Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-17.30 WIB, Alamat: Bacang, Kec. Bukitintan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Istilah kolong tentu terdengar cukup asing bagi telinga warga umum, tetapi hal itu tak berlaku untuk warga di Bangka Belitung. Hal itu lantaran Bangka Belitung menjadi provinsi yang mempunyai sangat banyak area penggalian timah sehingga mudah ditemukan bekas galian (kolong), salah satunya yaitu Taman Kolong Wisata.

Akan tetapi, Anda jangan berpikir bahwa tempat wisata tersebut tidak bagus sebab terletak di area bekas penggalian timah. Pemikiran itu akan keliru sekali sebab objek wisata air yang ada di Kota Pangkalpinang tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Nama dari taman wisata ini sangat populer bagi banyak kalangan wisatawan.

Ketika sudah tiba di tempat wisata yang begitu hits tersebut, maka wisatawan akan menjumpai sangat banyak wahana bermain yang pastinya menarik, seru, dan sayang bila dilewatkan. Taman Kolong Wisata pun dibangun sebagai salah satu wisata keluarga yang nyaman. Jadi, baik anak-anak maupun orang dewasa tetap dapat menikmati liburannya di tempat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Kolong Wisata

Daya Tarik Taman Kolong Wisata
Image Credit: Google Maps Abdul Ghofur

1. Tersedia Kolam Air

Daya tarik dari Taman Kolong Wisata yang membuatnya populer di banyak mata wisatawan yaitu adanya kolam air. Berkat keberadaan kolam air ini, wisatawan bertambah banyak, terutama wisatawan yang masih anak-anak. Bukan hanya satu, melainkan ada dua kolam air yang tersedia di sana.

2. Wahana Flying Fox & Jembatan Tali

Selain kolam air, ada pula wahana yang bisa memacu adrenalin wisatawan, yaitu flying fox dan jembatan tali. Anda dapat menantang diri sendiri dengan coba menaiki wahana yang ektrim tersebut. Jangan cemas sebab sudah ada petugas yang siap membantu dan menjaga keselamatan wisatawan.

3. Terdapat Taman Berukuran Mini

Daya tarik lain yang terdapat di Taman Kolong Wisata yakni sebuah taman yang berukuran mini nan cantik. Di taman mini tersebut ada spot yang bertuliskan nama dari tempat wisata ini dengan warna merah dan kuning.

4. Dulunya Merupakan TPA (Tempat Pembuangan Akhir)

Sebelum menjadi seterkenal seperti saat ini, objek wisata ini adalah bekas penggalian timah dan telah terbengkalai sejak 1973 silam. Selama itu, tempat ini menjadi TPA atau Tempat Pembuangan Akhir, Namun, pada tahun 2015, Ibnu Haidiritas menyulap tempat ini sebagai lokasi wisata.

Ia memakai dana pribadinya lalu didukung oleh walikota setempat dengan memberikan dana sumbangan. Akhirnya usai bekerja sekitar 2 tahun lamanya, tempat wisata ini pun resmi dibuka pada 8 Desember 2017 lalu. Dari kisan yang menakjubkan ini membuat banyak orang penasaran seperti apakah bentuk bekas penggalian timah yang berubah menjadi tempat wisata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Kolong Wisata
Image Credit: Google Maps Tri Yulianto

Lokasi Taman Kolong Wisata terletak di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung atau tepatnya di Desa Bacang, Kecamatan Bukit Intan. Untuk bisa tiba di lokasi itu, Anda bisa menggunakan patokan untuk mulai perjalanan dari Kantor Pemerintah Kota Pangkal Pinang yang tepatnya ada di Jalan Basuki Rahmat.

Hal itu karena dari kantor pemerintah tersebut Anda hanya perlu menempuh perjalanan dengan jarak 5 km saja untuk sampai di tempat wisata. Dengan rute perjalanan yang dapat dikatakan dekat itu, maka waktu tempuh hanya memakan waktu kurang lebih 11 menitan. Mulai perjalanan dari Jalan Basuki Rahmat ke arah Utara hingga memasuki Jalan Depati Hamzah.

Setelah itu, jalan lurus hingga Anda sampai di pertigaan Jalan Air Mangkok. Silahkan berbelok ke kiri untuk mengikuti Jalan Air Mangkok lalu tibalah di pertigaan Jalan Tirta Dharma 1. Lanjutkan hingga sampai di pertigaan yang dekat dengan Kantor Ekspedisi SiCepat Pangkalpinang.

Dari situ Anda perlu berbelok ke kanan. Nah, barulah kemudian Anda akan tiba di lokasi tempat wisata yang tepatnya ada di sisi kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata

Harga Tiket Masuk Taman Kolong Wisata
Image Credit: Google Maps Trisna Malinda

Apabila Anda ingin menghabiskan masa berlibur di Taman Kolong Wisata yang sangat terkenal ini, maka harus menyiapkan uang sebesar 10 ribu rupiah untuk biaya tiket masuknya. Harga tersebut berlaku untuk setiap wisatawan yang datang ke sana.

Dengan membayar tiket masuk wisata itu, wisatawan telah dapat menikmati beragam jenis wahana yang tersedia. Antara lain seperti seluncuran, kolam renang, dan sejumlah fasilitas umum yang lainnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Kolong Wisata

Aktivitas Menarik Taman Kolong Wisata
Image Credit: Google Maps Luki Asmara

1. Berfoto Ria

Saat tiba di Taman Kolong Wisata, maka pastikanlah Anda tak lupa untuk melakukan foto sebanyak-banyaknya. Apalagi, masa liburan tanpa adanya aktivitas berfoto tentu saja tidak afdol terlebih bagi kalangan anak muda zaman sekarang.

Tempat wisata yang sebagus ini juga harus Anda abadikan dalam gambar untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan. Area taman mini menjadi spot andalan berfoto bagi sebagian besar wisatawan di sana.

2. Menjajal Naik Perahu Bebek

Salah satu aktivitas menarik ketika berwisata di Taman Kolong Wisata yaitu menjajal untuk naik perahu bebek. Kegiatan ini juga cukup banyak dilakukan oleh wisatawan, baik anak kecil ataupun orang dewasa.

Selain itu, tak jarang pula pasangan muda-mudi yang naik perahu bebek bersama. Kegiatan ini mereka anggap cukup romantis dan juga menyenangkan. Selama naik perahu bebek itu, wisatawan diharapkan untuk hati-hati supaya tak bertabrakan dengan perahu lain.

Apabila bingung, maka sebaiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada petugas tentang fungsi dari seluruh tuas yang terdapat pada perahu bebek tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menaiki perahu bebek dengan aman dan nyaman.

3. Bermain Air

Banyak wisatawan yang datang ke Taman Kolong Wisata karena ingin bisa menikmati aktivitas bermain air yang seru. Apalagi, di kolam renang yang tersedia di tempat ini dilengkapi dengan seluncuran yang arahnya langsung menghadap ke dalam kolam air.

Selain kolam untuk orang dewasa, ada juga kolam khusus anak kecil yang tentu saja dilengkapi dengan wahana bermain yang menyenangkan. Dengan begitu, anak-anak pun dapat menghabiskan waktu liburnya dengan puas di kolam air tersebut.

Akan tetapi, jangan lupa bagi orang tua untuk selalu memperhatikan anaknya saat main air agar tak terjadi peristiwa yang tak diinginkan. Menariknya lagi, kolam air untuk orang dewasa berada dekat atau bersebelahan dengan kolam air khusus anak-anak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Kolong Wisata
Image Credit: Google Maps Tri Yulianto

Untuk mendukung kenyamanan wisatawan, maka fasilitas yang tersedia di Taman Kolong Wisata sudah baik. Bila Anda berkunjung dengan mengendarai kendaraan pribadi, maka sudah ada sebuah area parkir yang luas. Di sana Anda bisa menitipkan segala jenis kendaraan pribadi dengan tarif parkir yang terjangkau.

Taman Kolong Wisata pun menyediakan fasilitas berupa kamar bilas yang tentu saja dapat Anda gunakan untuk membersihkan diri dengan air yang bersih. Selain itu, tersedia pula toilet umum yang lokasinya ada di dekat kamar bilang itu. Kondisinya kamar bilas maupun toilet umum pun cukup baik, karena selalu dijaga kebersihannya.

Kemudian, wisatawan juga akan dimanjakan oleh fasilitas gazebo di tempat wisata ini, Keberadaan gazebo itu terbilang cukup unik sebab lokasinya ada di atas air. Menariknya lagi, untuk menikmati fasilitas gazebo ini, maka wisatawan tidak harus membayar lagi. Silahkan saja memilih gazebo mana yang menurut Anda paling nyaman.

Taman Kolong Wisata ini memanglah terbilang worth it untuk mengisi waktu liburan Anda. Tidak heran apabila dijadikan sebagai tempat wisata keluarga yang andalan di Bangka Belitung, khususnya Pangkalpinang. Dapat terjamin kalau liburan Anda ke tempat ini akan begitu menyenangkan dan juga mengesankan.