara semakin dingin dan anda bisa saja terkena masuk angin.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Orok

Aktivitas di Curug Orok
Image Credit: Instagram Johan aza

1. Berenang

Salah satu kegiatan menarik saat mengunjungi wisata yang bertemakan air. Kesejukan udara dan jernihnya air tentu sangat disayangkan jika dilewatkan. Kondisi air yang jernih memungkinkan wisatawan yang berenang dapat melihat keindahan bawah air dari kolam ini.

Berenang sambil melompat dari bebatuan adalah kegiatan yang seru yang bisa anda coba di Curug Orok. Sensasi kesegaran air yang menerpa kulit ditambah panorama alam yang memukau dapat membuat hati gembira dan sedikit menghilangkan rasa lelah setelah bekerja.

Setelah selesai melakukan aktivitas berenang jangan lupa untuk membilas diri dan berganti pakaian. Anda tak perlu khawatir tentang fasilitas toilet atau kamar mandi untuk berganti baju karena disini sudah tersedia lengkap dan pastinya nyaman.

2. Bersantai

Sekedar bersantai melihat pemandangan sekeliling yang indah merupakan hal sederhana yang menyenangkan. Selain itu disini juga disediakan gazebo bagi para pengunjung sehingga kegiatan bersantai anda akan terasa lebih nyaman.

Jika anda adalah orang yang tidak tahan dengan hawa dingin, sebaiknya membawa jaket tebal. Udara di sekitar Curug Orok terkadang menjadi sangat dingin sehingga jika tidak mempersiapkan kebutuhan yang memadai maka kegiatan bersantai anda tentu akan terganggu.

3. Camping

Bagi anda pecinta camping, anda juga bisa menemukan lokasi yang tepat untuk melakukan aktivitas tersebut disini. Tentu akan sangat menyenangkan bercamping bersama teman atau sahabat anda disini ditemani panorama alam yang indah.

Kegiatan ini akan menyenangkan jika dilakukan bersama-sama dengan rombongan. Anda bisa menikmati waktu malam dengan menyantap makanan hangat dan juga membuat api unggun. Ditemani sejuknya udara dan suara khas malam yang sunyi bisa menambah pengalaman anda ketika berwisata.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Curug Orok
Image Credit: Instagram Candra Agussalim Daulay

4. Menginap

Jika anda ingin berlama-lama di Curug Orok Garut, tanpa harus melakukan camping di alam terbuka. Anda bisa menyewa penginapan yang ada disini. Penginapan memiliki berupa bangunan bernuansa kayu yang di desain senyaman mungkin bagi pengunjung.

Lokasinya yang tak jauh dari kebun teh dan kopi juga menambah daya tarik lokasi wisata alam yang cantik ini. pengunjung juga bisa melakukan tour di kebun teh dan juga kopi jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai kedua tanaman tersebut.

5. Berfoto

Banyaknya lokasi cantik yang bisa anda gunakan sebagai spot foto tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa berfoto ketika sedang berenang di kolam alami atau berfoto saja di bagian tepian kolam dengan menghadap ke curug cantik ini. Tentunya foto yang akan anda hasilkan akan terlihat cantik dan instagramable.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Orok
Image Credit: Twitter RaLeather

Fasilitas destinasi wisata alam Curug Orok tergolong lengkap dengan adanya toilet meskipun sederhana. Terdapat juga lahan parkir yang memadai. Sehingga pengunjung tak susah lagi untuk sekedar mencari lokasi parkir yang nyaman. Bagi yang beragama islam juga sudah tersedia mushola dengan peralatan solat disini.

Tak hanya itu fasilitas penunjang lain berupa gazebo dan juga kolam renang, menambah daya tarik bayi wisatawan. Dengan biaya yang murah dan fasilitas yang di dapat juga cukup sepadan. Ditambah lagi dengan adanya penginapan dan juga kolam renang yang bisa digunakan para wisatawan untuk menambah pengalaman ketika berkunjung disini.

Namun sayangnya, masih banyak pengunjung yang tak memperhatikan kebersihan lokasi wisata ini. Mereka kadang masih membuang sampah sembarangan sehingga mengotori beberapa lokasi yang ada di sini. Bagi anda yang ingin berkunjung pastikan anda membuang sampah pada tempatnya dan turut serta menjaga keindahan Curug Orok di Kabupaten Garut.