Biaya Wisata: Mulai Rp 200.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Mattiro, Kec. Liukang Tupabbiring, Kab. Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pulau Panambungan merupakan salah satu dari 121 pulau yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Pulau ini tidak dapat dipungkiri mempunyai panorama keindahan yang sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Keunikan yang ada di objek wisata yang satu ini juga membuatnya semakin terkenal hingga ke luar negeri. Bahkan, pulau ini menjadi salah satu ikon tempat wisata untuk Sulawesi Selatan.

Wisatawan yang datang ke tempat ini juga beragam, mulai dari anak kecil, kalangan anak muda, dan orang dewasa. Tidak hanya wisatawan yang berasal dari Indonesia, melainkan terlihat pula banyak wisatawan asing yang menikmati liburan di pulau tersebut. Kesan yang akan Anda peroleh saat berkunjung ke objek wisata ini tentu tidak akan bisa dilupakan untuk selamanya.

Oleh karena itu, bisa terasa lebih menyenangkan lagi jika berlibur di Pulau Panambungan dengan membawa serta rombongan teman dan keluarga. Tentu saja belum afdol rasanya apabila tidak merasakan nikmatnya dan serunya melakukan berbagai aktivitas di tempat tersebut. akan tetapi, sebelum berniat untuk menghabiskan waktu liburan di sana, galilah berbagai informasi mengenai pulau cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Panambungan

Daya Tarik Pulau Panambungan
Image Credit: Facebook Alhul Saputra

1. Terdapat Pantai yang Memiliki Pasir Putih

Objek wisata alam ini memiliki pantai yang bisa membuat mata siapapun akan terpukau. Panorama bahari yang disuguhkan di sana juga dilengkapi oleh hamparan pasir yang berwarna putih bersih. Hamparan pasir putih tersebut sangat cantik karena dipadukan dengan air laut yang berwarna biru bening. Hal itu membuat kawasan sekitar pulau tampak sangat bersih dan asri.

2. Banyak Pohon Pinus yang Berjajar Rindang

Salah satu hal yang dimiliki oleh Pulau Panambungan dan berbeda dengan tempat wisata yang lain yaitu karena ada banyak pohon pinus yang berjajar di sana. Dengan adanya pohon pinus tersebut membuat tempat ini semakin teduh dan rindang. Hal ini cukup unik sebab umumnya tanaman yang satu ini sering dijumpai tumbuh di dataran tinggi.

Bedanya, pohon pinus yang tumbuh subur di pulau ini pada bagian batangnya tidak ditumbuhi oleh lumut. Tidak heran apabila banyak mahasiswa dari universitas ternama yang datang ke sini hanya untuk meneliti fenomena tersebut. Disisi lain, pohon pinus ini juga membuat tempat tersebut terlihat lebih hijau dan alami.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Panambungan
Image Credit: Instagram Muaidil yusuf

3. Lokasi Kemah yang Seru

Pulau tersebut merupakan lokasi yang sangat cocok untuk melakukan aktivitas berkemah. Banyak wisatawan yang memutuskan untuk kemah di lokasi ini karena tidak ingin melewatkan untuk melihat pemandangan sunrise dan sunset yang ada di Pulau Panambungan. Selain itu, momen berkemah di sini pada saat malam hari juga terbilang cukup nyaman dan tenang.

4. Panorama Terumbu Karang yang Cantik

Gugusan dari terumbu karang yang ada di bawah laut juga sangat menarik perhatian banyak pengunjung. Terumbu karang yang ada di tempat itu memang sangat dijaga dengan baik. seluruh pengunjung juga diperbolehkan menikmatinya namun tidak boleh sampai merusak. Hal yang paling penting yaitu tidak boleh meninggalkan sampah di dekat terumbu karang tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Penambungan
Image Credit: Google Maps David Cesar

Pulau Panambungan sendiri terletak di Kab Pangkep (Pangkajene Kepulauan), Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk lokasi tepatnya yaitu ada di Desa Mattiro Sompe, Kec Liukang Tupabiring. Lokasinya sendiri terbilang sangat strategis lantaran bisa Anda tempuh dengan waktu sekitar 30 sampai 60 menitan saja dari Pelabuhan Kayu Bangkoa dan Pelabuhan Paotere Makassar.

Pengunjung bisa menumpang atau menyewa perahu motor yang sering disebut sebagai Jolloro. Untuk Anda yang akan ke sini, sebaiknya berangkat jam 6 pagi saja dari Dermaga Popsa. Dengan begitu, nantinya bisa tiba di Dermaga Panambungan Island sekitar jam 7 pagi. Nah, setelah melakukan berbagai aktivitas menarik di sana, maka bisa mulai perjalanan pulang sekitar jam 12 atau 1 siang.

Jangan sampai Anda pulang dari pulau tersebut terlalu sore atau bahkan malam hari. Pasalnya, apabila sudah memasuki jam 2 siang, maka biasanya ombak yang ada di sana sudah mulai kurang bersahabat. Sehingga, jika memang ingin berlama-lama menghabiskan waktu di tempat wisata ini, lebih baik menginap saja.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Penambungan
Image Credit: Facebook Mentari Sulawesi

Biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke Pulau Panambungan ini masih tergolong murah. Awal-awal Anda harus membayar biaya sewa perahu atau kapal yang bervariasi, yaitu mulai dari 1,5 juta rupiah sampai 3 juta rupiah untuk menampung hingga 20 orang saat pulang dan pergi.

Sedangkan, jika perjalanan memakai paket trip akan memakan biaya sekitar 200 ribu rupiah per orang serta dengan minimal rombongan berjumlah 20 orang. Paket tersebut sudah mencakup makan siang dan juga transportasi kapal untuk pulang pergi. Setelah itu, untuk memasuki area pulau tersebut, maka setiap pengunjung wajib membayar tiket masuk kisaran 50 ribu rupiah untuk satu orang.

Aktitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Panambungan

Aktitas Menarik di Pulau Panambungan
Image Credit: Facebook M Zakaria Al-Anshori

1. Snorkeling

Kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di Pulau Panambungan salah satunya adalah snorkeling. Dijamin Anda akan merasa tergoda untuk snorkeling demi bisa melihat keindahan bawah lautnya secara jelas dan langsung. Tenang saja karena kegiatan snorkeling di sini dijamin aman dengan ombak yang tidak terlalu besar.

2. Piknik

Suasananya yang tenang dan ditambah dengan angin sepoi-sepoi membuat kegiatan piknik sangat cocok dilakukan di sana. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa alas seperti tikar dan beberapa bekal makanan untuk dapat melakukan piknik. Kegiatan yang satu ini juga menjadi kesempatan bagi Anda untuk bisa bercengkrama dengan teman atau keluarga.

Aktitas di Pulau Panambungan
Image Credit: Instagram Aleaanatasha Lea

3. Menikmati Sunset dan Sunrise

Pemandangan sunset atau matahari tenggelam di Pulau Panambungan merupakan suatu hal yang sangat mempesona dan sayang apabila dilewatkan. Begitu pula dengan pemandangan sunrise atau matahari terbitnya. Namun, untuk bisa melihat pemandangan tersebut, Anda sebaiknya memilih untuk bermalam di tempat tersebut.

4. Berselfie

Segala keindahan yang disajikan oleh tempat wisata ini sangat menggoda pengunjung untuk mengabadikannya. Hasil jepretan atau selfie yang dilakukan di pulau tersebut dijamin sangat bagus karena bertemakan pemandangan alam. Spot selfie yang paling menjadi andalan dari pulau tersebut yakni di tengah-tengah pepohonan pinus yang rindang.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan Terdekat Pulau Panambungan
Image Credit: Google Maps Dena Mulyana

1. Hotel The One

Hotel yang satu ini memiliki lokasi tepat di Jalan Gunung Latimojong, Kota Makassar. Harga yang dibandrol untuk menginap di hotel ini selama satu malam terbilang cukup murah, yaitu sekitar 250 ribu rupiah. Fasilitas yang akan Anda peroleh yakni sarapan gratis, wifi, parkir, AC, dan lain-lain. Hotel ini juga tergolong aman dan ramah apabila pengunjung membawa anak kecil.

2. Sweet Homestay

Penginapan yang satu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pengunjung yang ingin berhemat. Pasalnya, harga yang ditawarkan untuk menginap hanya kisaran 200 ribu rupiah saja untuk semalam. Selain itu, fasilitas yang disajikan juga terbilang lumayan. Misalnya saja seperti wifi gratis, tempat parkiran yang luas, dapur, dan masih ada lagi yang lain. Lokasinya ada di Jalan S. Poso, Kota Makassar.

3. Hotel Bahagia

Lokasi dari hotel yang satu ini terletak di Jalan Buru, Kota Makassar. Fasilitas yang tersedia di Hotel Bahagia ini misalnya saja seperti AC, sarapan gratis, ruang servis, wifi, dan lain-lain. Akan tetapi, pengunjung tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke dalam kawasan hotel. Disisi lain, hotel ini cukup ramah dan aman jika Anda membawa serta anak kecil untuk menginap di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Panambungan
Image Credit: Instagram New acount

Fasilitas yang ada di Pulau Panambungan ini tergolong cukup mempuni. Oleh karena itu, tidak heran apabila pengunjung yang datang ke sana setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Saat berlibur di sini, Anda sudah tidak perlu khawatir jika ingin ke toilet. Pasalnya, sudah disediakan fasilitas berupa toilet untuk pengunjung serta dengan keadaan yang bersih dan nyaman.

Kemudian, juga ada beberapa warung dan toko berjejeran yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Untuk harganya pun juga beragam dan bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Oleh karena itu, tidak perlu repot untuk membawa bekal makanan terlalu banyak dar rumah.

Selain itu, terdapat pula beberapa jasa penyewaan perlengkapan snorkeling untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan tersebut. Harga sewa yang perlu dikeluarkan juga masih tergolong ramah di kantong. Dengan begitu, Anda bisa melakukan snorkeling dengan perlengkapan yang terjamin nyaman dan aman.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum berkunjung ke tempat wisata Pulau Panambungan yang terletak di Sulawesi Selatan. Waktu liburan yang Anda habiskan di pulau ini dijamin tidak akan sia-sia. Pasalnya, banyak pengalaman baru yang dapat tercipta setelah berlibur di tempat wisata alam tersebut.