Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Bhakti Abri, Kalijaga, Kec. Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Petilasan Sunan Kalijaga tergolong sebagai wisata religi yang mempunyai nilai sejarah. Lahan yang luas itu pernah digunakan untuk menyampaikan dakwah Islam. Tempat tersebut juga memiliki beberapa santri yang ingin belajar ilmu agama.

Keunikan dari Petilasan Kalijaga dapat dilihat dari setiap bangunan yang masih ada hingga sekarang. Wisatawan pasti terpanah ketika mengamati arsitektur bangunan. Peninggalan bangunan telah dirawat dengan baik untuk menghormati Sunan.

Melipir ke area lain terlihat hutan lindung yang dipenuhi kera. Tampak pula 2 mata sungai yang melewati Petilasan dan menambah kesejukan. Berkunjung ke tempat cantik ini memang mampu memberi pengetahuan agama serta pemandangan yang menakjubkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Petilasan Sunan Kalijaga

Daya Tarik Petilasan Sunan Kalijaga
Image Credit: Google Maps Indra Aditya Yudha Tanamas

1. Cerita Legenda

Petilasan Sunan Kalijaga masih kental dengan cerita legenda yang belum banyak diketahui. Dahulu tempat ini sering dikenal sebagai taman kera Sunan Kalijaga. Spot tersebut memang masih dikelilingi hutan rimbun yang dipadati pohon besar pada saat itu. Hutan yang begitu luas dijadikan tempat habitat beberapa ekor kera yang berjumlah hingga mencapai puluhan.

Kera yang hidup disana diyakini sebagai kutukan santri yang tidak taat terhadap Sunan Kalijaga. Namun sampai sekarang cerita ini masih belum diketahui secara pasti kebenarannya. Para santri yang tinggal di Petilasan memang harus patuh terhadap ajaran agama Sunan. Sehingga sekarang cerita legenda kera itu dipercaya sebagai hewan kutukan.

2. Tempat Dakwah

Sunan Kalijaga adalah salah satu anggota Wali Songo yang menyebarkan dakwah agama islam. Petilasan atau pesantren ini menjadi tempat Sunan mengembara dalam mengajarkan agama kepada para santri. Ilmu yang diberikan sangat banyak untuk berbuat baik selama hidup. Pada saat itu, dia juga pernah menimba ilmu agama kepada Datuk Kahfi.

Wisatawan dari berbagai penjuru dapat melihat bukti peninggalan yang mencerminkan tempat ini pernah dipakai sebagai dakwah. Mulai zaman dahulu hingga sekarang Petilasan selalu menjadi pilihan wisata religi. Anda bisa belajar agama disana dan melihat tempat dakwah secara langsung. Rasakan ketenangan di area karena tempat ini membuat betah.

3. Bangunan Kuno

Petilasan Sunan Kalijaga pernah mendirikan sejumlah bangunan yang masih dijaga dengan baik. Area wisata religi itu diketahui mencapai luas 20.000 meter persegi yang dipadati sejumlah bangunan kuno. Para tamu bisa melihat peninggalan Sunan mulai dari sumur kuno, makam, hingga masjid yang berdiri kokoh dengan kubah yang bagus.

Pengunjung bisa pula menemukan aliran sungai yang melewati kawasan Petilasan. Lalu terdapat hutan lindung yang telah dipakai sebagai habitat hewan kera. Bangunan kuno serta pemandangan alam yang terlihat menyatu itulah mampu dijadikan daya tarik. Apalagi bangunan yang ada di dalam Petilasan masih dirawat agar semua tamu bisa melihatnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Petilasan Sunan Kalijaga
Image Credit: Google Maps tatto sanaji

Petilasan Sunan Kalijaga berada di Jalan Bhakti Abri, Cirebon, Jawa Barat. Wisata religi itu dekat dengan pemukiman penduduk dan poros jalan yang mudah ditemui. Jika dari kota Cirebon dibutuhkan jarak 5 kilo meter yang masih bisa dijangkau secara mudah. Wisatawan jangan sampai salah membaca papan petunjuk karena sebenarnya jalur sudah strategis.

Masuk ke kawasan Jalan Sijarak yang tepat di tengah kota Cirebon memang membuat perjalanan semakin cepat. Rute itu akan mengarahkan Anda menuju Jalan Kesambi yang menawarkan kepadatan hiruk pikuk kota. Lewati Jalan Angkasa Raya dan belok ke arah Jalan Pramuka. Jika sudah melintasi rute ini Anda dapat menelusuri jalan menuju Petilasan Sunan.

Berada di rute yang telah dijabarkan membuat para tamu dari daerah mana pun lebih mudah menemukan titik lokasi. Jalan yang ada di sudut kota itu juga sudah tersedia dengan aspal yang mudah dijangkau. Pelancong yang ingin datang berbondong-bondong sebaiknya perlu menyiapkan mobil atau sepeda. Jadi saat disana tidak perlu mencari angkutan umum.

Harga Tiket Masuk Destinasi Religi

Harga Tiket Petilasan Sunan Kalijaga
Image Credit: Google Maps tatto sanaji

Petilasan Sunan Kalijaga boleh dikunjungi oleh traveller yang ingin melihat tempat dan peninggalan wisata. Biaya masuk Petilasan tidak ada karena sampai sekarang masih tetap gratis. Tetapi sebaiknya para tamu perlu konfirmasi karena tiket masuk bisa saja mengalami perubahan. Destinasi hits ini memang cocok untuk mendalami ilmu agama secara gratis.

Pada lahan yang begitu luas itu telah tersedia tempat parkir kendaraan apapun. Biasanya ketika hari libur dan akhir pekan harga karcis parkir tidak naik. Tarif Rp 3.000 untuk setiap sepeda motor yang datang dan menitipkan kendaraan selama liburan. Kendaraan roda empat seperti bus atau mobil pribadi dipatok karcis Rp 10.000 dengan spot yang disekat.

Pengunjung yang hendak ibadah di masjid Petilasan tidak perlu menambah budget. Siapa saja yang melihat bangunan kuno lain diperbolehkan serta tersedia gratis. Kios oleh-oleh dan makanan tidak ada di dalam Petilasan, Anda bisa membeli di dekat pintu masuk. Tenang saja karena kuliner di dekat pemukiman ini masih menawarkan patokan harga yang aman.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Petilasan Sunan Kalijaga

Aktivitas Menarik Petilasan Sunan Kalijaga
Image Credit: Google Maps Siswanto Cahdemang

1. Melakukan Ibadah

Petilasan Sunan Kalijaga memiliki masjid yang dibangun sejak zaman berdirinya tempat ini. Pada masjid tersebut pengunjung bisa melakukan ibadah dan belajar ilmu agama. Anda diharapkan memakai pakaian yang sopan selama ada di dalam masjid. Selain itu pelancong juga dapat melihat arsitektur masjid yang menawarkan bangunan menarik.

2. Menikmati Kesejukan

Kawasan hutan lindung yang berada di dalam Petilasan diketahui menjadi pasokan udara yang masih bersih. Wisatawan yang berburu tempat sejuk dapat bersinggah sejenak di dekat Petilasan. Anda bisa memanjakan diri sambil menikmati suara sungai yang melintas. Rasakan liburan menyenangkan yang tidak pernah mengecewakan.

Aktivitas Dilakukan di Petilasan Sunan Kalijaga
Image Credit: Google Maps Supri Wahyuni

3. Menelusuri Destinasi

Petilasan Sunan Kalijaga tampak menyuguhkan spot luas hingga ribuan meter. Traveller yang ingin menemukan bangunan unik di dalam Petilasan perlu menelusuri dengan jalan kaki. Setiap area masih menyimpan bangunan kuno yang tetap dilestarikan. Bangunan itu menjadi simbol dakwah Sunan yang telah ada sejak dahulu kala ketika penyebaran agama.

4. Mengambil Potret Foto

Sudut wisata yang dipadati tempat ibadah serta penyampaian ilmu agama menyediakan arsitektur yang estetik. Setiap sisi dari bangunan kerap menarik perhatian yang membuat sebagian orang sengaja berfoto disana. Monyet yang berkeliaran di hutan lindung dekat Petilasan juga menarik dipotret karena menggambarkan suasana yang masih sangat natural.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Wisata
Image Credit: Instagram About Cirebon

Petilasan Sunan Kalijaga masih dijadikan sebagai wisata religi sampai sekarang dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan setiap tamu. Masjid yang bersih untuk tempat ibadah pengunjung ada di dalam Petilasan. Tempat ibadah telah memiliki spot wudhu dan dekat toilet. Anda dapat melakukan ibadah sambil membaca tulisan ayat yang ada disana.

Pintu masuk dekat dengan tempat parkir dan tulisan yang mencakup informasi mengenai Petilasan. Semua kendaraan yang datang pada saat jam buka sampai tutup bisa diparkir pada tempat itu. Spot bangunan kuno mulai dari sumur hingga makam tersedia untuk mengenang Sunan. Traveller boleh melipir ke spot bangunan untuk mengamati dari dekat.

Destinasi religi ini juga mempunyai gazebo yang tersebar di lahan yang luas. Para tamu sering kali duduk pada gazebo sambil melepas penat. Jika ingin mencoba kuliner Anda bisa datang ke warung dekat pemukiman atau bagian depan Petilasan.

Itulah ulasan Petilasan yang memiliki tempat religi dan bersejarah. Meskipun tempat tersebut sudah ada sejak lama, namun masih tetap terlihat bagus. Maka dari itu jangan lupa membawa kamera untuk memotret bangunan kuno peninggalan Sunan.