Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem, Bali; Map: Cek Lokasi

Wisata menarik memang mengasyikkan. Indonesia memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk didatangi. Seperti di kawasan Bali. Sebagai Provinsi yang sudah terkenal Bali menyediakan tempat wisata dari berbagai hal mulai dari bukit, pantai, pegunungan, hingga yang akan dibahas kali ini yaitu Taman Sari Bali.

Wisata di Karangasem ini merupakan taman bunga dengan berbagai bunga dan khasnya adalah bunga kasna yang sekilas mirip dengan edelweis Bali. Bunga ini berwarna keputihan. Taman yang sengaja di buat oleh salah satu penduduk memiliki pesona yang menakjubkan untuk di lihat.

Taman Sari cocok dijadikan sebagai destinasi wisata anda saat berlibur, lokasi taman yang strategis dengan pemandangan yang menarik menambah daya tarik dari taman, selain menampilkan keindahan terdapat juga berbagai macam wahana yang seru untuk diikuti. Berikut ada beberapa macam ulasan terkait destinasi di Bali ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Sari

Daya Tarik Taman Sari Bali
Image Credit: Google Maps Deddy Zippo

1. Khas Bunga Edelweis Bali

Taman Sari memiliki daya tarik utamanya yaitu bunga-bunga yang terhampar dengan khas berwarna putih salju. Bunga ini bernama bunga kasna tetapi masyarakat sekitar menjulukinya sebagai edelweisnya Bali. Bunga kasna terhampar di hampir seluruh bagian Taman.

Bunga ini terus tumbuh dan hidup dengan subur, pengaruh dari dataran tinggi dengan udara yang sejuk juga menambah keberlangsungan hidup bunga menjadi lama. Banyak pengunjung yang datang ke taman hanya untuk melihat pemandangan bunga ini dari dekat.

Bunga kasna memiliki persamaan yang persis dengan bunga edelweis. Anda dapat berfoto ataupun memegang langsung bunga ini. Tetapi sayangnya, tidak seperti edelweis yang hidupnya lama jika dipetik, bunga ini tidak memiliki umur yang lama, maka oleh karena itu cukup dipegang dan amati saja ya jangan di petik dan dirusak!

2. Pemandangan Sekitar Taman

Taman Sari Bali merupakan taman yang berada di sekitar dataran tinggi bukit. Kawasan ini memiliki pemandangan yang menghijau khas dengan pemandangan pegunungan. Di sekitar kawasan tumbuh tanaman-tanaman yang menghijau, mulai dari rerumputan maupun pohon-pohon yang rimbun rindang.

Saat memasuki pintu masuk taman, ada sebuah pintu yang berbentuk pondok dengan berbadan kayu dan bambu khas pedesaan. Di tengah-tengah bangunan tersebut dibentuk dengan bentuk hati dengan sisi atasnya bertulis “Selamat Datang di Taman Sari Bali”.

Selain pemandangan yang sejuk dari tanaman-tanaman yang tertanam, terdapat juga berbagai macam spot-spot foto yang berupa bangunan-bangunan unik seperti replika menara eiffel, helikopter, yang berbentuk sayap hingga bentuk bangunan unik lainnya, menambah keindahan suasana taman.

3. Wahana-Wahana Menarik

Daya tari lainnya, Taman Sari tidak hanya menampilkan pesona taman yang ditumbuhi bunga-bunga dengan berbagai spot foto bangunan menarik tetapi juga menyediakan berbagai macam wahana seru untuk semua pengunjung yang penasaran dan mencobanya.

Wahana tersebut seperti wahana-wahana outbond tentu dengan panorama taman. Berbagai mainannya seperti flying fox. Bergelantung di ketinggian beberapa meter dengan spot pemandangan taman yang menarik ataupun berayun-ayun di ayunan yang besar di bawah menara eiffel.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Sari Bali
Image Credit: Google Maps Nyoman Supraptayasa

Taman bunga yang menarik dengan pemandangan khas bunga kasna ini berada di Provinsi Bali, tepatnya terletak di Desa Temukus Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, yang berdekatan dengan lembah Gintungan. Lokasi taman ini berada di bawah lereng kawasan Gunung Agung bagian Bali Timur.

Taman Sari Bali letaknya juga berdekatan dengan Pura Besakih yaitu hanya berjarak 1,5 kilometer dengan waktu tempuh hanya beberapa menit. Rute perjalanan dari pusat titik tempuh Kota bangli dapat meneruskan perjalanan menuju Jalan Tegal Suci Sidewas. Setelah itu lanjut ke daerah Nusantara menuju ke Raya Besakih.

Setelah sampai, anda hanya memerlukan beberapa menit dari Besakih menuju ke lokasi wisata ini. Adapun untuk waktu tempuh dari kota tersebut adalah sekitar 42 menit di perjalanan, dapat dilakukan dengan kendaraan mobil ataupun kendaraan motor.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Taman Sari Bali
Image Credit: Google Maps Nyoman Supraptayasa

Untuk dapat menikmati pesona Taman Sari yang menarik ini dikenakan biaya retribusi harga tiket sebesar Rp 10.000 per orang. Adapun untuk biaya parkirnya gratis. Dengan membayar harga yang murah anda sudah mendapatkan berbagai fasilitas yang tersedia di dalam taman.

Selain menampilkan sisi pemandangan bunga-bunga yang tumbuh serta spot foto menarik, disediakan juga berbagai wahana yang seru untuk diikuti seperti flying fox. Untuk wahana ini pengunjung harus membayar hanya sebesar Rp 25.000 per orang dengan keamanan yang ketat.

Adapun untuk jadwal operasionalnya, taman ini dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu pada 24 jam. Akan tetapi waktu terpadat pengunjung berada di akhir pekan atau waktu-waktu mendekati sore serta waktu diadakannya upacara di pura besakih. Anda dapat mengunjungi di waktu pagi atau hari biasa jika enggan keramaian.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Sari

Aktivitas Taman Sari Bali
Image Credit: Google Maps Manik Agra

1. Berfoto

Kegiatan wajib yang dilakukan adalah mengabadikan momen di Taman Sari Bali dengan berfoto. Teman ini merupakan salah satu taman yang instagramable artinya banyak spot menarik yang dapat pengunjung ambil dari seluruh kawasan taman bersama-sama.

Seperti di antara hamparan bunga-bunga, bunga kasna ataupun bunga yang berwarna-warni lainnya. Anda juga dapat berfoto di replikasi menara eiffel, replikasi helikopter, ada sebuah bangunan yang menyerupai sayap, ayunan yang indah, serta jembatan yang cantik. Semua spot tersebut sudah termasuk dalam biaya harga tiket.

2. Bermain Flying Fox

Aktivitas ini dapat dilakukan dengan orang yang memiliki keberanian. Anda dapat bermain flying fox dengan ketinggian beberapa meter di atas permukaan tanah. Wahana yang satu ini memang menantang tetapi sangat seru. Di atas ketinggian terhampar perbukitan yang menghijau disertai dengan pemandangan taman indah.

Untuk standar keamanan permainan ini sangat aman, anda tidak perlu khawatir terjadi kesalahan karena saat menaikinya telah mengikuti instruktur dari para pemandu yang profesional. Yang perlu anda bawa adalah keberanian dan tekad yang bulat. Permainan ini tidak disarankan bagi pengunjung yang mempunyai riwayat akrofobia ya!

3. Menyusuri Taman

Kegiatan lainnya adalah menyusuri taman. Taman Sari memiliki lahan yang luas. Di lahan ini terdapat berbagai macam tumbuhan yang berwarna-warni. Anda dapat menyusuri lokasi taman sambil menikmati pemandangan yang disajikan oleh kawasan taman.

Taman Sari ini berada di atas dataran tinggi pegunungan, oleh karena itu udara taman sangat asri, sejuk dan damai. Tidak terdapat polusi di taman ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran. Anda dapat menyusuri seluruh lokasi taman yang indah sambil mengabadikan momen di kamera.

Aktivitas Lain Taman Sari Bali
Image Credit: Google Maps Nyoman Supraptayasa

4. Bersantai

Saat lelah berkeliling taman, pengunjung dapat bersantai-santai di berbagai tempat yang disediakan. Tempat duduk seperti pondok-pondok tersedia di sekitar taman. Pondok ini memang didirikan khusus untuk para pengunjung yang datang ke taman, selain sebagai tempat duduk, pondok juga sebagai tempat untuk meletakkan barang.

Selain bersantai di pondok, pengunjung juga dapat bersantai di kursi-kursi panjang yang sudah disediakan di sekitar kawasan taman. Kursi yang terbuat dari kayu ini tidak memiliki atap, jadi dari bersantai duduk di atas kursi, anda sudah dapat menikmati pesona taman yang berwarna-warni.

5. Berayun

Menariknya, Taman Sari menyediakan ayunan yang cukup besar. Ayunan ini berada di bawah bangunan replika menara eiffel yang terbuat dari kayu. Ayunan yang memiliki tiang berwarna pink ini dengan alas kayu dapat anda naiki. Berayun-ayun sambil menikmati keindahan taman.

Ayunan tersebut berada di atas dataran yang sedikit tinggi dari tanah taman lainnya. Menarik bukan? Berayun-ayun menikmati keindahan dengan pesona khas. Suasana terindah juga akan dirasakan jika kabut keluar. Kawasan yang biasa ditutupi kabut ini menghasilkan pesona seperti berada di awan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Sari Bali
Image Credit: Google Maps Nyoman Supraptayasa

Taman Sari memiliki fasilitas yang cukup memadai. Sebelum memasuki kawasan tersedia kawasan khusus untuk parkir kendaraan motor maupun mobil yang gratis. Walaupun gratis parkir ini dijaga oleh para petugas dengan penjagaan yang ketat. Selain itu tersedia juga beberapa toilet untuk para pengunjung.

Taman juga menyediakan berbagai macam warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman sebagai camilan selama di taman. Tersedia juga tong-tong sampah, disarankan untuk para pengunjung agar tetap menjaga lokasi wisata salah satunya dengan membuang sampah di tempatnya.

Terdapat juga berbagai spot-spot menarik pemandangan khas taman. Seperti pemandangan bunga-bunga yang berwarna warni, selain itu juga tersedia berbagai spot foto yang dibuat khusus oleh pengelola khusus untuk para pengunjung yang datang. Taman juga menyediakan berbagai wahana menarik yang wajib di coba.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Taman Sari Bali. Taman ini berada di dataran tinggi dengan menampilkan keindahan yang alami, selain itu juga menawarkan berbagai kegiatan menarik yang dapat dilakukan. Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan rujukan ke taman ini bersama keluarga maupun orang tersayang.