Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Maluk, Kec. Jereweh, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Salah satu pantai yang terkenal begitu indah dan berada di Provinsi Nusa tenggara Barat, yaitu Pantai Maluk di Sumbawa Barat. Pantai tersebut lokasi tepatnya yaitu berada di Pulau Sumbawa. Keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini memang tak main-main, karena itu, banyak turis asing yang berdatangan ke tempat tersebut saat mereka melancong ke Indonesia.

Begitu pula wisatawan lokalnya, Anda akan menemukan mereka ramai memadati pantai ketika hari libur tiba. Anda yang sangat gemar sekali dengan wisata alam, maka tak ada salahnya untuk segera merapat ke Nusa Tenggara Barat dan menikmati keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini.

Di Pantai Maluk nantinya Anda akan menemukan beberapa warung makan dan juga cafe untuk sekedar nongkrong bersama dengan teman-teman. Suasana malam di pantai ini juga begitu menyenangkan, sangat sayang jika Anda lewatkan kesempatan untuk menghabiskan weekend di tempat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Maluk

Daya Tarik Pantai Maluk
Image Credit: Google Maps Jafa Vlog

1. Pemandangan Pasir Putih yang Memukau

Daya tarik pertama yang perlu untuk Anda ketahui dari Pantai Maluk tersebut yaitu pantai ini memiliki pasir dengan warnanya yang putih indah. Seperti yang diketahui, pantai yang memiliki Pasir Putih memang selalu mampu untuk membuat wisatawan merasa kesemsem. Di tempat inilah Anda bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang bersih.

Pastinya akan terasa menyenangkan sekali jika menghabiskan waktu untuk berjalan di hamparan pasir yang indah ini. Terlebih tidak semua pantai yang ada di Nusa Tenggara Barat memiliki warna pasir yang putih. Selain warnanya yang cukup menyita perhatian, nyatanya pasir di tempat ini begitu bersih. Wajar saja jika wisatawan suka bermain di area pasirnya.

2. Diapit Oleh Perbukitan

Pantai Maluk merupakan sebuah teluk yang di bagian kiri dan kanannya diapit oleh bukit, sehingga membuat pemandangan di tempat ini tampak begitu elok. Dari bagian utara pantai, Anda akan menyaksikan sebuah bukit yang bernama Bukit Mantun. Sedangkan di arah selatan terdapat Bukit Balas yang mengitari area wisata.

Tempat ini tentunya menjadi latar yang begitu indah yang bisa Anda saksikan selama berada di sana. Tidak hanya view berupa perbukitan saja, di tempat ini pun Anda akan menyaksikan pohon dengan ukuran besar sehingga akan membuat siapapun merasa teduh berada di bawah kanopinya.

3. Ombak yang Besar dan Ganas

Daya tarik selanjutnya yang juga bisa Anda saksikan yaitu ombak di tempat ini sangatlah besar, sehingga sangat cocok bagi para peselancar. Wisatawan asing yang datang ke tempat tersebut memang sengaja datang untuk menjajal keganasan ombak. Jangan heran jika saat mengunjungi tempat ini Anda akan melihat beberapa wisatawan berselancar penuh antusias.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Maluk
Image Credit: Google Maps isninjar doing

4. Merupakan Sebuah Kawasan Teluk

Satu hal yang perlu untuk Anda ketahui, pantai ini adalah kawasan teluk yang begitu tentram dan juga tenang. Sangat cocok jika Anda jadikan area wisata tersebut sebagai tempat untuk bermain air ataupun berenang bersama dengan sanak family. Di Pantai Maluk Sumbawa nantinya Anda bisa memperoleh suasana yang menyenangkan dan damai.

Bagi Anda yang berasal dari area padat penduduk atau wilayah perkotaan yang ramai dan berencana untuk mencari tempat yang tenang, maka disinilah Anda harus menuju. Pantai tidak hanya mempunyai pemandangan yang begitu indah saja, melainkan udara yang ada di sana begitu bersih dan segar.

Saat Anda menghirup wangi laut di pantai tersebut, maka Anda akan merasakan sensasi yang begitu luar biasa sejuk. Satu hal lagi yang tak kalah menarik, di tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu lokasi penangkaran penyu.

5. Tempat Bermain Anak

Tak dapat dipungkiri, keindahan Pantai Maluk mampu menghipnotis siapapun yang datang. Anda yang kebetulan membawa serta buah hati, maka di sana juga telah tersedia taman bermain untuk anak.

Dengan adanya taman bermain akan membuat anak Anda merasa betah bermain seharian. Karena itu, ide yang tepat sekali Jika memutuskan untuk datang ke tempat wisata ini mengajak serta anak, ponakan ataupun kerabat-kerabat Anda.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Pantai Maluk
Image Credit: Google Maps Agus Sulaiman

Lokasi tepatnya dari Pantai Maluk yaitu terdapat di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Jika Anda berencana untuk berlibur dan menghabiskan akhir pekan di pantai tersebut, maka Anda bisa mencari rutenya melalui Google Maps. Akses jalan untuk menuju ke tempat ini terbilang mudah, selain itu juga Anda bisa membawa kendaraan pribadi.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Mataram, maka nantinya Anda perlu menuju ke Jurusan Taliwang, kemudian mengarah ke Maluku. Selanjutnya Anda tinggal lanjutkan perjalanan menuju ke tempat wisata menggunakan ojek jika Anda yang kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi.

Untuk biaya bus sendiri berada di kisaran Rp 70.000, sedangkan biaya ojek menuju ke pantai kurang lebih sebesar Rp 10.000 saja. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka waktu yang dibutuhkan kurang lebih selama 5 hingga 6 jam.

Berbeda lagi jika Anda berangkat menggunakan Kapal Ferry dari Pelabuhan Kayangan, Lombok, maka Anda hanya akan membutuhkan waktu selama 2 jam saja, hingga akhirnya tiba di pantai.

Pantai Maluk ini bisa Anda nikmati hanya dengan membayar uang tiket sebesar Rp 5.000 saja. Besar tiket tersebut termasuk sangat murah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain. Anda bisa mengunjungi tempat ini pada hari Senin hingga Minggu dan akan dibuka pada pukul 7 pagi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Maluk

Aktivitas di Pantai Maluk
Image Credit: Twitter Marrysa Tunjung Sari

1. Surfing di Ombak Besar

Salah satu aktivitas utama yang bisa dilakukan selama berada di Pantai Maluk Sumbawa yaitu surfing. Seperti yang sudah di singgung di atas, bahwa pantai ini memang memiliki ombak yang cukup besar dan ganas. Maka dari itu, wajar saja jika tempat tersebut dijadikan sebagai lokasi surfing favorit, terutama oleh wisatawan asing.

Ombak yang ganas inilah, maka banyak para peselancar yang menjulukinya sebagai Super Suck. Karena memang ombak yang berada di bagian tengah dapat mencapai tinggi hingga 2 meter. Ombak dengan tinggi 2 meter tersebutlah yang selalu dinantikan peselancar ketika mereka melakukan aktivitas tersebut di pantai ini.

Bagi seorang peselancar, menaklukkan ombak setinggi itu merupakan sesuatu yang sangat menantang. Dan tentunya Anda yang melakukan selancar tidak boleh melewatkan aktivitas tersebut. Hal itu akan menjadi pengalaman seru dan berkesan selama Anda berlibur di sana.

2. Menyaksikan Budidaya Penyu

Pantai di Nusa tenggara Barat ini memiliki tempat budidaya penyu serta pelepasan tukik. Terdapat beberapa jenis penyu yang dikembangbiakkan dan dibudidayakan, antara lain yaitu Penyu Hijau dan Penyu Sisik. Anda bebas untuk menyaksikan penyu dan mengikuti prosesi pelepasan tukik ke laut.

Pastinya pengalaman ini tidak bisa Anda dapatkan di pantai lain pada umumnya. Maka dari itu, ketika Anda sudah berada di Pantai Maluk Sumbawa, sempat kan waktu mengunjungi tempat penangkaran. Terlebih jika kebetulan Anda membawa buah hati, maka dipastikan mereka akan begitu bahagia saat melihat tukik yang begitu lucu dan menggemaskan.

Aktivitas Menarik di Pantai Maluk
Image Credit: Twitter Trip Lombok Sumbawa

3. Hunting Foto di Pantai Maluk

Aktivitas lain yang juga sangat direkomendasikan yaitu hunting foto. Pemandangan alam di sekitar area pantai memang luar biasa indah dan pastinya itu akan menciptakan hasil gambar yang cantik. Pastikan Anda tidak lupa untuk mengisi baterai Smartphone hingga penuh supaya nantinya bisa menggunakan perangkat tersebut untuk mengabadikan momen di tempat ini.

4. Seru-Seruan di Taman

Tidak semua pantai yang ada di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Barat menyediakan area bermain bagi anak. Karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk Anda mengajak serta anak-anak ke taman bermain yang disediakan oleh pihak pengelola wisata. Di sana sudah disediakan beberapa tempat yang menyenangkan bagi anak.

Dengan adanya taman bermain tersebut, pastinya anak Anda akan merasa begitu gembira dan bersemangat menghabiskan waktu liburan mereka. Namun, pastikan untuk Anda selalu mengawasi anak selama mereka bermain di taman.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Maluk
Image Credit: Google Maps Fw Pov Property & Travel

Pantai Maluk sudah dikelola dengan cukup baik, karena itu, fasilitas yang disediakan pun terbilang cukup memadai. Salah satunya untuk area parkir sendiri yang cukup luas dan juga aman. Dengan area parkir yang luas, hal itu akan membuat Anda tidak perlu berebut dengan pengunjung lain saat ingin memarkirkan kendaraan di sana.

Menikmati kuliner juga memungkinkan untuk Anda lakukan, karena di sana telah terdapat fasilitas berupa cafe dan warung makan di sekitaran pantai. Berbagai macam olahan sea food bisa Anda nikmati dan cicipi. Ketika cuaca tengah terik, maka jangan lupa untuk memesan es kelapa muda yang begitu menyegarkan.

Fasilitas lain untuk menunjang wisatawan yaitu toilet dan kamar ganti. Toilet di tempat tersebut sangatlah bersih. Anda juga akan menemukan beberapa tempat bilas yang telah tersedia. Dengan banyaknya fasilitas ini pasti kegiatan berlibur akan terasa menyenangkan.

Pantai Maluk memang menjadi salah satu wisata yang cukup populer di wilayah Sumbawa Barat. Anda yang masih bingung untuk mencari tempat wisata terbaik di Nusa Tenggara Barat, maka sangat direkomendasikan untuk segera meluncur ke pantai yang satu ini. Di sana Anda bisa menikmati berbagai macam aktivitas seru dan berkesan.