Pulau Bali memang sudah terkenal akan keindahan alamnya mulai dari gunung, sungai, air terjun, dan yang paling populer adalah pantainya. Keindahan pantai-pantai di Pulau Dewata bahkan sudah mendunia, hal ini membuat anda dapat menemukan banyak sekali turis asing yang berlibur ke pulau cantik yang berlokasi dekat dengan Pulau Jawa tersebut.

Saking banyaknya turis asing yang datang berlibur ke Bali membuat anda akan merasakan kebebasan yang benar-benar berbeda dibandingkan daerah Indonesia lainnya. Kebebasan yang diperoleh tersebut meliputi minuman beralkohol, dunia malam, hingga kebebasan berpakaian bagi wanita.

Dengan semua kebebasan tersebut justru menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi pantai cantik Bali. Ada banyak sekali pantai-pantai yang bisa dikunjungi di pulau menakjubkan tersebut mulai dari yang berpasir hitam hingga yang berpasir putih, namun kali ini kita hanya akan membahas pantai berpasir hitam hits di Bali saja.

1. Pantai Mengening

Pantai Mengening
Image Credit: Instagram Win

Pertama ada nama Pantai Mengening yang berlokasi di Kabupaten Badung, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Provinsi Bali atau dekat dengan Pura Tanah Lot. Untuk akses jalanya sudah sangat bagus (beraspal) dan memiliki petunjuk jalan yang jelas jadi anda tidak perlu khawatir soal masalah jalan.

Ketika sampai di lokasi Pantai Mengening anda akan disuguhkan pemandangan laut dengan beberapa bebatuan besar yang sangat cantik. Tempat wisata alam ini sangat cocok untuk berfoto, apalagi dengan adanya Pura Gede Luhur Batu Ngaus yang berada dekat dengan lokasi wisata nan indah tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cemagi, Kec. Mengwi, Kab. Badung, Bali.

2. Pantai Lembeng

Pantai Lembeng
Image Credit: Google Maps Bali Tours Club

Beralih ke pantai berpasir hitam selanjutnya yaitu Pantai Lembeng yang berada di Kecamatan Sukawati, Desa Ketewel, Kabupaten Gianyar, Banjar Lembeng, Provinsi Bali. Pantai menakjubkan ini masih tergolong sepi akan pengunjung jadi ketika menginjakan kaki di dalamnya akan membuat anda merasa seperti sedang berlibur di private beach.

Pasir hitam memang terdengar kurang menarik bagi kebanyakan wisatawan namun di Pantai Lembeng hal tersebut tidak berlaku. Pasalnya pasir hitam yang ada di pantai asal Gianyar ini sangat lembut dan terlihat menakjubkan ketika terpapar sinar matahari. Karena masih tergolong sepi pengunjung membuat air lautnya juga terlihat sangat biru dan jernih.

Namun jika ingin bermain air anda harus berhati-hati karena ombak di pantai menawan ini cukup besar. Dengan ombak tersebut kegiatan surfing atau berselancar merupakan salah satu kegiatan menarik yang patut dicoba, bahkan bagi anda yang masih pemula juga bisa melakukan surfing atau berselancar karena ombaknya masih tergolong aman untuk pemula.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra No.52, Batubulan, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali.

3. Pantai Nyanyi

Pantai Nyanyi
Image Credit: Google Maps anik tini

Selanjutnya ada Pantai Nyanyi yang berlokasi di Dusun Nyanyi, Kecamatan Kediri, Desa Beraban, Kabupaten Tabanan, Bali. Nama pantai berpasir hitam ini sendiri memang diambil sesuai dengan nama Dusun Nyanyi, namun ada juga beberapa wisatawan yang mengatakan bahwa nama nyanyi diambil karena suara alamnya yang terdengar sangat indah.

Pantai nan indah tersebut memiliki pasir hitam legam yang sangat halus dan dapat membuat kaki terasa nyaman meskipun berjalan tanpa alas kaki. Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh pantai asal Kecamatan Kediri ini adalah lokasinya yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Hal tersebut membuat anda akan melihat hamparan luas laut tanpa ada penghalang sedikitpun. Selain itu ombak di sekitar Pantai Nyanyi juga sangat cocok untuk olahraga surfing atau berselancar. Jangan lupa menyaksikan indahnya sunset karena pantai cantik ini merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbenam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabanan, Bali.

4. Pantai Purnama

Pantai Purnama
Image Credit: Google Maps Krzysztof

Kabupaten Gianyar memang terkenal akan keindahan alamnya terkhusus soal pantai, salah satu pantai berpasir hitam cantik yang ada di kabupaten tersebut adalah Pantai Purnama. Pantai menakjubkan ini terletak di Kabupaten Gianyar, Kecamatan Sukawati, Banjar Lumpang Telabah, Provinsi Bali.

Sama seperti namanya salah satu daya tarik yang dimiliki oleh pantai berpasir hitam ini adalah pemandangan Bulan Purnamanya. Selain itu pemandangan Matahari terbit atau yang dikenal dengan nama sunrise juga patut anda saksikan dari pinggir pantai cantik ini. Untuk bisa mendapatkan kedua pemandangan tersebut camping merupakan solusi yang tepat.

Kita beralih ke kondisi alam Pantai Purnama dimana anda bisa menemukan banyak pepohonan yang bisa menjadi tempat berteduh. Lokasi sekitar pantai juga sangat cocok untuk berburu foto instagramable, jadi pastikan anda membawa kamera kesayangan anda dan silahkan berpose sepuasnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukawati, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali.

5. Pantai Padang Galak

Pantai Padang Galak
Image Credit: Google Maps Cokorda Sarotama

Kita beralih ke Pantai Padang Galak yang menjadi lokasi digelarnya Festival Layang-Layang baik untuk skala lokal, nasional, maupun internasional. Jika anda ingin menyaksikan festival tersebut silahkan datang ke pantai berpasir hitam cantik yang berlokasi di Kecamatan Denpasar Timur, Kelurahan Sanur, Kota Denpasar, Bali dari bulan Juli sampai September.

Pantai Padang Galak sendiri masih tergolong sepi pengunjung jika tidak ada event khusus, meskipun begitu bukan berarti alamnya tidak bagus. Anda bisa menemukan pasir hitam pantai yang lembut dengan lautan biru yang sangat jernih dan cantik. Hal tersebut membuat anda akan secara spontan mengeluarkan kamera untuk memotret keindahan alam tersebut.

Sepanjang bibir pantai terdapat sebuah jalan yang memang dibuat untuk wisatawan jalan menyusuri pinggir pantai. Maka dari itu tidak heran jika akan ada beberapa pasangan yang terlihat melintasi jalan tersebut sambil bercanda dan tertawa bersama-sama. Untuk ombak laut memang cukup besar, namun masih bisa digunakan untuk sekedar bermain air.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padanggalak Sanur No.88, Kesiman Petilan, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.

6. Pantai Seseh

Pantai Seseh
Image Credit: Twitter Fantastic Bali

Berikutnya ada Pantai Seseh yang terletak di Kecamatan Mengwi, Desa Munggu, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Pantai menakjubkan ini memiliki pasir pantai hitam berkilau yang sangat luas, hal tersebut membuat wisatawan bisa tetap menikmati momen liburan mereka tanpa khawatir terganggu oleh wisatawan lain.

Selain memiliki pasir pantai yang cantik dan berkilau, pantai asal Desa Munggu ini juga memiliki air laut yang sangat jernih dan biru. Ombak di lautan tersebut juga tergolong besar sehingga akan sangat cocok untuk olahraga surfing. Maka dari itu bagi anda yang suka berselancar coba rasakan sensasi menuruni ombak di pantai hits ini.

Selain menarik minat wisatawan melalui alamnya, Pantai Seseh juga memiliki beberapa bangunan yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk melakukan wisata religi. Hal tersebut dikarenakan terdapat 5 buah Pura suci umat Hindu dan sebuah makam Wali Pitu (penyebar agama Islam di Pulau Bali).

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Seseh, Kec. Mengwi, Kab. Badung, Bali.

7. Pantai Soka

Pantai Soka
Image Credit: Google Maps raden fr

Jika anda sedang berada di Bali dan mencari sebuah pantai cantik namun memiliki ombak yang tenang dan cocok untuk berenang maka Pantai Soka sangat cocok dengan kriteria tersebut. Lokasi dari pantai cantik tersebut berada di Kecamatan Selemadeg, Desa Antap, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali.

Setelah memasuki kawasan wisata alam ini anda akan benar-benar dibuat terpukau dengan keindahan alamnya. Pasalnya pantai yang berada di Desa Antap tersebut memiliki pasir pantai berwarna hitam eksotis yang sangat menyatu dengan warna birunya laut. Tidak hanya itu keindahan Gunung Agung juga bisa anda saksikan dari kejauhan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Pantai Soka memiliki ombak yang kecil sehingga cocok untuk bermain air atau berenang. Bahkan anak-anak juga bisa dengan bebas bermain air sepuasnya namun harus tetap dalam pengawasan orang dewasa. Tidak jauh dari lokasi wisata pantai populer ini juga terdapat sebuah gua bernama Goa Bulung Daya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, Antap, Kec. Selemadeg, Kab. Tabanan, Bali.

8. Pantai Klecung

Pantai Klecung
Image Credit: Google Maps jeremy rhesa

Wisata Pantai Klecung yang berlokasi di Kecamatan Selemadeg Timur, Desa Tegal Mengkeb, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali merupakan pantai berpasir hitam selanjutnya yang akan kita bahas. Pantai nan indah ini memiliki laut yang jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar namun tidak kecil juga.

Meskipun begitu wisatawan tetap bisa bermain air atau berenang di Pantai Klecung sepuasnya. Bentuk bibir pantainya juga sangat unik karena pada sisi luar terdapat batu karang yang cukup besar mengarah ke lautan, wisatawan bisa menggunakan batu karang tersebut sebagai spot berfoto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Kelating, Tegal Mengkeb, Kec. Selemadeg Timur, Kab. Tabanan, Bali.

9. Pantai Kelating

Pantai Kelating
Image Credit: Google Maps Dni Ryantara

Masih dari Kabupaten Tabanan ada sebuah pantai pasir hitam yang diberi nama Pantai Kelating. Nama pantai cantik ini diambil dari lokasinya berada yaitu di Desa Kelating, Kabupaten Tabanan, Kecamatan Kerambitan, Provinsi Bali.

Keindahan pemandangan alam yang masih sangat alami serta ombak yang menawan membuat banyak wisatawan yang terpana ketika menginjakan kakinya di lokasi wisata alam tersebut. Tidak jauh dari bibir pantai anda juga dapat menemukan sebuah Pura bernama Luhur Timan Agung dan ada juga sebuah gua yang menjadi rumah bagi ribuan kelelawar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kerambitan, Kelating, Kec. Kerambitan, Kab. Tabanan, Bali.

10. Pantai Kusamba

Pantai Kusamba
Image Credit: Google Maps Ketut Suparta

Terakhir ada nama Pantai Kusamba yang berlokasi di Kecamatan Dawan, Desa Kusamba, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Selain pemandangan alamnya yang luar biasa indah pantai dengan pasir hitam nan cantik ini juga bisa membuat anda mengetahui bagaimana nelayan setempat menangkap ikan dengan cara tradisional.

Wisatawan juga dapat mengunjungi pondok-pondok sekitar Pantai Kusamba yang merupakan tempat pembuatan garam. Hal ini cukup menarik karena proses pembuatan garam di Desa Kusamba masih sangat tradisional.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padangbai, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

Demikian pembahasan mengenai rekomendasi pantai cantik di Pulau Bali yang memiliki pasir pantai berwarna hitam. Memang pantai pasir hitam sudah sangat biasa, namun jangan pernah membawa persepsi tersebut ke Pulau Dewata Bali yang keindahan pantainya sudah mendunia.