23 Wisata Kuliner di Cirebon yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Cirebon

Cirebon adalah satu kota yang ada di Jawa Barat dan terkenal dengan aneka kuliner khasnya. Jadi bagi yang berlibur ke tempat ini rasanya belum lengkap jika tidak mencoba makanannya.

Ada banyak kuliner yang sangat melegenda dari camilan hingga makanan berat bisa Anda coba. Bahkan beberapa makanan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Anda penasaran bagaimana rasa kuliner di Cirebon yang melegenda tersebut? Mari simak berbagai rekomendasi wisata kuliner di Cirebon yang tidak boleh terlewatkan.

1. Bubur Ayam

Bubur Ayam

Lokasi: Jl. Sultan Ageng Tirtayasa, Kec. Kedawung, Kota Cirebon. – Image Credit by Kumparan.com

Tempat ini buka hingga malam, jadi sangat direkomendasikan buat Anda yang lapar pada tengah malam. Selain ada bubur ayam lengkap dengan telur setengah matangnya ada juga pelengkap yang lain.

Seporsi bubur ayam ini hanya dibandrol 7 ribu rupiah saja. Selain itu, warung milik Pak Toha ini menjual bubur ketan hitam dengan siraman kuah santan yang gurih.

2. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Lokasi: Toko shinta, Jl. Kanoman No.depan, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon. – Image Credit by Travelingyuk.com

Salah satu kuliner yang paling terkenal di Cirebon adalah tahu gejrot. Makanan ini cocok untuk dijadikan sebagai camilan. Walaupun hanya berbahan dasar tahu goreng hambar.

Namun tahu gejrot ini diberikan bumbu-bumbu khas nya kemudian sehingga menghasilkan campuran terasa asam, pedas, manis dan asam. Anda penasaran gimana rasa? Mari coba makanan ini.

3. Docang Pak Kumis

Docang Pak Kumis

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon. – Image Credit by Wisataku.id

Sekilas makanan ini mirip dengan lontong sayur. Tetapi dalam seporsi Docang selain ada lontong Anda akan mendapatkan daun singkong, kerupuk, tauge kemudian disiram dengan kuah merah.

Kuah ini berasal dari sayur oncom. Anda bisa mengunjungi tempat ini mulai jam 6 pagi hingga pukul 9 malam. Harga yang ditawarkan juga sangat murah mulai dari 8 ribu saja.

4. Nasi Ati Ayam “Santa Maria”

Nasi Ati Ayam “Santa Maria”

Lokasi: Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Kulinerdicirebon.blogspot.com

Tempat ini memang terkenal dengan nasi ati ayamnya. Namun berbagai jenis sate ada disini seperti sate usus, sate ayam, sate kulit. Pada sepiring nasi ati ayam akan ditaburi dengan serundeng.

Serundeng adalah parutan kelapa yang digoreng kering dengan tambahan bumbu tentunya akan membuatnya sangat gurih. Satu porsi nasi hanya dihargai 2 ribu dan tiap tusuk sate juga 2 ribu saja.

5. Gado- Gado Ayam Hj. Tarkanci

Gado- Gado Ayam Hj. Tarkanci

Lokasi: Jl. Samiaji, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Ninetyfoodies.wordpress.com

Gado-gado ini terbilang unik dan berbeda dari biasanya yang Anda jumpai. Pada salah satu Kuliner Cirebon, terdapat olalahn gado-gado yang disiram dengan kuah kari beserta suiran daging ayamnya.

Sebagai pelengkap juga ditambahkan emping. Rasanya yang lezat membuat banyak orang ketagihan. Anda hanya perlu mengeluarkan 20 ribu saja untuk menikmatinya.

6. Nasi Kuning Pekalangan

Nasi Kuning Pekalangan

Lokasi: Jl. Pekalangan, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.  – Image Credit by Doyankuliner.com

Warung ini sudah mulai berdiri sejak tahun 1981 sehingga menjadi warung legendaris di Cirebon. Sepiring nasi kuning akan dilengkapi dengan rendang, daging sapi, abon, oreg tempe dan tidak lupa sambal.

Sebagai penambah rasa segar didalam makanannya juga ada timun dan daun kemangi. Sangat lengkap sekali. Seporsi nasi kuning ini dihargai dengan 21 ribu saja.

Warung ini buka setiap hari kecuali hari Jumat pada pukul setengah 6 pagi hingga setengah 11 siang. Walaupun tidak lama namun tempat ini sangat ramai pengunjung.

7. Kue Tapel

Kue Tapel

Lokasi: Gg. Alas Demang 1 No.1, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon. – Image Credit by Akurat.co

Salah satu jajan di Cerebon yang hari ini mulai jarang ditemukan. Kue ini termasuk olahan jadul. Namun ditempat ini pemiliknya tetap konsisten menjajakan kue tapel sejak 50 tahun yang lalu.

Kue ini dipanggang pada tungku kayu, bahan adonannya berasal dari kelapa yang diberikan isian seperti juga merah dan pisang. Isin tersebut di penyet bersama adonan jadi mirip dengan martabak.

Anda bisa membelinya seharga 9 ribu rupiah per buahnya dan warung ini mulai buka sejak pukul 6 pagi hingga pukul 3 sore.

8. Es Duren Pasar Kanoman

Es Duren Pasar Kanoman

Lokasi: Jl. Pecinan No.3-47, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Tribunnews.com

Es durian ini menjadi salah satu kuliner yang legendaris. Anda bisa menikmati seporsi durian yang terasa legit berpadu dengan es krim dan siraman dari sirup Tjampolay khas Cirebon sebagai pelepas dahaga.

Hanya dengan harga 15 ribu perporsi Anda sudah bisa menikmati nikmatnya es Duren ini dibawah cuaca Cirebon yang panas.

9. Mie Petruk

Mie Petruk

Lokasi: Jl. Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Evelynphel.blogspot.com

Walaupun mie ini hanya dijual dengan gerobak dipinggir jalan tapi jangan salah, rasa mie ini sangat enak. Bahkan pembelinya juga dari berbagai kalangan yang rela antre pajang demi seporsi mie ini.

Hal yang membuat mie ini enak adalah proses memasaknya yang berada diatas tungku arang, jadi akan menghasilkan aroma yang khas. Harganya juga murah sekitar 15 ribu rupiah.

10. Tahu Petis Kertas Sari

Tahu Petis Kertas Sari

Lokasi: Jl. R.Dewi Sartika, Tukmudal, Kec. Sumber, Kota Cirebon. – Image Credit by Ostriandoni.blogspot.com

Ini adalah salah satu makanan yang cocok sebagai camilan saat melepas lelah atau dalam perjalanan Anda. Tahu ini diproduksi langsung oleh warga sekitar. Sehingga rasanya lebih nikmat.

Tahu goreng yang hangat ini akan dimakan bersama bumbu petis yang gurih, bisa dibayangkan bagaimana nikmatnya?bahkan Anda bisa ketagihan. Harganya 10 ribu perporsinya.

11. Empal Gentong H.Apud

Empal Gentong H.Apud

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Kota Cirebon. – Image Credit by Pergidulu.com

Pada seporsi empal gentong ini Anda akan disuguhkan dengan rasa khas Cirebon yang melegenda. Cocok untuk santap siang karena seporsi empal gentong ini akan disajikan bersama nasi.

Untuk isiannya Anda bisa memilih mulai dari kikil, jeroan dan daging. Kuah santan yang gurih pasti membuat Anda terus ingin menyantapnya. Harganya mulai dari 22.000 rupiah.

12. Dimsum

Dimsum

Lokasi: Jl. Perjuangan, Karyamulya, Kec. Kesambi, Kota Cirebon. – Image Credit by Warunk-nhp.com

Walaupun makanan ini bukan khas Cirebon melainkan khas dari China. Namun, di Cirebon Anda bisa menemukan warung Dimsum yang dijamin sangat lezat.

Salah satunya yang paling terkenal di Cirebon ada Raja Dimsum. Harganya tidak akan menguras kantong Anda.

13. Es Kopyor 4848

Es Kopyor 4848

Lokasi: Jl. Karanggetas No.9, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon. – Image Credit by Travelingyuk.com

Udara panas memang enaknya dengan sesuatu yang menyegarkan. Tidak ada salahnya Anda mencoba es kopyor disini dengan tambahan sirup gula merah mudanya membuat semakin enak.

Warung es kopyor ini buka mulai bukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Disini juga menjual sirup gula jadi Anda bisa membawanya pulang.

14. Serabi Pulasaren

Serabi Pulasaren

Lokasi: Pulasaren, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon. – Image Credit by Foursquare.com

Serabi disini bisa Anda pesan dengan topping berbagai macam atau tanpa topping juga bisa. Makanan ini memang cocok untuk dimakan selagi hangat.

Ada pilihan toping yang mungkin tidak Anda temui di tempat lain seperti toping tauco, oncom. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena harganya sangat murah yaitu 1.500 per buahnya.

15. Pedesan entog

Pedesan entog

Lokasi: Jl. Brigjend Dharsono, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon. – Image Credit by Pesenmakan.id

Tekstur daging yang dijual di warung ini terkenal empuk dan mirip daging bebek telah dibumbui dengan rempah sehingga sama sekali tidak ada bau amisnya.

Makan sepiring entog ini memang cocok dengan nasi hangat, penasaran? Yuk, segera cobain sekarang juga. Harganya sekitar 30 ribu per porsi cocok dengan rasa nikmat yang didapatkan.

16. H. Moel Seafood

H. Moel Seafood

Lokasi: Jl. Kalibaru Selatan No.39, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Eatwithloves.wordpress.com

Jika berada di Cirebon tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat ini. Sajian olahan seafood yang segar pasti membuat perut Anda semakin keroncongan.

Menu yang biasa dicari pengunjung adalah kepiting saus padang, harga makanan disini hanya dibadrol mulai 15 ribu saja, tidak heran jika ini membuat warung ini tetap ramai pengunjung.

Cirebon sendiri merupakan kota yang ada dipesisir jadi olahan seafood segar ini memang jadi juaranya dan pastinya akan menggugah selera makan Anda.

17. Es Cuwing Kartini

Es Cuwing Kartini

Lokasi: Jl. Kartini, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Travel.detik.com

Es Cuwing hampir mirip dengan cincau namun lebih lengkap. Pada semangkuknya berisi bubur sumsum, santan, isian ada kelapa, cendol dan yang disiram dengan gula jawa.

Harganya juga sangat murah, satu porsi hanya 4 ribu, oleh karena itu banyak orang yang menyukai es ini dan membuat tempat ini selalu ramai pengunjung.

18. Empal Asem Amartha Battembat

Empal Asem Amartha Battembat

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.37, Battembat, Kec. Tengah Tani, Kota Cirebon. – Image Credit by Kompas.com

Cita rasa yang khas pada empal ini sudah ada sejak 20 an tahun yang lalu. Pada empal asem ini menggunakan tomat dan tidak menggunakan kuah santan.

Sehingga rasanya dominan segar pas jika ditambah dengan sambal. Anda bisa mengunjungi warung ini sejak pukul setengah 10 pagi dan harga perporsinya 25 ribu rupiah.

19. Nasi Lengko haji Barno

Nasi Lengko haji Barno

Lokasi: Jl. Pagongan No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Pergidulu.com

Seporsi nasi ini akan dilengkapi dengan berbagai lauk, seperti tempe, tahu, tauge, potongan timun kecil-kecil dan taburan daun kucai. Kemudian nasi tersebut disiram dengan bumbu kacang.

Walaupun makanan ini tidak tampak mewah namun rasanya pasti membuat Anda ketagihan. Hanya hanya perlu membayar sekitar 13 ribu saja untuk dapat menyantap nasi Lengko Haji Barno ini.

20. Mie koclok Gombang Pak Rasita

Mie koclok Gombang Pak Rasita

Lokasi: Jl. Bahagia No.2, Gombang, Kec. Plumbon, Kota Cirebon. – Image Credit by Mie-koclok-gombang-pak-rasita.business.site

Mie ini dilengkapi oleh suwiran ayam, telur rebus, irisan kol dan bawang goreng selain itu Anda juga bisa menambahnya dengan lontong.

Khas nya mie koclok ini adalah berasal dari daging ayam kampung yang digunakan pada lauk pelengkapnya serta bubuk cabe, sehingga rasanya lebih menggugah selera makan Anda.

Tempat ini telah berdiri sejak tahun 1979 dan masih bisa mempertahankan eksistensinya. Harga per porsinya adalah 11 ribu. Anda bisa mengunjunginya mulai pukul 10 pagi.

21. Nasi Jamblang Bu Nur

Nasi Jamblang Bu Nur

Lokasi: Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Tehsusu.com

Rumah makan ini menyediakan berbagai macam lauk yang tentunya sangat menggoda untuk dicoba. Namun, ada satu makanan khas yang melegenda yaitu cumi saus hitam.

Anda wajib mencobanya saat menyambangi warung makan miliki Bu Nur ini. Harga perporsinya mulai dari 20 ribu saja. Buka mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam pada hari senin – jumat.

Sedangkan sabtu dan minggu buka mulai pukul 7 dan tutup lebih awal yaitu jam 7 malam. Tempat ini sangat cocok untuk makan bersama keluarga.

22. Sate kalong Drajat Kesambi

Sate kalong Drajat Kesambi

Lokasi: Jl. Kesambi Dalam No.102, Kesambi, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon. – Image Credit by Idntimes.com

Walaupun namanya sate kalong, tenang saja ini adalah Sate dengan bahan dasar daging kerbau. Untuk rasanya Anda bisa memilih sate manis atau gurih.

Harganya cukup murah hanya 1000 rupiah per tusuknya. Daging yang empuk dan bumbu yang merasuk dalam daging akan membuat Anda tidak berhenti untuk terus menyantapnya.

23. Ayam Bahagia 71

Ayam Bahagia 71

Lokasi: Jl. Bahagia No.69-71, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Triptofun.id

Warung ini telah berdiri tahun 1946 hampir sama dengan usia kemerdekaan Indonesia. Walaupun begitu cita rasa kelezatan ayam goreng disini tidak berkurang sedikitpun.

Daging ayam kampungnya telah diolah dengan bumbu yang sempurna lalu ditambah sambal yang tidak terlalu pedas sehingga siapapun bisa merasakan makanan ini.

Harganya mulai 18 ribu perporsinya dan Anda bisa mengunjungi warung ini sejak pukul 8 pagi hingga 11 malam.

Itulah beberapa rekomendasi berbagai wisata kuliner di Cirebon yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Kota Udang ini. Makanan yang enak bisa Anda dapat dengan harga yang murah di tempat ini.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak