Biaya Wisata: Mulai Rp 800.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Pulau Banyak, Kab. Aceh Singkil, Aceh; Map: Cek Lokasi

Pulau Banyak merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Provinsi Aceh. Objek wisata ini sangat diminati oleh wisatawan yang menyuai keindahan pantai. Objek wisata ini terdiri dari beberapa pulau seperti Pulau Ranggit, Pulau Panjang, Pulau Palambak, dan masih banyak pulau lainnya yang berukuran lebih kecil dengan total 63 pulau.

Menurut kepercayaan warga setempat, dahulu pulau tersebut merupakan sebuah pulau besar yang kemudian menjadi terpecah belah dengan 63 bagian dikarenakan pertarungan dan perseteruan antara tuan tapa. Hingga kini pulau tersebut sangat terkenal dan menjadi primadona di provinsi Aceh.

Objek wisata Pulau Banyak biasanya akan ramai pada akhir pekan atau hari libur tiba. Pengunjung yang datang dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Objek wisata ini juga sering disebut sebagai “Maldives-nya Aceh”. Karena pemandangan di pulau ini bagaikan surga yang sangat indah dan menenangkan. Udaranya pun sejuk yang berasal dari pepohonan di sekitar pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Banyak

Daya Tarik Pulau Banyak
Image Credit: Google Maps Tarmizi Muhammad 

1. Memiliki Mercusuar

Di objek ini terdapat mercusuar yang sangat tinggi yang lokasinya terletak di pulau Ranggit. Anda dapat menaiki mercusuar tersebut untuk melihat pemandangan seluruh pantai dan laut. Anda juga dapat mengabadikan momen sebagai kenangan liburan yang menyenangkan. Pemandangan pulau dari ketinggian terlihat sangat jelas dan tentunya sangat menakjubkan.

Mercusuar ini biasanya digunakan sebagai navigasi para pelayan atau kapal laut di sekitar pulau ini. Tetapi banyak pengunjung yang memilih bangunan ini sebagai tempat yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke objek wisata ini.

2. Pemandangan yang Seperti Surga

Pemandangan di Pulau Banyak dapat dikatakan sebagai surga-nya Aceh karena di pantainya memiliki pasir yang putih dan bersih. Terdapat pula banyak pohon khususnya pohon kelapa yang banyak tumbuh disepanjang objek wisata. Hal ini menjadikan udara semakin sejuk dan segar sehingga pengunjung dapat merasakan ketenangan dan kenyamanan.

Air lautnya pun sangat jernih berwarna biru kehijauan dipadukan dengan pantai yang bersih menjadikan pemandangan tersebut menjadi lebih asri. Pemandangan tersebut memberikan kesan tersendiri pada pengunjung yang datang.

Karena memiliki air yang sangat jernih menjadikan keadaan di dalam laut menjadi terlihat jelas. Banyak ikan yang beraneka jenis hidup di pulau ini. Terdapat pula terumbu karang dan tumbuhan laut yang dapat menambah keindahan bawah lautnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Panjang
Image Credit: Instagram Pulau Banyak, Aceh Singkil 

Kawasan pulau cantik ini terletak di provinsi Aceh. Lebih jelasnya terletak di Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil. Akses menuju objek wisata ini cukup panjang dan keadaan jalanan sudah mulus sehingga memudahkan Anda ketika menuju lokasi. Di setiap jalan raya terdapat petunjuk arah yang akan menuntun Anda untuk sampai ke objek wisata.

Untuk rutenya sendiri, jika Anda dari Bandar Udara Internasional Kuala Namu silahkan melintasi jalan Bakaran Batu. Lurus terus hingga sampai pada persimpangan dekat apotek Bintang, silahkan pilih jalur ke kiri untuk melanjutkan perjalanan. Kemudian Anda akan sampai pada persimpangan setelah melewati SMA Methodist Lubuk Pakam, silahkan pilih jalur ke kanan.

Setelah itu Anda cukup lurus terus di jalan Tengku Fachrudin hingga sampai pada jalan Lintas Sumatera. Di titik ini Anda akan bertemu persimpangan, silahkan tetap lurus hingga sampai pada jalan Besar Petumbukan. Pilih jalur ke kanan hingga sampai pada persimpangan selanjutnya dekat pos Perbatasan PJR Subussalam Aceh, pilih jalur ke kiri.

Kemudian tetap lurus beberapa kilometer hingga sampai pada jalan Singkil Rimo. Di dekat jalan tersebut ada Pelabuhan Laut singkil yang akan membawa Anda untuk sampai ke seberang pulau. Perjalanan selanjutnya lewat jalur laut yang dapat Anda tempuh menggunakan kapal kayu atau kapal Fery. Untuk kapal kayu akan ditempuh selama 3 jam dan kapal fery selama empat jam.

Untuk total waktunya, perjalanan akan ditempuh selama 7 jam 30 menit ketika mengendarai roda dua. Sedangkan jika mengendarai roda empat akan ditempuh selama 8 jam 10 menit. Waktu yang ditentukan tersebut tergantung dengan keadaan lalu lintas selama perjalanan menuju lokasi pulau.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau
Image Credit: Instagram Pulau Banyak, Aceh Singkil 

Seperti pada umumnya, jika ingin memasuki kawasan objek wisata Pulau Banyak akan dikenakan biaya. Biaya masuk ke objek wisatanya berbeda-beda tergantung pada paket yang telah disediakan. Paket ini sudah dilengkapi dengan makan, transportasi, pemandu wisata, hingga homestay atau penginapan.

Paket tersebut dibagi menjadi 4 jenis yaitu paket 1 dengan kisaran harga Rp 900.000 per orang. Pada paket ini, pengunjung akan berkumpul di Medan dan durasi untuk liburannya selama 2 hari 1 malam. Kemudian paket 2 seharga Rp 1.150.000 per orang dan durasi yang diberikan pada paket ini selama 3 hari 2 malam dengan titik kumpul di Medan.

Selain itu, ada juga paket 3 yang berdurasi 3 hari 2 malam dengan biaya yang dikenakan sebesar Rp 800.000 per orang. Titik kumpul yang ditentukan dalam paket ini berada di Singkil. Lalu paket terakhir yang disediakan adalah paket 4 dengan harga kisaran Rp 1.350.000 per orang. Paket ini berdurasi selama 3 hari 2 malam dengan titik kumpul di Banda Aceh.

Dengan paket-paket yang telah disediakan, Anda dapat memilih yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Untuk jam operasional objek wisata ini buka setiap hari dan beroperasi selama 24 jam. Anda dapat berkunjung ke objek wisata ini kapanpun yang Anda mau dan tidak perlu khawatir mengenai jam tutupnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Banyak

Aktivitas Menarik Pulau Banyak
Image Credit: Instagram Pulau Banyak, Aceh Singkil 

Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan ketika berada di Pulau Banyak nan eksotis ini. Kegiatan menarik tersebut diantaranya:

1. Snorkeling

Karena memiliki keindahan bawah laut yang indah, Anda dapat melakukan olahraga air seperti snorkeling. Anda dapat melihat berbagai macam makhluk laut yang memiliki jumlah banyak dan berbagai jenis. Anda akan menjumpai ikan pari, clown fish, dan masih banyak lagi.

2. Berjalan-jalan Disekitar Pantai

Objek wisata ini memiliki pasir pantai yang bersih sehingga Anda dapat berjalan-jalan menyisiri pantai. Deburan ombak yang halus menjadikan suasana lebih tenang dan nyaman. Di sekitar pantai, pengunjung akan menemukan beberapa spot foto yang dapat digunakan sebagai dokumentasi liburan.

3. Berenang dan Bermain Air

Tentunya belum lengkap jika mengunjungi pantai jika tidak berenang atau bermain air. Air laut di Pulau Banyak ini sangat jernih dan tenang sehingga aman bagi Anda yang ingin bermain air bersama keluarga atau teman dekat. Anda juga dapat menyewa baju renang yang telah disediakan atau membawanya sendiri dari rumah.

4. Berjemur

Menjelang siang hari, biasanya banyak pengunjung yang berjemur disekitar pantai. Terik matahari dan angin yang sejuk sangat cocok digunakan untuk berjemur ditemani oleh pemandangan pantai yang indah. Tetapi jangan lupa mengoleskan tabir surya agar kulit Anda tidak terbakar sinar matahari.

5. Jogging

Bagi yang menyukai olahraga, objek wisata ini dapat Anda gunakan sebagai tempat melakukan olahraga jogging. Udaranya pun segar dan pemandangan yang disuguhkan sangat indah menjadikan Anda lebih semangat dan menyenangkan ketika melakukannya.

Aktivitas Menarik di Pulau Banyak
Image Credit: Instagram Pulau Banyak, Aceh Singkil 

6. Bermain Jet Ski

Bagi pengunjung yang menyukai permainan ekstrem, Anda diwajibkan mencoba bermain jet ski ketika berada di objek wisata ini. Anda dapat bersenang-senang sekaligus menikmati keindahan yang ada disekitar. Anda dapat mencoba permainan tersebut dan pastinya akan dikenakan biaya tambahan.

7. Bermain Layangan

Anda juga dapat bermain layangan karena angin pada objek wisata ini sangat kencang. Untuk peralatannya sendiri Anda dapat membawanya dari rumah atau membelinya di sekitar kawasan objek wisata. Banyak bentuk dan warna yang telah disediakan sehingga Anda dapat memilih layangan sesuai dengan keinginan.

8. Bermain Pasir Pantai

Pasir di objek wisata ini sangat bersih hingga dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai macam bentuk seperti istana pasir, rumah pasir, dan bentuk-bentuk lainnya.

9. Berburu Foto

Mengabadikan momen merupakan keharusan ketika liburan, terutama jika liburan di objek wisata ini. Karena telah disediakan berbagai macam keindahan dan spot foto, Anda dapat berfoto untuk kenangan liburan Anda.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Murah Terdekat
Image Credit: Google Maps  Ira bungalows 

1. Ira Bungalows

Penginapan ini menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat Anda gunakan. Kamar yang tersedia pun berbentuk seperti pondok kayu dan memiliki pemandangan langsung ke pantai. Sedangkan untuk jarak dari Pulau Banyak menuju penginapan ini dapat memakan waktu 5 menit jika jalan kaki.

2. Paradise Island Tailana

Penginapan yang memiliki nama Paradise Island Tailana ini terletak di Haloban. Penginapan ini memiliki konsep hunian tepi pantai. Jadi, Anda dapat melihat pemandangan pantai dan laut yang indah dari area penginapan.

Penginapan ini juga memiliki fasilitas yang memadai seperti resto, cafe, bar, jembatan kayu, gazebo, hingga perahu kayu. Kamar yang disediakan juga terbuat dari kayu yang diukir sehingga menjadi lebih artistik. Untuk jaraknya dari kawasan pulau, Anda hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 menit dengan berjalan kaki menuju penginapan paradise Island Tailana ini.

3. The Coral Sikandang

Penginapan terdekat selanjutnya bernama The Coral Sikandang. Pada kamar yang tersedia terbagi menjadi dua jenis, yaitu triple room dan twin bed. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap sehingga dapat memberikan kenyaman untuk Anda.

Sedangkan untuk jarak dari pulau menuju penginapan ini hanya akan ditempuh selama tiga menit saja dengan berjalan kaki.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau
Image Credit: Instagram Pulau Banyak, Aceh Singkil 

Pulau Banyak yang menawan ini telah memiliki berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas penunjang kegiatan pengunjung seperti tempat penyewaan alat snorkeling, penyewaan alat surfing, penyewaan baju renang, dan masih banyak lagi.

Sedangkan fasilitas pendukung yang dapat digunakan pengunjung seperti area parkir, resto, cafe musholla, toilet, kamar ganti, dan gazebo. Fasilitas-fasilitas tersebut selalu terjaga kebersihannya sehingga pengunjung lebih nyaman ketika ingin menggunakannya.

Untuk resto atau cafe pada kawasan pulau ini telah menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang dapat Anda nikmati selagi bersantai dan menikmati keindahan dari pantai di sekitar area.

Itulah beberapa daya tarik, harga tiket masuk, hingga fasilitas yang tersedia di objek wisata Pulau Banyak. Jika Anda sedang berada di Provinsi Aceh, sempatkan untuk mengunjungi objek wisata ini karena sangat cocok untuk Anda yang menginginkan liburan menyenangkan bersama keluarga atau teman dekat.