Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Malaka, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Lombok adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki alam cantik selain nama besar Pulau Bali dan Labuan Bajo di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Terdapat banyak sekali tempat wisata alam menawan di salah satu pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini, sebut saja seperti Pantai Malimbu di Kabupaten Lombok Utara.

Pantai cantik tersebut sangat populer di kalangan wisatawan, bahkan ada beberapa wisatawan asing yang kedapatan sedang berlibur di pantai dengan pasir berwarna putih kecoklatan ini. Pada ujung pasir pantai terdapat sebuah bukit kecil yang bisa anda gunakan untuk bersantai sambil melihat indahnya pemandangan alam sekitar.

Ombak laut di pantai hits ini juga tergolong kecil jadi bagi anda yang ingin bermain air laut silahkan lakukan kegiatan tersebut sepuas mungkin. Pada sore hari tempat wisata alam ini akan mendapatkan lebih banyak pengunjung karena pemandangan sunset dari pinggir pantai nan indah ini sangat menakjubkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Malimbu

Daya Tarik Pantai Malimbu
Image Credit: Google Maps Loetfi Ono

1. Alam Sekitar Pantai Malimbu

Daya tarik pertama yang dimiliki adalah alam sekitar pantai populer tersebut. Dimulai dari pasir pantai nan halus dengan warna putih kecoklatan yang dapat membuat anda bermain di atasnya sepuas mungkin, kemudian ada sebuah bukit kecil yang berada di ujung pantai.

Bukit tersebut dapat anda daki dan menyaksikan keindahan pantai asal Lombok Utara ini dengan sangat jelas. Jangan khawatir soal akses menuju puncak bukit karena meskipun jalannya masih tradisional namun sudah tergolong bagus dan untuk sampai di puncak bukit kecil ini anda hanya perlu berjalan kaki kurang lebih selama 10 menit saja.

Di sekitar bibir Pantai Malimbu dan di area bukit kecil tersebut terdapat banyak sekali pohon yang dapat menjadi pelindung dari sinar Matahari. Pohon-pohon ini juga membuat pemandangan pantai hits ini menjadi lebih indah, selain itu berkat adanya pepohonan tersebut udara di pantai cantik ini menjadi sangat segar.

2. Keindahan Lautnya

Beralih ke daya tarik selanjutnya yaitu lautan biru dengan ombak laut yang tergolong kecil. Karena pantai asal Lombok Utara ini masih sangat alami membuat air lautnya juga sangat bersih dan jernih, dimana hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang hobi bermain air laut dan berenang.

Selain itu, berkat adanya air laut jernih berwarna biru ini membuat pemandangan pantai menjadi lebih indah. Karena ketika birunya laut, hijaunya pepohonan, dan putih kecoklatan pasir pantai menyatu maka akan terciptalah sebuah spot foto yang instagramable.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Malimbu
Image Credit: Google Maps Al Fata Official

3. Panorama Sunset

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh Pantai Malimbu adalah sunset atau momen saat Matahari terbenam di sore hari. Pantai menawan ini akan lebih ramai di sore hari karena banyak orang yang suka menyaksikan indahnya momen Matahari terbenam dari tempat wisata alam ini.

Apalagi ditambah dengan lokasinya yang tepat berada di pinggir jalan membuat banyak orang yang berhenti sejenak di sore hari untuk beristirahat dan menyaksikan sunset. Maka dari itu, tidak heran jika semakin sore akan lebih banyak orang yang berdatangan berkunjung ke pantai nan indah ini.

4. Pulau-Pulau yang Kelihatan Dari Kejauhan

Daya tarik terakhir yang dimiliki tempat wisata Pantai Malimbu adalah pemandangan beberapa pulau dari kejauhan, pulau-pulau tersebut adalah Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno. Selain pemandangan pulau-pulau tersebut anda juga bisa melihat indahnya sebuah gunung api asal Pulau Bali. Semua ini dapat terlihat karena NTB dan Pulau Bali sangat dekat.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Pantai Malimbu
Image Credit: Google Maps Irsad Muhaemin

Lokasi dari Pantai Malimbu sendiri berada di Kecamatan Pemenang, Malaka, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Untuk rute perjalanannya anda bisa menggunakan Kantor Bupati Kabupaten Lombok Utara di Jl. Lapangan Supersemar, Kecamatan Tanjung sebagai patokan.

Jadi dari Jl. Lapangan Supersemar ambil jalur menuju pertigaan Jl. Raya Tanjung kemudian belok kiri dan terus lurus sampai melewati Jl. Raya Mataram – Tanjung dan memasuki Jl. Raya Senggigi. Terus ikuti Jl. Raya Senggigi sampai anda tiba di lokasi tujuan yang berada tepat di sebelah kanan jalan setelah Amarsvati Luxury Resort.

Panjang rute perjalanan dari Kantor Bupati Kabupaten Lombok Utara ke Pantai Malimbu Lombok adalah sekitar 24 km dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih selama 37 menit. Kondisi jalan juga sudah beraspal dan bagus jadi tidak akan memakan terlalu banyak usaha ketika menuju pantai cantik ini.

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke pantai cantik ini tidak perlu membayar tiket masuk, karena siapa saja bisa memasuki destinasi wisata menawan ini secara gratis. Namun, harga tiket masuk ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan pemerintah dan masyarakat setempat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Malimbu

Aktivitas di Pantai Malimbu
Image Credit: Google Maps Taufik Hidayatullah

1. Bermain Air Laut

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di pantai populer ini adalah bermain air laut sepuasnya. Namun kegiatan ini hanya bisa dilakukan apabila kondisi ombak kecil, karena ada beberapa waktu dimana ombak pantai asal Lombok Utara ini sangat besar dan berbahaya.

Meskipun ombak pantai sudah tergolong kecil dan dapat digunakan untuk bermain air laut sepuasnya anda harus tetap berhati-hati. Apalagi bagi anak kecil, dimana mereka harus selalu dalam pengawasan orang dewasa agar tidak terjadi sesuatu yang buruk.

2. Berfoto di Pantai Malimbu

Anda juga bisa melakukan kegiatan berfoto ketika menginjakan kaki di Pantai Malimbu Lombok. Hal ini karena alam di pantai hits ini sangat bagus seperti lautan biru nan jernih, banyak pepohonan hijau, pasir pantai berwarna putih kecoklatan, adanya pemandangan beberapa pulau, dan pemandangan sunset yang memukau di sore hari.

3. Bermain di Atas Pasir Pantai

Beralih ke kegiatan menarik selanjutnya yaitu bermain di atas pasir Pantai Malimbu seperti membangun istana pasir, bermain kejar-kejaran, hingga melakukan olahraga pantai seperti voli pantai dan sepakbola pantai. Ukuran garis pantai juga cukup panjang jadi anda tidak akan mengganggu wisatawan lainnya ketika melakukan aktivitas yang satu ini.

Aktivitas Menarik di Pantai Malimbu
Image Credit: Google Maps Made Sumardika

4. Menikmati Keindahan Alam Sekitar

Salah satu kegiatan wajib yang bisa dilakukan oleh wisatawan ketika sampai di tempat wisata pantai ini adalah menikmati indahnya alam sekitar. Kegiatan ini bisa dilakukan dari pinggir pantai atau dari atas bukit kecil yang berada tepat di ujung garis pantai, namun jika anda ingin menyaksikan keindahan secara luas maka bukit kecil di ujung pantai lebih bagus.

Selain menikmati alam sekitar anda juga bisa melakukan refreshing di Pantai Malimbu Lombok. Hal ini ditunjang dengan kondisi alam yang masih terjaga, dimana anda hanya perlu rebahkan badan sebentar kemudian dengarkan suara ombak pantai dan angin laut yang berhembus di sela dedaunan.

Setelah suara alam ini mulai terasa nyaman selanjutnya anda hanya perlu rasakan udara sejuk di alam sekitar melalui kulit anda. Perlahan semua masalah akan terlupakan sehingga membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

5. Pemandangan Sunset

Kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di Pantai Malimbu nan menakjubkan ini adalah menikmati indahnya pemandangan sunset atau Matahari terbenam di sore hari. Seperti yang sudah diketahui bahwa lokasi tempat wisata alam ini berada tepat di pinggir jalan sehingga banyak orang yang mampir untuk beristirahat.

Sebagian dari orang-orang tersebut sengaja beristirahat di sore hari karena mereka ingin melihat pemandangan Matahari terbenam di ufuk barat. Keindahan sang surya yang perlahan tenggelam ke dasar laut melewati beberapa pulau di sekitarnya berhasil membuat siapa saja terpana ketika menyaksikannya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Malimbu
Image Credit: Google Maps Made Sumardika

1. Area Parkir Kendaraan

Pantai Malimbu memiliki sebuah tempat parkir di pinggir belokan jalan. Meskipun berada tepat di pinggir belokan namun ukuran dari area parkir ini cukup luas dan dapat menampung beberapa jenis kendaraan baik itu roda 2 maupun roda 4. Sangat disarankan untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan anda.

2. Warung Makan

Fasilitas berikutnya yang ada di pantai populer ini adalah warung makan yang menjual beberapa jenis makanan dan minuman. Berkat adanya fasilitas ini membuat wisatawan yang tidak membawa bekal dari rumah bisa tetap menikmati liburan mereka. Selain makanan dan minuman warung-warung tersebut juga menjual beberapa oleh-oleh.

3. Penginapan

Beralih ke fasilitas terakhir yang ada di pantai hits asal Kecamatan Pemenang ini adalah penginapan yang ada di daerah sekitarnya. Penginapan-penginapan ini bisa menjadi solusi bagi wisatawan dari luar daerah untuk menginap dan bermalam. Harga penginapan tersebut juga berbeda-beda sesuai dengan fasilitas yang disediakan.

Demikian sedikit review mengenai sebuah pantai cantik mempesona asal Lombok Utara bernama Pantai Malimbu. Pantai populer ini buka setiap hari selama 24 jam, jadi silahkan sesuaikan dengan waktu liburan anda.