Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali memang jadi salah satu kota dengan destinasi yang menarik. Sebagai kota yang memiliki destinasi menarik, tak heran Bali sudah banyak dikenal baik di Indonesia sendiri sekaligus di Mancanegara bahkan banyak turis-turis yang berdatangan hanya untuk menikmati destinasi menarik di Bali.

Salah satu destinasi wisata Karangasem yang menarik dengan pemandangan yang elok adalah pantai. Di Bali terdapat banyak sekali pantai yang mendominasi, tersebar di setiap area daerah menghiasinya. Salah satu pantai yang akan direkomendasi kali ini adalah Pantai Wates Yeh Malet yang memiliki keunikan sendiri.

Pantai dengan pasir hitam ini memang tidak sepopuler pantai Bali lainnya, tetapi keindahan yang terpancar di pantai ini bisa jadi salah satu alternatif liburan anda. Pantai ini memiliki pemandangan khas pasir hitam yang berkelap kelip terpantul cahaya matahari serta monumen patung di kawasan pantai. Berikut beberapa ulasan kenapa pantai ini wajib di kunjungi, Yuk simak!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wates Yeh Malet

Daya Tarik Pantai Wates Yeh Walet
Image Credit: Google Maps Simon Rajagukguk

1. Pemandangan Pantai

Pantai Wates Yeh Malet yang menarik ini menampilkan keindahan khas. Saat memasuki lokasi pantai tersebar pasir hitam sejauh mata memandang. Pasir ini menjadi daya tarik terlebih di saat terik matahari pasir dapat memancarkan cahaya kerlap kerlip dari pantulan matahari.

Pantulan dari sinar matahari menambah kecantikan pantai. Selain itu hamparan laut air pantai yang berwarna kebiruan dengan jernih. Pengunjung dapat membasahi kakinya di pesisir pantai sambil menyentuh dinginnya air pantai yang jernih tersebut. Pantai ini memiliki banyak pengunjung di akhir pekan.

Di sekeliling pantai terdapat pohon-pohon kelapa yang tumbuh dengan subur, pohon ini menghiasi pinggiran pantai membuat rindang suasana. Pohon ini menjadi tempat yang strategis karena juga berada di dekat warung-warung makanan. Pengunjung dapat bersantai di bawah pohon sambil menikmati keindahan pantai ini.

Di sisi kanan dan kiri pantai terdapat perbukitan dengan tinggi yang menjulang. Bukit ini memiliki warna yang kehijauan, dilengkapi dengan pepohonan dan rerumputan yang tumbuh dengan subur. Bukit yang masih asri dan alami belum terjamah ini tentu mempunyai hewan-hewan khas.

Pantai ini juga memiliki karang-karang yang besar di pesisir pantai yang berwarna keabu-abuan tua. Karang berdiri dengan kokoh walaupun diterjang ombak yang menghantam setiap saat. Karang besar ditumbuhi tanaman-tanaman hijau mengelilingi samping-samping karang seperti alga hijau, ganggang ataupun lumut.

Anda pun dapat beraktivitas memancing di atas karang, sambil menikmati pemandangan pantai bersama keluarga. Ombak yang menghantam karang tidaklah terlalu besar karena pantai ini memang memiliki ombak yang bersahabat. Sangat cocok berdiri di pesisir pantai mendekati bibir air ataupun bagi yang ingin berenang.

2. Patung Dewa Surya dan Dewi Candra

Daya tarik pantai salah satunya memiliki patung dewa surya dan dewi candra. Memasuki kawasan pantai, pengunjung akan disuguhkan oleh penampakan kedua patung ini yang berada di depan kawasan. Patung dewa surya dan dewi candra yang berdiri di atas naga aruna. Di sekitaran patung ada beberapa sesembahan sesajen.

Patung dewa surya dan dewi candra merupakan icon utama dari Pantai Wates Yeh Malet. Di sekitar patung juga terdapat candi yang berupa gapura pintu masuk pantai. Di sekitaran patung dibentuk sebuah padmasana yaitu tempat sesembah berupa sesajen untuk para pengunjung untuk bersembahyang.

Bukan hanya untuk umat hindu budha, tetapi pengunjung lainnya pun diperbolehkan untuk melihat dan memegang kedua patung ini. Anda juga dapat berfoto di sekitaran patung sambil menikmati keindahan pantai. Jika beruntung, pengunjung dapat datang di waktu yang tepat seperti pada acara-acara penting upacara di sekitar patung.

3. Pesona Menarik Sunset

Pantai Wates Yeh Malet memiliki pesona disaat senja. Bahkan banyak pengunjung yang berdatangan di waktu sore. Pemandangan yang menarik berupa hamparan lautan yang membiru dibalut pesona pasir yang kehitaman. Langit jingga memang menarik ditambah kecauan burung di waktu sore menambah keelokan pantai.

Selain itu, menariknya di depan kawasan pantai ini dibangun batu yang berbentuk pantai. Batu ini diukir dengan tulisan Pantai Wales Yeh Malet. Saat menjelang sore tulisan ini akan terpancar warna-warni dengan terangnya menampilkan keindahan. Selain tulisan batu terdapat juga pantulan pasir yang menambah kerlap kerlip pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Wates Yeh Malet
Image Credit: Google Maps Simon Rajagukguk

Destinasi pantai yang menarik ini hanya dapat dikunjungi ke Bali. Tepatnya berada di Jalan Raya Tengading Amplaupura, Dusun Yeh Malet, Desa Antiga Kelod Kecamatan Mangis Kabupaten Karangasem. Lokasi Pantai Wates Yeh Malet sangat strategis dari pusat kota denpasar.

Waktu tempuh perjalanan dari pusat kota denpasar menuju lokasi wisata pantai adalah sekitar 1 jam diperjalanan dengan jarak sekitar 40 kilometer perjalanan. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Rutenya dari pusat kota Denpasar anda hanya melewati jalur Jalan Raya saja tidak berkelok-kelok dengan jalanan yang beraspal. Jalanan menuju ke lokasi Pantai Wates Yeh Malet sangat bagus.

Bagi wisatawan baru yang berkunjung disarankan untuk tetap menggunakan aplikasi google maps sepanjang perjalanan agar lebih terpandu dan tidak sesat. Selain itu disarankan juga agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dikeramaian, memakai masker dan membawa hand sanitizer.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Wates Yeh Malet
Image Credit: Instagram Agung Prabowo

Untuk dapat menikmati keindahan pantai yang eksotis ini anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, pasalnya pengelola menggratiskan harga tiket masuk ke kawasan pantai. Tanpa biaya apapun, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang dibalut dengan beberapa patung khas.

Selain itu, pengunjung dapat datang setiap saat karena untuk waktu operasionalnya, Pantai Wates Yeh Malet ini dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu selama 24 jam. Terdapat juga beberapa penginapan di sekitar pantai yang dapat wisatawan sewa tentunya dengan harga yang ekonomis.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Wates Yeh Malet

Aktivitas di Pantai Wates Yeh Malet
Image Credit: Google Maps Simon Rajagukguk

1. Berkunjung ke Patung Dewa Surya dan Dewi Candra

Patung dewa surya dan dewi candra berada di kawasan depan pantai yaitu di dekat pintu masuk. Pengunjung dapat mendekati kedua patung ini sambil melihat keindahan patung yang sudah terpahat. Patung yang memiliki simbol suci agama. Selain berkunjung pengunjung dapat berfoto di samping patung.

2. Bermain di Pinggir Pantai

Kegiatannya adalah bermain dipinggir pantai. Anda dapat bermain di sekitar pantai. Seperti berjalan menyusuri pantai menikmati pemandangan menarik pantai. Pengunjung juga dapat berjalan dengan melepas sepatu jadi beralas kaki telanjang sambil menikmati sentuhan pasir yang kehitaman ditambah gemericik air pantai.

3. Memancing

Bagi wisatawan yang gemar memancing aktivitas ini akan jadi hal yang menarik. Anda dapat memancing di sekitar Pantai atau di atas batu karang. Disediakan juga beberapa alat pancing untuk disewa atau untuk lebih hematnya, dapat membawa alat pancing sendiri dari rumah.

Aktivitas Menarik di Pantai Wates Yeh Malet
Image Credit: Twitter Cinta Dirgantara

4. Berenang

Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus sangat seru. Ombak pantai yang bersahabat sehingga pengelola memperbolehkan untuk berenang di tengah pantai eksotis ini. Air pantai memiliki corak kebiruan yang dingin. Selama menyelami air sekaligus juga dapat bertemu binatang-binatang air yang cantik terbungkus oleh terumbu karang.

5. Berolahraga

Olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan. Pantai ini menyediakan jalanan setapak khusus untuk yang berjalan kaki, anda dapat berolahraga dengan berjalan kaki menyusuri pantai atau berlari. Selain itu di pesisir pantai, juga dapat dipergunakan untuk berolahraga bola ataupun bermain volly pantai bersama-sama.

6. Spot Foto

Pantai Wates Yeh Malet menyediakan pemandangan menarik cocok untuk berfoto banyak spot foto yang dapat anda gunakan seperti berfoto di kedua patung dewa surya dan dewi candra, berfoto di batu berukiran tulisan pantai, di pesisir pantai, di hamparan laut ataupun di tengah pantai saat berlayar di kano.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Wates Yeh Malet
Image Credit: Google Maps Simon Rajagukguk

Fasilitas yang diberikan di Pantai Wates Yeh Malet cukup memadai, walaupun tidak dibebankan biaya tiket masuk. Pantai ini memiliki area parkir yang luas disertai dengan penjagaan yang ketat. Pengunjung lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan bermobil mengingat lebih nyaman dan tenang.

Selain parkir kendaraan, tersedia juga warung-warung di sekitar pantai yang menyajikan makanan dan minuman terbaik. Anda juga dapat membeli makanan khas bali untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Terdapat juga gazebo-gazebo yang tersebar di sekeliling pantai. Gazebo ini dipergunakan untuk meletakkan barang atau beristirahat.

Pantai ini juga menyediakan toilet khusus pria dan wanita yang bersih serta kamar mandi khusus untuk para pengunjung yang habis berenang diserta dengan ruang ganti yang nyaman. Di sekitar pantai juga tersedia bak-bak sampah yang tersebar, jadi anda tidak perlu khawatir untuk membuang sampah. Tetap jaga kebersihan pantai ya!

Demikianlah beberapa ulasan menarik mengenai Pantai Wates Yeh Malet. Pantai ini memang belum sepopuler wisata lainnya di Bali tetapi pesona yang diberikan tidak kalah hebatnya. Anda dapat menjadikan pantai sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat bertandang ke Bali ya!