12 Tempat Makan Enak di Blitar Favorit Wisatawan

Tempat Makan Blitar

Blitar sebuah kota kecil yang terletak di selatan Pulau Jawa. Blitar terletak di Provinsi Jawa Timur, terkenal dengan kehadiran Makan Presiden pertama RI Ir. Soekarno. Selain mendapat julukan Kota Proklamator kota ini mendapat julukan Kota Peta atau pembela tanah air karena pendiri Peta lahir dari kota ini.

Ada berbagai tempat wisata menarik yang ada di Blitar seperti pantai, candi dan pusat hiburan yang lain. Selain tempat wisata Blitar juga memiliki tempat wisata kuliner yang tidak kalah dengan keindahan destinasi wisatanya.

Jawa Timur terkenal dengan kuliner pecel begitupun dengan Blitar yang punya citarasa pecel enak dan menggiurkan. Selain pecel masih banyak makanan enak yang ada di Blitar. Berikut adalah rekomendasi tempat makan enak di Blitar.

1. Warung Tewel Mbah Martumi

Warung Tewel Mbah Martumi

Lokasi: Jl. Mastrip No 5, Rejosan, Ngoran, Kec. Nglegok, Kab. Blitar. – Image Credit by Beritagar.id

Anda pencinta kuliner pedas wajib hukumnya ketika ke Blitar mampir di Warung Tewel Mbah Martumi. Makanan di warung ini didominasi oleh masakan serba pedas.

Seperti namanya menu utama di warung ini adalah sayur tewel. Warung Tewel Mbah Martuni buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 7 malam. Disini pembeli bisa mengambil nasi sendiri sepuasnya.

2. Es Pleret Kebon Rejo

Es Pleret

Lokasi: Jl. Kenanga,  Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Travelingyuk.com

Es Pleret adalah minuman khas Blitar yang bentuknya menyerupai es dawet. Es Pleret menggunakan bahan utama berupa bola-bola kecil yang mirip dengan cincin yang terbuat dari tepung beras. Memiliki citarasa yang gurih dipadukan dengan gula jawa yang nikmat.

Tempat makan es pleret yang enak di blitar ada di Kebon Rojo yang buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang. Harga seporsi es pleret ini hanya 5 ribu rupiah saja.

3. Soto Daging Bok Ireng

Soto Daging Bok Ireng

Lokasi: Jl. Kelud, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Jatimsmart.id

Salah satu warung makan soto legendaris yang ada di Kota Blitar bernama warung soto daging bok ireng. Resep soto di warung ini sudah turun temurun dari beberapa generasi. Kuah dari soto dipanaskan dengan  memakai tungku air dari bahan tanah liat yang memberikan aroma rasa dan bau yang khas.

Warung soto ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai habis. Satu porsi mana cukup? Selain mangkuk yang digunakan adalah mangkuk kecil, aroma dari soto bok ireng ini begitu menggugah selera.

4. Warung Mak Ti

Warung Mak Ti

Lokasi: Jl. Mawar, RT.03/RW.03, Nglaos, Jatinom, Kec. Kanigoro, Kota Blitar. – Image Credit by Travelingyuk.com

Warung makan dengan konsep prasmanan yang memberikan kebebasan kepada pembeli untuk memilih makanan sesuai dengan selera masing-masing. Ada berbagai sayuran dan lauk pauk yang bisa dipilih berupa tumis, lodeh, tahu, tempe, sambal, kutuk goreng, daun singkong, ayam goreng dan masih banyak lagi.

Harga makan di Warung Makan Ti di banderol mulai dari 6 ribu rupiah. Jam buka warung makan ini dari jam 6 pagi sampai jam 8 malam.

5. Soto Babat Mardi Waluyo

Soto Babat Mardi Waluyo

Lokasi: Jl. Kalimantan No.113, Karangtengah, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. – Image Credit by Sotodaginglamongancakdi.business.site

Soto babat Mardi Waluyo memiliki menu andalan berupa soto babat. Soto babat terkenal karena citarasa yang enak dan harganya yang murah.

Soto babat Mardi Waluyo dibandrol dengan harga mulai dari 6 ribu rupiah. Buka setiap hari dari jam 7 pagi, tutup sampai habis.

6. Ayam Bakar Bu Mamik

Ayam Bakar Bu Mamik

Lokasi: Jl. Kalimantan No.11A, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. – Image Credit by Garnesia.com

Ayam bakar Bu Mamik lokasinya ada di tengah kota jadi bisa dengan mudah ditemukan. Yang membedakan ayam bakar Bu Mamik dengan yang lain adalah tempat makannya yang khas menggabungkan suasana Jawa dengan lantunan musik untuk menambah citarasa.

Ayam Bakar Bu Mamik buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Menu lain selain ayam bakar ada sayur lodeh, ikan goreng, bandeng goreng, bandeng bakar dan lainnya.

7. Tahu Bumbu Lawu Blitar

Tahu Bumbu Lawu

Lokasi: Jl. Lawu, Kauman, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Bowedleg.com

Malam-malam lapar tenang di Blitar Anda bisa mendapatkan kuliner tengah malam bernama tahu bumbu lawu Blitar. Perpaduan tahu dan lontong merupakan makanan yang sederhana disiram dengan menggunakan sambal petis.

Bahan-bahan lain yang dipakai ada tauge, kucai, brambang goreng dan jangan lupa kacang goreng, setelah disiram dengan sambal petis lalu di taburi kerupuk sebagai pelengkap. Tempat makan tahu bumbu yang nikmat ada di daerah Jalan Lawu.

8. Es mini

Es mini

Lokasi: Jl. Dokter Wahidin No.14A, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Kulinerblitaraya.blogspot.com

Berbeda degan menu es sebelumnya yaitu es pleret, di Blitar ada tempat minum es yang unik yaitu es mimi . Es mini merupakan tempa populer di Blitar yang menjual berbagai varian es seperti es rumput laut, es asam, es kopyor dan aneka jus.

Selain minuman di Es mimi ada juga menu makan seperti nasi rames, nasi rawon, ayam bumbu rujak dan lainnya. Harga es mini mulai dari 8 ribu rupiah.

9. Rujak Petis Ngegong

Rujak Petis Ngegong

Lokasi: Sumberjo, Olak Alen, Kec. Sanankulon, Kab. Blitar. – Image Credit by Ksmtour.com

Berkunjung ke daerah Jawa Timur tidak lengkap rasanya jika belum mencoba rujak petis. Di rujak petis Ngegong menjual rujak yang mirip dengan rujak cingur tetapi tidak ada cingurnya atau tidak pakai moncong sapi.

Harga rujak petis Ngegong murah meriah mulai dari 5 ribu rupiah saja.  Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai habis.

10. Lesehan President Resto

President Resto

Lokasi: Jl. Dokter Wahidin No.91, Sentul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Kulinerblitaraya.blogspot.com

Tempat makan dengan konsep lesehan yang terkenal di Kota Blitar ada President resto. Di tempat ini Anda bisa menjumpai makan enak seperti gurame bakar, ayam pedas, ayam rica-rica, mie goreng, cap cay dan menu lainnya yang cocok dimakan bersama keluarga.

Harga makannya mulai dari 12 ribuan saja. Rekomendasi menu di President resto ada ayam asam manis dan cap cay kuah.

11. Ikan Uceng warung barokah pak sabar

Peyek Uceng

Image Credit by Idntimes.com

Warung Makan Barokah Pak sabar terkenal dengan menu andalannya yaitu ikan uceng. Selain ikan uceng di warung makan barokah juga menyediakan menu lain seperti lele penyet, ayam penyet, kare ayam, nasi campur dan aneka makan lainnya.

Cita rasa gurih dari ikan uceng dipadukan dengan nikmatnya taburan kelapa membuat siapa saja yang mencobanya bakal nagih. Warung Barokah Pak Sabar buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 7 malam. Harga makanan di tempat ini sangat terjangkau, mulai dari 5 ribuan saja.

12. Nasi Ampok dan Tiwul Totokan Jatinom

Nasi Ampok dan Tiwul Totokan Jatinom

Lokasi: Jl. Maluku, Jatinom, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar. – Image Credit by Food.detik.com

Nasi ampok dan tiwul adalah makanan tradisional yang masih bisa dijumpai di sudut Kota Blitar. Warung totokan  buka setiap hari dari jam 5 sore sampai jam 8 malam. Satu porsi nasi ampok atau nasi tiwul dengan ikan asin dan sayur harganya mulai dari 4 ribu saja,

Ikan asin yang disediakan di warung totokan tidak keasinan rasanya enak gurihnya pas, dipadukan dengan sayur lompong yang pedas semakin menguatkan rasa dari nasi ampok dan tiwul. Jika ingin menikmati seporsi lengkap nasi ampok dan tiwul jangan lupa datang lebih sore supaya tidak kehabisan.

Itulah berapa rekomendasi tempat makan di Blitar yang wajib Anda coba ketika sedang berkunjung. Citarasa makanan Blitar pedas, asin dan gurih siap menggoyang lidah.