15 Tempat Makan Enak di Cirebon Favorit Wisatawan

Tempat Makan Cirebon

Ada banyak tempat makan di Cirebon yang menyajikan berbagai jenis makanan khas lokal. Selain memiliki beragam kuliner yang menarik, harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau. Berlibur ke Cirebon namun melewatkan wisata kulinernya tentu akan sangat disayangkan.

Di kota udang ini, Anda bisa memulainya dari camilan ringan, makanan berat kemudian makanan penutup yang berusia hampir setengah abad. Karena itulah, dijamin, selama berada di Cirebon lidah akan dipuaskan dan tidak akan kelaparan.

Daya tarik kuliner di Cirebon adalah penggunaan rempah yang beragam, sehingga memiliki cita rasa yang tinggi, lezat dan menggugah selera. Tempat kuliner disana juga variatif, ada yang hanya buka pada pagi hari saja, siang hari, malam hari bahkan ada yang buka selama 24 jam. Berikut 15 tempat makan di Cirebon yang paling enak dan menggugah selera.

1. Bubur Toha

Bubur Toha

Lokasi: Jl. Moh. Toha, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Pergidulu.com

Termasuk dalam kuliner yang murah dan enak di Cirebon. Meskipun satu mangkuk bubur ayam berisi bubur, suwiran ayam, kacang kedelai, bawang goreng dan seledri, tapi rasanya gurih dan enak.

Bubur Toha buka selama dua puluh empat jam, namun di malam hari Anda harus rela mengantri untuk mendapatkan bubur yang diinginkan. Bubur Toha juga menjadi tempat nongkrong bagi anak-anak muda sehingga tidak mengherankan kalau tempat ini tambah ramai di akhir pekan.

2. Nasi Jamblang Bu Nur

Nasi Jamblang Bu Nur

Lokasi: Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Ibenimages.com

Belum ke Cirebon namanya kalau belum mengunjungi Nasi Jamblang Bu Nur. Pilihlah makanan yang Anda sukai dan pelayan akan menyajikannya lengkap dengan nasi diatas daun jati sebagai ciri khas rumah makan. Menu yang paling favorit di Nasi Jamblang Bu Nur adalah cumi saus hitam.

Mulai dari 20.000 rupiah per porsi, Anda bisa mendapatkan nasi jamblang lengkap dengan tambahan perkedel, sate kentang, otak sapi goreng atau pepes telur asin. Nasi Jamblang Bu Nur buka mulai jam 7 pagi hingga jam 9 malam di hari senin sampai jumat, sedangkan di akhir pekan tutup sekitar pukul 7 malam.

BACA:  17 Tempat Wisata di Tasikmalaya Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

3. Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Haji Apud

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Kota Cirebon. – Image Credit by Pergidulu.com

Tempat makan ini merupakan salah satu rumah makan yang menyajikan empal gentong yang lezat sebagai hidangan andalannya. Dengan 16.000 rupiah, Anda sudah bisa menyantap satu porsi empal gentong dengan kuah santan dan lontong.

Selain empal gentong, menu yang sama enaknya adalah empal asem dengan isian yang bisa Anda pilih sendiri. Tersedia daging, jeroan, dan kikil. Empal Gentong Haji Apud buka dari jam 9 pagi hingga 10 malam.

4. Urban Chicken

Urban Chicken

Lokasi: Jl. DR. Sudarsono No.33, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon. – Image Credit by Rakyatcirebon.co.id

Salah satu makanan asli Cirebon yang harus Anda coba adalah ayam guling. Makanan unik ini bisa Anda temukan di tempat makan Urban Chicken. Diolah dengan berbagai macam rempah dan dibalur saus rahasia, menghasilkan perpaduan rasa yang menggoyang lidah.

Selain ayam guling, kamu juga bisa menikmati pedesan ayam. Tjampolay pisang susu dan es tape merupakan minuman yang direkomendasikan untuk menemani lezatnya ayam guling. Jangan khawatir, harga makanan berkisar antar 14.000 hingga 25.000 rupiah saja.

5. Restoran Klapa Manis

Restoran Seafood Jumbo

Lokasi: Jl. Raya Gronggong, Patapan, Kec. Beber, Kota Cirebon. – Image Credit by Klapamanis.com

Restoran ini terkenal karena memiliki pemandangan yang apik. Namun jangan salah, berbagai macam olah masakan Klapa Manis juga terkenal akan kelezatannya. Harga makanan di restoran ini berkisar antara 5.000 – 450.000 tergantung menu yang Anda pilih.

Terdapat aneka macam olahan sayur, olahan daging, pepes, nasi tutug oncom, nasi bakar, nasi timbel polos, seafood dan lainnya. Buka dari jam 11 pagi hingga 10 malam.

6. Mie Koclok Jatimerta

Mie Koclok Jatimerta

Lokasi: Jl. Tanda Barat I, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Intisari.grid.id

Mi Koclok adalah mi yang dimasak dengan kuah santan mirip kari dan disajikan dengan ayam suwir, telur, tauge dan topping pilihan lain. Cocok untuk makan siang, harga seporsi mi koclok hanya 13.000 rupiah saja.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Bogor Paling Populer

Rumah makan Mi Koclok Jatimerta buka dari pukul 12 siang hingga pukul 10 malam. Persiapkan kesabaran Anda karena antriannya cukup panjang.

7. Tomodachi Steak Resto

Tomodachi Steak Resto

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Jalanjalankenai.com

Restoran ini memiliki konsep yang unik karena membuat pengunjung makan diatas waterland. Ketika Anda makan disini, suasananya cukup romantis sehingga cocok untuk berkunjung bersama pasangan. Menu yang ditawarkan umumnya steak dan seafood, namun tersedia pula carbonara, oglio olio dan lain-lain.

Buka dari pukul 10 pagi hingga 11 malam, Anda bisa memilih jenis daging untuk bahan steak, tersedia beef lokal dan impor. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 100.000.

8. Restoran Seafood Jumbo

Restoran Seafood Jumbo

Lokasi: Jl. Siliwangi No.191, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Travelingyuk.com

Segala jenis seafood ukuran besar bisa Anda temukan disini. Tak perlu khawatir, untuk ukuran normal pun juga disediakan. Harga yang ditawarkan berkisar antara 20.000-60.000 rupiah untuk tiap porsinya.

Saat Ramadhan, Restoran Seafood Jumbo juga memberikan bonus takjil gratis untuk pengunjung. Buka dari pukul 10.30 pagi hingga 10 malam, restoran ini tidak pernah sepi pembeli.

9. Tahu Gejrot Pak Wardi

Tahu Gejrot Pak Wardi

Lokasi: Jl. Lemahwungkuk No.48-50, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Kumparan.com

Salah satu tahu gejrot legendaris di Cirebon adalah tahu gejrot Kanoman milik Pak Wardi. Dengan harga mulai 10.000 rupiah, Anda bisa mendapatkan satu porsi tahu gejrot yang bisa dinikmati ditempat atau dibungkus pulang.

Tahu gejrot ini memiliki cita rasa yang manis, asam dan pedas yang bisa membuat Anda ketagihan. Tahu gejrot Kanoman milik Pak Wardi buka mulai pukul 9 pagi hingga 5.30 sore.

10. Nasi Lengko Haji Barno

Nasi Lengko Haji Barno

Lokasi: Jl. Pagongan No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Nasi-lengko-h-barno.business.site

Untuk Anda yang vegetarian, Anda bisa memilih nasi lengko sebagai menu makan siang. Seporsi nasinya berisi tahu, tempe, tauge rebus, mentimun dan taburan daun kucai yang disiram bumbu kacang akan mengenyangkan perut Anda. Harga seporsinya hanya 13.000 rupiah saja.

BACA:  15 Tempat Wisata di Depok Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Rumah makan ini buka dari pukul 8 pagi hingga 10 malam. Anda harus bersabar mengantri karena Nasi Lengko Haji Barno tidak pernah sepi pengunjung. Supaya lebih kenyang, pesan sate kambing sebagai pendamping nasi lengko.

11. Arirang Resto

Arirang Resto

Lokasi: Jl. Siliwangi No.69, Kesenden, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Yogiarlanda.wordpress.com

Di Cirebon terdapat tempat makan yang menjajakan makanan khas Korea. Beberapa menu andalannya adalah bibimbap, tteokpokgi, jonn gui dan belut bakar. Harganya cukup terjangkau, dengan 60.000 rupiah Anda bisa merasakan nikmatnya cita rasa makanan Korea.

Arirang Resto buka dari jam 10 pagi hingga 9 malam. Karena harganya yang tidak terlalu mahal, restoran ini juga menjadi tempat nongkrong anak muda.

12. Pedesan Entog Mas Nana

Pedesan Entog Mas Nana

Lokasi: Jl. Fatahillah No. 80 Blok kawung, Megu Gede, Kec. Weru, Kota Cirebon. – Image Credit by Kumparan.com

Apabila Anda pecinta makanan pedas dan sedang berlibur di Cirebon, Anda wajib mencicipi pedesan entog disini. Tekstur daging entog yang kenyal dibumbui rempah sehingga bau amisnya hilang.

Buka dari pukul 9 pagi hingga 10 malam, Pedesan Entog Mas Nana tidak pernah sepi pengunjung. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau sekitar 30.000 untuk tiap porsinya.

13. Mie Petruk

Mie Petruk

Lokasi: Jl. Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Kopertraveler.id

Mie Petruk merupakan streetfood yang paling terkenal di Cirebon. Walaupun dijual dengan gerobak dan berada di pinggir jalan, pelanggannya rela mengantri berjam-jam untuk menikmati seporsi mie petruk. Mie petruk dimasak dengan arang sehingga memiliki aroma yang khas.

Topping mie petruk sendiri berupa suwiran daging ayam, sayuran, kerupuk dan bumbu lain yang membuat mie petruk makin lezat. Harga satu porsinya hanya 15.000 rupiah saja. Mie petruk merupakan jajanan malam yang bisa kamu temui dari pukul 6 sore sampai 11 malam.

14. H. Moel Seafood

H. Moel Seafood

Lokasi: Jl. Kalibaru Selatan No.39, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Polomap.com

Seafood merupakan jenis makanan yang akan sering Anda temui jika berwisata kuliner di Cirebon. Rumah makan H. Moel Seafood juga merupakan tempat favorit pelancong untuk memuaskan lidah. Menu yang wajib Anda coba adalah kepiting saus padang dengan kuah yang lezat.

Untuk tiap porsinya dibanderol mulai dari 15.000 rupiah. Selain seafood, Anda bisa memesan makanan China seperti kwetiau dan capcai. Rumah makan ini buka dari jam 10.30 pagi hingga tengah malam.

15. Nasi Kuning Pekalangan

Nasi Kuning Pekalangan

Lokasi: Jl. Pekalangan, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon. – Image Credit by Tripcanvas.co

Nasi kuning bisa Anda jadikan sebagai pilihan sarapan ketika berkunjung ke Cirebon. Seporsi nasi kuning komplit berisi telur bulat dan suwir, rendang, daging sapi suwir, abon, oreg tempe dan sambel dihargai 21.000 rupiah saja.

Rumah makan Nasi Kuning Pekalangan buka mulai dari pukul 5.30 pagi sampai 10.30 siang saja. Sedangkan pada hari jumat rumah makan Pekalangan ini libur.

Nah, itulah 15 tempat makan terenak di Cirebon. Ternyata Cirebon menyimpan banyak lokasi kuliner yang harus dicoba. Datang dan nikmati sendiri sensasi rasa dari tiap makanan khas Cirebon tersebut. Anda tertarik untuk mencicip semuanya?