Harga Tiket: Rp 100.000, Jam Operasional: 08.30-18.00 WITA, Alamat: Jl. Raya Kemenuh, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali; Map: Cek Lokasi

Kemenuh Butterfly Park dioperasikan sejak tahun 2015 silam dan sampai sekarang kondisinya terus dikembangkan. Taman konservasi ini dibuat dengan tujuan memelihara kupu-kupu sekaligus menjadi wahana edukasi bagi anak kecil. Letaknya yang didirikan di atas tanah Gianyar, ada berbagai destinasi lain di sekitarnya.

Saat mengunjungi tempat estetis ini, Anda dapat belajar tentang proses metamorfosis kupu-kupu. Bagaimana hewan cantik ini tumbuh dari ulat, berubah jadi kepompong, lalu bisa beterbangan di udara. Bagi pecinta kupu-kupu, objek wisata di bilangan Kemenuh tersebut patut ditambah dalam daftar kunjungan.

Setidaknya telah ada 12 jenis kupu-kupu yang berhasil dikembangbiakkan di objek wisata cantik ini. Bisa Anda bayangkan betapa indahnya suasana di dalamnya, apalagi dengan kondisi lingkungan yang rindang dan bernuansa seperti alam liar. Kemenuh Butterfly Park adalah perpaduan sempurna antara edukasi dan hiburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Kemenuh Butterfly Park

Daya Tarik Kemenuh Butterfly Park
Image Credit: Twitter Annie Nugraha

1. Suasana Rindang

Suasana rindang dapat menjadi daya tarik khusus yang mungkin perlu Anda perhitungkan. Pasalnya, berlama-lama di Kemenuh Butterfly Park yang bernuansa alami ini akan meminimalkan rasa gerah yang mungkin muncul akibat terik matahari.

Akan sangat menyenangkan bukan jika dapat menghabiskan waktu tanpa khawatir kulit berubah warna atau terus-menerus kehausan? Wujudkan pengalaman seru melihat-lihat kawanan kupu-kupu dalam suasana yang kondusif hanya di sini. Apabila sewaktu-waktu Anda merasa lelah setelah menjelajah, sangat bisa menepi sejenak di bawah pohon.

2. Fasilitas Edukasi

Ada sebuah gedung yang dibangun untuk menampung fasilitas edukasi tentang kupu-kupu. Anda bisa menjelajah di dalamnya, membaca kapan informasi, lalu mengamati bagaimana siklus hidup hewan lucu ini. Bahkan, terdapat sebuah kandang berukuran super besar yang didesain untuk memelihara 500 ekor kupu-kupu.

Luar biasa, bukan? Kemenuh Butterfly Park memungkinkan siapa pun melihat kupu-kupu pada satu waktu sekaligus. Warna-warna sayap yang indah siap membuat hari Anda jadi lebih ceria. Belum lagi, didukung pula oleh peluang bertambahnya pengetahuan seputar serangga dengan penampilan eksotis tersebut.

Di lain waktu, adanya gedung besar untuk melihat-lihat kupu-kupu juga bisa memberikan kesempatan pembelajaran bagi anak secara menyenangkan. Anda dapat membantunya mengenal serangga bersisik itu, sekaligus menghabiskan waktu luang bersama.

3. Koleksi Kupu-Kupu yang Menakjubkan

Tidak lengkap menyebut Kemenuh Butterfly Park tanpa menyertakan koleksi kupu-kupu di dalamnya. Pihak pengelola mengklaim bahwa taman cantik ini merupakan arena konservasi paling lengkap dan paling besar di seluruh Pulau Bali.

Sampai saat ini, telah tersedia 12 spesies kupu-kupu yang diambil dari berbagai penjuru negeri. Contohnya seperti Ideopsis juventa, Papilio helenus, Cethosia hypsea, dan masih ada sembilan jenis lainnya. Semua itu bisa Anda temukan dan kagumi hanya dengan datang ke kawasan menarik ini.

Kemudian, rencananya taman konservasi itu akan dikembangkan lebih besar lagi, di mana pihak pengelola menargetkan koleksi sekitar 50 jenis spesies. Apabila hal ini dapat terealisasi, tentu keindahan dan kelengkapannya akan semakin membuat siapa pun kagum.

Pastinya, harga tiket masuk pun bisa bertambah seiring popularitas yang terus meningkat. Itu berarti, mumpung kehadiran taman kupu-kupu ini belum lama dioperasikan serta masih dalam tahap pengembangan, alangkah baiknya untuk berkunjung lebih awal.

Raih kesempatan menyaksikan transformasi koleksi kupu-kupu dari sebuah taman yang menawan. Jika Anda datang lebih cepat, maka sangat bisa berbagi cerita kepada orang lain jika nama arena konservasi ini kian melambung suatu hari nanti.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kemenuh Butterfly Park
Image Credit: Google Maps Budiasa Wijaya

Setidaknya perlu durasi perjalanan sekitar 40 menitan jika Anda berangkat dari pusat Kota Denpasar menuju Kemenuh Butterfly Park. Lokasi persisnya ada di kawasan Kabupaten Gianyar, Bali, tempat di mana terdapat pula jajaran destinasi populer lain semisal Bali Zoo Park.

Agar bisa menempuhnya, Anda bisa menyewa mobil travel atau mengemudi sendiri ke arah Desa Kemenuh di Jalan Raya Kemenuh. Putar kemudi menuju Kecamatan Sukawati, lalu ikuti petunjuk jalan yang terpasang di tempat umum atau dalam peta online Anda.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Kemenuh Butterfly Park
Image Credit: Google Maps Yustika Muharastri

Pastinya butuh biaya besar untuk mengembangkan koleksi kupu-kupu di Kemenuh Butterfly Park. Jadi, tidak heran jika harga tiket masuknya juga dibanderol dengan biaya tinggi bila dibandingkan jenis destinasi lainnya di Pulau Bali.

Untuk ukuran pengunjung dewasa, pihak pengelola menetapkan retribusi senilai Rp 100.000, sementara pengunjung anak-anak dipatok Rp 50.000. Harga ini barangkali sudah termasuk biaya parkir dan masih ada kemungkinan untuk mengalami perubahan menyesuaikan keadaan objek menarik tersebut.

Selain itu, pengunjung dimungkinkan memilih jenis paket di luar biaya wisata reguler. Misalnya, paket 2 yang akan membuat Anda mendapatkan makan siang sekaligus, atau paket 3 yang dirangkaian dengan perjalanan ke air terjun.

Adapun jam operasionalnya dilakukan setiap hari, di mana Anda bisa memilih untuk datang kapan pun. Namun, standar jam bukanya relatif singkat karena dimulai dari pukul 8.30 WITA sampai 17.00, yang artinya hanya sekitar 9 sampai 10 jam saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kemenuh Butterfly Park

Aktivitas di Kemenuh Butterfly Park
Image Credit: Google Maps Bernard Baliadvisor

1. Menjelajah

Sudah tentu hal pertama yang harus masuk dalam daftar aktivitas Anda saat berwisata di Kemenuh Butterfly Park adalah melakukan penjelajahan. Tersedia gedung konservasi yang dibuat seperti lorong panjang di mana di salah satu ruangan ada kandang berukuran raksasa.

Di dalam kandang tersebut, Anda bisa menemukan koleksi kupu-kupu sekitar 500 ekor dengan spesies yang beraneka ragam. Menjelajah di sini tidak hanya memberikan kesempatan untuk memahami pola hidup kupu-kupu, melainkan pula memuaskan Anda secara visual.

Selain itu, penjelajahan juga cenderung terasa nyaman sebab suasana di sekitarnya rindang sehingga tidak perlu pusing dengan panasnya terik matahari di luar sana. Bahkan, jika memungkinkan, Anda pun bisa membuat video dokumenter untuk selama bepergian di seluruh arena taman cantik ini.

2. Berburu Foto

Pernah membayangkan akan berfoto dengan latar belakang kumpulan kupu-kupu? Sayap mereka yang mekar saat terbang akan membuat gambar Anda terlihat jauh lebih estetis. Apalagi, keadaan tersebut nyata adanya, bukan sekadar karya tangan manusia berupa lukisan.

Tidak masalah apakah jenis perangkat yang dipakai, entah itu kamera atau smartphone, tetapi pastikan bahwa resolusinya mumpuni. Sayang bila kekayaan warna dari sayap kupu-kupu tidak bisa diabadikan dengan jelas karena keterbatasan perangkat.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda membawa perlengkapan memadai sebelum meninggalkan rumah. Jika memungkinkan, lengkapi pula dengan tripod atau tongsis untuk memudahkan kegiatan berburu foto tersebut.

Aktivitas Menarik di Kemenuh Butterfly Park
Image Credit: Google Maps Hadisusilo S.H.

3. Piknik

Kemenuh Butterfly Park turut serta menyediakan lahan yang luas agar pengunjung dapat beraktivitas dengan bebas. Termasuk di antaranya jika Anda berharap dapat piknik bersama keluarga saat ada waktu luang. Itu semua dimungkinkan bersama jajaran pohon rindang dan rerumputan yang tersebar di atas lahannya.

Tentu, akan lebih seru bila perlengkapan dipenuhi sendiri sejak berangkat dari rumah. Bawalah alas duduk, perbekalan, dan berbagai macam kebutuhan lain sehingga pengalaman piknik Anda jadi berkesan. Selama prosesnya, jangan lupa pula untuk meminimalkan pemakaian smartphone kecuali untuk berfoto agar tidak kehilangan momen mengobrol.

4. Belajar tentang kupu-kupu

Tujuan didirikannya taman indah ini selain untuk tempat penangkaran, juga sebagai sarana edukasi. Anda bisa memanfaatkannya agar dapat mengenal lebih dalam tentang pola hidup kupu-kupu. Bagaimana mereka muncul pertama kali hingga berapa lama dapat bertahan hidup di dunia.

Ada papan informasi yang disajikan di dalam gedung konservasi di mana kerap dikunjungi oleh seluruh wisatawan. Itu menyediakan informasi lengkap perihal spesies kupu-kupu yang dikembangkan oleh Kemenuh Butterfly Park, serta siklus hidup mereka.

Bisa dibilang, tempat menawan ini mampu menghadirkan suasana seru dalam proses edukasi. Dengan begitu, rasa lelah pengunjung tidak akan terlalu berpengaruh karena dibuai oleh keasyikan selama penjelajahan dilakukan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kemenuh Butterfly Park
Image Credit: Google Maps Indar Soewasono

Apa yang mungkin bisa Anda peroleh dengan tiket masuk senilai mulai dari Rp50.000-an? Barangkali pertanyaan ini menjadi kebingungan banyak orang jika melihat harga retribusi masuk ke Kemenuh Butterfly Park yang tidak dapat dikatakan murah. Tentu, hal paling utama adalah kupu-kupu itu sendiri di mana berpotensi membuat hati Anda lebih ceria.

Kemudian, ada pula pusat kuliner yang bisa Anda kunjungi sewaktu lapar dengan lanskap seperti di sawah. Tersedia ATM jika sewaktu-waktu kehabisan uang cash dan butuh melakukan transaksi secepatnya. Demikian pula fasilitas mendasar lainnya seperti toilet sehingga Anda tidak perlu kebingungan saat berwisata.

Pihak pengelola juga menghadirkan pusat oleh-oleh dengan produk khas Bali, ini cocok untuk wisatawan dari luar daerah. Lebih jauh, hewan yang dapat Anda lihat bukan hanya kupu-kupu, melainkan pula ikan koi dari kolamnya langsung. Bagi anak-anak, kesempatan semacam ini pastinya bisa membuat mereka senang dan tidak rewel.

Kemenuh Butterfly Park pada dasarnya adalah jenis pariwisata modern yang berusaha mengatasi berbagai permasalahan lingkungan. Alih-alih membiarkan kupu-kupu hidup liar lalu diburu manusia, tentu lebih bagus untuk memeliharanya mengikuti standar yang berlaku. Jadi, mampir ke sini adalah keputusan tepat dalam rangka mengisi waktu luang.