15 Tempat Wisata di Cilegon Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Cilegon

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Cilegon, Banten. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan Saat Libur dan Akhir Pekan.

Cilegon merupakan salah satu kota yang menghasilkan baja terbesar di Asia Tenggara hingga sering disebut Kota Baja. Ternyata, kota ini juga memiliki panorama dan sejuta pesona dari wisatanya, baik wisata alam maupun buatan. Beberapa destinasi wisata bahkan belum banyak diketahui masyarakat. Padahal Cilegon memiliki banyak kawasan yang dijadikan destinasi wisata, seperti situs bersejarah, pegunungan, serta perbukitan.

Tak hanya itu, ada pula wisata pantai, waterpark, hingga spot foto apik yang sangat cocok untuk dijadikan konten instagram bahkan prewedding. Berikut ini ulasan 15 tempat wisata di Cilegon yang sangat cocok untuk Anda kunjungi.

1. Gunung Batur

Gunung Batur

Image Credit: Okezone.com

Gunung Batur merupakan salah satu destinasi wisata gunung yang memiliki jalur pendakian dengan fasilitas menarik dan aman. Jalur pendakiannya telah rata dan beraspal sehingga pengunjung tidak perlu takut dan kesulitan pada saat mendaki gunung ini.

Lokasinya hanya berjarak 8 km dari pusat Kota Cilegon, tepatnya di Pulomerak. Untuk mencapai puncak gunung, Anda perlu memakan waktu selama 4 hingga 5 jam dengan berjalan kaki. Anda juga bisa menginap, camping, bermain gantole, bahkan jogging di kaki gunung.

Lokasi: Desa Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

2. Gunung Batu Lawang

Gunung Batu Lawang

Image Credit: Merahputih.com

Gunung Batu Lawang merupakan sebuah pegunungan batu yang cukup terkenal di Cilegon. Gunung yang berada di daerah Grogol ini akan menyuguhkan Anda pemandangan alam yang sangat ciamik.

Hamparan hijau bernuansa segar hingga atmofter pantai yang cukup dekat dari lokasi akan menghangatkan suasana berlibur Anda. Tak heran jika Gunung Batu Lawang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata gunung yang memiliki banyak penggemar.

Lokasi: Desa Gerem, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon.

3. Pantai Pulorida

Pantai Pulorida

Image Credit: Ihategreenjello.com

Selain wisata gunung, Anda juga dapat merasakan atmosfter berwisata alam di pantai yang cantik di Cilegon, salah satunya ialah Pantai Pulorida. Lokasinya sangat dekat dengan Pelabuhan Merak, yaitu hanya menempuh jarak 4 km saja.

Pantai Pulorida dapat menjadi sebuah alternatif wisata alam yang tak kalah menarik dengan yang lainnya. Terkenal dengan ombaknya yang cukup tenang, Pantai Pulorida sangat cocok untuk dikunjungi oleh keluarga, termasuk sangat aman untuk anak-anak.

BACA:  16 Tempat Makan Enak di Tangerang Favorit Wisatawan

Lokasi: Desa Merak, Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

4. Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil

Image Credit: Piknikasik.com

Siapa yang tak kenal dengan wisata pantai satu ini. Wisata yang populer ini menyuguhkan pengunjung pengalaman bersantai asyik di berbagai sudut. Pulau Merak Kecil ini akan menghadirkan suasana liburan yang menarik dan tak akan terlupakan.

Pasalnya, pada jarak 10 meter dari daratan pantai, Anda dapat menyaksikan keindahan biota laut serta batu karang yang amat cantik dan menakjubkan dengan cara snorkeling. Untuk itu, jika Anda tertarik melakukannya, jangan lupa membawa peralatan menyelam yang lengkap.

Lokasi: Desa Merak Kecil, Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

5. Pantai Kelapa Tujuh

Pantai Kelapa Tujuh

Image Credit: Ihategreenjello.com

Banyaknya fasilitas bermain anak membuat pantai ini menjadi destinasi wisata yang cukup terkenal. Pengunjung Pantai Kelapa Tujuh biasanya menyiapkan bermacam-macam perlengkapan camping.

Pantai ini juga menawarkan olahraga air, salah satunya seperti banana boat. Tak perlu khawatir soal lokasi, sebab pantai ini hanya berjarak 9 km saja dari gerbang tol Jakarta-Merak.

Lokasi: Suralaya, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

6. Pulau Merak Besar

Pulau Merak Besar

Image Credit: Trepelin.com

Selain Pulau Merak Kecil, terdapat pula Pulau Merak Besar. Pulau yang berada di Tamansari ini terkenal memiliki daya pikat tersendiri. Lokasinya tak jauh dari Pulau Merak Kecil, perjalanan ke pulau ini hanya menempuh waktu kurang lebih 20 menit saja.

Lain halnya dengan Merak Kecil, pulai ini lebih difungsikan untuk menjadi hutan lindung. Suasananya pun terbilang lebih rimbun dan sejuk. Pada pulau ini lebih banyak terdapat pepohonan dibandingkan dengan pantainya. Objek wisata ini sangat menarik dan cukup terkenal.

Lokasi: Tamansari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

7. Bukit Batu Gambir

Bukit Batu Gambir

Image Credit: Piknikdong.com

Ada wisata yang tak kalah seru lainnya, yaitu Bukit Batu Gambir. Bukit ini sebenarnya merupakan sebuah batu granit yang bentuknya sangat besar lalu dijadikan sebuah objek wisata.

Jika ingin mencapai puncak bukit ini, Anda wajib melewati trek terjal dan cukup panjang. Namun, semua itu akan hilang setelah menikmati panorama indah. Pengunjung dapat menikmati udara segar dan pemandangan pelabuhan Merak yang cantik dari atas bukit.

Lokasi: Tamansari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

BACA:  15 Cafe Instagramable di Tangerang yang Bikin Betah Nongkrong

8. Istana Pasir Temiang

Istana Pasir TemiangIstana Pasir Temiang

Image Credit: Serangbackpacker69.wordpress.com

Objek wisata satu ini sempat menjadi ikon dan viral di medsos. Bagaimana tidak, Istana Pasir Temiang ini ternyata memang dibuat menggunakan pasir asli dan murni kemudian dibentuk sebuah istana berukuran besar.

Yang lebih menarik objek wisata ini juga di kelilingi daerah pertambangan dan banyak pepohonan. Destinasi wisata satu ini sangat cocok untuk dijadikan konten di instagram Anda. Harga tiket masuknya pun sangat murah, yaitu Rp 2.000 saja.

Lokasi: Lebak Denok, Kec. Citangkil, Kota Cilegon.

9. Cilegon Green Waterpark

Cilegon Green Waterpark

Image Credit: Cilegon-green-waterpark.business.site

Jika Anda sedang mencari wisata yang cocok untuk anak-anak, Cilegon Green Waterpark adalah solusi yang tepat. Objek wisata ini merupakan kolam renang yang memiliki bermacam fasilitas. Waterpark ini mampu membuat liburan keluarga Anda menjadi lebih menarik.

Jika waterpark di ibu kota konsep yang lebih modern, waterpark satu ini justru menyuguhkan konsep back to nature. Pasalnya wisata yang memiliki luas 1 hektar ini dikelilingi oleh sawah hijau yang menyejukkan.

Lokasi: Jl. Cilegon Green Megablok Jl. Ahmad Yani, Cibeber, Kec. Cibeber, Kota Cilegon.

10. Situ Rawa Arum

Situ Rawa Arum

Image Credit: Bidikbanten.com

Tak ingin kalah dengan yang lain, wisata satu ini terkenal sering dijadikan tempat untuk melakukan foto prewedding. Wisata alam satu ini menawarkan suasana yang sedikit berbeda, sehingga sangat unik dan cocok untuk diabadikan melalui kamera.

Anda bisa menghabiskan waktu dengan mengelilingi danau menggunakan kapal, memancing, hingga bersenda gurau di tepi danau. Anda bisa menikmati pemandangan danau sembari minum kopi atau menyantap bekal dari rumah.

Lokasi: Jl. Kp. Tegal Wangi No.62, Rw. Arum, Kec. Gerogol, Kota Cilegon.

11. Krakatau Royal Garden

Krakatau Royal Garden

Image Credit: Kiec.co.id

Ada yang menarik dari salah satu wisata Cilegon kali ini. Pasalnya, tempat ini awalnya  merupakan kawasan outbond dengan pangsa pasar karyawan instansi atau perusahaan. Namun, seiring bertambahnya waktu wisata ini dibuka untuk umum.

Krakatau Royal Garden memiliki banyak fasilitas menarik yang bisa dinikmati keluarga. Fasilitas apik tersebut berkonsep “Food, Leisure, and Education” sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur sembari belajar.

Lokasi: Jl. KH. Yasin Beji No.3, Kebondalem, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon.

12. Bukit Teletubbies Merak

Bukit Teletubbies Merak

Image Credit: Deals.weku.io

Jika Anda sedang mencari kawasan menarik untuk hiking, segera kunjungi wisata satu ini. Pasalnya, Bukit Teletubbies ini terkenal hits pada masanya. Banyak pengunjung yang datang khusus untuk menikmati suasana petualangan yang ringan.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pandeglang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Namun, sebelum menikmati keindahan bukit ini ada baiknya Anda memantau cuaca terlebih dahulu agar dapat mempersiapkan keperluan dan perjalanan mendaki Anda tetap nyaman. Meskipun cukup terjal, semua rasa capek mendaki akan hilang berkat pemandangan indahnya.

Lokasi: Suralaya, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

13. Alun-Alun Kota Cilegon

Alun-Alun Kota Cilegon

Image Credit: Sultantv.co

Siapa yang tak kenal destinasi wisata Cilegon kali ini. Alun-alun kota satu ini merupakan salah satu wisata yang tak boleh terlewatkan. Meski baru diresmikan pada 2018 yang lalu, tempat ini sudah menjadi favorit bagi seluruh kalangan.

Selain cantik dan menarik, alun-alun Kota Cilegon ini juga gratis. Pengunjung hanya akan mengeluarkan uang untuk membayar parkir dan berwisata kuliner. Jika Anda tertarik menikmati malam di tengah air mancur warna-warni, maka datanglah ke alun-alun ini.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Ramanuju, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon.

14. Gunung Pinang

Gunung Pinang

Image Credit: Bantennews.co.id

Objek wisata selanjutnya ialah Gunung Pinang. Lokasinya terletak pada perbatasan antara Kota Serang dan Cilegon. Berbeda dengan jalur pendakian gunung pada umumnya, Gunung Pinang hadir dengan fasilitas instagram-genic dan menjadi destinasi wisata yang cocok untuk keluarga.

Jika mengunjungi wisata ini, Anda akan disuguhi pemandangan indah yang hijau asri beserta dekorasi penuh warna. Tak pelu khawatir soal biaya, sebab Anda hanya akan merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja per orang untuk menikmati keindahan Gunung Pinang ini.

Lokasi: Sukadalem, Kec. Waringinkurung, Kota Serang.

15. Villa Ternak Cikerai

Villa Ternak Cikerai

Image Credit: Bubukwafer.blogspot.com

Wisata satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membawa anak untuk berwisata edukasi. Objek wisata ini merupakan lokasi perkebunan dan peternakan yang memiliki beragam tumbuhan dan hewan. Pada villa ini terdapat fasilitas outbond hingga restoran.

Selain itu, wisatawan juga dapat membeli produknya, baik sayur, hewan, hingga buah-buahan dengan harga yang tergolong masih murah. Harga tiket masuknya dibagi menjadi dua sesi, yaitu weekday dan weekend yang berkisar dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000 setiap kendaraan, baik roda dua maupun empat.

Lokasi: Desa Cikerai , Kec. Cibeber, Kota Cilegon.

Itulah 15 tempat wisata menarik di Cilegon yang dapat Anda kunjungi saat liburan. Selain terkenal dengan kecantikannya, sebagian besar wisata di kota ini juga tak merogoh kocek yang begitu dalam. Jadi, Anda tetap bisa liburan nyaman, tenang, dan menyenangkan Bersama orang terdekat.