Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 10.00-22.00 WIB, Alamat: Pinang Jaya, Kec. Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung; Map: Cek Lokasi

Melakukan soft opening pada 28 November 2020 lalu tempat wisata yang diberi nama Lengkung Langit ini sukses menjadi tempat wisata yang populer di Kota Bandar Lampung. Dengan menawarkan spot foto yang luar biasa indah dengan suasana alam dan Kota Bandar Lampung menjadi backgroundnya. Para wisatawan sekaligus bisa berfoto dan bersantai di alam yang sejuk di sini.

Terdapat satu spot foto yang sangat populer, spot tersebut mengingatkan para wisatawan dengan salah satu spot foto yang populer di Pulau Dewata Bali yaitu Gerbang Surga. Spot di Kota Bandar Lampung ini berada di atas ketinggian sekitar 300 meter dari permukaan laut dengan 2 gapura yang berdiri tegak membelakangi alam Kota Bandar Lampung yang diberi nama Gapura Mataram.

Di Lengkung Langit para wisatawan bisa menikmati sunrise atau saat dimana sang matahari mulai terbit. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke tempat wisata ini untuk menikmati momen sunrise yang muncul diantara 2 gapura di tempat ini. Tidak hanya spot foto dan alam yang menjadikan tempat ini digemari para wisatawan, namun ada foodcourt yang menyediakan wisata kuliner bagi wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Lengkung Langit

Daya Tarik Lengkung Langit
Image Credit: Google Maps (Dapur Ceriwis)

Ada beberapa daya tarik yang menjadikan tempat wisata yang baru dibuka tahun 2020 ini menjadi populer. Berikut adalah beberapa daya tarik dari Lengkung Langit dari alam hingga makanannya.

1. Panorama Alamnya

Daya tarik yang pertama adalah alamnya. Memang tempat wisata ini bukan wisata alam murni namun pemandangan alam dan suasana yang terasa di tempat wisata ini membuat para wisatawan bisa tenang. Dengan pemandangan Kota Bandar Lampung di siang hari yang memanjakan mata ditambah pemandangan bintang dan lampu Kota di malam hari cukup membuat nyaman para wisatawan.

Tidak hanya pemandangan suasana yang tenang di tempat ini membuat para wisatawan bisa melepaskan kepenatan mereka untuk beberapa saat. Apalagi ketika menyaksikan keindahan sunrise, salah satu momen paling indah yang bisa disaksikan dengan pemandangan Kota Bandar Lampung di pagi hari.

2. Spot Foto Kekinian

Daya tarik Lengkung Langit berikutnya adalah spot foto yang ditawarkan bagi para wisatawan narsis yang gemar berfoto. Terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk para wisatawan dapat berpose di depan kamera. Spot seperti tangga warna-warni, perahu di atas ketinggian, hingga spot menarik lainnya dengan background Kota Bandar Lampung.

Dari semua spot tersebut terdapat sebuah gapura yang diberi nama Gapura Mataram yang menjadi populer karena memiliki konsep yang hampir sama dengan Gerbang Surga yang ada di Pulau Dewata Bali. Dimana gapura tersebut berdiri tegak dengan rongga sedikit di tengah untuk para wisatawan berfoto.

3. Foodcourt

Berikutnya adalah tempat wisata kuliner yang ada di Lengkung Langit dengan menikmati makanan di atas ketinggian 300 meter dari permukaan laut dengan suasana alam yang tenang dan nyaman memang membuat terasa sedikit berbeda. Tidak hanya makanannya saja, namun tempat duduk di wisata ini cukup unik, dengan konsep outdoor membuatnya lebih berbeda dengan foodcourt lainnya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat dan Harga Tiket
Image Credit: Google Maps (Dapur Ceriwis)

Lengkung Langit ini berada di Kecamatan Kemiling, Kelurahan Pinang Jaya, Kota Bandar Lampung. Atau berada di Jl. Mata Air yang berjarak sekitar 12 kilometer dari Pusat Kota Bandar Lampung yang dapat ditempuh selama 25 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk menuju ke tempat wisata ini bisa mengambil jalur dari Kantor Wali Kota Bandar Lampung di Jl. Diponegoro menuju Aleza Store kemudian di pertigaan tersebut ambil jalur keluar menuju Jl. Cut Mutia hingga memasuki Jl. Basuki Rahmat. Kemudian di perempatan Oyo Wisma Andalas Asri Syariah belok kanan hingga sampai di pertigaan Jl. Pangeran Emir Moh. Noer II lalu belok kiri.

Dari Jl. Pangeran Emir Moh. Noer II terus lurus sampai di pertigaan Jl. Saleh Raja Kusuma Yudha lalu belok kanan. Terus ikuti Jl. Saleh Raja Kusuma Yudha hingga sampai di Bank BNI Kemiling lalu belok kiri ke Jl. Teuku Cik Ditiro sampai ke SPBU Kemiling kemudian belok kanan hingga menemukan Bank BTN.

Setelah sampai di Bank BTN belok kanan ke Jl. Garuda hingga sampai di pertigaan antara Jl. Mata Air, Jl. Garuda dan Jl. Walet. Lalu ambil jalur kiri ke Jl. Mata Air. Ikuti Jl. Mata Air hingga menemukan lokasi wisata yang berada di sebelah kanan jalan.

Lengkung Langit yang buka setiap hari dari jam 10:00 sampai 22:00 wib ini untuk tiket masuknya adalah seharga Rp 10.000 per orangnya. Namun tiket itu belum termasuk biaya parkirnya. Dimana harga parkir untuk setiap kendaraan juga berbeda-beda. Dari parkir kendaraan roda 2 adalah seharga Rp 3.000 per unitnya sedangkan untuk parkir kendaraan roda 4 adalah seharga Rp 5.000 per unitnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lengkung Langit

Kegiatan di Lengkung Langit
Image Credit: Instagram.com @bukhori_gtc

Terdapat beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Lengkung Langit, mulai dari menikmati alam, berfoto, hingga menikmati makanan yang tersedia di tempat wisata Kota Bandar Lampung ini. Berikut adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di tempat wisata ini.

1. Berfoto

Berfoto adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan di objek wisata ini. Bagaimana tidak, di tempat wisata ini terdapat banyak spot bagus untuk berfoto. Sebut saja 2 gapura yang dengan latar belakang Kota Bandar Lampung. Gapura tersebut merupakan spot yang bagus untuk berfoto baik di siang hari atau malam hari dengan background Kota Bandar Lampung di siang dan malam hari.

Ada pula sebuah perahu di atas ketinggian yang membuat seolah-olah para wisatawan yang berfoto di spot ini seakan terbang menggunakan perahu. Tidak hanya kedua spot tersebut, masih banyak spot-spot indah yang bisa digunakan untuk mendapatkan foto yang instagramable. Jadi untuk kamu yang berjiwa narsisme sebaiknya menyediakan memori lebih untuk menyimpan foto-foto keren kamu.

2. Menikmati Sunrise atau Matahari Terbit

Menikmati sunrise atau momen dimana sang matahari mulai menunjukan dirinya merupakan salah satu momen yang dicari para wisatawan. Menikmati momen tersebut bersama orang-orang terdekat akan sangat terasa spesial. Apalagi dari ketinggian yang bisa membuat para wisatawan tersebut melihat sang mentari bersama salah satu kota besar di Indonesia.

Kegiatan Menarik di Lengkung Langit
Image Credit: Google Maps (Amunum Jadi)

3. Bersantai dan Menghilangkan Penat

Tidak hanya berfoto namun para wisatawan bisa menghilangkan stres dan menjauhkan diri sementara waktu dari keramaian kota dengan berlibur dan bersantai di tempat wisata ini. Suasana alam yang tenang dan segar akan membuat semua kepenatan itu menghilang sementara. Sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga atau pasangan.

Tidak sedikit wisatawan yang datang berlibur ke tempat ini membawa pasangan mereka. Hal ini karena momen romantis ketika malam hari akan sangat terasa dengan lampu-lampu berwarna-warni mulai menerangi tempat duduk di Lengkung Langit.

4. Wisata Kuliner

Tidak jauh dari tempat berfoto yang ada di tempat wisata ini terdapat foodcourt yang menyediakan beragam jenis makanan, dari makanan berat sampai makanan ringan. Ada juga minuman panas dan dingin yang disediakan. Para wisatawan bisa menikmati liburan mereka sambil mencoba kuliner yang tersedia di dalam foodcourt tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Lengkung Langit

Fasilitas di Lengkung Langit
Image Credit: Google Maps (Piyan Sopiyan)

Untuk menyempurnakan pemandangan alam dan suasana yang tercipta secara alami di Lengkung Langit, maka ada beberapa fasilitas yang dibangun untuk menarik minat para wisatawan datang berkunjung. Dari fasilitas yang wajib seperti lahan parkir hingga fasilitas penunjang lainnya. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa di temukan di tempat wisata ini.

1. Lahan Parkir Kendaraan

Yang pertama sebelum memasuki daerah wisata, para wisatawan akan menemukan lahan parkir yang cukup luas. Dimana di tempat itu para wisatawan bisa memarkirkan kendaraan mereka dengan aman dan akan dijaga selama para wisatawan memasuki daerah wisata. Untuk barang-barang berharga sebaiknya di bawah masuk bersama para wisatawan ke dalam daerah wisata.

2. Spot Berfoto

Terdapat beberapa spot foto yang menarik, yang pertama ada Gapura Mataram. Dimana gapura tersebut berdiri di atas sebuah bukit yang membelakangi Kota Bandar Lampung. Di tengah-tengahnya terdapat sedikit sela atau tempat kosong untuk para wisatawan berpose baik sendiri atau bersama beberapa orang.

Berikutnya ada perahu terbang. Dimana perahu tersebut didesain seolah-olah terbang di atas Kota Bandar Lampung. Berfoto di atas perahu ini juga akan terlihat estetik dengan latar belakang kota baik di siang atau malam hari.

Ada juga rumah warna-warni yang berada di bawah gapura, dimana rumah tersebut seperti kembar namun memiliki warna yang beragam. Jika berbicara warna masih di sekitaran Gapura Mataram terdapat tangga yang juga di setiap anak tangganya memiliki warna yang berbeda-beda.

Sedangkan ada lampu yang berbentuk seperti bintang di malam hari namun lampu tersebut berada di tanah sebuah taman yang terdapat di samping Gapura Mataram. Taman tersebut berdekatan dengan tempat duduk yang juga memiliki lampu beragam warna yang membuatnya terlihat lebih cantik di malam hari.

3. Foodcourt dan Tempat Duduk

Masih di lokasi yang sama, dimana di Lengkung Langit ini memiliki sebuah foodcourt yang menyediakan beberapa jenis makanan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan mereka. Di luar foodcourt tersebut terdapat bangku yang bisa digunakan oleh para wisatawan dengan lampu beragam warna yang akan menyala di malam harinya.

4. Mushola

Di tempat wisata ini juga menyediakan mushola kecil yang dapat digunakan untuk para wisatawan menunaikan ibadah sholat. Jadi bagi para wisatawan muslim tidak perlu khawatir ketika mau menunaikan ibadah sholat. Untuk mengambil wudhu para wisatawan bisa ke toilet umum yang berada di samping mushola tersebut.

5. Toilet Umum

Terdapat 2 jenis toilet umum yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk buang air besar atau kecil. Toilet tersebut ada toilet umum untuk wanita dan toilet umum untuk pria. Toilet tersebut tidak jauh dari mushola jadi bisa digunakan untuk mengambil wudhu bagi para wisatawan yang ingin sholat.

Lengkung Langit yang berlokasi di Bandar Lampung ini memang tergolong objek wisata yang baru. Namun sudah banyak menarik minat wisatawan sekitar Kota Bandar Lampung dan sekitarnya untuk berkunjung. Tentu itu tidak mengherankan, karena memang fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini sudah menunjang keindahan alamnya.