Danau Biru, Danau Eksotis Dikelilingi Gunung Batu di Sawahlunto

Danau Biru yang eksotis di Sawahlunto merupakan bekas galian tambang yang mampu memanjakan mata pengunjung. Pesona keindahan alam nan menawan, air yang jernih dan dikelilingi gunung batu.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-18.00, Alamat: Tumpuak Tangah, Kec. Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Wisata danau biru ini merupakan bekas tambang batu bara. Galian raksasa itu menjadi danau yang lambat laun memiliki air berwarna biru. Sumber air danau berasal dari air hujan. Perubahan warna air berasal dari kandungan asam yang tinggi di dalam air. Pada akhirnya danau tersebut kini dijadikan lokasi wisata yang ramai pengunjung.

Danau eksotis ini berada di Prambanan. Lokasi wisata yang terkenal dengan kota tambang tersebut kini menjadi penarik untuk para wisatawan. Tidak hanya danau yang memiliki air berwarna biru, namun terdapat juga beberapa tempat indah yang juga dikunjungi sebagai tempat wisata bagi para wisatawan.

Keindahan lokasi ini memberikan pesona yang memikat hati para pengunjung. Di lokasi itu juga terdapat beberapa lokasi lain yang menjadi tempat wisata. Pemandangan danau biru menjadi pemandangan yang dapat memanjakan mata bagi siapa saja yang datang berkunjung. Wisatawan seolah-olah tersihir oleh keindahan danau tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Biru Sawahlunto

Daya Tarik Danau Biru Sawahlunto
Image Credit: Twitter.com @malalatours

1. Pesona Alam yang Memikat

Danau yang merupakan sisa-sisa dari penambangan ini memiliki suasana yang memikat hati. Terdapat batu-batu yang mengelilingi danau menjadi tempat yang sangat indah untuk dinikmati. Keseluruhan pemandangan di lokasi ini sangat indah dan cantik.

Air danau yang berwarna biru tersebut menjadi salah satu daya tarik yang menarik banyak wisatawan. Air yang jernih dan bersih juga membuat ketenangan hati dan jiwa saat memandangnya. Meski kawasan ini masih beroperasi untuk penambangan, namun wisatawan tetap datang beramai-ramai ke lokasi ini.

2. Danau Perawan yang Indah

Indahnya deretan tebing tinggi yang menghiasi dan mengelilingi tempat wisata tersebut tampak sangat cantik dan keren. Lokasi danau biru yang masih terbilang perawan ini dijuluki dengan nama Danau Toba Mini.

Pancaran sinar matahari yang membuat air danau menjadi warna biru yang cantik ini dapat menawan hati. Menurut netizen berfoto dengan menggunakan latar danau ini seolah-olah seperti drama korea yang sedang viral.

BACA:  Danau Maninjau, Danau Legendaris yang Terbentuk dari Letusan Gunung Sitinjau
Daya Tarik Dimiliki Danau Biru Sawahlunto
Image Credit: Google Maps (Trio Lega)

3. Banyak Spot Foto yang Kece

Ada Hammock yang digantung di antara pohon di sekitar danau biru. Duduk di hammock tersebut dan berfoto dengan mengambil background danau terlihat sangat kece dan keren.

Selain itu, ada beberapa spot foto cantik di sekitar area wisata ini. Seperti adanya tempat berfoto berbentuk love yang menjadi daya tarik bagi remaja yang berfoto bersama pasangannya. Lokasi itu menjadi tempat romantis yang banyak dijadikan spot favorit.

Tidak jarang lokasi di dekat danau juga dijadikan sebagai tempat foto prewedding untuk pengantin baru. Beberapa orang yang berfoto prewedding di lokasi ini kemudian mengundang pasangan-pasangan lainnya untuk datang berfoto.

Alamat, Rute Menuju Lokasi dan Harga Tiket Danau Biru

Alamat Danau Biru
Image Credit: Google Maps (Heri Bertus Hendra Waruwu)

Lokasi Danau Biru ini di Tumpuk Tangah, Talawi, Sawah Lunto, Sumatera Barat. Lokasinya yang berada di kawasan terpencil membuat tempat wisata tersebut lebih sulit untuk ditemukan. Tempat wisata ini juga cukup susah untuk dilalui.

Akses jalan menuju lokasi wisata juga cukup jelek karena belum diperbaiki. Banyaknya truk yang lalu lalang di jalur menuju danau itu menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan. Untuk mengunjungi tempat wisata tersebut usahakan menggunakan sepeda motor supaya dapat melewati jalan bebatuan dengan baik.

Menggunakan mobil menuju lokasi wisata akan lebih sulit untuk dilalui. Selain itu menggunakan mobil juga dapat memperlama perjalanan Anda. Karena mobil akan susah untuk melewati jalan berbatu ini.

Dari Kota Medan, danau biru berjarak Sembilan puluh lima kilometer. Sedangkan dari Kota Sawahlunto, tempat menawan ini berjarak sekitar tiga belas kilometer. Untuk menuju lokasi Anda bisa mengikuti google map atau bertanya pada penduduk sekitar lokasi. Penduduk di sekitar tempat sangat ramah dan baik. Anda akan diarahkan dengan baik dan detail.

Perjalanan Anda akan dimulai dari Taman Satwa Kandi. Kemudian lurus saja sampai enam kilometer kedepan. Anda lalu akan melewati jalan berbatu. Anda bisa mengikuti papan petunjuk yang ada di pinggir jalan untuk bisa sampai ke lokasi ini.

Masuk ke area wisata yang dipenuhi spot foto kece badai ini sangat murah. Pengelola tempat wisata hanya memberikan biaya tiket seharga lima ribu rupiah saja. Untuk biaya parkir, Anda hanya akan dikenakan tarif dua ribu rupiah saja bagi pengendara sepeda motor. Untuk pengendara mobil dikenakan tarif lima ribu rupiah saja.

BACA:  Danau Singkarak, Danau Cantik di Sumatera Barat Terbentuk dari Aktivitas Tektonik

Untuk jam operasional tempat wisata yaitu dari pagi hari sampai dengan sore hari. Tempat wisata danau biru buka dari hari senin sampai hari ahad. Anda bisa datang kapan saja untuk menikmati keindahan alam ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Danau Biru

Aktivitas Seru di Danau Biru
Image Credit: Twitter.com @okezonenews

1. Santai dan Menikmati Keindahan Alam

Bagi Anda pecinta alam, duduk santai sambil menikmati angin sepoi-sepoi adalah pilihan kegiatan menarik. Bersahabat dengan alam menjadikan Anda lebih bersemangat untuk menikmati keindahan Alam di lokasi wisata ini.

Deretan pepohonan hijau, aroma air segar yang jernih dari danau biru. Lokasi yang asri dan adem ini cukup untuk menemani santai Anda selama berada di lokasi danau tersebut.

2. Trekking Bukit

Bagi Anda pecinta jalan-jalan, kegiatan menaiki bukit ini adalah pilihan kegiatan yang bagus. Anda perlu menyiapkan fisik dan perlengkapan yang cukup untuk menaiki bukit tersebut.

Dari bukit ini selain bisa berfoto di padang rumput yang hijau dan indah, Anda juga bisa menikmati keindahan danau biru dari ketinggian bukit. Anda bisa berfoto dengan latar danau yang cantik di ketinggian.

Aktivitas di Danau Biru
Image Credit: Twitter.com @LesmanaRefki

3. Banyak Tempat Bersejarah

Kegiata menarik yang bisa dilakukan di kawasan ini yaitu mengelilingi tempat-tempat bersejarah. Salah satunya yaitu jalan-jalan di Terowongan Tambang Mbah Soero.

Tempat Terowongan Tambang Mbah Soero tersebut adalah destinasi wisata yang juga disediakan untuk Anda. Saat berkunjung ke danau biru maka, mampirlah ke tempat bersejarah ini.

Terowongan itu berada di bawah kota Sawahlunto. Terowongan tersebut memiliki panjang sekitar satu koma lima kilometer. Objek wisata ini juga menjadi pilihan bagi beberapa wisatawan yang datang.

Tambang Mbah Soero adalah seorang mandor di tempat ini. Dimana tambang tersebut merupakan tambang pertama yang ada sejak zaman Belanda. Lokasi itu kemudian dijadikan objek wisata semenjak tahun 2017.

Untuk memasuki lokasi yang terbilang mistis ini harus menggunakan helm dan pakaian pengaman lainnya. Anda juga harus masuk ke dalam terowongan bersama dengan guide yang sekaligus menjadi penjaga tempat wisata ini.

Tempat bersejarah berikutnya yaitu Museum Kereta Api Mak Itam. Museum ini juga merupakan lokasi wisata bersejarah yang berada dekat dari lokasi danau. Bekas stasiun kereta tersebut kini menjadi museum. Ada beberapa koleksi seperti lokomotif uap, gerbong, dan berkas-berkas tentang kereta api Sumatera tersebut.

BACA:  10 Tempat Makan di Bukittinggi Favorit Wisatawan

Museum kereta api tersebut merupakan stasiun kereta api tertua urutan kedua yang ada di Indonesia. Kegiatan seru yang bisa dilakukan di tempat tersebut yaitu menaiki sebuah kereta wisata yang ditarik lokomotif uap.

Tempat bersejarah lainnya yaitu Makam Belanda. Makam Belanda yang berada di Sawahlunto ini merupakan salah satu lokasi bersejarah yang sering dikunjungi. Ada sekitar 90 makan di pemakaman itu. Setiap batu nisan yang ada di pemakaman ini memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Selain itu, ada sebuah monumen yang disebut dengan monument kesetiaan. Di depan monument ini adalah salah satu lokasi yang sering dijadikan tempat berfoto ria dan berselfie oleh pengunjung.

Tempat bersejarah Benteng Fort de Kock atau Lubang Jepang. Lokasi ini juga menjadi pusat wisata yang di datangi para pengunjung. Untuk sampai ke lokasi benteng tersebut, Anda harus menaiki bukit. Benteng ini memiliki kisah bersejarah yang sarat akan makna.

Lokasi ini sangat menarik untuk dikunjungi. Beberapa wisatawan juga datang dan berkeliling di tempat tersebut. Benteng fort de kock berada satu kawasan yang dekat dengan lokasi danau biru. Sehingga Anda bisa menikmati banyak tempat wisata di satu area tersebut.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Danau Biru Sawahlunto

Fasilitas di Danau Biru Sawahlunto
Image Credit: Google Maps (Lalal Lulul)

Ada beberapa penginapan murah di sekitar tempat lokasi wisata itu. Adanya penginapan ini membuat para wisatawan yang berasal dari luar kota atau jauh dari lokasi, lebih memilih penginapan tersebut untuk singgah, beristirahat dan bermalam. Dimana penginapan itu juga memberikan harga yang sangat terjangkau bagi para pengunjung.

Selain itu, Anda bisa menyicipi makanan rendang asli di daerah ini. Ada minuman tradisional yang juga merupakan kuliner khas Minangkabau. Untuk fasilitas di lokasi ini tidak ada toilet, mushola dan fasilitas umum lainnya. Hanya tersedia tempat parkir dan spot foto tersebut.

Itulah ulasan tentang keindahan danau biru di Sawahlunto yang bisa menjadi viral dalam sekejap. Jika ingin datang berlibur ke lokasi wisata tersebut, usahakan membawa perlengkapan dan bekal yang cukup karena di tempat ini tidak ada warung yang menyediakan makanan.