18 Tempat Wisata di Jombang

Jombang merupakan salah satu kota yang terletak di tengah provinsi Jawa Timur. Selain terkenal dengan kota yang berjuluk “Kota Santri”, ternyata kota ini juga memiliki segudang destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Ada berbagai pilihan wisata yang ada di Kota Jombang. Jenis wisatanya pun sangat beragam mulai dari wisata religi yang tentunya menjadi magnet utama para wisatawan lokal dan wisata-wisata lain seperti wisata alam, wisata sejarah maupun edukasi.

Selain bisa digunakan wisata religi, pesona alam di Jombang juga tidak kalah menakjubkannya. Di sini, Anda bakal menemukan beberapa spot andalan yang wajib diabadikan. Sangat direkomendasikan untuk jadi destinasi wisata saat liburan. Lantas, apa sajakah Tempat Wisata di Jombang? Berikut ulasannya.

1. Taman Keplaksari

Taman Keplaksari

Lokasi: Nglungge, Keplaksari, Kec. Peterongan, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Gotravelly.com

Destinasi wisata yang pertama berkonsep eco-green yang pastinya juga fantastis untuk dikunjungi, namanya Taman Keplaksari. Lokasinya berada di Keplaksari, Kecamatan Peterongan. Konsep eco-green tersebut sengaja dibangun untuk menciptakan lanskap yang ramah lingkungan.

Lokasi strategis menjadi kunci utama dari wisata Taman Keplaksari. Beberapa patungnya yang ada di sini bahkan dibangun dengan bahan-bahan daur ulang. Dari bahan-bahan tersebut, patung yang terbuat akan menciptakan keunikan yang istimewa. Anda juga bisa bersantai dengan ikut bermain bersama ikan hias di danau buatan.

2. Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes

Lokasi: Galengdowo, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatasia.com

Meskipun kawasan Jombang tidak dilalui garis pantai, ternyata kabupaten ini tetap memiliki destinasi wisata air terjun dengan lanskap yang memesona. Nama tempat tersebut adalah Air Terjun Tretes, berlokasi di Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam. Kabarnya, Air Terjun Tretes dikategorikan sebagai air terjun tertinggi di Provinsi Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 158 meter.

Untuk bisa sampai ke sini, Anda harus menyiapkan kesehatan maksimal dan perbekalan yang memadai. Pasalnya, perjalanannya pun akan memakan waktu yang tidak singkat. Ketika Anda sudah sampai, lelahmu akan terbayar dengan lanskap air terjun yang membawa suasa sejuk.

3. Wana Wisata Sumber Biru

Wana Wisata Sumber Biru

Lokasi: Wonotirto, Wonomerto, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Tamanwisataku.blogspot.com

Siapa bilang sungai di Jombang tak bisa dijadikan destinasi wisata? Nih ada sungai yang justru diincar banyak orang, namanya Wana Wisata Sumber Biru. Lokasinya terletak di Desa Wonotirto, Wonomerto, Wonosalam. Kabarnya, aliran sungai di sini tenang, jadi Anda bisa sesekali bermain air dan selfi.

Selain dimanjakan dengan lanskap yang memesona, Anda juga bisa menyantap kuliner khas Jombang yang mantap abis di sini. Jangan lupa juga untuk mencicipi kopi sembari menikmati ketenangan alam. Dijamin, pikiran Anda akan terelaksasi.

4. Candi Rimbi

Candi Rimbi

Lokasi: Ngrimbi, Bareng, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Wikimedia.org

Wisata bersejarah juga bisa ditemukan saat berkunjung ke Candi Rimbi. Lokasinya terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng. Perlu diketahui bahwa Candi Rimbi termasuk Candi Syiwa, yang tercermin dari ajaran yang ada pada bangunan reliefnya.

Candi ini sendiri sudah berdiri sejak abad ke 14. Jadi tidak heran jika candi ini menjadi peninggalan yang sangat berharga dan patut untuk dijaga.

5. Belajar Bertani di Bale Tani Jombang

Bale Tani

Lokasi: JL. Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Bareng, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Dakatour.com

Jombang punya destinasi wisata yang bisa mengedukasi soal pertanian, namanya Bale Tani. Lokasinya ada di Jalan Dokter Soetomo, Bareng. Di sini, Anda bakalan bisa menambah wawasan soal bertani dengan pemandangan sawah yang memesona.

Lanskap sawah tersebut juga dilengkapi banyak spot menarik yang bisa dijadikan arena selfi dan hunting. Kabarnya juga, spot foto tersebut termasuk ke dalam kategori instagrammable. Kan, jarang nih belajar sambil berwisata ria, sepertinya Anda juga tak boleh ketinggalan.

6. Kampoeng Djawi

Kampoeng Djawi

Lokasi: Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Wonosalam, Gondang, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Atiqohhasan.com

Ingin menginap dengan berbagai wahana permainan asyik? Berkunjunglah ke Kampoeng Djawi. Lokasinya terletak di Desa Gondang, Kecamatan Wonosalam. Tempat ini ada di ketinggian 750 di atas permukaan laut. Maka tak heran jika suasananya akan terasa sejuk.

Tempat ini menyajikan nuansa yang berbeda, Anda akan diajak menjelajah bangunan berkonsep arsitektur Jawa yang berkolaborasi dengan budayanya. Berbagai wahana permainan bisa Anda coba, ada rafting di Kali Boro, off road, mountain bike, dan motor cross.

7. Goa Sriti

Goa Sriti

Lokasi: Dusun Sidolegi, Sumberjo, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Ignatiussuparyanto.blogspot.com

Goa Sriti merupakan salah satu alternatif destinasi wisata yang masih hangat. Perilisannya saja tahun 2017 lalu, namun berhasil dikembangkan dengan baik oleh warga sekitar. Lokasinya terletak di Dusun Sidolegi, Kecamatan Wonosalam.

Selain nuansa khas pedesaan ada di sini, Anda juga akan menemukan banyak pohon jati dan pohon pisang. Kalau melihat Goa Sriti, bentuknya tampak lebih cekung, bagian dinding atasnya terdapat aliran air dengan suara gemericik.

8. Kampung Durian Jombang

Kampung Durian Jombang

Lokasi: Desa Sumber, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Msn.com

Jika Blitar terkenal dengan Kampung Coklat, maka Jombang juga terkenal dengan Kampung Durian. Lokasi tempat wisata tersebut ada di Desa Sumber, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi traveler yang gemar makan durian.

Selain itu, pemandangan Kebun Durian yang beragam akan memberikan sensasi menakjubkan untuk bisa dijelajahi. Anda pun bisa langsung memetik dan merasakan durian yang masih fresh dari pohon. Durian sangat cocok digunakan sebagai oleh-oleh.

9. Air Terjun Selo Lapis

Air Terjun Selo Lapis

Lokasi: Mendiro, Panglungan, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Travelingyuk.com

Destinasi Wisata di Jombang yang satu ini berkonsep air terjun dengan pemandangan yang tidak kalah indahnya. Nama tempat tersebut adalah Air Terjun Selo Lapis Jombang. Berlokasi di Dusun Mendir, Desa Pangklungan, Kecamatan Wonosalam. Berdasarkan geografisnya, air terjun ini berlokasi dekat dengan dua air terjun, yaitu air terjun Tretes dan air terjun Pudak Sari.

Di sini, ada lanskap pemandangan yang memanjakan mata. Sangat alami dan berkombinasi pas dengan gemericik aliran air. Suasanya sejuk sehingga mampu menghilangkan kepenatan akibat rutinitas kerja.

10. Air Terjun Sekar Pudak Sari

Air Terjun Sekar Pudak Sari

Lokasi: Carangwulung, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Galerywisatajombang.com

Destinasi wisata yang masih perawan akan Anda dapatkan ketika singgah ke Air Terjun Sekar Pudak Sari. Lokasinya berada di Dusun Wonorekso, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam. Tempat wisata ini cocok untuk para petualang yang gemar mencari tantangan.

Jalur lintasan yang ada di sini memang terbilang terjang. Meskipun begitu, sepanjang perjalanan Anda akan mendapatkan pemandangan asri yang mampu menenangkan hati. Ciptakanlah spot-spot foto menarik dari latar belakang alam yang masih berpadu secara sempurna.

11. Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng

Lokasi: Jenis Gelaran, Bareng, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Journesia.com

Kalau ini destinasi wisata santai dengan jalur yang tidak menantang, namanya Air Terjun Grenjeng Jombang. Lokasinya ada di desa Jenis Gelaran, Kecamatan Bareng. Untuk sampai ke sini, Anda harus berjalan dari tempat parkir dengan menempuh waktu sekitar 20 menit.

Tempat ini terletak di ketinggian sekitar delapan meter. Nuansa alamnya akan terasa sampai ke hati, apalagi ditunjang gemericik aliran sungai.

12. Banyu Mili

Banyu Mili

Lokasi: Carangwulung, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Databerita.id

Banyu Mili dikategorikan sebagai destinasi wisata yang cocok bagi pencinta adrenalin. Pasalnya, untuk mencapai ke sini, Anda harus melewati jalur trekking yang memiliki banyak lika-liku. Lokasinya terletak di Desa Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam.

Sepanjang perjalanan, Anda akan sering menyaksikan panorama dari keindahan alam yang tampak menawan. Nuansanya sejuk sehingga baik untuk paru-parumu. Selain itu, juga disediakan hammock yang bisa digunakan sebagai penunjang untuk bersantai di sekitar kawasan.

13. Kedung Cinet

Kedung Cinet

Lokasi: Klitih, Plandaan, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Explorewisata.com

Berlokasi di tengah-tengah hutan yang lebat, Anda akan menemukan destinasi wisata eksotis. Namanya Kedung Cinet, letaknya ada di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan. Di sini, Anda bisa berpetualang sekaligus menjelajahi alam bebas dengan jalur yang menantang.

Meskipun jalurnya berat, untuk pemandangan pasti tidak akan mengecewakan. Ada aliran sungai yang memberikan lanskap panorama indah dengan hawanya yang sejuk. Kabarnya, tempat ini juga dijadikan tempat istirahat bagi prajurit-prajurit Kerajaan Majapahahit.

14. Taman Ponggok Banjarsari

Taman Ponggok Banjarsari

Lokasi: Banjar Sari, Kec. Bandarkedungmulyo, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Instagram @fendisodi

Destinasi wisata yang sedang digandrungi generasi milenial bisa Anda temukan di Taman Ponggok Banjarsari. Lokasinya ada di Dusung Ponggok, Kecamatan Bandar Kedung Mulyo. Di sini, Anda akan menjumpai lanskap perkebunan bunga yang memiliki berbagai jenis bunga marigold yang identik dengan warna kuningnya.

Bunga-bunga tersebut tertata rampi sehingga bisa jadi spot andalan untuk media hunting dan selfi. Selain bunga marigold, juga ada beraneka varian tanaman lain, mulai dari tanaman labu, padi, kedelai, jagung, dan tanaman bunga matahari.

15. Kedung Sewu

Kedung Sewu

Lokasi: Kabuh, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Nulspounya456789.blogspot.com

Memiliki barisan cekungan kecil dengan isi air bisa Anda dapatkan saat singgah ke Kedung Sewu Jombang. Lokasinya ada di Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh. Di sini, pemandangannya fantastis, apalagi dilengkapi dengan aliran sungai yang melintas secara berkelok-kelok.

Di kanan dan kiri air terjun, Anda bakal menemukan kedung yang telah bertransformasi secara alami. Kedung-kedung tersebut dibentuk dengan menempuh waktu berjuta-juta tahun. Maka tak heran, jika lanskap pemandangannya bisa menakjubkan.

16. Makam Pangeran Benowo

Makam Pangeran Benowo

Lokasi: Wonoasih, Wonomerto, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Muqoddimahngrowo.wordpress.com

Rasanya belum lengkap jika ke Jombang tidak berkunjung ke destinasi wisata religinya. Salah satu tempat wisata religi yang banyak menarik minat adalah Makam Pangeran Benowo. Lokasinya terletak di Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam. Perlu diketahui bahwa Pangeran Benowo dikenal sebagai pengembara yang gemar berkelana.

Selain gemar menjelajah, ia juga pernah menjadi bupati di Madiun. Jasa-jasanya menunjukkan bahwa Pangeran Benowo turut andil dalam perkembangan Desa Wonomerto di masa lampau. Maka, tak heran jika banyak masyarakat berziarah ke makam ini.

17. Alas Gedangan Mojoagung

Alas Gedangan Mojoagung

Lokasi: Kedunglumpang, Kec. Mojoagung, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Ulinulin.com

Jombang juga punya destinasi wisata hits di kalangan muda. Kali ini tujuannya ada di Alas Gedangan Mojoagung. Lokasinya terletak di Dusun Gedangan, Kecamatan Mojoagung. Di sini, banyak spot foto menarik yang dijamin keren abis, apalagi ditambah pemandangannya yang harus Anda jelajahi.

Cobalah jelajahi spot-spot foto menakjubkan tersebut, mulai dari rumah kayu, replika sarang burung, gardu pandang, dan aneka spot keren lainnya. Momen berharga yang tidak boleh sampai terlewat adalah nuansa sunrise di perbukitan.

18. Klenteng Hong San Kiong

Klenteng Hong San Kiong

Lokasi: Jl. Raya Gudo – Blimbing No. 156, Bumi Arjo, Gudo, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Majalahsuarapendidikan.com

Destinasi wisata ini berupa kuil yang sudah familiar didengar masyarakat. Lokasinya terletak di desa Gudo, Kabupaten Jombang. Tempat wisata ini selain digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Tri Dharma, juga dijadikan tempat untuk menyelenggarakan berbagai pertunjukkan.

Berdasarkan informasi, kuil ini sudah dibangun lama di masa lampau, tepatnya ratusan tahun lalu. Ketika pagelaran diselenggarakan, biasanya acaranya meriah sehingga banyak umat-umat non Tri Dharma ikut hadir menyaksikan acara tersebut, seperti Wayang Potehi dan Barongsai.

Itulah 18 rekomendasi Objek Wisata di Jombang yang wajib dikunjungi saat lagi berlibur. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda saat berkunjung ke Kota Santri ini.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak